Anime Baru Musim Dingin 2018-2019

Yo.

Aku mulai kehidupan baru musim ini, jadi minta doanya. Masih enggak jelas bakal gimana, tapi aku bakal jalani dulu.

Terlepas dari itu, anime baru di winter ini (relatif) enggak banyak, tapi ada beberapa judul tertentu yang menonjol.

Kayak biasa, daftar ini enggak bisa diandalkan.

Akan aku tambahkan kalau ada kabar-kabar lagi.

W’z (GoHands)

Yukiya, DJ muda yang dibesarkan house music, ingin bisa menyampaikan sesuatu pada dunia. Namun, ia ragu dan takut tersakiti. Sampai saat ia menjumpai siaran langsung dari ‘dunia itu’, akhirnya ia tersadar ada hal-hal tertentu yang takkan dapat dilakukannya seorang diri.

Ini proyek orisinal baru dari studio animasi GoHands yang kelihatannya akan memadukan musik dengan karakter-karakter tampan. Belum banyak info tentang ceritanya, tapi sesudah kekacauan proyek HandShakers mereka sebelumnya, studio ini kayaknya akan lebih fokus ke aspek stylish dari anime mereka. Kayak biasa—secara aneh untuk anime macam ini—informasi rinci tentang staf-staf kunci tidak tersedia. GOON TRAX bertanggung jawab atas musiknya. Sementara, DJ RENA bertanggung jawab atas kerjasama produksi musik dan video, yang akan melibatkan 27 artis musik. Mungkin akan jadi anime yang enak dilihat.

Gotoubun no Hanayome (Tezuka Productions)

Uesugi Futaro, siswa SMA miskin, suatu hari ditawari pekerjaan menjadi guru privat dengan bayaran bagus. Masalahnya, murid-murid yang harus dia ajar ternyata adalah teman-teman sekolahnya sendiri. Mereka lima saudari kembar yang sama-sama cantik, sama-sama berbeda, tapi sama-sama biang masalah dan terancam dikeluarkan dari sekolah.

Seri ini diangkat dari manga drama komedi romantis karya Haruba Negi yang belakangan naik daun di Weekly Shounen Magazine. Juga dikenal dengan judul The Quintessential Quintuplets. Gelagatnya lebih baik dari dugaan dengan Kuwabara Satoshi (Dagashikashi 2, Yu-Gi-Oh! Zexal) yang menyutradarai, serta naskah ditangani Ouchi Keiichiro (Hinamatsuri).Musiknya akan dikomposisi bersama oleh Tabuchi Natsumi, Nakamura Hanae, dan Sakurai Miki. Cerita di komiknya setahuku sudah menjelang klimaks, jadi adaptasi anime ini mungkin bakal mencakup ceritanya sampai tuntas. Seri ini punya perkembangan cerita yang terbilang tak biasa.

Girly Air Force (Satelight)

Makhluk-makhluk terbang misterius bernama Zai tiba-tiba muncul. Pesawat-pesawat tempur “Daughter” kemudian diciptakan untuk menangkal mereka, sekaligus mekanisme tempur otomatis “Anima” yang diciptakan serupa gadis-gadis manusia. Seorang pemuda bernama Narutani Kei bercita-cita bisa terbang di langit. Suatu hari, ia kemudian dipasangkan dengan Anima bernama Gripen yang menjadi kartu as umat manusia dalam melawan Zai.

Ono Katsumi (seri-seri Senki Zesshou Symphogear AXZ, G, dan GX) akan menyutradarai, karena itu ada pengharapan lumayan dari fans beliau. Naskahnya sendiri akan ditangani oleh Nagai Shingo (WorldEnd, NewGame!). Seri ini diangkat dari light novel karya Natsumi Kouji dengan rancangan karakter asli buatan Tousaka Asagi. Premisnya terdengar mirip Strike Witches, tapi perkembangan ke sananya lumayan beda. Bentuk pesawatnya mungkin aneh, tapi Satelight lewat seri Macross telah berpengalaman menganimasikan pesawat-pesawat tempur. Untuk fans-fans tertentu, ini bisa jadi seri yang sangat menarik.

Magical Girl Special Ops Asuka (LIDEN FILMS)

Tiga tahun silam, makhluk-makhluk asing mengacaukan bumi sebelum mereka dikalahkan sekelompok perempuan muda berkekuatan misterius. Para gadis ini kembali menjalani kehidupan normal sesudah monster-monster itu terusir, tapi masa damai ini sebentar lagi berakhir. Makhluk-makhluk itu akan kembali. Otorii Asuka dan gadis-gadis lain di pasukan Magical Girl Special Ops harus kembali ke medan pertempuran untuk melindungi umat manusia.

Juga berjudul Mahou Shoujo Tokushuusen Asuka, seri ini diangkat dari manga karya Fukami Makoto (Berserk, Yuruyuri San Hai!, terlibat dalam naskah Psycho-Pass) dan Tokiya Seigo (Teizokurei Monophobia), yang diserialisasikan di Monthly Big Gangan. Yamamoto Hideyo (Strike the Blood, Code:Realize) yang akan menyutradarai. Naskah akan dikerjakan Fukami-san bersama Kaihou Norimitsu (School-Live!, Danganronpa 3: Despair Arc). Setahuku ini seri bernuansa gelap dan penuh aksi sekaligus sangat ‘buat cowok’. Kualitas produksi LIDEN FILMS sejauh ini solid, karena itu gelagatnya terbilang meyakinkan.

Bermuda Triangle: Colorful Pastrale (Seven Arcs)

Colorful Pastrale adalah kelompok idola putri duyung yang dikenal lewat suara memikat, senyuman cerah, serta tarian menyilaukan mereka di bawah laut. Tapi, kembali ke desa Parrel mereka yang jauh dari kota besar, keseharian gadis-gadis ini lebih banyak diisi pertengkaran soal cemilan kue yang mereka makan.

Percaya atau tidak, seri ini merupakan spin off dari seri permainan kartu Cardfight!! Vanguard, mengetengahkan keseharian kelompok idola putri duyung dari Segitiga Bermuda di seri tersebut. Nishimura Junji (Dog Days, ViVid Strike!, Basilisk: Ouka Ninpouchou) yang akan menyutradarai, dengan naskah ditangani Yokote Michiko (Ika Musume, Genshiken). Meski mengenakan pakaian, semua karakternya adalah makhluk duyung (atau makhluk bawah laut lain). Seperti halnya seri-seri Seven Arcs lain (Dog Days), seri ini didominasi nuansa cerah dan warna-warni. Ini bisa jadi seri yang sangat menarik bagi yang suka.

Endro~! (Studio Gokumi)

Di Pulau Naral, di mana pedang dan sihir dan manusia serta monster hidup berdampingan, Raja Iblis yang jahat secara berkala akan muncul sebelum dikalahkan oleh Pahlawan. Sekolah petualang kemudian didirikan untuk melatih para petualang untuk menjadi Pahlawan. Seorang siswi bernama Yusha dan tiga kawannya ingin tergabung dalam kelompok Pahlawan, tapi di sisi lain, mereka juga ingin tetap bisa hidup santai dan damai sekalipun Raja Iblis telah muncul lagi.

Ini seri fantasi keseharian yang merupakan anime orisinil baru Gokumi. Desainnya cerah, manis, dan penuh warna lembut. Kaori (Yuyushiki) yang akan menyutradarai. Aoshima Takashi (Love Lab, Himouto! Umaruchan) yang akan menangani naskah. Ini lagi-lagi seri baru yang bisa sangat moe bagi yang suka.

Kengan Ashura (Larx Entertainment)

Yamashita Kazuo yang paruh baya dan pasif kerap diremehkan rekan-rekannya di kantor. Tapi, semua berubah saat ia ditugasi bosnya mengurusi Ouma Tokita, pemuda misterius yang sangat maskulin. Dari sana, Yamashita mengetahui tentang turnamen Kengan, ajang pertarungan bela diri berdarah rahasia yang telah ada sejak zaman Edo, yang di dalamnya, perusahaan-perusahaan ternama dan pedagang-pedagang besar bersaing dalam mempertaruhkan pengaruh dan uang.

Sutradara serba bisa (yang konon mulai fitness untuk proyek ini) Kishi Seiji (Danganronpa, Yuki Yuna) akan menangani. Komposisi seri akan ditangani Uezu Makoto (Akame ga KILL!). Musiknya akan ditangani Takanashi Yasuharu dari Team-MAX. Seri ini diangkat dari manga aksi bela diri karya Sandrovich Yabako dan Daromeon yang sebelumnya diserialisaiskan di aplikasi Manga ONE, sebelum diterbitkan secara cetak oleh Shogakukan. Seri ini diadaptasi karena memenangkan kontes voting di tahun 2015. Cerita di komiknya sudah tamat, jadi cerita animenya kayaknya bakalan tuntas. Studionya relatif baru, tapi staf-staf kuncinya kuat. Gelagatnya sejauh ini sangat meyakinkan.

Ueno-san wa Bukiyou (Lesprit)

Ueno, penemu berprestasi yang jauh melampaui usianya, adalah ketua klub sains di sekolahnya. Meski demikian, ia canggung dan ceroboh bila soal cinta, sehingga tak kunjung bisa menyatakan perasaannya pada Tanaka, cowok yang ia sukai.

Juga berjudul How clumsy you are, Miss Ueno, ini diangkat dari manga komedi karya tugeneko yang diserialisasikan di Young Animal terbitan Hakusensha. Ini cerita konyol tentang gadis yang menciptakan berbagai penemuan aneh dengan harapan bisa membantu cintanya terwujud. Yamanashi Tomohiro (Yurumates 3Dei) akan menyutradarai sekaligus menangani komposisi seri. Misawa Yasuhiro mengkomposisi musik. Ini kelihatannya bakal jadi seri sederhana, tapi tidak jelek.

Grimms Notes the Animation (Brains Base)

Di dunia yang diciptakan oleh para Story Teller, semua penghuninya sejak lahir telah diberikan “buku takdir” di mana segala tentang kehidupan mereka telah ditulis. Namun, kelompok Story Teller jahat bernama Chaos Teller mulai menulis kejadian-kejadian buruk dalam buku orang-orang tanpa sepengetahuan yang bersangkutan. Hanya Ekusu dan para pemilik buku takdir kosong yang bisa memburu para Chaos Teller dan mengembalikan dunia seperti seharusnya.

Diangkat dari game ponsel keluaran Square Enix yang mengangkat tema seputar dongeng dan legenda dunia, seperti Alice in Wonderland, Aladdin, dan Cinderella. Sugawara Seiki (RIN-NE, D-Frag!) akan menyutradarai. Naskah akan ditangani Yamaguchi Hiroshi. Desain karakternya menarik. Seri fantasi ini punya gelagat lebih meyakinkan dibandingkan seri-seri sejenisnya. Mungkin hasilnya bagus.

Doukyonin wa Hiza, Tokidoki, Atama no Ue (Zero-G)

Mikazuki Subaru adalah seorang novelis canggung yang kurang pandai bergaul semenjak kehilangan keluarganya. Suatu hari, ia mengadopsi seorang kucing liar yang dinamainya Haru. Tanpa disangka, ini menjadi awal keduanya saling membuka diri.

Seri ini diangkat dari manga keseharian karya Minatsuki dan Futatsuya As. Ceritanya ringan dan terbilang menentramkan. Yang menarik adalah bagaimana setiap episode akan mengamati kejadian-kejadian secara bergantian dari dua sudut pandang, yaitu dari Subaru dan Haru.  Suzuki Kaoru (DIVE!!) yang akan menyutradarai. Naskah akan ditangani Akao Deko (Amanchu!!) yang telah berpengalaman menangani naskah macam ini. Musik akan ditangani oleh Kotoringo. Ini cocok bagi penyuka kucing dan seri keseharian ringan.

The Promised Neverland (CloverWorks)

Emma, Norman, dan Ray adalah anak-anak terpintar di Grace Field House, panti asuhan di mana mereka dibesarkan bersama anak-anak lain. Kehidupan mereka selama ini bahagia dan damai. Namun, pada suatu hari, Emma dan Norman tanpa sengaja mengetahui kebenaran yang menghancurkan semua kebahagiaan mereka, dan memaksa mereka untuk lari.

Diangkat dari manga populer Yakusoku no Neverland karya Kaiu Shirai dan Posuka Demizu, serialisasinya di Weekly Shonen Jump secara perlahan tapi pasti telah menuai banyak sekali penggemar. Mirip Death Note, ini manga suspens dengan elemen-elemen fantasi yang menonjolkan kecerdikan para karakternya. Kanbe Mamoru (Elfen Lied, Subete ga F ni Naru) akan menyutradarai. Ono Toshiya (Gatchaman Crowds) akan menangani naskah. Gelagatnya sejauh ini sangat solid. Mungkin akan jadi seri baru paling menonjol musim ini.

Pastel Memories (project No.9)

Sedikit di masa depan tahun 20XX, Akihabara yang dulu dikenal sebagai “tanah suci otaku” kini mengalami kemunduran. Asagi Izumi dan gadis-gadis otaku berbakat lainnya kemudian dibesarkan di toko-toko otaku khusus untuk melawan “virus” yang menginfeksi dunia berbagai karya, dan pada saat yang sama, memulihkan ingatan orang-orang yang hilang.

Diangkat dari game ponsel (terakhir?) keluaran FuRyu, Shinozaki Yasuyuki (Shuffle!, Xam’d: Lost Memories) yang akan menyutradarai.  Naskahnya akan ditangani Tamai Tsuyoshi (Strike Witches, Ladies versus Butlers!). Meski sekilas kurang menonjol, seri ini ditangani sejumlah staf kunci veteran, jadi hasilnya mungkin akan lebih bagus dari yang dikira. Desain karakternya benar-benar kawaii.

Meiji Tokyo Renka (TMS Entertainment)

Pada malam bulan purnama merah, Ayazuki Mei berjumpa dengan Charlie, seorang lelaki yang mengaku penyihir. Dengan sihir Charlie, Mei berkelana ke zaman Meiji di Tokyo, di mana ia berjumpa dan jatuh cinta dengan tokoh-tokoh sejarah besar di masa tersebut.

Diangkat dari game VN romansa sejarah keluaran Broccoli, Daichi Akitarou (Kamisama Kiss) akan menyutradarai dengan dibantu Yamanaka Junko. Sebelumnya, game ini sempat diangkat ke bentuk film anime layar lebar Yumihari no Serenade, jadi seri TV ini menjadi penceritaan alternatifnya. Suatu proyek live action untuk TV dan layar lebar juga kabarnya tengah digarap. Lazim untuk proyek begini, animasinya kurang menonjol, tapi para karakternya tampan dan para seiyuu berperan kuat.

Tate Yuusha wa Nariagari (Kinema Citrus)

Iwatani Naofumi, otaku yang sehari-hari bermain game dan membaca manga, dijebak dan dikhianati sesudah terpilih sebagai satu dari Empat Pahlawan bersenjata legendaris di dunia lain yang harus diselamatkan. Sebagai Pahlawan Tameng, dia nampaknya adalah yang terlemah di antara mereka berempat, tapi segalanya ternyata tidaklah seperti yang tampak.

Juga berjudul The Rising of the Shield Hero, diangkat dari seri novel karya Yusagi Aneko yang diilustrasikan Minami Seira, ini seri fantasi petualangan yang termasuk salah satu seri isekai paling populer beberapa tahun terakhir. Ceritanya menonjol dengan bagaimana si tokoh utama bertahan menghadapi kelakuan buruk orang. Abo Takao (Norn9) akan menyutradarai anime ini. Naskahnya akan ditangani Koyanagi Keigo (Regalia: The Three Sacred Stars). Aku masih waswas, tapi gelagatnya sejauh ini terlihat luar biasa baik. Durasinya sudah dikonfirmasi akan dua cour.

Watashi ni Tenshi ga Maiorita! (Doga Kobo)

Hoshino Miyako adalah mahasiswi otaku yang pemalu. Suatu hari, adik perempuan Miyako yang masih SD, Hinata, memperkenalkannya pada teman sekelasnya yang bernama Hana. Seketika, Miyako jatuh cinta dengan Hana pada pandangan pertama.

Anime ini diangkat dari manga komedi yuri 4-kotak karya Mukunoki Nanatsu yang diserialisasikan di Comic Yuri Hime terbitan Ichijinsha. Di samping nuansa ringan dan penuh warna khas Doga Kobo, seri ini akan menyatukan kembali tim produksi yang menangani New Game! jadi kualitasnya diharapkan lumayan solid. Hiramaki Daisuke (sutradara episode untuk Shirobako, Yuruyuri San Hai!) akan tampil sebagai sutradara. Naskah akan ditangani Yamada Yuka (Miss Kobayashi’s Dragon Maid).

Kouya no Kotobuki Hikoutai (GEMBA)

Di perbatasan tandus di mana perdagangan menjadi kunci bertahan hidup, skuadron Kotobuki di mana Kyile tergabung menyediakan jasa pengawalan melalui udara. Dipimpin komandan yang cantik tapi tegas, kelompok aneh ini sangat lihai di udara dengan pesawat-pesawat Hayabusa mereka.

Juga berjudul Kotobuki – The Wasteland Squadron, ini proyek anime orisinil yang dicetuskan bersama oleh sutradara Mizushima Tsutomu (Shirobako, Girls und Panzer) dan penulis naskah Yokote Michiko (Rurouni Kenshin, Shirobako). Karena nama orang-orang yang terlibat, terutama sesudah kesuksesan Girls und Panzer, ada pengharapan lumayan besar terhadap seri ini. Konsep semua karakternya menarik, dan desainnya yang dibuat Hidari (Phantom in the Twilight) benar-benar berkesan. Visualnya sejauh ini keren. Desain pesawat-pesawatnya didasarkan pada pesawat-pesawat antik di masa lalu. Mungkin akan menjadi salah satu seri baru paling menonjol di musim ini.

revisions (Shirogumi)

Doujima Daisuke dan kawan-kawannya terseret dalam fenomena misterius Shibuya Adrift yang membawa mereka semua, dan seluruh bagian tengah Shibuya, ke 300 tahun di masa depan. Mereka berjumpa dengan seorang gadis bernama Milo yang menugaskan mereka untuk melindungi Shibuya dari suatu musuh yang tak dikenal.

Ini seri sains fiksi orisinal berbasis CG, dan karena itu mungkin kurang cocok buat sebagian orang. Sutradara kawakan Taniguchi Goro (Code Geass, Planetes) akan menangani, dengan komposisi seri ditangani Fukami Makoto (Psycho-Pass) dan Hashimoto Taichi (produser untuk Speed Grapher, Rosario + Vampire). Proyek ini terasa seperti pertaruhan, karena studio animasi Shirogumi (Etotama, Nyanbo!) belum pernah menangani seri macam ini sebelumnya. Ada gelagat kalau mungkin ceritanya lebih bagus dari dugaan, tapi sejauh ini, seri ini terkesan kurang menonjol. Mungkin ada elemen mecha di dalamnya.

Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen (A-1 Pictures)

Ketua Dewan Siswa, Shirogane Miyuki, dan wakilnya, Shinomiya Kaguya, dikenal sebagai dua murid teladan dengan masa depan cemerlang. Keduanya saling jatuh cinta, tapi sama-sama enggan mengakui perasaan karena tak mau jadi yang ‘kalah’ dalam persaingan mereka. Maka dimulailah berbagai upaya saling menjebak untuk memaksa orang yang mereka sukai untuk lebih dulu menyatakan cinta.

Juga dikenal dengan judul Kaguya-sama: Love is War, ini diangkat dari manga komedi romantis karya Akasaka Aka di Young Jump (sebelumnya di Miracle Jump) yang sangat naik daun beberapa tahun ini. Seri ini menonjol karena menjadi salah satu seri komedi romantis langka yang punya kadar fanservice sangat minim. Hatekayama Mamoru (Shouwa Genroku Rakugo Shinjuu, Record of Grancrest War) akan menyutradarai. Pendatang baru Nakanishi Yasuhiro (Shiawase Restaurant) akan menangani naskah. Gelagatnya sejauh ini tak buruk. Perkembangan ceritanya konsisten dan bagus, karena itu cakupan animenya nanti menjadi tanda tanya.

Boogiepop wa Warawanai (Madhouse)

Ada legenda urban tentang dewa kematian yang membebaskan orang-orang dari penderitaan. Dewa kematian ini bernama Boogiepop, dan kisah-kisah tentang dirinya itu nyata. Saat serangkaian kasus siswi hilang terjadi di Akademi Shinyo, pihak-pihak berwenang berasumsi kalau ini hanya kasus kenakalan remaja biasa. Tapi, ada sesuatu yang lain di balik itu, dan Kirima Nagi ingin menyelidiki kebenarannya.

Diangkat dari seri light novel lawas karya Kadono Kouhei dan Ogata Kouji, seri Boogiepop mengombinasikan elemen-elemen drama, misteri, horor, sains fiksi, dan supernatural dalam latar belakang perkotaan yang penuh rumor. Tokoh-tokohnya banyak dan menarik. Waralaba ini pernah diangkat jadi anime sebelumnya (Boogiepop Phantom) dan anime baru kali ini bisa dibilang semacam reboot. Sutradara andal Natsume Shingo (ACCA, Space Dandy) akan menangani seri ini. Naskah akan ditangani oleh Suzuki Tomohiro (ACCA, Tiger & Bunny). Key visual pertamanya sempat tidak meyakinkan, tapi gelagatnya saat ini terbilang bagus. Juga berjudul Boogiepop & Others, mengacu kepada judul novel pertama seri ini. Mungkin akan menjadi salah satu seri baru paling menonjol.

Domestic na Kanojo (diomedea)

Natsuo yang bercita-cita menjadi novelis jatuh cinta pada Hina-sensei, guru muda di sekolahnya yang populer dan ceria. Putus asa dengan bagaimana cintanya takkan terwujud, Natsuo mengikuti ajakan goukon dan bertemu Rui, seorang siswi sekolah lain yang pendiam dan asosial, yang secara impulsif bersedia tidur dengannya. Tak lama kemudian, ayah Natsuo menikah lagi dengan seorang ibu tunggal. Dengan kaget, Natsuo mendapati bahwa dua saudara tirinya yang baru ternyata adalah Hina dan Rui.

Diangkat dari manga drama romansa agak dewasa (opera sabun?) Domestic Girlfriend karya Sasuga Kei yang diserialisasikan di Weekly Shounen Magazine, Ihata Shouta (Girlish Number) akan menyutradarai, sedangkan naskah akan ditangani oleh Takahashi Tatsuya (Toji no Miko, Eromanga Sensei). Manganya sejenis dengan seri-seri romansa lain di majalah tersebut (seperti Fuuka dan Good Ending) yang cenderung dipenuhi melodrama berkepanjangan. Karena faktor durasi, perkembangan cerita di adaptasi animenya ini mungkin bakal berbeda. Di sisi lain, aku pribadi berharap studio diomedea sukses dengan proyek ini karena situasi mereka. Mungkin karena didukung DMM dan Amazon Prime, dari segi teknis, kualitasnya kelihatan solid, melebihi produksi diomedea yang biasa.

Mengikuti kesuksesan penggalangan dana di Kickstarter, adaptasi anime baru dari VN drama aksi keluaran Frontwing, Grisaia: Phantom Trigger, kabarnya akan tayang. Seri baru ini berfokus pada SORD, agensi penerus CIRS, dan mengetengahkan pemuda rupawan Aoi Haruto dalam membina angkatan baru gadis-gadis ‘sulit’ di Akademi Mihama yang telah dibuka kembali sesudah insiden Heath Oslo. Produksinya ditangani Bibury Animation Studio yang merupakan studio baru milik sutradara Tensho (Kinmoza, trilogi anime Grisaia, Rewrite). Proyek anime ini akan didanai sepenuhnya oleh Frontwing tanpa sistem komite. Gelagatnya sejauh ini masih tanda tanya.

Akan ada anime Dororo baru, yang diangkat dari seri aksi supernatural lawas karya mangaka legendaris Ozamu Tezuka. Berlatar di sekitar tahun 1470 sesudah Perang Onin dan Bunmei di Tanjung Noto, seorang pemuda bernama Hyakkimaru melakukan perjalanan untuk memburu 48 monster yang terjelma dari potongan-potongan tubuhnya, demi menyatukan tubuhnya kembali. Sesudah memperoleh tubuh palsu, Hyakkimaru bertemu bocah pencuri bernama Dororo yang kemudian menjadi kawan seperjalanannya. Produksinya dilakukan lewat kerjasama MAPPA dan Tezuka Productions. Furuhashi Kazuhiro akan menyutradarai. Gelagatnya terbilang bagus.

Tatsunoko Productions musim ini memproduksi proyek anime orisinil baru Egao no Daika atau The Price of Smiles. Rinciannya belum jelas, tapi ceritanya berlatar di planet lain dengan pasukan militer berkekuatan mecha, dan menceritakan hubungan seorang putri bernama Yuki Soleil dan Stella Shining, prajurit andal yang menyembunyikan segala perasaan di balik senyumnya. Suzuki Toshimasa (Rinne no Lagrange, Fafner: Heaven and Earth) akan menyutradarai. Naskah ditangani oleh Inotsume Shinichi (Persona 5 the Animation). Kesannya agak membingungkan, tapi kelihatannya takkan jelek. Tatsunoko kayaknya berharap banyak pada proyek ini.

Setelah produksi penuh kendala, anime Mysteria Friends atau Manaria Friends akhirnya akan tayang juga. Berkisah tentang hubungan persahabatan Anne dan Grea dalam sekolah sihir Mysteria/Manaria yang tidak mengenal diskiriminasi ras, ini semula diangkat dari salah satu event di game ponsel Rage of Bahamut, tapi para karakternya belakangan lebih dikenal lewat game-game Cygames yang lain (Granblue Fantasy). Produksinya kali ini dilakukan oleh CygamesPictures yang berada di bawah Cygames sendiri. Belum ada info lebih lanjut tentang staffnya.

Membahas soal anime-anime pendek:

  • Papa Datte, Shitai yang merupakan produksi studio dewasa Magic Bus musim ini, yang secara tidak lazim bergenre Ceritanya tentang Asumi Kouya, mahasiswa tingkat akhir yang juga bekerja sebagai asisten rumah tangga untuk Naruse Keiichi, seorang orangtua tunggal, dan mulai menjalin hubungan dengannya.
  • Rainy Cocoa side G, yang merupakan versi cewek dari keseharian kafe Rainy Cocoa. Desain para karakternya imut.
  • Choujigen Kakumei Anime: Dimension High School yang akan menjadi kombinasi animasi dan live action. Produksinya dilakukan oleh POLYGON PICTURES.
  • Kemurikasa, anime pendek baru keluaran studio Yaoyoruzu, yang akan disutradarai TATSUKI, sutradara musim pertama Kemono Friends yang legendaris.
  • Produksi baru Rinshi!! Ekoda-chan yang diangkat dari manga komedi 4-kotak dewasa karya Takinami Yukari, berkisah tentang sisiw bernama Ekoda yang menjalin ‘hubungan terbuka’ dengan pacarnya dan gemar melakukan petualang menjelajahi bermacam aspek kehidupan malam. Adaptasi kali ini menarik karena sifatnya yang omnibus dan setiap episode akan ditangani sutradara kawakan yang berbeda.

Membahas soal seri TV sekuel, ada beberapa judul mencolok:

  • B-PROJECT: Zecchou Emotion (season 2), di mana jumlah unit idola cowok di bawah naungan B-PROJECT yang harus Tsubasa tangani di Gandala Music bertambah dari tiga menjadi empat.
  • Anime drama supernatural Morose Mononokean (season 2) akan lanjut.
  • Kemono Friends 2 (season 2) yang menarik banyak sekali kontroversi terkait sikap induk perusahaan terhadap sutradara anime season pertamanya. Ada gelagat kuat kalau ceritanya takkan berhubungan dengan musim sebelumnya.
  • Mob Psycho 100 II (season 2), tentang kelanjutan pengalaman hidup bocah datar dengan kekuatan supernatural dahsyat.
  • Kelanjutan yang sudah lama ditunggu dari seri kencan untuk menyelamatkan dunia, Date A Live III (season 3). Kali ini, J.C. Staff yang akan memproduksi.
  • Kelanjutan seri band perempuan BangG Dream! (season 2).
  • Kelanjutan seri judi psikotik penuh intrik dan penindasan Kakegurui (season 2).
  • Real Girl (season 2) tentang kelanjutan hubungan romansa seorang cowok otaku dan gadis sungguhan.

Dari segi film layar lebar, ada lebih banyak kejutan:

  • Love Live! Sunshine!! The School Idol Movie Over the Rainbow. Ceritanya kali ini sesuatu tentang para sempai yang hilang dalam kunjungan ke Itali.
  • Made in Abyss. Sifatnya kudengar adalah film kompilasi.
  • Film kedua Fate/stay night: Heaven’s Feel II. lost butterfly.
  • Trilogi film baru Psycho-Pass: Sinners of the System yang ceritanya baru sama sekali. Gelagatnya terbilang baik.
  • Anime sains fiksi romansa berbasis CG keluaran Craftar, Ashita sekai ga Owaru Toshitemo, yang berhubungan dengan proyek The Relative Worlds. Ceritanya tentang sepasang teman lama yang didatangi diri mereka dari dunia lain?
  • Saga of Tanya the Evil, yang akan melanjutkan cerita di seri TV-nya!
  • City Hunter, yang merupakan reboot modern untuk waralaba klasik ini, yang kelihatan sangat meyakinkan.
  • Code Geass: Lelouch of the Re;surrection, film baru yang sudah banyak ditunggu, yang akan menutup sekaligus membuka lembaran baru cerita trilogi film kompilasi Code Geass sebelumnya.
  • Danmachi: Arrow of the Orion movie, yang merupakan film layar lebar yang berdiri sendiri.
  • Royal Tutor
  • Trinity Seven (movie 2)
  • Laidbackers, tentang seorang mahasiswi yang mengambil alih suatu toko permen yang harusnya kosong, untuk kemudian mendapati ada orang-orang aneh yang terlahir dari dunia lain di sana.

Dari segi OVA:

  • Kelanjutan seri aksi fantasi populer Strike The Blood III. Aku perlu periksa cakupan ceritanya.
  • All Might: Rising the Animation yang mengetengahkan masa lalu karakter All Might dari seri My Hero Academia.

Kayak biasa, akan diedit kalau ada penambahan.

(Sumber dari ANN dan Wikipedia)

Iklan


Kategori:anime, lists & seasonal previews

1 reply

Trackbacks

  1. Gigit Kepo: Tempat Nonton Anime Winter 2019 untuk Indonesia – Dapur Dirgita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: