anime

Hinamatsuri

Aku samar-samar merasa pernah membaca tentang manga Hinamatsuri karya Outake Masao, tapi belum pernah sampai tertarik mengikutinya. Ketika animenya diumumkan keluar pada April 2018, yang membuatku tertarik justru nama penerbit dan staf produksi animenya. Hinamatsuri (selain mengacu pada nama si… Read More ›

Anime Baru Musim Panas 2018

Seiring dengan makin dekatnya hari pernikahanku, dan seiring dengan datang dan perginya berbagai perdebatan dan salah paham dengan tunanganku, ada saat-saat ketika aku benar-benar pengen ngerokok. Masalahnya, aku enggak ngerokok. Tapi, itu semua bukan hal penting. Toh, ada musim anime… Read More ›

Anime Baru Musim Semi 2018

Maaf lama enggak nulis. Maaf juga preview berkala ini telat. Ada urusan ke luar negeri, ada kemungkinan perlu pindah pekerjaan, serta aku baru bertunangan beberapa bulan lalu. Jadinya, aku enggak sempat mengikuti macam-macam perkembangan yang terjadi belakangan. Alasan lain; karena… Read More ›

Anime Baru Musim Dingin 2017-2018

Maaf enggak nulis belakangan. Lagi banyak berbenah di kehidupan nyata. Aku bakal tetap nyoba ngeblog sih, walau mungkin enggak bisa sesering dulu. Seperti biasa, winter menghadirkan judul-judul anime baru dalam jumlah agak banyak. Patut diperhatikan bagaimana kebanyakan judul menonjol adalah… Read More ›

Fireworks

Beberapa bulan lalu, aku lupa gimana persisnya, secara kebetulan aku melihat posternya Fireworks saat lagi jalan di mall. Aku terdiam beberapa lama. Setengah alasannya karena enggak mengira itu akan tayang di Indonesia. Separuh alasannya lagi, karena poster tersebut menurutku memang… Read More ›

No Game No Life Zero

Pada suatu akhir pekan, sepupuku mengajak nonton film layar lebar No Game No Life: Zero (juga ditulis No Game No Life: 0 )di bioskop CGV. Sebenarnya, kami sama-sama lagi kesulitan uang. (Sori, itu juga salah satu alasan aku jarang nulis… Read More ›

Isekai wa Smartphone to Tomo ni

Isekai wa Smartphone to Tomo ni, atau yang juga berjudul In Another World With My Smartphone (‘di dunia lain bersama ponsel pintarku’), adalah seri yang agak anomali. Isekai Smartphone berawal dari seri web novel yang dikarang Fuyuhara Patora dari tahun… Read More ›

Anime Baru Musim Gugur 2017

Maaf (sangat) telat. Maaf belakangan ga nulis. Kesehatanku menurun. Soal pekerjaan bermasalah. Lalu aku sedang dilanda ketidakpastian soal masa depan. Terlepas dari itu, jumlah seri baru di fall kali ini mungkin enggak banyak, tapi seri-seri baru yang keluar terbilang unik…. Read More ›

Hundred

Label light novel GA Bunko dimiliki penerbit SB Creative. Ketika label tersebut berulang tahun yang kesepuluh, mereka memprakarsai adaptasi anime dari sepuluh seri LN-nya.  Sepuluh anime tersebut diproduksi studio-studio berbeda dalam kurun waktu berbeda pula. Kualitasnya beragam, tapi tetap lumayan… Read More ›