Rekomendasi Game Untuk Penggemar Genre Isekai

Beberapa hari lalu, ada pembaca yang mengajukan pertanyaan menarik. Dia tanya game apa saja (kalau bisa, RPG) yang memberikan nuansa yang sama dengan yang ada di cerita-cerita isekai. Di luar dugaan, aku perlu mikir agak lama sebelum menjawab.

Sesudah menjawab selintas, aku putuskan untuk sekalian saja membuat postingan yang membahas soal ini. Berikut aku jelasin dulu pertimbangan-pertimbangan yang aku ambil. Kemudian, baru di bawahnya aku kasih daftar game beserta alasannya.

Semua game di daftar ini adalah game-game yang pernah aku coba sendiri. Jadi, pasti ada banyak game di luar sana yang memenuhi kriteria, tapi enggak tercantum karena belum pernah aku coba.

Kebanyakan game juga adalah game lama. Jadi, kalau kalian enggak punya duit, kalian bisa mencobanya lewat program-program emulator yang sisi legalnya masuk ranah abu-abu. 

Kriteria-kriteria yang aku pilih (elemen-elemen yang lazim ditemukan dalam seri-seri genre isekai) antara lain:

  1. Adanya konflik klasik kebaikan melawan kejahatan. (Mis. ada Demon Lord/Maou/Penjahat Besar yang sejak awal harus dihadapi di dalamnya.)
  2. Memberikan fitur kustomisasi tinggi ke pemain. (Mis. adanya banyak pilihan ability, kemungkinan untuk membuat karakter kita OP sejak awal, dsb.)
  3. Menghadirkan dunia yang menarik untuk dijelajah. (Mis. karena tempat, situasi, atau penduduk setempat, dsb.)

Akan ditambahkan dan dilengkapi berkala.

Daftar Untuk Alasan 1 (Good vs Evil)

  • Seluruh game utama Dragon Quest (Alasan: semua judul memiliki tokoh antagonis yang kita telusur dan harus dikalahkan. Kombinasi dunia dan cerita yang seru, perasaan kuat menjadi pahlawan yang berkeliling dan berjuang untuk menyelamatkan dunia dari kejahatan. CATATAN: masing-masing memerlukan komitmen waktu yang lumayan.)
    • Dragon Quest (Paling pertama. Sangat simpel, dengan hanya satu karakter yang dimainkan, tapi dengan jalur quest yang agak ribet. Durasi pendek.)
    • Dragon Quest II (Sangat disarankan dimainkan sesudah DQ I karena ceritanya nyambung. Durasi sedang, tapi memiliki nuansa open world yang bisa agak menyulitkan. Kita memainkan tiga karakter.)
    • Dragon Quest III (Game legendaris. SANGAT disarankan dimainkan sesudah DQ I dan DQ II karena ceritanya nyambung.)
    • Dragon Quest IV (Simpel. Bisa langsung dimainkan. Cerita memuaskan dengan banyak karakter dan sudut pandang.)
    • Dragon Quest V (Game legendaris. Punya cerita sangat memuaskan.)
    • Dragon Quest VI (Memiliki penambahan fitur paling banyak, yang termasuk di dalamnya sistem Job. Kita bisa mengembangkan karakter-karakter kita dengan cara berbeda, dengan hasil mengejutkan.)
    • Dragon Quest VII (JRPG dengan durasi TERPANJANG sampai saat ini. Sekitar 120 jam dengan waktu bermain normal. TIDAK disarankan kecuali kalian sudah benar-benar jadi penggemar DQ.)
    • Dragon Quest VIII (Mulai modern. Termasuk bagus, tapi dengan feel agak beda dibandingkan yang lainnya.)
    • Dragon Quest IX (Game dengan feel beda lain karena menonjolkan multiplayer. Kurang memuaskan, tapi unik. Judul pertama yang tidak menggunakan random encounter.)
    • Dragon Quest X (Game online. Masih hanya di Jepang. Kabarnya memuaskan.)
    • Dragon Quest XI (Game modern berikutnya. Kabarnya sangat bagus. Memiliki kaitan cerita dengan tiga game pertama.)
  • Lufia and the Fortress of Doom (Alasan: konflik melawan para Sinistral yang dikisahkan sangat super. Simpel, SANGAT sederhana, tapi menampilkan ide-ide menarik.)
  • Grandia II (Alasan: perburuan potongan-potongan tubuh dewa jahat yang mengkorup manusia. Perkembangan karakter sangat berkesan. Banyak latar tempat unik.)
  • Breath of Fire (Alasan: melawan kekaisaran jahat yang menghancurkan negeri kita. Petualangan simpel dan generik, tapi tokoh utama kita bisa berubah menjadi naga!)
  • Breath of Fire II (Petualangan yang lebih gelap dari dugaan, tamat yang memukau untuk zamannya, DITAMBAH lagi tokoh utama yang bisa berubah menjadi naga.)
  • Final Fantasy (Alasan: melawan Four Fiends yang telah mengacaukan dunia di tempat-tempat berbeda. Simpel dan berdurasi pendek, tapi punya elemen penjelajahan berkesan.)
  • Final Fantasy II (Alasan: bergabung dalam pemberontakan untuk melawan Kekaisaran Palamecia yang jahat. Cerita penuh pengorbanan. Berdurasi pendek. Sistem pertempuran yang berbeda sendiri.)
  • Final Fantasy III (Alasan: perjuangan mengejar Zande, penyihir yang diduga telah menenggelamkan dunia. Mengenalkan sistem job yang unik. Memiliki pengenalan dunia yang menarik. Terbilang menantang.)
  • Final Fantasy IV (Alasan:hadirnya Golbez, sosok misterius yang telah merusak kehidupan para tokoh utama. Salah satu JRPG pertama ceritanya punya karakterisasi yang ‘jadi.’ Terbilang menantang.)
  • Shining Force (Alasan: konflik melawan sosok Darksol yang misterius, serta hubungan tersembunyi si antagonis dengan si tokoh utama. Pertemuan dengan banyak orang di berbagai latar. Game strategi dengan sistem permainan sederhana, tapi dirancang dengan apik.)
    • Shining Force: Resurrection of the Dark Dragon (Remake dengan tambahan karakter dan bab cerita baru.)
  • Shining Force II (Alasan: perjalanan lintas dunia untuk mencegah kebangkitan dewa jahat. Perkenalan dengan sosok-sosok berkuasa di tanah asing. Secara permainan, hampir identik dengan game pertama.)
  • Shining Force III (Alasan: TIGA tokoh utama dengan pasukan masing-masing mengejar kebenaran di balik perang dua negara yang ternyata didalangi pengikut dewa jahat. Menarik karena interaksi para karakter utama dengan orang-orang di sekeliling mereka.)
  • Wild Arms (Alasan: perjuangan melawan kaum Metal Demons yang kembali bangkit di tengah dunia di ambang kehancuran. Pemaparan dunia dan isinya SANGAT berkesan. Hubungan dinamis para tokoh utama dengan para antagonis juga benar-benar menarik.)
  • Phantasy Star IV (Alasan: perjalanan melintasi tiga planet futuristis untuk mengejar tokoh antagonis. Menarik lebih karena perkembangan situasi antar karakter dalam ceritanya.)

Daftar Untuk Alasan 2 (Kustomisasi)

  • Final Fantasy V (Alasan: Job system. Game pertama yang memungkinkan kemajuan yang diperoleh di satu job tertentu terbawa saat kita menggunakan job lain. Kita bisa menemukan kombinasi-kombinasi tertentu yang bisa mengalahkan boss dengan gampang. Karakterisasinya biasa saja, tapi petualangan panjangnya melewati tiga dunia sangat berkesan.)
  • Final Fantasy VII (Alasan: sistem Materia. Menawarkan pilihan ability yang SANGAT banyak dan unik dengan banyak kombinasi praktis, dikombinasikan dengan senjata yang kita gunakan. Dunia fantasi modern yang memukau dan mendorong kita menjelajah. Game LEGENDARIS. Game yang patut disebut karena ketiga kriteria sekaligus. Sangat keren dengan karakter dan cerita berkesan.) 
  • Final Fantasy VIII (Alasan: sistem Junction. Menghubungkan kuantitas sihir yang telah kita peroleh dengan salah satu parameter karakter dan meningkatkan angkanya. Sekilas rumit, tapi memungkinkan karakter-karakter yang SANGAT kuat di awal cerita, apalagi bila dikombinasikan dengan mini game permainan kartu. Sistem diimbangi dengan musuh-musuh yang level up bersama kita. Memiliki cerita dan karakterisasi yang sangat tidak lazim.)
  • Star Ocean (Alasan: sistem Skill Point yang memungkinkan kreasi Item. Kurang direkomendasikan karena kurang seimbang di segi permainan serta cerita, tapi patut dicoba karena latar sains fiksinya. Memiliki konsep karakter dan dunia yang agak aneh.)
  • Star Ocean 2 (Alasan: sistem Skill Point yang memungkinkan kreasi Item, yang sudah lebih matang dibandingkan pendahulunya. Sistem ini lebih rumit dari dugaan, dan memungkinkan karakter kita melakukan sejumlah ‘trik dagang’ untuk memperoleh peralatan-peralatan kuat di manapun kita berada. Memiliki banyak cerita selingan yang tak terduga.)
  • Valkyrie Profile (Alasan: sistem Skill Point yang memberikan berbagai kemampuan aktif dan pasif baru dalam pertempuran. Memukau karena sistem pertempuran yang berbasis kombinasi serangan. Memiliki rancangan dunia/cerita yang muram, tapi sangat indah. Melibatkan perseteruan dewa-dewa.)
  • Wild Arms 2nd Ignition (Alasan: setiap karakter utama mengembangkan kemampuan dengan cara berbeda. Di samping itu, memiliki sistem Skill Point fleksibel untuk kemampuan-kemampuan pasif. Memiliki fitur pengenalan boss yang dramatis.)
  • Final Fantasy Tactics (Alasan: Job System yang serupa dengan FF V, tapi jauh lebih ekspansif dalam genre strategi. Memiliki latar dunia pertengahan yang menarik serta cerita jalinan cerita yang brilian. Sistem perkembangan karakter yang menantang, tapi sangat memuaskan.)
    • Final Fantasy Tactics: War of the Lions (Remake dengan perbaikan naskah, penambahan karakter, serta penambahan bagian cerita baru.)
  • Final Fantasy Tactics Advance (Alasan: Job System dengan sistem pembelajaran ability yang berbasis equipment. Kurang memuaskan bila dibandingkan FFT, tapi punya latar dunia fantasi yang menarik.)
  • Vagrant Story (Alasan: sistem crafting senjata. Asalkan bersabar dan mau memahami sistemnya, bisa menciptakan senjata-senjata yang mematikan untuk setiap jenis musuh. Cerita bernuansa Abad Pertengahan dengan cerita muram dan sistem pertempuran dramatis.)

Daftar Untuk Alasan 3 (Dunia)

  • Chrono Trigger (Alasan: fitur perjalanan waktu. Melihat perkembangan dunia dari zaman prasejarah sampai kiamat di masa depan sangat berkesan. Game legendaris.)
  • SaGa Frontier 2 (Alasan: fitur sejarah, di mana kita meninjau para karakter di berbagai titik berbeda di dunia pada rentang masa berbeda pula. Dunia bernuansa Abad Pertengahan yang tidak biasa yang mengalami titik balik karena penemuan cara pengolahan logam. Penggambaran dunianya benar-benar keren dan indah. Sistem pertempuran tidak biasa. Agak sedih.)
  • Lunar: The Silver Star Story Complete (Alasan: perjalanan untuk menjadi kaya berujung menjadi perjalanan mencari naga-naga kuno untuk menjadi Dragon Master baru! Memiliki karakter-karakter utama berkesan dan interaksi dengan dunia yang bagus. Memiliki banyak latar tempat yang indah dan imajinatif. Desain pakaian para karakter keren. Cerita romantis yang menyentuh.)
  • Lunar 2: Eternal Blue Complete (Alasan: serupa dengan game pertama, tapi tidak persis sama karena berlatar 1000 tahun sesudahnya. Sekilas kurang memuaskan dibandingkan pendahulunya, tapi…)
  • Grandia (Alasan: semangat petualangan dan penjelajahan dunia baru yang ditonjolkan dalam cerita. Memiliki karakter-karakter utama yang terbilang berkesan.)
  • Breath of Fire III (Alasan: dari hutan kecil sampai menyebrangi lautan untuk mengunjungi sisa-sisa peradaban yang sudah hancur. JRPG langka yang motivasi para karakternya sepenuhnya dilandasi kepentingan pribadi. Memiliki sistem perubahan wujud menjadi naga yang benar-benar keren.)
  • Breath of Fire IV (Alasan: latar dunia oriental eksotis yang terpisahkan oleh lautan lumpur. Memiliki keunikan di jalan cerita yang juga tidak biasa. Memiliki kelemahan di perkembangan karakter kurang seimbang. Memiliki sistem pertempuran berbasis kombinasi serangan yang apik.)
  • Tales of Phantasia (Alasan: tema perjalanan waktu ke masa lalu, lalu ke masa depan, untuk mengejar tokoh antagonis Daos. Memiiki dunia penuh warna dengan banyak pengaruh mitologi.)
  • Tales of Destiny (Alasan: petualangan lintas dunia yang berkaitan dengan peninggalan pedang-pedang pusaka yang bisa berbicara. Memiliki rancangan dunia yang sangat terasa ‘jadi.’ Banyak karakter NPC yang berkepribadian.)
  • Tales of Eternia (Alasan: dua dunia terasing yang kini terancam saling bertabrakan. Rancangan tak sememuaskan pendahulunya, tapi memiliki elemen penjelajahan kapal dan banyak ide menarik yang menonjol.)
  • Phantasy Star (Alasan: latar tiga planet yang benar-benar unik. Game jadul yang sangat modern pada zamannya.)
  • Arc the Lad III (Alasan: Hunter’s Guild. Kita bisa menerima berbagai pekerjaan serius atau konyol di guild dan meningkatkan status kita. Interaksi yang kita jalani di tiap kota terbilang berkesan.)
  • Legend of Heroes: Trails in the Sky (Alasan: sistem Guild juga. Memiliki rancangan dunia yang terkesan generik, tapi sebenarnya sangat apik. Memiliki awal cerita agak lambat, tapi dengan perkembangan menghanyutkan.)
  • Final Fantasy XII (Punya dunia yang terasa luas dengan banyak pemandangan indah dan variatif, dengan banyak misi perburuan monster. Punya latar cerita yang sebenarnya bagus, tapi kurang tersampaikan secara baik.)
  • Seluruh game utama Suikoden (Alasan: banyaknya negara di latar cerita, banyaknya tokoh dan kepentingan dari berbagai ras dan latar belakang.)
    • Suikoden (Simpel, mudah dituntaskan, sekaligus memuaskan.)
    • Suikoden II (Berlatar sesudah yang pertama, tapi tak terlalu berhubungan. Dapat dimainkan sebelumnya. Penambahan signfikan terhadap fitur permainan, meski masih punya banyak kekurangan. Untuk memperoleh tamat sempurna, disarankan membuka guide.)
Iklan

About this entry