Anime Baru Musim Semi 2019

Maaf berbulan-bulan enggak nulis.

Tenang. Aku masih hidup.

Sebelum aku cerita keadaanku, aku posting dulu insight soal anime baru musim depan.

Musim kali ini rame dengan banyak judul baru. Variasi genrenya juga luas. Aku enggak bisa ngikutin semua, jadi aku bakal senang dengar komentar dan masukan kalian.

Kayak biasa, daftar ini enggak bisa diandalkan. Mungkin akan ditambahkan kalau ada kabar baru.

Gunjou no Magmell (Pierrot Plus)

Benua baru bernama Magmell muncul dari dasar laut. Zaman penjelajahan baru dimulai. Banyak makhluk dan sumber daya alam baru ditemukan. Seorang lelaki misterius bernama Inyo bekerja sebagai pemberi bala bantuan bagi para penjelajah. Seorang perempuan bernama Emilia menemuinya untuk suatu pekerjaan.

Seri ini diangkat dari manga karya Dainenbyou. Genrenya fantasi petualangan. Visualnya keren dan ada banyak kekuatan aneh yang para karakternya punya. Date Hayato (Naruto, Saiyuki) akan menyutradarai. Mikasano Chuuji (Tokyo Ghoul) menangani naskah. Musik ditangani Takanashi Yasuharu (Fairy Tail, Boruto). Kayaknya enggak akan jelek sama sekali.

Shoumetsu Toshi (Madhouse)

Pada suatu hari, sebuah kota hancur. Yuki, seorang perempuan muda, disebut sebagai satu-satunya yang selamat. Bersama Takuya, seorang penyelundup yang penyendiri, Yuki melakukan perjalanan pulang ke kota tersebut. Berbagai rintangan tak terduga bermunculan, melibatkan bermacam organisasi rahasia dan konspirasi.

Juga berjudul Annihilated City – Where I End and You Begin. Seri ini diangkat dari game ponsel buatan Gree dan Wright Flyer Studios. Jumlah tokohnya banyak. Ceritanya kayak bisa ke mana-mana. Miya Shigeyuki (Blood Lad, Onihei) akan menyutradarai. Irie Shingo (Kuroko no Basuke, Sakura Quest) akan menangani naskah. Musik dikomposisi Kawai Kenji (Ghost in the Shell, Patlabor). Visualnya kurang meyakinkan, tapi proyek ini berkesan ambisius.

Namu Amida Bu! -Rendai Utena- (Asahi Production)

Shaka Nyorai menyelamatkan dunia dengan menggapai pencerahan. Karena itu, Mara yang jahat ingin membalas dendam. Ketigabelas Buddha, bersama Taishakuten dan Bonten, hadir untuk menghadapi Mara.

Seri ini diadaptasi dari game keluaran DMM. Seri ini menampilkan para boddhisatva dalam rupa cowok-cowok cantik. Visual dan musiknya lebih bagus dari yang aku kira. Staf veteran Oguro Akira (The Brave Command Dagwon) akan menyutradarai. Yoshida Erika (Trickster, Lupin III: Part IV) menangani naskah. Musik dikomposisi oleh Fujisawa Yoshiaki (Houseki no Kuni, Uchouten Kazoku). Bukan jenis seri yang biasanya menonjol, tapi gelagatnya meyakinkan. Ini keluaran pertama studionya semenjak berganti nama kembali jadi Asahi Production (sebelumnya sempat bernama Production Reed).

Over Drive 1/6 (Studio A-Cat)

Bouida Haruto adalah otaku dan programmer. Dia lebih suka karakter 2D ketimbang perempuan nyata. Suatu hari, ia membeli figur dari Nona, karakter bishoujo dari anime kesukaannya. Mainannya tersebut tiba-tiba hidup dan bisa bergerak sendiri.

Seri ini diangkat dari manga Choukadou Girl 1/6 – Amazing Stranger karya Oyster. Genrenya komedi romantis dan keseharian. Ceritanya nanti melibatkan figur-figur mainan lain dan orang-orang di sekeliling Haruto. Motonaga Keitaro (Date A Live), salah satu sutradara favoritku, akan menyutradarai. Staf veteran Higurashi Chabo (Memories Off 3.5, Ah! My Goddess) akan menangani naskah. Presentasinya agak kurang, tapi kayaknya ini jenis seri yang lama enggak kelihatan.

Nobunaga Sensei no Osanazuma (Seven)

Nobunaga, seorang guru SMP, kerap memimpikan kemunculan tiba-tiba seorang perempuan cantik yang mencintainya. Suatu hari, Kichou, istri muda jendral Oda Nobunaga dari zaman Sengoku, benar-benar muncul. Kichou salah mengira Pak Guru Nobunaga sebagai suaminya. Lalu dengan segala cara, Kichou berusaha agar Nobunaga menghamilinya.

Seri ini diadaptasi dari manga karya Konno Azure (pengarang manga pengisi suara Koe de Oshigoto!). Jenisnya komedi romantis dengan bumbu perjalanan waktu. Ada nuansa harem dewasa yang agak berbahaya. Tokoh utama perempuannya tipe yang berekspresi datar. Sasaki Noriyoshi (Holmes of Kyoto, Ojisan to Marshmallow) akan menyutradarai. Arika Arikura (Shuudengo, Joushi ni Binetsu Tsutawaru Yoru) menganani naskah. Kualitas presentasinya menengah.

Fairy gone (P.A. Works)

Apabila peri bersemayam dalam binatang, binatang memperoleh kekuatan istimewa. Apabila organ tubuh binatang itu ditransplantasikan ke badan manusia, manusia bisa memunculkan peri dan menggunakannya sebagai senjata. Sembilan tahun setelah berakhirnya perang, Marlya bergabung dengan Dorothea, kesatuan yang dibentuk untuk menumpas aktivitas Prajurit Peri ilegal.

Ini proyek anime orisinil. Genrenya fantasi aksi dengan latar bernuansa 1940an. Naskahnya dicetus Juumonji Ao (Grimgar), jadi ceritanya bisa punya drama hidup-mati yang kuat. Suzuki Kenichi (Drifters, JBA: Stardust Crusaders) akan menyutradarai. Jumlah tokohnya banyak. Kelihatannya akan banyak mengangkat konflik moral. Presentasinya sangat meyakinkan. Aku fans Grimgar, jadi aku tertarik dengan judul satu ini.

Carole & Tuesday (BONES)

Sudah lima puluh tahun sejak manusia bermigrasi ke planet Mars. Di zaman ini, segala aspek kebudayaan diproduksi kecerdasan buatan. Carole yang miskin berjuang untuk hidup di metropolis Alba City. Tuesday yang kesepian adalah putri keluarga kaya dari dusun Herschel City. Keduanya bercita-cita menjadi musisi. Keduanya sama-sama merasa ada sesuatu yang hilang. Keduanya, pada suatu ketika, tanpa sengaja bertemu.

Ini produksi anime orisinil. Pencetusnya sutradara ternama Watanabe Shinichiro (Cowboy Bebop, Kids on the Slope). Ceritanya tentang dua gadis yang bertemu dan mengubah dunia dengan musik. Juga bermotif drama dan sains fiksi. Musiknya diproduksi Flying Dog, tapi juga hasil kolaborasi beragam musisi internasional dan produsen alat musik. Staf veteran Hori Motonobu memulai debut sutradara di seri ini. Naskah ditangani staf veteran Watanabe Aya yang juga mengkomposisi seri untuk pertama kali. Bagaimanapun hasilnya, ini anime baru paling menarik di musim ini. Desain karakter aslinya dibuat oleh Kubonouchi Eisaku (Chocolat), salah satu mangaka yang aku minati.

Mix (OLM)

Klub bisbol SMA Meisei pernah ke Koshien sekali, dan mereka menang. Tapi, itu sudah lama sekali. Dua bersaudara Tachibana Touma (pitcher)dan Tachibana Souchirou (catcher), masuk SMP Meisei dengan harapan tinggi, di samping karena dekat rumah (disusul adik perempuan mereka setahun berikutnya, Otomi). Tapi, klub bisbol sekarang tidak seperti harapan mereka.

Ini diangkat dari manga karya Adachi Mitsuru. Ini kombinasi drama kehidupan, komedi, romansa, dan olahraga khas beliau. Seri ini semacam sekuel dari Touch, manga legendaris Adachi-sensei dan berlatar 26 tahun sesudahnya. Bila pernah suka karya-karya beliau (seperti Cross Game), seri ini patut diperhatikan. Watanabe Odahiro (Tokyo Ghoul: re, Soul Buster) akan menyutradarai. Naskah akan ditangani Tomioka Atsuhiro (Gyakuten Saiban, Inazuma Eleven). Gelagatnya kelihatan solid. Seri ini mungkin bakal panjang. (Anjingnya selalu dinamai Punch.)

Bokutachi wa Benkyou ga Dikenai (Studio Silver, Arvo Animation)

Yuiga Nariyuki mengincar beasiswa kuliah karena berasal dari keluarga miskin. Sekolah bersedia merekomendasi, dengan syarat Yuiga membantu dua siswi unggulan, Ogata Rizu dan Furuhashi Fumino, masuk ke jurusan yang mereka pilih. Masalahnya, Ogata yang jenius di eksakta ingin masuk sastra, tapi sama sekali payah dalam bahasa. Sedangkan Furuhashi yang jenius di bidang sastra, dan ingin masuk eksakta, ternyata sama sekali payah dalam hal hitungan.

Juga berjudul We Never Learn. Seri ini diangkat dari manga karya Tsutsui Taishi. Temanya tentang cita-cita dan persiapan menghadapi ujian. Ini salah satu komedi romantis terbaik di majalah Weekly Shonen Jump. Jumlah karakter bertambah di awal dan langsung tumbuh jadi harem. Tapi, perkembangannya begitu lucu dan simpatik, sehingga semuanya ingin kita dukung. Staf veteran Iwasaki Yoshiaki (Last Period, Love Hina, Hayate no Gotoku) akan menyutradarai. Zappa Go (Beatless, Myself;Yourself) akan menangani naskah. Nakayama Masato (My Little Monster) menangani musik. Aku kurang sreg dengan pilihan warnanya, tapi ekspresi karakternya berhasil didapat. Mungkin kurang sesuai harapan, tapi hasilnya kayaknya enggak akan jelek.(Kolaborasi studionya masih baru.)

Kenja no Mago (SILVER LINK)

Saat masih bayi, Shin diadopsi oleh pasangan Merlin Walford dan Melinda Bowen. Keduanya pasangan ahli sihir berusia lanjut yang beberapa kali pernah menyelamatkan dunia, tapi kini mengucilkan diri. Selain karena didikan orangtua angkatnya, Shin sebenarnya bereinkarnasi dari dunia kita, sehingga menyerap ilmu dengan benar-benar cepat. Saat tiba waktunya bagi Shin untuk merantau, si kakek baru tersadar kalau semua kemampuan Shin di mata orang awam sama sekali tidak normal.

Seri ini diangkat dari novel karya Yoshioka Tsuyoshi. Ini tipikal seri fantasi isekai dengan karakter utama overpowered. Tapi, perkembangannya tidak biasa dengan banyaknya karakter pendukung serta fokus ke kehidupan sekolah. Tamura Masafumi (Two Car, Ange Vierge) akan menyutradarai. Takahashi Tatsuya (Cinderella Girls, Eromanga Sensei) akan menangani naskah. Visualnya kuat dan kesan pertamanya jauh melampaui perkiraan.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba (ufotable)

Tanjiro berusaha menghidupi keluarganya semenjak ayahnya meninggal. Mereka tinggal di hutan di mana iblis pemakan manusia konon berkeliaran. Iblis tersebut ternyata benar-benar ada, dan suatu malam menyerang keluarga Tanjiro. Satu-satunya anggota keluarga yang selamat hanya adik perempuannya, Nezuko. Nezuko sendiri hampir diubah menjadi iblis, tapi ternyata masih menampakkan tanda-tanda perasaan dan pikiran manusia. Dimulailah perjalanan Tanjiro untuk membasmi para iblis sekaligus mencari cara mengembalikan Nezuko menjadi manusia lagi.

Seri ini diangkat dari manga karya Gotouge Koyoharu. Ini seri aksi bernuansa Jepang kuno dengan nuansa mitologi kuat. Cerita berfokus pada perjalanan Tanjiro yang berpedang bersama Nezuko yang separuh iblis. Gaya gambar manganya sangat sederhana, tapi seri ini secara perlahan mendapat banyak penggemar. Sotozaki Haruo (Tales of Zestiria the X) akan menyutradarai. Kajiura Yuki (Sword Art Online, Fate/Zero) menangani musik. Naskah ditangani bersama oleh tim ufotable. Presentasinya sangat bagus, tapi kualitas naskahnya masih meragukan (karena pengalaman di Tales of Zestiria the X). Lima episode pertama akan dirangkum dalam format movie.

Nande Koko ni Sensei-ga?! (Tear Studio)

Di sekolah, Kojima Kana dikenal sebagai guru muda yang galak. Namun anehnya, di depan Satou Ichirou saja, Kojima-sensei berubah menjadi perempuan sangat ceroboh. Kecerobohan Kojima-sensei berakibat pada bagaimana ia kerap berakhir dalam situasi-situasi “berbahaya” di berbagai tempat dengan muridnya tersebut.

Juga berjudul Why the hell are you here, Teacher?!. Ini diangkat dari manga karya Soborou. Ini komedi romantis yang mencolok karena fanservice serta desain karakter yang imut. Ceritanya tentu saja berkembang dengan hadirnya karakter-karakter perempuan lain. Kaneko Hiraku (Tsuredure Children, Seikon no Qwaser) menjadi kepala sutradara seri. Tokoro Toshikatsu (Soul Link, Fudanshi Koukou Seikatsu) akan menyutradarai. Sangat menarik bagi yang suka seri jenis ini. Presentasinya terlihat solid.

Midara na Ao-chan wa Benkyou ga Dekinai (SILVER LINK)

Saat masih TK, Ao trauma dengan pengalaman menceritakan asal namanya (gara-gara ayahnya bekerja sebagai penulis cerita erotis). Sepuluh tahun kemudian, Ao ingin fokus belajar demi masuk universitas elit agar bisa hidup mandiri dari ayahnya. Tapi, Kijima, teman sekelas Ao yang tampan, suatu hari menyatakan cinta pada Ao. Semenjak itu, Ao sulit belajar karena terus-terusan terpikir tentang cowok.

Juga berjudul Ao-chan Can’t Study. Seri ini diadaptasi dari manga komedi karya Kawahara Ren. Desain karakternya manis dengan warna cerah, tapi tema ceritanya agak dewasa. Pendatang baru Inoue Keisuke (pernah terlibat di Two Car, Masamune-kun’s Revenge) debut sebagai sutradara. Naskah ditangani oleh Yokote Michiko (Shirobako, Takagi-san). Kualitas presentasinya menengah. Seri manganya belum lama ini tamat (walau dilanjutkan sekuel). Jadi, bisa diharapkan animenya akan tuntas.

Sewayaki no Kitsune no Senko-san (Doga Kobo)

Perusahaan tempat Nakano bekerja adalah “perusahaan hitam” yang mengeksploitasi para karyawannya. Suatu hari, Nakano bertemu Senko, yang meski berwujud gadis muda, sebenarnya adalah roh rubah suci berusia 800 tahun. Sesudah tahu kondisinya, Senko kemudian menawarkan untuk memanjakan Nakano, dan sejak itu mulai merawatnya.

Ini diangkat dari manga karya Rimukoro. Ini dijabarkan sebagai seri komedi penyembuhan. Ceritanya nanti berkembang dengan munculnya roh-roh lain. Desain karakternya manis dengan warna cerah khas Doga Kobo, meski tak semencolok biasa. Koshida Tomoaki (Zoku Touken Ranbu: Hanamaru) akan menyutradarai. Nakamura Yoshiko (Nozaki-kun, Tada Never Falls in Love) akan menangani naskah. Kualitasnya kurang menonjol, tapi sepertinya takkan jelek.

Senryuu Shoujo (CONNECT)

Entah kenapa, Yukishiro Nanako hanya berkomunikasi lewat puisi-puisi senryuu (mirip haiku, tapi lebih berfokus pada humor). Suatu hari, ia berkenalan dengan Busujima Eiji. Meski menakutkan, Eiji sebenarnya baik hati. Ia bahkan anggota klub sastra. Bersama, keduanya menjalani keseharian ceria yang terjalin lewat 17 suku kata.

Juga berjudul Senryuu Girl. Seri ini diangkat dari manga karya Igarashi Masakuni. Ini seri komedi romantis yang tak biasa. Ceritanya menonjolkan hubungan kedua karakter utama. Jinbo Masato (Shomin Sample, Isekai Shoukudo) akan menyutradarai sekaligus menangani naskah. Gelagatnya cukup kuat. Direkomendasikan untuk tontonan ringan.

Hitoribocchi no Marumaru Seikatsu (C2C)

Hitori Bocchi adalah gadis sangat pemalu dan canggung. Saat lulus SD, Bocchi berjanji akan berubah. Ia akhirnya bertekad untuk bisa berteman dengan semua orang di kelasnya sebelum lulus SMP nanti.

Seri ini diadaptasi dari manga 4-kotak karya Katsuwo. Ini seri komedi bernuansa cerah dengan tema yang sebenarnya serius. Ceritanya seputar bagaimana Hitori merencanakan pendekatan dengan hati-hati, serta berkenalan dengan teman-teman sekelas yang punya beragam kepribadian. Nama semua tokohnya berbasis permainan kata, jadi ceritanya takkan seserius itu. Anzai Takebumi (Go! Go! 575) akan menyutradarai. Hanada Jukki (Sound! Euphonium, Steins;Gate) akan menangani naskah. Gelagatnya solid. Seri ini berkesan rapi dan mungkin agak berat di dialog.

Kono Oto Tomare! (Platinum Vision)

Koto adalah alat musik tradisional Jepang yang mulai kehilangan peminat. Kurata Takezou adalah anggota terakhir klub koto yang masih tersisa. Klub koto terancam bubar bila tak mendapat anggota baru. Suatu hari, ruang klub kedatangan siswa yang menuntut bergabung. Siswa tersebut adalah Kudou Chika, berandalan yang bahkan membuat takut siswa-siswa sekolah lain.

Seri ini diangkat dari manga karya Amyuu. Ini seri drama seputar hobi dan persahabatan. Nuansanya mirip beberapa seri keluaran Kyoto Animation. Kualitas akhirnya masih sulit ditebak. Pendatang baru Mizuno Ryouma akan menyutradarai. Hisao Ayumu (Sword Oratoria, Devil’s Line) akan menangani naskah. Gelagat awalnya cukup solid. Sudah dikonfirmasi akan terbagi menjadi dua cour.

Sarazanmai (MAPPA)

Yasaka Kazuki, Kuji Toi, dan Jinai Enta adalah tiga siswa SMP. Suatu hari, mereka bertemu kappa bernama Keppi. Keppi mengaku sebagai putra mahkota Kerajaan Kappa. Keppi lalu mengambil paksa shirikodama (organ mistis yang bisa kappa curi lewat anus seseorang) mereka bertiga dan mengubah mereka menjadi kappa. Keppi berkata, “Jika ingin kembali seperti semula, kalian harus menjalin hubungan dengan cara ‘begitu’ dan membawakan aku shirikodama para zombie.” Pada saat yang sama, dua polisi tampan Niiboshi Reo dan Akutsu Mabu berusaha melakukan sesuatu di pos tempat mereka bertugas.

Ini proyek orisinil terbaru cetusan Ikuhara Kunihiko (Yuri Kuma Arashi, Mawaru Penguindrum). Sesuai khas Ikuhara, temanya agak berbahaya dan sulit dijelaskan. Perkembangan ke depan sulit ditebak. Visualnya lucu sekaligus psychadelic. Yang jelas cuma latar cerita di Asakusa. Utsumi Teruko akan menangani naskah. Takeuchi Nobuyuki (Fireworks) akan menjadi kepala sutradara. Kualitas presentasinya sangat bagus. Aku pernah baca novel Kappa karya Akutagawa, jadi mau tak mau aku tertarik seri ini.

Mayonaka no Occult Koumuin (LIDEN FILMS)

Miyako Arata adalah pegawai negeri baru. Dia ditugaskan ke Kantor Shinjuku dari Departemen Hubungan Regional Malam. Departemen ini dibentuk untuk menangani kejadian-kejadian paranormal dan memiliki kantor di setiap area Tokyo. Arato, anehnya, bisa memahami ucapan non-manusia yang tak dipahami orang lain. Di taman Shinjuku Gyoen, salah satu youkai bahkan menyebutnya sebagai Abe no Seimei yang legendaris.

Juga berjudul Midnight Occult Civil Servants. Ini diangkat dari manga karya Tamotsu Youko. Genrenya fantasi berlatar modern. Desain karakternya sederhana. Jumlah karakternya banyak. Nuansa latar perkotaannya kuat. Staf veteran Watanabe Tetsuya (Kimi ga Nozomu Eien, Schwarzes Marken) akan menyutradarai. Higuchi Tatsuto (Cross Ange, Schwarzes Marken) menangani komposisi seri. Mungkin tak menonjol, tapi bisa berakhir bagus.

RobiHachi (Studio Comet)

Robby Yarge bernasib sial. Dia dipecat, diputus pacar, hampir tewas dalam kecelakaan, dan dikejar penagih hutang. Tasnya sempat dijambret. Untungnya, ia ditolong remaja bernama Hatchi Kita. Mereka mulai bersahabat. Tapi, Hatchi ternyata bekerja sambilan pada penagih hutang yang mengejar Robby. Setelah kejar-mengejar, keduanya sepakat melakukan perjalanan ke Isekandar, planet legendaris yang diyakini bisa membawa kebahagiaan.

Ini seri anime orisinil. Genrenya komedi sains fiksi. Ceritanya berlatar di zaman manusia telah mengenal alien dan punya teknologi navigasi kecepatan cahaya. Umatani Taiga mencetuskan ceritanya. Sutradara komedi Takamatsu Shinji (Gintama, Cute High Earth Defense Club LOVE!) akan menyutradarai. Kanasugi Hiroko (Diabolik Lovers More, Blood) akan menangani naskah. Kualitas presentasinya menengah. Sepertinya akan menjadi seri menghibur bagi fans cewek.

Sebagai tambahan, remake drama supernatural Fruits Basket (TMS Entertainment) akan tayang. Ini diangkat dari manga karya Takaya Natsuki. Ceritanya tentang gadis bernama Honda Tohru yang sebatang kara. Saat berkemah, Tohru berkenalan dengan keluarga Soma yang misterius. Tohru kemudian mengetahui rahasia bahwa anggota-anggota keluarga Soma akan berubah wujud jadi binatang shio bila tersentuh lawan jenis. Suatu hubungan istimewa mulai terjalin antara mereka.

Strike Witches: 501 Butai Hasshin Shimasu! (acca effe, Giga Production) akan tayang. Ini lepasan dari seri Strike Witches. Seri ini akan lebih menampilkan kehidupan keseharian para gadis di unit 501. Ini diangkat dari manga karya Fujibayashi Makoto.

Hachigatsu no Cinderella Nine (TMS Entertainment) akan tayang. Diangkat dari game ponsel buatan Akatsuki dan Kadokawa. Temanya tentang bisbol. Dalam gamenya, kita berperan sebagai mantan ace di little league yang berakhir karirnya karena cedera. Kita lalu berjumpa dengan siswi SMA bernama Arihara Tsubasa, dan menjadi manajer klub bisbol perempuan di sekolahnya. Karakter pemain yang bisa kita dapatkan lumayan banyak.

Diamond no Ace Act II juga akan tayang. Diangkat dari manga karya Terajima Yuji. Ini babak baru dari seri bisbol beliau. Seri pendahulunya telah dianimasikan 126 episode dalam dua season.

YU-NO: A girl who chants love at the bound of this world (feel.) akan tayang. Ini diangkat dari game visual novel klasik yang aslinya keluar tahun 1996. Gamenya belum lama ini dibuat ulang oleh MAGES dan 5pb. Games. Para pencipta aslinya sudah meninggal dunia. Ceritanya tentang cowok bernama Takuya yang menyelidiki keberadaan dunia lain sesudah ayahnya menghilang. Ceritanya berkembang jauh dari itu. Hirakawa Tetsuo (Grimoire of Zero) menjanjikan anime ini akan menampilkan semua karakter perempuan dan semua rute dari gamenya. Di samping komentar soal karakter, dia juga bertekad untuk melampaui jumlah lelucon jorok yang gamenya tampilkan.

Pandora to Akubi akan tayang. Tapi, rinciannya belum aku tahu lebih jauh.

Persona 5 the Animation: Stars and Ours akan tayang. Ini semacam sekuel dari anime sebelumnya. Ini akan langsung disusul pengumuman tentang game Persona 5 R.

King of Prism: Shiny Seven Stars juga akan tayang.

Joshi Kausei juga akan tayang. Interaksi tiga orang siswi SMA cantik yang berlangsung tanpa dialog. Hasilnya menarik.

Kidou Senshi Gundam: The Origin Zenya – Akai Suisei (Sunrise) juga tayang. Seperti Gundam Unicorn, ini pengeditan seri film layar lebar Gundam: The Origin ke format seri TV. Sifatnya sebagai prekuel seri Gundam paling pertama. Animasinya benar-benar bagus. Patut dilihat oleh fans Gundam lawas.

Tambahan, anime Ultraman (Production I.G, Sola Digital Arts) juga tayang. Ini diangkat dari properti intelektual tokusatsu terkenal milik Tsuburaya. Ini merupakan adaptasi manga karya Shimizu Eiichi dan Shimoguchi Tomohiro, duo pengarang Linebarrels of Iron yang dikenal karena desain mekanik yang rinci. Meski mengangkat mitologi Ultraman klasik, arah perkembangannya sama sekali berbeda. Jadi, kamu tak perlu harus tahu tentang Ultraman dulu untuk menikmati ceritanya. Ceritanya tentang bagaimana Hayata Shinjiro mengetahui bahwa ayahnya ternyata adalah raksasa cahaya yang dulu pernah menyelamatkan Bumi dari alien, dan kini harus menggantikan peranannya sebagai pelindung Bumi.  Animasinya full 3D CG, tapi hasilnya terbilang bagus.

Rilakkuma dan Kaoru juga akan tayang. Ceritanya tentang kehidupan perempuan kantoran Kaoru bersama boneka beruang Rilakkuma. Kehidupan Kaoru yang penuh tekanan dikontraskan dengan sikap Rilakkuma yang selalu santai dan positif. Visualnya menggunakan animasi stop motion yang unik. Buat yang belum tahu, Rilakkuma merupakan maskot terkenal di Jepang yang belakangan naik daun.

Soal anime yang menjadi sekuel:

  • Attack on Titan (s3 bagian kedua, iya ini agak ngebingungin). Sangat dinanti fans.
  • Kiratto Pri☆Chan (s2)
  • Bakumatsu: Crisis (s2)
  • One-Punch Man (s2), sutradara dan studionya berganti dari Madhouse ke J.C. Staff. Mungkin tak akan sebagus musim yang pertama.
  • Bungou Stray Dogs (s2). Sangat dinanti fans.
  • Chihayafuru (s3)
  • Operation Han-Gyaku-Sei Million Arthur (s2)

Untuk anime pendek:

  • Yatogame-chan Kansatsu Nikki (Saetta) tentang keseharian Yatogame-chan yang bicara dalam dialek Nagoya. Ini anime promosi wisata yang didasarkan pada manga karya Ando Masaki.
  • Neko no Nyahho: Nya Miseraburu (TMS Entertainment) atau Days of van Meowogh, diangkat dari game ponsel teka-teki tentang pelukis-pelukis legendaris dalam rupa kucing. Sangat lucu.
  • Idolm@ster Cinderella Girls Theater CLIMAX Season (s3)
  • Isekai Quartet yang menampilkan versi SD dari karakter-karakter seri isekai Overlord, Youjou Senki, Re:Zero, dan Konosuba.
  • Shonen Ahibe GO! GO! Goma-chan (s4), seri tentang anak lelaki dan anjing laut ini masih kuat.

Soal layar lebar, musim ini ada:

  • Eiga no Osomatsu-san, film layar lebar dari Osomatsu-san yang mengisahkan apa yang terjadi saat keenam bersaudara menghadiri reuni SMA.
  • Precure Miracle Universe
  • Kimetsu no Yaiba: Kyoudai no Kizuna yang merangkum lima episode pertama dari seri TV-nya yang musim ini tayang.
  • Trinity Seven (m2)
  • Laidbackers, tentang mahasiswi yang mengambil alih kepengurusan toko permen nenek, tapi jadi terlibat tiga gadis dan satu anjing yang merupakan reinkarnasi orang-orang dunia lain.
  • Kabaneri of the Iron Fortress: The Battle of Unato (m3) yang menampilkan cerita baru yang terpisah dari seri TV-nya. Akan berfokus pada karakter Mumei.
  • Hakubo atau Twilight, proyek baru sutradara kontroversial Yamamoto Yutaka. Disebut mengakhiri trilogi Tohoku buatannya (sesudah blossom dan Wake Up, Girls!).
  • Promare, keluaran terbaru dari Studio Trigger. Menjanjikan.
  • Seishun Buta Yarou wa Yume-Miru Shoujo no Yume wo Minai, kelanjutan seri TV-nya.
  • Frame Arms Girls: Kyakkyau Fufu no Wonderland

Soal OVA, Grisaia: Phantom Trigger dari Bibury Animation Studio dan didanai sepenuhnya oleh Frontwing, akan rilis. Episode pertamanya mendapat pemutaran bioskop. Masing-masing episode berdurasi satu jam. Ini ditunda dari musim sebelumnya.

Selain itu adalah OVA untuk anime untuk komedi romantis game lawas Hi Score Girl.

Akan aku tambahkan kalau ada kabar lagi.

10 thoughts on “Anime Baru Musim Semi 2019

  1. Reyno16 says:

    Wahh, akhirnya. Kmrn liat theme ini blog ganti. Bener aja, rilis artikel baru. Kyk biasa, meski tak bisa diandalkan, biasanya hnya list mu yg bakal jd referensi.
    Langsung diantisipasi; gunjou no magmell, kenja no mago, demon slayer, fairy gone. Cukup berharap sama demon slayer, untuk teknis hrsnya ufotable udh gk perlu dragukan ada kajiura yuki pula, semoga bakal jd anime yg bisa dnikmati bnyk org. Pengalaman soalnya kcewa ama touken ranbu mereka, mslh selera sih. Mksh buat listnya min, smoga kehidupan mu dsana baik2 aja, terus semoga ada ksempatan buat rutin posting lg, bnyk anime musim ini yg blm bisa kulanjutin semoga bakal ada review2 mereka dsini .

    • alfare says:

      Serius? Wah, aku tersanjung. Makasih banyak masih jadi pengunjung setia. Rencananya aku memang mau nulis rutin. Di samping itu, banyak postingan lama yang mau aku edit lagi.

      Yah, lebih lengkapnya mungkin nanti aku ceritain. Thanks lagi bro.

  2. irzie says:

    Aku sendiri belum tengok keseluruhan judul-judul untuk musim depan, cuma beberapa kayak hitoribocchi, fairy gone, Senryuu Shoujo, Joshi Kausei.

    Yah, aku memang penikmat genre slice of life. Soalnya adem. Tapi musim depan mulai ngelirik Fairy Gone yang gelut-gelut.

    • alfare says:

      Kayaknya Fairy Gone bakal lebih banyak ngomong ketimbang gelut. Juga mungkin suram lhoo.

      • irzie says:

        Iya sih, banyak yang bilang juga ceritanya bakal dalem banget. Aku sendiri gk kaget bakal dark ini anime. Semoga menjanjikan original project P.A. Works ini.

  3. Muhammad Daris Kholishuddin says:

    Lama tak ada kabar, kupikir ga bakal update lagi, hehe. Thanks as always guide-nya
    Musim ini yang bener2 kuperhatiin sih Fruits Basket, awalnya aku skeptis banget sama remake ini, tapi lihat aja ntar.
    Dan eh, ternyata aku salah sangka, kupikir serial Origin itu nerusin yang movie kemarin, tolong kembalikan hype-ku -_-

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.