Anime Baru Musim Gugur 2019

Sebelumnya, maaf aku terlewat mengulas daftar anime baru di musim panas lalu. (Biasa, tekanan hidup.) Aku juga minta maaf karena menurunkan dulu untuk sementara sejumlah tulisan lama. (Ada alasannya, tapi aku kurang nyaman menceritakannya.)

Untuk musim baru kali ini, aku juga sempat hampir terlewat. Tapi, kemudian aku perhatikan kalau acara baru grup idola 22/7 di mana Sally Amaki tergabung akan tampil di musim ini. Makanya, aku merasa perlu memaksakan diri menulis. (Aku bercanda. Tolong jangan beritahu istriku.)

Terlepas dari semuanya, ada beberapa judul eksentrik di musim ini.

Seperti biasa, daftar ini enggak terlalu bisa diandalkan.

Rencananya ini akan aku lengkapi seiring dengan waktu.

Kemono Michi: Rise Up (ENG!)

Shibata Genzou adalah pegulat bertopeng bernama panggung Kemona Mask yang mencintai segala jenis binatang. Suatu hari, ia dipanggil ke dunia lain untuk menumpas makhluk-makhluk ajaib. Genzou marah, melakukan German Suplex pada putri yang memanggilnya, kemudian memutuskan untuk membuka toko hewan peliharaan.

Juga berjudul Hataage! Kemonomichi, ini diangkat dari manga Kemonomichi yang ceritanya dibuat oleh Akatsuki Natsume (Konosuba). Gambarnya dikerjakan bersama oleh Mo-suke Mattaku dan Yumeuta. Ini seri isekai komedi yang enggak biasa. Sudah dipastikan konyol dengan banyak fuwa-fuwa. Secara teknis, gelagatnya kuat, dengan staf veteran Miura Kazuya sebagai sutradara dan Machida Touko untuk komposisi seri. Juga berjudul Rise Up! Animal Road.

Ahiru no Sora (diomedéa)

Kurumatani Sora memiliki badan pendek dan lemah. Namun, ia telah suka bola basket sejak kecil dan telah berusaha meninggikan badan seperti ibunya yang dulu bermain basket juga.

Diangkat dari manga karya Hinata Takeshi, ini seri olahraga lumayan lawas (dari tahun 2003, baru belakangan mau tamat) yang akhirnya dianimasikan juga. Fokusnya setahuku lebih berat ke karakterisasi ketimbang aksi bola basketnya sendiri. Aku agak kaget dengan bagaimana Diomedea yang mengadaptasikan, tapi kelihatannya ini seri olahraga yang cocok buat mereka. Sudah dijadwalkan akan tayang untuk empat cour. Kusakawa Keizo (Aho-Girl) menjadi kepala sutradara, dengan Zappa Go (Beatless) menangani komposisi seri.

Cautious Hero: The Hero Is Overpowered but Overly Cautious (WHITE FOX)

Lista, sang dewi pemula, berhasil memanggil sesosok pahlawan untuk menyelamatkan dunia yang ia urus. Di atas kertas, Ryuuguuin Seiya, pahlawan yang dipanggilnya, ternyata sangat unggul dalam segala bidang. Masalahnya, sang Seiya ternyata juga punya perangai sangat, sangat, SANGAT waswas…

Ini seri isekai komedi yang lebih bagus dari dugaan. Ceritanya berkembang cepat dan aksinya terbilang seru. Gelagat teknisnya sejauh ini kuat. Ihara Kenta (Youjou Senki) akan menangani naskah, Sakoi Masayuki (Princess Resurrection) yang akan menyutradarai. Juga berjudul Shinchou Yuusha – Kono Yuusha ga Ore TUEEE Kuse ni Shinchou Sugiru.

Houkago Saikoro Club (LIDEN FILMS)

Aya pindah ke sekolah khusus putri di Kyoto. Bersama Miki, teman sekolahnya yang baru, serta Midori, ketua panitia, Aya dibawa ke toko khusus permainan analog bernama Saikoro Club. Dari sana, Aya dan Midori mulai terkesima terhadap dunia permainan-permainan analog.

Diangkat dari manga karya Nakamichi Hirou, ini tipikal seri keseharian ringan tentang cewek-cewek imut melakukan hal-hal imut. Yang membuatnya menonjol adalah topiknya tentang permainan analog, serta jumlah karakter utamanya yang relatif minim. Stafnya kurang menonjol, tapi gelagatnya sejauh ini tidak buruk. Imaizumi Kenichi (Brynhildr in the Darkness) akan menyutradarai. Maekawa Atsushi (Digimon Adventure 02, Hunter x Hunter 2011) akan mengkomposisi seri.

Ore wa Suki no na wa Omae Dake ka yo (CONNECT)

Kirasagi Amatsuyu dengan bangganya mengira akan mendapat pernyataan cinta dari kakak kelasnya yang cantik, Cosmos, serta dari temannya sejak kecil, Himawari. Namun situasi pertemanan orang-orang di sekelilingnya ternyata jauh berbeda dari yang ia sangka.

Ini seri komedi agak gelap seputar cinta satu arah. Anime ini diangkat dari seri light novel karya Rakuda yang juga membuat komposisi seri. Akhir ceritanya bahagia, tapi proses ke sananya penuh perkembangan mengejutkan yang agak “tak nyaman.” Akitaya Noriaki (Bakuman., Active Raid, Castle Town Dandelion) yang akan menyutradarai. Gelagat teknisnya kurang menonjol, tapi aspek ceritanya terbilang kuat. Juga berjudul: ORESUKI: Are you the only one who loves me?.

Ascendance of a Bookworm (Ajiado)

Myne, gadis lima tahun sakit-sakitan yang merupakan anak seorang prajurit miskin, sebenarnya reinkarnasi seorang mahasiswi kutu buku dari dunia lain. Stres karena langkanya buku dan tingginya angka buta huruf di dunianya yang baru, Myne memutuskan untuk membuat buku-bukunya sendiri, dan bahkan membuka perpustakaan bila perlu.

Diangkat dari seri novel karya Kazuki Miya yang diilustrasikan Shiina You, ini seri isekai yang banyak dipuji. Alur ceritanya berbobot, menarik dan benar-benar tak biasa, dengan lumayan banyak hal imut di dalamnya. Agak waswas soal bagaimana penggarapannya, tapi gelagat sejauh ini terbilang baik. Hongo Mitsuru (World Trigger) menyutradarai dan Kunisawa Mariko (Magimoji Rurumo) menangani naskah.

High School Prodigies Have It Easy Even In Another World (project No. 9)

Tujuh remaja jenius dari Jepang sama-sama terlibat dalam kecelakaan pesawat terbang dan mendapati diri mereka terdampar di dunia lain. Sesudah mencerna situasi baik-baik, mereka bertujuh merencanakan sejumlah aksi gila demi bisa menemukan jalan untuk bisa pulang.

Diangkat dari light novel karya Misora Riku (Rakudai Kishi no Chivalry) yang diilustrasikan Sacraneco, ini seri isekai yang tidak terasa seperti isekai karena karakter utama yang OP juga ditemani teman-temannya yang OP, dan mereka semua sudah OP dari awal! Ceritanya tak seberbobot yang aku kira, meski masih menghibur. Gelagat teknisnya cukup kuat. Sutradaranya Yanagi Shinsuke (The Ryuo’s Work is Never Done!). Komposisi seri ditangani Akao Deko (Noragami). Juga berjudul Choujin-Kokoseitachi wa Isekai demo Yoyu de Ikinuku Youdesu!.

Outburst Dreamer Boys (Studio DEEN)

Hijiri Mizuki adalah gadis yang baru pindah sekolah, dan entah bagaimana terlibat dengan sejumlah cowok yang tengah menjalani fase chuunibyo.

Diadaptasi dari manga karya Tonami Minato dan rerulili, ini seri reverse harem dengam premis menarik. Visualnya cerah dan rapi. Kelihatannya bisa jadi seri hiburan yang solid. Ichikawa Kazuya (Clean Freak! Aoyama-kun) yang menyutradarai. Komposisi seri ditangani Gotou Midori (Clear Freak! Aoyama-kun). Juga berjudul Chuubyou Gekihatsu Boy.

Welcome to Demon School, Iruma-kun (Bandai Namco Pictures)

Orangtua Ikoma ternyata menjualnya ke kaum Iblis karena alasan egois! Tapi, iblis tua yang membelinya kemudian memanjakannya bagaikan cucunya sendiri, dan kemudian menyekolahkannya di sekolah para Iblis.

Diangkat dari seri manga fantasi karya Nishi Osamu, ini seri komedi keseharian yang polos (tapi kadang suram) dengan banyak situasi yang menghangatkan hati. Tipe komedi yang mungkin lebih menarik untuk anak-anak? Moriwaki Makoto (Pripara, Tantei Opera Milky Holmes) yang menyutradarai. Komposisi seri ditangani Fudeyasu Kazuyuki (Dropkick on My Devil!, Miss Monochrome). Juga berjudul Mairimashita! Iruma-kun.

Val x Love (Hoods Entertainment)

Takuma Akutsu semula tak keberatan hidup sendiri selama ia sibuk belajar di sekolah. Namun dewa Odin kemudian memerlukan bantuannya untuk meningkatkan kekuatan sembilan Valkyrie dengan membuka hati mereka.

Ini tipikal aksi fantasi fanservice dengan bumbu komedi romansa yang belakangan jarang terlihat. Ada kesan meyakinkan yang tak biasa di dalamnya sih. Diangkat dari manga karya Asakura Ryousuke, Naoya Takashi (Real Girl, Luck & Logic) akan menyutradarai, dengan komposisi seri ditangan Takahashi Tatsuya (Eromanga Sensei, Toji no Miko). Juga berjudul Ikusa x Koi.

Special Crime Investigation Unit Special 7 (ANIMA&CO)

Sembilan personil Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo yang biang masalah disatukan dalam unit Tokunana. Bersama, mereka menghadapi organisasi Nine yang melakukan kejahatan dalam pemujaan mereka terhadap jejak para naga.

Ini proyek anime orisinil yang menggabungkan nuansa kepolisian dengan elemen fantasi. Latar visualnya yang suram dikontraskan dengan desain karakter yang menonjol. Kesannya unik. Kosaka Harume (Sailor Moon) menyutradarai dengan arahan Kuriyama Takayuki (Angolmois) sebagai kepala sutradara. Naskah ditangani Higashide Yuichiro (Fate/Aprocrypha). Juga berjudul Keishichou Tokumu-bu Tokushu Kyouaku-han Taisaku-Shitsu Dai-Nana-ka: Tokunana.

Didn’t I Say to Make My Abilities Average in the Next Life?! (project No. 9)

Pada ulangtahunnya yang kesepuluh, Adele von Ascham terkena sakit kepala parah yang mengembalikan ingatannya sebagai remaja Jepang bernama Kurihara Misato. Dia teringat bahwa sesudah tewas, Misato bertemu dewa, dan sempat melakukan negosiasi aneh. Kesepian akibat menjadi orang hebat berprestasi semasa hidup, Misato meminta agar di hidupnya yang baru dia dibuat menjadi orang biasa-biasa saja. Sayangnya, apa yang dimintanya salah dipahami dan tak berjalan sesuai harapan.

Diadaptasi dari seri novel karya FUNA yang diilustrasikan Akata Itsuki, ini seri isekai lain yang lumayan terkenal dengan komedinya yang ringan dan karakter-karakternya yang imut. Pada dasarnya, ini seri tentang karakter perempuan manis melakukan hal-hal manis, tapi di latar isekai. Gelagat teknisnya meyakinkan. Ohta Masahiko (Gabriel DropOut, Minami-ke) akan menyutradarai. Partner lamanya, Aoshima Takashi (Love Lab, Himouto! Umaru-chan) mengkomposisi naskah. Juga berjudul God Bless Me? atau Watashi, Noryoku wa Heikinchi de tte Itta yo ne!.

Babylon (Revoroot)

Seizaki Zen adalah jaksa penuntut di Kantor Jaska Penuntut Umum di Distrik Tokyo. Saat menyelidiki aksi ilegal suatu perusahaan farmasi, Seizaki menemukan bukti-bukti konspirasi untuk mewujudkan suatu zona otonomi baru di sisi barat Tokyo.

Diangkat dari seri novel karya Nozaki Mado (KADO – The Right Answer), ini seri suspense yang banyak menampilkan orang-orang berjas di latar perkotaan. Ceritanya sebenarnya menarik kalau kalian bisa mengikuti. Suzuki Kiyotaka (FLCL Alternative, Psycho-Pass 2) akan menyutradarai. Kualitas produksinya juga cukup solid. Namun, belum ada kejelasan tentang komposisi seri. Mungkin seri ini akan berakhir dengan sejumlah kelemahan. Mudah-mudahan hasinya bagus.

Beastars (Orange)

Di dunia binatang, ada hewan karnivora dan hewan herbivora. Regoshi adalah anggota Klub Drama Akademi Cherryton yang berspesies serigala. Karena spesiesnya, Regoshi dipandang dengan waswas, dan bahkan benci, oleh orang-orang di sekelilingnya. Nyatanya, Regoshi memiliki hati lembut dan peka. Namun demikian, Regoshi diharuskan terlibat dengan teman-teman sekolahnya yang lain saat suatu insiden memicu berubahnya kehidupan di sekolah.

Ini diangkat dari seri manga drama misteri psikologis karya Itagaki Paru yang memenangkan penghargaan Manga Taisho 2018. Nuansa dunia binatangnya mungkin takkan cocok dengan semua orang. Tapi, kalau kau ngeh, ceritanya luar biasa keren dengan banyak sekali tema yang diangkat. Matsumi Shinichi (terlibat dalam Rage of Bahamut Genesis) akan tampil untuk menyutradarai. Naskah ditangani Higuchi Nanami (Little Witch Academia). Ini anime CG macam Land of the Lustrous, tapi gelagatnya sejauh ini sangat meyakinkan.

Mugen no Juunin – Immortal (LIDEN FILMS)

Manji adalah ahli pedang yang dikutuk untuk hidup abadi karena banyaknya darah yang telah ditumpahkannya. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang gadis remaja bernama Asano Rin, yang meminta bantuannya untuk membalas dendam terhadap aliran pedang Itto-ryu yang telah membantai keluarganya.

Ini adaptasi baru dari manga samurai lawas Blade of the Immortal karya Samura Hiroaki, yang dikenal karena bahasan filosofi moral serta koreografi aksinya. Belum lama ini, dibuat manga sekuelnya yang cukup menyamai kualitas seri aslinya. Hamasaki Hiroshi (Shigurui: Death Frenzy) akan menyutradarai. Naskah akan ditangani Fukami Makoto (Psycho-Pass). Cakupan adaptasinya belum jelas, tapi gelagatnya sejauh ini meyakinkan.

Assassins Pride (EMT Squared)

Di dunia ini, monster hanya bisa dilawan oleh para bangsawan yang memiliki mana. Kuufa adalah anak bangsawan dari keluarga duke yang dikirim untuk menjadi pengajar seorang gadis bernama Merida. Meski keturunan bangsawan, Merida ternyata tidak berbakat dengan mana, dan Kuufa kemudian diberi misi rahasia untuk membunuhnya.

Diangkat dari seri light novel karya Amagi Kei, Aiura Kazuya (terlibat di Citrus) akan tampil sebagai sutradara untuk anime ini. Naskah ditangani Akao Deko (Noragami). Meski sekilas terkesan biasa, ini seri aksi fantasi yang menonjol karena perkembangannya menarik. Gelagat produksinya sejauh ini terlihat apik.

Case File no221: Kabukicho (Production I.G)

Di bayang-bayang kelam Shinjuku timur yang tercipta oleh lampu-lampu neonnya yang terang, ada kantor detektif yang dikelola Mrs Hudson dan menaungi tujuh pribadi yang mencurigakan. Saat serangkaian pembunuhan aneh yang dilakukan Jack the Ripper terjadi di distrik ini, orang-orang aneh ini mulai tampil ke permukaan.

Ini anime orisinil yang memindahkan karakter-karakter seri detektif Sherlock Holmes dari Inggris ke latar dunia Kabuki-cho modern. Hasilnya masih tak jelas, tapi gelagatnya sangat meyakinkan. Yoshimura Ai (My Teen Romantic Comedy SNAFU, Dance with Devils) akan menyutradarai. Kishimoto Taku (Joker Game, 91 Days) akan menangani naskah. Sepertinya akan berat di karakterisasi. Juga berjudul Kabukichou Sherlock.

Rifle is Beaultiful (Studio 3Hz)

Kokura Hikari tertarik bergabung dengan klub menembak di sekolahnya. Tapi, setibanya di sana, klub tersebut sudah dibubarkan. Hikari tak punya pilihan selain membentuknya kembali.

Seri ini diangkat dari manga 4-kotak karya Sarumi Akki. Takahashi Masanori (When Supernatural Battles Became Commonplace) akan menyutradarai. Naskah ditangani Takahashi Tatsuya (Toji no Miko). Belum banyak yang bisa dikatakan tentang seri ini.

Stand My Heroes: Piece of Truth (M.S.C)

Tubuh Izumi Rei secara unik memiliki kekebalan terhadap zat-zat narkotika. Ia bergabung dengan unit penyidik pengawasan obat-obatan di bawah Kementrian Kesehatan, Ketenagakerjaan, dan Kesejahteraan di Tokyo. Dalam pekerjaannya, ia harus menjalin kerjasama dengan sejumlah pria tampan dari berbagai profesi untuk menyelesaikan berbagai misi.

Ini diangkat dari game ponsel otome bertema puzzle Stand My Heroes produksi Colynic. Temanya menarik, tapi karakternya yang berjumlah banyak mungkin takkan bisa ditonjolkan semua. Yamamoto Hideyo (Strike the Blood, Code: Realize) akan menyutradarai. Naskahnya ditangani Harada Sayaka (STARMYU, Code: Realize). Gelagat produksinya cukup solid.

No Guns Life (Madhouse)

Inui Juzo adalah seseorang yang memiliki moncong pistol raksasa sebagai kepala. Ia tak punya ingatan tentang masa lalunya. Ia tak tahu kenapa kepalanya berbentuk demikian. Tapi, kini ia bekerja sebagai Resolver untuk menemukan jawaban semua itu.

Diangkat dari seri manga karya Karasuma Tasuku, ini seri bernuansa suram dengan kesan sureal yang agak susah dijelaskan. Itou Naoyuki (Overlord) akan menyutradarai. Naskah akan ditangani Sugawara Yukie (Overlord). Ini tipe anime yang sudah lama tak terlihat.

Tambahan untuk seri-seri TV…

Fate/Grand Order Absolute Demonic Front: Babylonia yang telah lama dinanti juga akan tayang. Aku dengar ini adalah bagian game ponsel FGO sesudah ceritanya mulai bagus. Ceritanya, faksi Chaldea akan sampai era negeri Babylon. Ceritanya akan lumayan memberi fokus terhadap karakter Gilgamesh. CloverWorks akan memproduksi. Sejauh ini gelagatnya cukup solid. Aku sudah konfirmasi ke adikku kalau bagian cerita ini adalah yang terakhir (kalau tak salah yang ketujuh?) sebelum berakhirnya Part 1 (di bab Solomon?). Dengan kata lain, seri film layar lebar Camelot yang nanti menyusulnya justru berlangsung sebelumnya. Aku juga kurang paham kenapa diaturnya begini.

Sunrise Beyond akan memproduksi Gundam Build Divers Re: RISE yang memiliki premis dunia virtual Gunpla yang sama dengan pendahulunya, tapi karakter-karakter baru sama sekali? Gundam Build Divers dinilai sebagai salah satu anime Gundam terburuk. Mudah-mudahan bisa memperbaiki kekurangan yang telah ada. Gelagatnya sejauh ini sudah lebih baik. Ceritanya tentang bagaimana empat Diver penyendiri dipaksa bersatu di dunia GBN dalam satu tim. Yeah, inilah seri Gundam pertama di zaman Reiwa yang baru.

Studio OLM musim ini memproduksi Zoids Wild ZERO yang merupakan semacam prekuel Zoids Wild. Yang menarik adalah bagaimana Kato Takao, sutradara Zoids: Chaotic Century dan Zoids New Century, akan menyutradarai seri ini. Karena itu, pengharapan di kalangan penggemar lama lumayan besar. Ceritanya konon berlatar di saat para Zoids baru tiba di Bumi.

Anime orisinil Kandagawa Jet Girls juga akan tayang. Diproduksi TNK, anime ini berfokus pada olahraga ekstrim Jet Racing yang mengkombinasikan jet-ski dengan tembak-tembakan air. Kaneko Hiraku (Tsuredure Children, Seikon no Qwaser) yang menyutradarai. Agak aneh bagaimana TNK memproduksi seri seperti ini.

Anime orisinil tentang soft tennis dan masa muda Stars Align atau Hoshiai no Sora juga akan tayang. Gelagatnya luar biasa solid. Diproduksi 8-bit, anime ini diproduksi Akane Kazuki (Code Geass: Akito the Exiled), salah satu sutradara favoritku. Desain karakternya benar-benar bagus. Ceritanya tentang bagaimana para karakter mempertahankan agar klub mereka jangan sampai bubar.

ACTORS: Songs Connection yang diproduksi studio baru Drive didasarkan proyek CD ACTORS yang dicanangkan EXIT TUNES. Kesan awalnya benar-benar bagus. ACTORS merupakan proyek CD kolaborasi yang di dalamnya sejumlah seiyuu cowok menyanyikan versi cover dari beragam lagu Vocaloid. Anime ini sendiri ceritanya mengetengahkan kehidupan para siswa dan guru di Akademi Swasta Amaka, yang didirikan oleh grup Slive Central. Penggambaran latarnya benar-benar dapet. Andai ini adaptasi dating sim, aku pasti tertarik menonton. Ini seri baru yang menarik untuk kalian yang memperhatikan performa seiyuu. Yamasaki Osamu (Hakuouki, Hakkenden) akan menyutradarai.

Aikatsu on Parade! menjadi seri Aikatsu baru, kali ini mengetengahkan Kiseki Raki pindah ke Star Harmony Academy demi menempuh karir menjadi bintang idola. Saat menggunakan Aikatsu Pass yang diterimanya dari kakaknya, sejumlah hal misterius terjadi.

Shin Chuuka Ichiban! merupakan pembuatan ulang dari anime memasak lawas Cooking Master Boy yang berlatar China klasik. NAS yang akan memproduksi dengan dibantu Production I.G.

Adaptasi anime Azur Lane, yang mengetengahkan gadis-gadis kapal perang dari game populer berjudul sama, juga akhirnya tayang. Azur Lane mirip Kancolle dan sama-sama game ponsel, tapi karakter-karakternya berbeda dan genre permainannya juga berbeda sama sekali. (Azur Lane memiliki elemen danmaku.) Sejujurnya, aku mengira anime ini akan keluar lebih awal. Produksinya dilakukan Bibury Animation Studio, dan sejauh ini terlihat meyakinkan.

Z/X Code reunion yang diproduksi Passione merupakan adaptasi dari manga berjudul sama. Masih satu waralaba TCG dari anime Z/X Ignition, tapi dengan cerita berbeda sama sekali. Sekilas tak menonjol, tapi kelihatannya sama sekali tak buruk.

Phantasy Star Online 2: Episode Oracle akan diproduksi GONZO dan merupakan adaptasi langsung dari ceritanya yang di game. Dengan demikian, anime ini tak berhubungan langsung dengan Phantasy Star Online 2: The Animation. Dengan begitu pula, agaknya inilah anime PSO 2 yang sebenarnya aku tunggu? Tachibana Masaki (Princess Principal) yang akan menyutradarai. Sudah dijadwalkan dua cour, dengan bagian cerita orisinil untuk versi ini.

Judul-judul anime lama yang kembali lanjut adalah sebagai berikut:

  • Radiant (2) yang diangkat dari komik shonen Aku dengar ceritanya baru mulai berkembang pada titik-titik ini.
  • Granblue Fantasy the Animation (2), melanjutkan waralaba Cygames yang masih saja kuat.
  • We Never Learn: BOKUBEN (2), melanjutkan cerita yang menggantung dari dua musim lalu. Manganya sudah mendekati titik akhir, jadi lumayan ditunggu.
  • Kono Oto Tomare!: Sounds of Life (2), tentang klub musik koto yang cukup berkesan season
  • Sword Art Online: Alicization – War of Underworld, yang akhirnya mempertemukan kembali Kirito dengan kawan-kawannya dari dunia nyata. Perang besar ini merupakan klimaks cerita SAO di versi web novelnya. (Tenang, di versi LN, ceritanya masih ada lanjutannya lagi.) Perkembangannya menurutku sedikit menyebalkan, tapi tamatnya berkesan.
  • Fairy gone (2), musim pertamanya yang agak lambat belum sempat aku ikuti, tapi mengenal penulisnya, perkembangan besar harusnya terjadi di bagian sini.
  • The Seven Deadly Sins: Wrath of the Gods, kelanjutan terbaru Nanatsu no Taizai. Anime memasuki babak baru dengan lawan baru bagi Meliodas dan kawan-kawannya.
  • Food Wars! Shokugeki no Soma: The Fourth Plate, melanjutkan pemberontakan Souma dan kawan-kawannya terhadap administrasi sekolah mereka yang baru. Manganya sudah tamat, jadi ceritanya mungkin akan tuntas juga di versi ini.
  • My Hero Academia (4), masih lanjut dengan kuat!
  • Chihayafuru (3), musim baru yang tak disangka untuk Chihaya dan grup karuta.
  • Hi Score Girl II, sesudah sejumlah kendala produksi, anime nostalgia tentang cinta di game arcade ini akhirnya lanjut juga.
  • Psycho-Pass 3, menampilkan karakter-karakter baru sama sekali meski langsung menyusul trilogi movie Sinners of the System. Namun kembalinya Ubakata Tow sebagai penulis utama membuatu waswas. Sisi positifnya, produksi kembali dilakukan I.G dan Shiotani Naoyashi pun kembali sebagai sutradara.

Selebihnya, untuk beberapa judul anime pendek:

  • Taeko no Nichijou, memperlihatkan keseharian pekerja kantoran Shinbo Taeko yang sangat penyabar dan positif.
  • XL Joushi, anime pendek dewasa di musim ini, latarnya tempat kerja.
  • Africa no Salaryman, keseharian pegawai kantoran sekaligus binatang di Afrika
  • Super Shiro, yang merupakan lepasan Crayon Shin-chan, menampilkan karakter anjing peliharaannya, Shiro.
  • Bananya and the Curious Bunch Ada banyak mahluk miterius di alam semesta ini yang tidak kita ketahui. Di sebuah planet yang jauh, satu spesies misterius hadir. Mereka adalah Bananya.
  • Urashimasakatasen no Nichijou menampilkan keseharian grup vokal cowok Urashimasakatasen (dari Starmyu) sebagai siswa-siswa SMA.
  • Tenka Hyakken (LIDEN FILMS) yang diangkat dari waralaba ‘gadis pedang’ Kadokawa.

Untuk judul-judul OVA yang akan datang:

  • Mob Pyscho 100 II
  • Is the order a rabbit??? Sing For You
  • Re: ZERO Kara Hajimeru Isekai Seikatsu: Hyouketsu no Kizuna
  • Yuruyuri
  • Fragtime
  • Haikyu!!

Sori, tak terlalu banyak yang bisa aku komentari.

Berkenaan film-film layar lebar:

  • The Legend of the Galactic Heroes: Die Neue These Seiran, melanjutkan cerita seri TV-nya, akan hadir berseri sebagai trilogi! Bagaimanapun, cerita di novelnya masih banyak yang belum diadaptasi.
  • Strike Witches: 501st JOINT FIGHTER WING Take Off!, menampilkan reuni karakter yang melanjutkan cerita di seri TV-nya juga.
  • Black Fox, tentang ninja bertopeng? Salah satu yang sempat menonjol promonya.
  • Her Blue Sky, yang mengetengahkan tentang cita-cita menjadi musisi,  persaudaraan sepasang kakak beradik, dan cowok pengelana waktu yang menjalin hubungan dengan keduanya. Ditangani oleh staf yang memproduksi AnoHana.
  • Star Twinkle Precure: Hoshi no Uta ni Omoi wo Komete
  • Kimi dake ni Motetainda
  • Saenai Herone no Sodate-kata fine, melanjutkan seri TV-nya, yang akan menampilkan resolusi yang telah lama ditunggu terhadap hubungan Tomoya dan para gadis di dekatnya, juga nasib grup mereka di Blessing Software. (Sudah cukup lama sejak novelnya tamat.)
  • Sumikko Gurashi: Tobidasu Ehon to Himitsu no Ko
  • Gundam Reconguista in G, seri film kompilasi layar lebar baru, yang secara mengejutkan berjumah 6 film yang menceritakan kembali 26 episode seri TV-nya! Banyak yang menilai bahwa seri film kompilasi ini akan ‘memperbaiki’ cerita yang berantakan menjelang akhir seri TV. Mudah-mudahan hasilnya bagus.
  • Lupin III THE FIRST

Tambahan, Another World juga akan keluar, berkaitan dengan film layar lebar Hello World yang belum lama ini keluar. Ditangani oleh staf yang memproduksi anime Sword Art Online.

Akan ditambahkan lagi kalau ada kabar baru.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.