Anime Baru Musim Gugur 2018

Halo, halo. Kayak biasa, maaf lama enggak nulis. Kalau kata teman, aku lagi banyak tekanan. Jadi mungkin karena itu aku belakangan susah konsentrasi.

Kayak biasa, ada musim anime baru di depan mata. Perlu diperhatikan bahwa musim fall kali ini mengandung banyak sekali judul baru yang sudah lama ditunggu. Jadi kemungkinan ada seri bagus yang enggak ketangkap radar semakin bertambah.

Kayak biasa, daftar ini enggak bisa diandalkan. Akan ditambahkan kalau ada kabar-kabar lagi.

Informasi penayangan legal untuk musim ini bisa dilihat di sini. (Thanks Git.)

Anima Yell! (Doga Kobo)

Hatoya Kohane senang membantu orang. Sesudah masuk SMA Kaminoki, dia terkesima dengan dunia cheerleading, dan bergabung dengan Klub Pemandu Sorak, bersama Uki, teman masa kecil yang banyak menjaganya, dan Hizume, yang telah berpengalaman dalam cheerleading di balik pembawaannya yang serius.

Diangkat dari seri manga 4-kotak tentang pemandu sorak karya Unohana Tsukasa, ini tipikal seri keseharian imut yang diserialisasi di majalah Manga Time Kirara Carat. Sato Masako (Golden Time, Haikyu!!) akan memulai debut sutradaranya di seri ini. Shimo Fumihiko (Amagi Brilliant Park, Clannad) yang akan menangani naskah. Ini jenis seri ringan yang biasa ditangani Doga Kobo, jadi kualitasnya diperkirakan solid.

As Miss Beelzebub Likes (LIDEN FILMS)

Muilin akhirnya memperoleh pekerjaan impian di bawah naungan raja iblis. Tapi, bekerja untuk raja iblis ternyata tidak seperti bayangannya. Untungnya, hadir Beelzebub, iblis perempuan yang dedikasinya terhadap pekerjaan hanya disaingi oleh kecintaannya terhadap barang-barang fluffy.

Juga berjudul Beelzebub-jou no Ikinimesu Mama, ini seri komedi supernatural bertema demon yang diangkat dari manga karya matoba yang diserialisasikan di Monthly Shonen Gangan. Kazuto Minato (Akashic Records of Bastard Magical Instructor) akan menangani, jadi diperkirakan hasilnya apik. Naskahnya akan ditangani Tomito Yoriko (Blood Blockade Battlefron & Beyond). Kesan awalnya rapi dan lembut.

Bloom Into You (TROYCA)

Yuu suka komik-komik shoujo. Ia berdebar membayangkan bila suatu hari menerima pernyataan cinta. Tapi, saat benar-benar disukai seorang teman SMP, perasaan Yuu anehnya hampa. Beranjak SMA, Yuu menyaksikan Nanami, ketua dewan siswa, dengan dewasa dan sopan menolak pernyataan cinta seorang siswa. Untuk menjawab kekecewaan dan rasa bingungnya, Yuu mendekati Nanami. Tapi, secara tak disangka, Nanami justru menjadi orang berikutnya yang menyatakan cinta terhadap Yuu.

Diangkat dari manga Yagate Kimi ni Naru karya Nakatani Nio, ini seri romansa yuri yang belakangan ini menarik perhatian. Katou Makoto (Beautiful Bones) akan menyutradarai. Hanada Jukki (Love Live!, Sound! Euphonium) yang akan menangani naskah. Bagaimana TROYCA yang akan menganimasikannya turut menjadi kejutan. Gelagatnya benar-benar rapi dan visualnya terlihat indah. Ini seri yang patut diperhatikan para penggemar yuri.

Boarding School Juliet (LIDEN FILMS)

Akademi Dahlia adalah sekolah berasrama bagi para siswa dari dua negara yang tengah berseteru. Romio Inuzuka, ketua asrama timur Touwa, diam-diam dilanda cinta yang ia tahu takkan terkabul. Gadis yang dicintainya tak lain adalah Juliet Percia, ketua asrama barat yang merupakan musuh besar asramanya.

Juga dikenal dengan judul Kishuku Gakkou no Juliet, ini diangkat dari manga komedi romantis karya Kaneda Yousuke. Sejak awal aku sudah punya perasaan kalau manga ini pasti bakal diangkat jadi anime. Konsepnya setahuku termasuk kuat. Perkembangan ceritanya menarik dengan karakter pendukung yang banyak. Takuno Seiki (Koi to Uso, Poco’s Udon World) yang akan menyutradarai. Naskah akan ditangani Yoshioka Takao (WATAMOTE, Working!!2). Gelagat kualitas produksinya lumayan kuat dengan desain karakter menarik dan latar cerita yang indah.

Conception (GONZO)

Pada hari kelulusannya di SMA, Yuuge Itsuki mendapati bahwa Mahiru, sepupu dan teman masa kecilnya, ternyata hamil. Kehamilan Mahiru yang sama sekali tak biasa segera diikuti dengan didatangkannya Itsuki dan Mahiru ke dunia ajaib Granvania. Di sana, dibeberkan kalau Granvania yang tengah terancam monster hanya bisa diselamatkan oleh para Star Children. Para Star Children ternyata adalah “anak-anak” Itsuki bersama 12 orang Star Maiden yang mana Mahiru merupakan salah satunya.

Diangkat dari game RPG aksi eksentrik keluaran Spike Chunsoft, Motonaga Keitaro (Jormungand, Date A Live) yang akan menyutradarai. Naskahnya akan ditangani oleh Kakihara Yuuko. Musik ditangani Kouda Masato (Konosuba, Knight’s & Magic). Kelihatannya ini akan jadi seri aksi fantasi dengan bumbu komedi romantis. Gelagatnya sejauh ini enggak bakal sampai sangat bagus, tapi sebatas menarik dan bisa dinikmati. (Apalagi dengan jumlah heroine sebanyak 12, dengan Star Children berjumlah sama.) Adaptasi ini sempat mengherankan karena game aslinya keluar di konsol PSP pada tahun 2012, tapi belakangan ternyata diumumkan akan keluar versi remastered-nya.

Dakaretai Otoko 1-i ni Odosarete Imasu. (CloverWorks)

Gelar idola tertampan telah Saijou Takuto pegang selama lima tahun. Tapi gelar itu akhirnya lepas setelah direbut oleh aktor pendatang baru Azumaya. Senyuman Azumaya pun memikat penggemar Takuto. Tenggelam dalam alkohol, keterpurukan Takuto akhirnya disaksikan orang terakhir yang ingin ia temui, yang kemudian menggunakan situasi Takuto untuk memerasnya.

Diangkat dari manga yaoi karya Sakurabi Hashigo, sayangnya enggak banyak yang bisa aku katakan tentang seri ini. Tatsuwa Naoyuki (Nisekoi) yang akan menyutradarai. Naskahnya akan ditangani Narita Yoshifumi (Saint Seiya Omega). Buat kalian yang merasa asing dengan studionya, itu adalah cabang studio A-1 Pictures di Kouenji yang sebelumnya berkolaborasi bersama Trigger menangani Darling in the Franxx. Mereka berganti nama pada musim lalu dan menjadi studio independen. Mungkin bakal bagus?

Double Decker! Doug & Kirill (Sunrise)

Di negara kota Lisvalletta, kedamaian berlangsung di siang hari, tapi kejahatan dan obat-obat terlarang tersebar saat malam. Narkoba berbahaya “Anthem” telah berakar dan unit investigasi kejahatan khusus SEVEN-O ditugaskan untuk menghadapinya. Para anggota kesatuan ini bergerak berpasangan lewat apa yang disebut “Double Decker System.” Doug Billingham, penyelidik berpengalaman, dipasangkan dengan Kirill Vrubel, yang misterius.

Seri orisinil ini disebut-sebut merupakan “satu bagian” dari proyek animasi Tiger & Bunny yang baru. (Belum ada kabar tentang bagian-bagian yang lain.) Nuansa drama dan aksi bisa diharapkan darinya. Furuta Joji (Uta no Prince-sama Legend Star) yang pernah terlibat sebagai sutradara episode Tiger & Bunny, akan maju sebagai sutradara untuk seri ini. Suzuki Tomohiro (One-Punch Man, ACCA) akan kembali menangani naskah. Musiknya akan ditangani oleh Hayashi Yuki (Death Parade, Haikyu!!). Seri ini susah ditebak arah perkembangannya, tapi gelagat sejauh ini terbilang bagus.

Goblin Slayer (WHITE FOX)

Goblin adalah jenis monster rendahan yang dipandang lemah, tapi sebenarnya sangat berbahaya bila dibiarkan begitu saja. Seorang gadis pendeta muda merasakan sendiri bahaya mereka. Untungnya, ia diselamatkan Goblin Slayer, lelaki misterius yang secara obsesif telah mendedikasikan hidupnya untuk membasmi para goblin sampai punah.

Seri aksi fantasi gelap ini diangkat dari seri novel karya Kagyu Kumo dan termasuk diperuntukkan dewasa. Ozaki Takaharu (Girl’s Last Tour) akan menyutradarai. Kurata Hideyuki (Read or Die, Made in Abyss) akan menangani naskah dengan dibantu Kuroda Yousuke (Jormungand, Boku no Hero Academia). Umehara Yuichiro yang belakangan sempat sakit kelihatannya akan tetap berperan sebagai karakter utama. Ini termasuk seri yang benar-benar diperhatikan karena kualitas cerita novelnya. Pengharapan terhadap kualitasnya terbilang besar (untuk mengulang kesuksesan studionya dengan Re: Zero), dan gelagatnya sejauh ini sangat bagus.

Hinomaru Zumō (GONZO)

Hinomaru Ushio adalah murid baru berbadan kecil yang terlihat lemah di klub sumo SMA Oodachi. Tapi, meski tak cocok dengan kesan sumo sama sekali, Ushio punya keterampilan sumo yang mengejutkan semua orang. Bersama tim kecilnya, ia berupaya menggapai peringkat tertinggi, Hinoshita Kaisan.

Diangkat dari seri manga karya Kawada, setahuku ini termasuk seri olahraga yang beneran berdarah panas. Kounosuke Uda (DAYS, One Piece) akan menjadi kepala sutradara dengan Yamamoto Yasutaka (Hero Bank, Jitsu wa Watashi Wa…) tampil sebagai sutradara. Studio GONZO kelihatannya sedang bangkit musim ini. Sejauh ini kesannya apik.

Ingress (Craftar)

Lembaga penelitian CERN menemukan zat baru XM yang dapat mempengaruhi kejiwaan manusia. Penyelidik swasta Midorikawa Makoto, yang memiliki kekuatan psikometri, terseret masalah saat menyelidiki barang-barang peninggalan Sarah Coppola, peneliti XM yang terjatuh ke dalam koma. Bersama pengawal bernama Jack, Makoto kemudian terseret petualangan lintas dunia demi menguak konspirasi misterius XM yang melibatkan Sarah dan Grup Hulong.

Diangkat dari game augmented reality yang dikembangkan Niantic (perusahaan pengembang Pokemon GO), anime ini akan disertai “real time story” dalam gamenya yang akan berjalan seiring dengan penayangan animenya. Sakuragi Yuuhei (Relative Worlds) yang akan menyutradarai dengan dibantu Irikawa Yoshinari. Duo penulis yang menangani cerita Final Fantasy Type-0, Tsukishima Souki dan Tsukishima Tora, akan bekerjasama menangani naskah. Musiknya ditangani oleh Kawai Hidehiro (Phantom of the Kill). Visualnya kelihatannya akan agak berat di CG, tapi kesannya sejauh ini rapi. Kelihatannya ini bisa jadi seri sains fiksi yang seru.

Iroduku Sekai no Ashita kara. (P.A. Works)

Hitomi, gadis berusia 17 tahun yang tinggal di Nagasaki, dikirim oleh Kohaku, neneknya yang merupakan seorang penyihir hebat, kembali ke masa lampau. Di tahun 2018, Hitomi yang telah kehilangan sensasinya terhadap warna dan emosi menjadi dekat dengan Kohaku di waktu muda serta teman-teman barunya dalam berbagai aktivitas klub.

Ceritanya berlatar di dunia modern di mana sedikit sihir masih tersisa dalam keseharian. Shinohara Toshiya (Nagi no Asukara) akan menyutradarai. Kakihara Yuuko (Cells at Work!) yang akan menangani naskah. Belum jelas arah perkembangannya. Mungkin seri ini agak susah dimasuki. Tapi, ini kelihatannya bisa jadi tipikal seri drama produksi P.A. Works yang solid yang dipenuhi visual latar indah.

Karakuri Circus (Studio VOLN)

Saiga Masaru adalah murid kelas lima SD yang bercita-cita ingin jadi dalang boneka. Sesudah wafatnya Saiga Sadayoshi, ayah Masaru sekaligus pemimpin perusahaan raksasa Saiga, Masaru mewarisi kekayaan senilai 18 miliar yen. Semenjak itu, nyawa sekaligus kekayaan Masaru terancam. Tapi, muncullah dua orang asing sebagai pelindung Masaru: Katou Narumi, ahli kung fu yang mengidap penyakit Sindrom Zonapha yang misterius; dan Shirogane, wanita berambut perak yang mengendalikan boneka Arurukan.

Juga berjudul Le Cirque de Karakuri, ini diangkat dari seri manga aksi lawas karya Fujita Kazuhiro (Ushio & Tora) yang sebelumnya diserialisasikan di Weekly Shonen Sunday. Sutradara veteran Nishimura Satoshi (Ushio & Tora, Trigun) yang akan menyutradarai. Naskahnya akan ditangani oleh Inoue Toshiki (Ushio & Tora, Death Note) dengan keterlibatan dari Fujita-sensei sendiri. Musiknya akan ditangani Hayashi Yuuki (Haikyuu!!). Seperti Ushio & Tora, kesannya jadul. Tapi, gelagatnya sendiri sejauh ini solid. Kalau kalian sempat suka Ushio & Tora yang tayang beberapa tahun silam, seri ini direkomendasikan.

Ms. vampire who lives in my neighborhood (Studio Gokumi, AXsiZ)

Akibat suatu kejadian aneh, Amano Akari diselamatkan oleh seorang gadis vampir bernama Sophie Twilight. Sedikit banyak, Akari mulai tertarik terhadap tetangganya yang tidak biasa tersebut.

Juga berjudul Tonari no Kyuuketsuki-san, ini diangkat dari seri manga komedi karya Amatou. Akitaya Noriaki (Bakuman, Active Raid) yang akan menyutradarai dengan dibantu Fukushima Toshiki. Takahashi Tatsuya (Beatless, Toji no Miko) yang akan menangani komposisi seri. Musiknya akan ditangani Fujisawa Yoshiaki (Love Live, Houseki no Kuni). Kelihatannya ini akan jadi seri ringan yang sederhana dan manis.

Ore ga Suki nano wa Imōto dakedo Imōto ja nai (Magia Doraglier)

Pada suatu hari, Nagami Suzuka, siswi SMP kelas tiga yang cantik, memiliki nilai bagus, sekaligus ketua Dewan Siswa, diam-diam menulis novel tentang seorang adik perempuan yang manja terhadap kakak lelakinya. Di luar dugaan, novelnya itu memenangkan penghargaan light novel. Yuu, kakak lelaki Suzuka, akhirnya terpaksa tampil sebagai pengarang demi menjaga imej sempurna adik perempuannya.

Ini “komedi romantis tentang hubungan persaudaraan yang canggung” yang juga akan mengangkat seluk-beluk seputar industri penerbitan Jepang. (Mungkin mirip Ero Manga Sensei.) Diangkat dari seri light novel karya Ebisu Seiji, Furukawa Haruyuki (Hajimete no Gal, HxH Magias Academy) akan menyutradarai. Naskahnya akan ditangani oleh Momose Yuiichirou (Hajimete no Gal). Studio yang memproduksinya masih baru, jadi hasilnya masih susah ditebak. Mungkin seri ini akan agak padat di fanservice. (Juga berjudul My Sister, My Writer.)

Radiant (Lerche)

Bertahun-tahun silam, Seth terinfeksi kontaminasi Nemesis, makhluk-makhluk berbahaya yang terjatuh dari langit. Karenanya, ia bercita-cita menjadi penyihir yang bisa memburu dan melawan Nemesis. Demi menemukan Radiant, negeri mistis di langit yang disebut-sebut merupakan tempat Nemesis berasal, Seth bergabung dengan sekelompok penyihir untuk mencari negeri tersebut, di bawah pengawasan Inquisition yang selalu waspada.

Diangkat dari komik Perancis karya Tony Valente, ini seri aksi petualangan yang akan tayang di saluran NHK. Sutradara handal Kishi Seiji (Angel Beats!, Persona 4 The Animation) akan menyutradarai dengan dibantu Fukuoka Daisei (Dangranropa 3: Future Arc). Naskahnya ditangani Uezu Makoto (Kuzu no Honkai, Yuuki Yuna). Musiknya akan ditangani Kouda Masato (KonoSuba). Ini mungkin bakal jadi kasus aneh. Ulasan-ulasan yang aku baca bilang komiknya lumayan generik. Siapa tahu perkembangannya menarik.

Release the Spyce (Lay-duce)

Momo adalah siswi SMA penyendiri yang tinggal di kota Sorasaki. Di sisi lain, Momo sebenarnya juga agen rahasia yang bekerja untuk agensi intelejen swasta Tsukikage. Di bawah bimbingan Yuki, gadis muda yang menjadi seniornya, beserta teman-teman mereka, mereka menjaga kedamaian kota dari pihak-pihak yang bermaksud jahat.

Tercetus dari kolaborasi antara Namori (mangaka Yuruyuri) dan Takahiro (Akame ga Kill!, Yuki Yuna) di bawah nama SORASAKI.F, ini seri orisinil bertema aksi spionase (dan mungkin shoujo ai) yang mungkin sejenis dengan Princess Principal. Desain karakternya terbilang menarik dan konsepnya kelihatan kuat. Sato Akira akan memulai debutnya sebagai sutradara di seri ini. Naskahnya akan ditangani bersama oleh Namori dan Takahiro. Mengingat bagaimana pertumbuhan studio Lay-duce banyak menemui kendala, aku termasuk yang berharap hasilnya bagus.

Run with the Wind (Production I.G.)

Hakone-Ekiden merupakan salah satu turnamen marathon relay terbesar di Jepang. Para pesertanya yang rata-rata mahasiswa melakukan perjalanan bolak-balik antara Tokyo dan Hakone, menempuh total jarak sekitar 217,9 km. Kurahara Kakeru dan Kiyose Haiji adalah dua sahabat yang sama-sama tersingkir dari olahraga yang mereka sukai. Bersama-sama, keduanya lalu mencoba membentuk tim untuk bisa turut serta dalam ajang bergengsi ini.

Seri ini diangkat dari novel Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru karya Miura Shion, pengarang novel Fune wo Amu. Meski bertema olahraga, kelihatannya ini bakal jadi seri yang lebih menjanjikan bagi penggemar drama. Nomura Kazuya (Joker Game, Robotics;Notes) yang akan menyutradarai. Naskahnya akan ditangani oleh Kiyasu Kohei. Musiknya akan ditangani oleh Hayashi Yuki (DIVE!!). Ini kelihatannya bakal jadi seri drama yang kuat.

Seishun Buta Yarō wa Bunny Girl-senpai no Yume wo Minai (CloverWorks)

Rumor tentang fenomena misterius “Sindrom Pubertas” belakangan menyebar. Azusagawa Sakuta, tiba-tiba sering melihat seorang bunny girl yang sosoknya tak terlihat orang lain. Bunny girl tersebut dikenalinya sebagai Sakurajima Mai, kakak kelasnya di sekolah, yang juga seorang aktris ternama yang sedang hiatus dari dunia hiburan. Sakuta mulai bertindak untuk memecahkan misteri fenomena aneh ini, yang ternyata berhubungan dengan perasaan-perasaan yang tersembunyi.

Ini seri komedi romantis berbumbu psikologis yang diangkat dari seri light novel karya Kamoshida Hajime (Sakurasou no Pet na Kanojo) yang diilustrasikan Mizoguchi Keeji. Ini tipe seri di mana si tokoh utama nantinya bertemu berbagai heroine dan membantu permasalahan mereka. Masui Souichi (Sakura Quest, Hitsugi no Chaika) akan menyutradarai. Naskah akan ditangani oleh Yokotani Masahiro (Free!, Re:Zero). Meski mungkin kurang menonjol, seri ini mungkin akan lebih bagus dari dugaan. (Juga berjudul Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai.)

Sora to Umi no Aida (TMS Entertainment)

Di masa depan kota Onomichi, Hiroshima, ikan-ikan telah menghilang dari lautan. Kementerian Perikanan membangun tangki-tangki ikan universal percobaan untuk membudidayakan ikan di luar angkasa. Serikat Perikanan Onomichi Universe kemudian didirikan untuk mendidik para nelayan angkasa luar. Lowongan untuk nelayan wanita terbuka lebar demi memenuhi undang-undang kesetaraan kerja lelaki dan perempuan. Enam orang perempuan muda kemudian terpilih untuk menjalani pelatihan menjadi nelayan-nelayan luar angkasa.

Ini diangkat dari properti intelektual keluaran ForwardWorks yang berawal dari game ponsel dan dicetuskan oleh Ouji Hiroi (waralaba Sakura Taisen). Ini seri sains fiksi orisinil dengan konsep luar biasa menarik. Visual pemandangan dan mekanikalnya sama-sama keren. Nigorikawa Atsushi (Love Tyrant) yang akan menyutradarai. Naskahnya akan ditangani veteran Yamada Takashi (Ashita no Nadja, Danchi Tomoo). Lagi-lagi, ini kelihatannya akan jadi seri berkesan yang mungkin kurang menonjol.

SSSS.Gridman (Studio Trigger)

Hibiki Yuta terbangun dalam keadaan amnesia sekaligus dengan kemampuan untuk melihat hal-hal yang tak bisa dilihat orang lain. Melalui layar komputer milik temannya, Takarada Rikka, sosok Gridman kemudian mengingatkan untuk “mengingat panggilan” yang sama sekali tak Yuta pahami. Baru sesudah seekor monster di layar komputer menyerang, Yuta terjatuh ke dunia komputer dan berubah wujud menjadi Gridman.

Diangkat dari karakter tokusatsu klasik milik Tsuburaya Pro (Ultraman), ini seri sains fiksi bermotif komputer yang melibatkan pahlawan dan monster-monster raksasa. Konsepnya mungkin gaje, tapi perkembangannya terlihat bakal seru. Amemiya Akira (Inferno Cop, Ninja Slayer) akan menyutradarai. Naskah akan ditangani oleh Hasegawa Keiichi (Rage of Bahamut Genesis). Musiknya, secara mengejutkan, akan ditangani Sagisu Shiro (Shin Godzilla, Evangelion). Buat yang penasaran, SSSS. di judulnya agaknya referensi ke Superhuman Samurai Syber Squad, nama seri TV Barat yang mengadaptasi seri TV Gridman yang asli.

That Time I Got Reincarnated as a Slime (8-bit)

Mikami Satoru, pekerja lajang berusia 37 tahun, meninggal dunia dalam suatu aksi perampokan. Dirinya kemudian terlahir kembali di sebuah dunia lain sebagai semacam monster slime. Dinamai Rimuru Tempest oleh naga yang menjadi teman pertamanya, Rimuru kemudian membantu pembentukan komunitas monster dan secara tanpa sadar mengubah dunia.

Berawal dari novel Tensei Shittara Slime Datta Ken karya Fuse yang diilustrasikan Mitz Vah, ini termasuk salah satu seri isekai yang lumayan populer. Sutradaranya adalah Kikuchi Yasuhito (Infinite Stratos, Macross Frontier) dengan dibantu Nakayama Atsushi (Absolute Duo). Naskahnya akan ditangani Fudeyasu Kazuyuki (Girl’s Last Tour, Milky Holmes). Musiknya ditangani Elements Garden. Seri ini mungkin bakal punya cakupan cerita terbatas, tapi kelihatannya tetap seru.

The Girl in Twilight (Dandelion Animation Studio, Juumonji)

Di suatu kota kecil, sekelompok siswi SMA yang dipimpin Tsuchimiya Asuka yang tergabung dalam Komunitas Peneliti Radio Kristal mencoba melakukan suatu ritual. Ritual tersebut awalnya hanya legenda urban. Tapi, saat sejumlah kejadian misterius saling bersilangan, segalanya menjadi lebih dari yang mereka kira.

Juga berjudul Akanesasu Shoujo, ini proyek orisinil baru cetusan Animax yang konsepnya dicetuskan penulis skenario misteri sains fiksi ternama Uchikoshi Koutarou (Ever17, Zero Escape, Punch Line). Selain anime, juga akan ada versi game browser untuk PC dan ponsel. Tamamura Jin (Imouto Sae Ireba Ii) yang akan menyutradarai bersama Abe Yuuichi. Naskahnya ditangani oleh Yasukawa Shogo dengan diantu Yamamoto Hiroshi. Perkembangan seri ini masih susah ditebak, tapi hasilnya kayaknya enggak akan jelek. (Mungkin membahas seputar dunia paralel.) Perlu diperhatikan kalau desain karakter orisinilnya ditangani oleh mangaka lawas Katsura Masakazu (Video Girl Ai, I”s, Zetman), yang tampilan karakternya benar-benar menarik.

Tsurune: Kazemai Kōkō Kyūdō-bu (Kyoto Animation)

Narumiya Minato baru masuk SMA Kazemai. Mr Tommy dengan segera melihat bakat Minato untuk olahraga panahan kyudo dan segera mengundang Minato dan teman-teman masa kecilnya untuk masuk klub. Namun, sesudah panah Minato gagal mencapai sasaran, barulah terungkap kondisi serius yang selama ini menjangkitinya.

Ditayangkan di NHK, seri ini diangkat dari novel bertema olahraga panahan karya Ayano Kotoko. Yamamura Takuya akan memulai debutnya sebagai sutradara dengan seri ini. Yokote Michiko (Shirobako) akan menangani naskah. Musik akan dikomposisi oleh Fuuki Harumi (Piano no Mori). Ini kelihatannya akan jadi seri dengan jalinan cerita sederhana yang dibuat dengan benar-benar rapi. (Novelnya memenangkan Penghargaan Khusus Juri kategori novel untuk KyoAni Awards 2016.)

Uchi no Maid ga Uzasugiru! (Doga Kobo)

Misha adalah gadis kecil yang kehilangan ibunya di usia muda. Untuk mengurusnya, ayah Misha kemudian mempekerjakan seorang gadis pelayan bernama Tsubame, yang bukan hanya mantan perwira Self-Defense Force, tapi juga seorang lolicon!

Seri tentang maid menyebalkan ini diangkat dari manga komedi karya Nakamura Kanko. Sutradara Ohta Masahiko dan penulis naskah Aoshima Takashi (Himouto! Umaru-chan, Gabriel DropOut, Mitsudomoe) akan kembali bekerja sama untuk seri ini. Ini kayaknya jelas akan jadi seri komedi ringan yang solid.

Ulysses: Jeanne d’Arc and the Alchemist Knight (AXsiZ)

Dalam Perang Seratus Tahun antara Kerajaan Inggris melawan Kerajaan Perancis, Montmorency, putra seorang bangsawan, tenggelam dalam penelitian ilmu sihir dan alkimia. Sesudah kekalahan Perancis dalam pertempuran di Agincourt, sekolahnya dibubarkan dan Montmorency terpaksa lari. Pada saat itulah, ia menjumpai seorang gadis desa bernama Jeanne yang membawanya pada keajaiban.

Itagaki Shin (Teekyuu, Wake Up Girls Shinsho) akan menyutradarai. Naskah akan ditangani Kingetsu Ryunosuke (Marchen Madchen). Musiknya akan ditangani Iwasaki Taku. Seri ini diangkat dari light novel fantasi sejarah karangan Kasuga Mikage. Meski bernuansa gelap dan serius, ceritanya setahuku berat di fanservice. Juga berjudul Ulysses: Jeanne d’Arc to Renkin no Kishi. Untuk ukuran anime sejenisnya, seri ini punya kualitas produksi yang benar-benar menonjol.

Voice of Fox (Yumeta Company)

Hu Li adalah siswa SMA yang miskin tapi berbakat. Wajahnya memiliki bekas luka dari suatu kecelakaan di masa silam. Sehari-hari, dia hidup dengan mengandalkan pemasukan dari kerja paruh waktu. Di sisi lain, Kong Que adalah penyanyi idola yang tampan dan pandai menari, tapi hampir tak bisa bernyanyi. Saat suatu kerja paruh waktu di sebuah stasiun TV berakhir, keduanya bersimpangan jalan, dengan Hu berakhir sebagai penyanyi/pencipta lagu bayangan bagi Kong.

Juga berjudul Kitsune no Koe, seri drama bertema dunia pertunjukan ini akan jadi proyek perdana Yumeta (sebelumnya sempat bernama TYO Animations, sesudah bergabung bersama Hal Film Maker) setelah kepemilikannya beralih ke Graphinica. Ochi Koujin (Samurai Warriors, Detective Conan) akan menyutradarai. Narita Yoshimi (Saint Seiya Omega) akan menangani naskah. Ceritanya diangkat dari komik Hu Li Zhi Sheng karya Guang Xian Jun. Ini salah satu seri baru yang menjadi basis produksi untuk industri animasi Cina. Tak banyak yang bisa dikatakan soal kualitas animasinya, tapi ada sesuatu tentangnya yang menarik perhatian.

RErideD: Tokigoe no Derrida (Geek Toys)

Di tahun 2050, insinyur muda Derrida Yvain menjadi terkenal karena kontribusinya dalam pengembangan “Autonomous Machine DZ” di perusahaan manufaktur Rebuild yang didirikan ayahnya. Penemuan suatu cacat dalam DZ berujung pada diserangnya Derrida dan koleganya, Nathan, oleh pasukan bersenjata misterius. Penyerangan ini berakhir dengan terjatuhnya Derrida dalam mesin hibernasi yang membuatnya tertidur panjang. Sepuluh tahun kemudian, Derrida terbangun dan mendapati dunia hancur di tengah peperangan. Teringat pesan terakhir Nathan untuk menjaga putrinya, Derrida memulai perjalanan panjang.

Tambahan, ini seri orisinil sains fiksi aksi yang dicetuskan Kadokawa yang menonjol karena mengetengahkan desain karakter buatan ilustrator terkenal Yoshitoshi ABe (Haibane Renmei, Serial Experiments Lain). Satou Takuya (Steins;Gate, Selector Infected Wixoss) akan menyutradarai. Naskah akan ditangani Konuta Kenji (Servamp, Blood Lad). Sepertinya ini akan jadi seri sederhana yang seru buat yang suka.

Masih soal kolaborasi Tiongkok, Studio DEEN akan memproduksi Ken En Ken: Aoki Kagayaki. Belum ada banyak info tentang animenya. Tapi seri ini diadaptasi dari waralaba fantasi sejarah Xuan-Yuan Sword produksi Softstar Entertainment yang berawal dari RPG dan kemudian berkembang ke seri TV. Ini waralaba yang sangat terkenal dari Taiwan dan konon sebanding dengan Legend of Sword and Fairy/Chinese Paladin. Kalau jadi dibuat, mungkin hasilnya menarik.

Di samping itu, Studio DEEN kabarnya juga memproduksi Bakumatsu, yang diadaptasi dari game aksi sains fiksi Renai Bakumatsu Kareshi keluaran FuRyu. Konsepnya kudengar mengetengahkan para tokoh besar dari masa keshogunan Jepang dalam sosok pria-pria tampan. Patut diperhatikan kalau game ini mungkin akan jadi keluaran game ponsel terakhir untuk perusahaan tersebut.

Menyusul jejak komedi fantasi Last Period dua musim lalu, adaptasi anime waralaba RPG ponsel Merc Storia: Mukiryoku no Shōnen to Bin no Naka no Shōjo buatan Happy Elements juga akan tayang. Produksinya dilakukan Encourage Films, tapi belum ada keterangan detil tentang ceritanya. Ceritanya tentang anak lelaki berkekuatan penyembuh yang berusaha memulihkan ingatan temannya yang ajaib, seorang gadis bernama Merc yang terjebak dalam botol.

Studio ternama MAPPA, yang dikenal dengan kualitas produksi mereka, musim ini akan menangani seri horor Zombie Land Saga. Ceritanya tentang tujuh orang gadis yang berusaha bertahan hidup di dunia kematian penuh mayat hidup. Nuansanya lumayan gelap. Tapi, sekali lagi, rincian lebih jauh tentang ceritanya belum ada.

J.C. Staff kabarnya akan memproduksi adaptasi game ponsel milik Square Enix, Han-Gyaku-Sei Million Arthur, tapi lagi-lagi, info tentangnya belum banyak.

Juga kudengar akan ada seri anak-anak baru Bakutsuri Bar Hunter dari kolaborasi Bandai dan Shogakukan yang berfokus tentang memancing.

Berlanjut ke seri-seri sekuel yang akan tayang:

  • Sword Art Online: Alicization (season 3); yang SUDAH LAMA DITUNGGU para penggemar SAO. A-1 Pictures akan kembali memproduksi, tapi sutradaranya kali ini adalah Ono Manabu (Saki, Asterisk War). Sekedar catatan, dalam versi web novel aslinya, bagian cerita ini menjadi puncak sekaligus penutup dari keseluruhan cerita SAO. Durasinya sangat panjang dan perkembangannya agak lambat. Sudah dikonfirmasi kalau seri ini akan tayang selama empat cour (setahun penuh!). Ceritanya tentang terancamnya nyawa Kirito setelah ia terlibat pengembangan AI untuk kepentingan militer. Perasaanku soal arc ini agak campur aduk, jadi lebih baik aku enggak terlalu berkomentar. (LN-nya sendiri kembali lanjut tahun ini dengan dimulainya arc baru Unital Ring yang masih sangat misterius.)
  • JoJo’s Bizarre Adventure: Golden Wind; bagian keenam dari perjuangan panjang keluarga Joestar. Ceritanya kali ini berlatar di Italia dan mengetengahkan Giorno Giovanni beserta para sekutunya yang terlibat persaingan dalam grup mafia Passione yang memanfaatkan kekuatan Stand. David Production akan kembali menangani.
  • Beatless Final Stage; empat episode terakhir dari seri sains fiksi Beatless. Produksinya mengalami banyak kendala. Tapi aku dengar perkembangan ke sininya lumayan keren. Diomedea masih memproduksi.
  • Fist of the Blue Sky Regenesis (season 2); paruh kedua adaptasi dari kelanjutan bagian cerita baru di manganya. Kudengar akan menampilkan akhir hayat ahli bela diri Kasumi Kenshiro. Polygon Pictures yang menangani.
  • Fairy Tail (season 3); kudengar akan mengadaptasi bagian terakhir dari seri manganya, menutup (untuk sementara) petualangan Natsu, Lucy, dkk.
  • A Certain Magical Index III; yang SUDAH SANGAT LAMA DITUNGGU para penggemar Index. Rumornya, season kali ini akan mengadaptasi keseluruhan sisa cerita di seri novel aslinya, yang berarti menampilkan puncak perang kubu sains dan sihir.
  • Seri pengadilan dramatis Ace Attorney (season 2).
  • Seri horor aksi Tokyo Ghoul:re (season 2); tapi belum jelas cakupan ceritanya akan bagaimana, apalagi mengingat bagaimana manga aslinya belum lama ini berakhir.
  • Seri bisbol dan keuangan orang dewasa Gurazeni (season 2).
  • Seri petualangan harta karun bersejarah Golden Kamuy (season 2).
  • Seri sepakbola Inazuma Eleven: Orion no Kokuin (season 3), yang kali ini akan mengetengahkan tim gabungan yang terdiri atas pemain dari berbagai generasi tim Inazuma, kali ini berhadapan dengan tim-tim dunia.
  • Seri fanservice ninja Senran Kagura Shinovi Master (season 2) yang akan mengangkat bagian cerita Tokyo Yoma.

Berlanjut ke seri-seri pendek.

  • Space Battleship Tiramisu (season 2); kelanjutan berbagai kekonyolan perang mecha di luar angkasa.
  • Jingai-san no Yome; seri keseharian tentang seorang cowok SMA yang dinikahkan dengan semacam makhluk misterius berbulu lebat.
  • Okoshiyasu, Chitose-chan; tentang keseharian penguin bernama Chitose dalam menikmati berbagai pemandangan dan makanan di kota Kyoto.
  • Hora, Mimi ga Mieteru yo!; tentang seorang mangaka yatim piatu yang pada suatu hari bertemu seorang cowok bertelinga kucing yang mengubah kesehariannya.
  • Gaikotsu Shotenin Honda-san; tentang makhluk tengkorak yang bekerja di toko buku.
  • I’m glad I could keep running; tentang seorang pria yang terkesima dengan dunia pengisi suara di anime.
  • Devidol; tentang sepasang gadis iblis yang berjuang menempuh jalan karir idol yang penuh kesukaran.
  • Tambahan, Sono Toki, Kanojo wa; tentang cinta yang empat perempuan temukan pada titik-titik kehidupan berbeda. Mangaka Kubonouchi Eisaku terlibat dalam desain karakternya. Ini termasuk seri yang menarik perhatianku.

Sebagai tambahan, aku juga dengar seri adaptasi ringan Idolm@ster SideM Wake Atte Mini! dan Gakuen Basara (dari waralaba Sengoku Basara) akan dibuat.

Soal film-film layar lebar:

  • FLCL Progressive yang merupakan film kompilasi dari seri TV-nya. (Aku masih belum mengerti apa-apa tentang seri ini.)
  • Natsume Yūjin-Chō: Utsusemi ni Musubu; akan mengetengahkan cerita orisinil untuk seri drama yokai ini. Shuka akan memproduksi.
  • Monster Strike The Movie: Sora no Kanata; yang mengetengahkan akan terjatuhnya bagian lama kota Tokyo dari langit.
  • Usuzumizakura – Garo –; yang merupakan sekuel dari seri TV Garo: Crimson Moon yang berlatar di zaman Heian. (Yang sangat diharapkan dapat memperbaiki reputasi seri TV-nya.) Studio M2 dan Studio VOLN akan berkolaborasi dalam memproduksi.
  • Magical Girl Lyrical Nanoha Detonation; kelanjutan langsung dari film layar lebar Reflection, yang membahas lebih jauh tragedi reklamasi planet Eltoria serta sejarah antara Iris dan Yuri.
  • Haikara-san ga Tooru Part 2; bagian kedua dari drama romantis sejarah Haikara-san, di mana ceritanya menjadi lebih serius.
  • Peacemaker Kurogane: Friend atau juga berjudul Peacemaker Kurogane: Yumei; kelanjutan langsung dari film layar lebar Belief/Omou-michi. WHITE FOX akan memproduksi.
  • Dragon Ball Super: Broly; yang akan menempatkan kemunculan Super Saiyan legendaris (sekaligus karakter populer) Broly dalam cerita secara canon.
  • Youkai Watch: Forever Friends; yang mencolok karena berlatar di masa lalu tahun 1960an.

Berlanjut ke soal OVA:

  • Mobile Suit Gundam Narrative akan tayang episode pertamanya. Berlatar di tahun UC 0097, seri ini menjadi semi-sekuel dari seri Gundam Unicorn dan akan mengetengahkan perburuan terhadap unit RX-0 Unicorn 03 Phenex yang dikabarkan hilang. Insiden ini kayaknya sekaligus akan menyatukan kembali tiga sahabat masa kecil. Konsep aslinya masih digagas oleh Fukui Harutoshi, novelis Gundam Unicorn. Seri ini juga dipandang penting karena akan membawa penggemar modern memasuki era Crossbone Vanguard di linimasa Universal Century.
  • Seri aksi supernatural klasik Yu Yu Hakusho akan mendapat OVA baru. Pierrot akan kembali memproduksi. Tapi belum banyak diketahui soal ceritanya. Keempat karakter utama dikabarkan akan tampil kembali.
  • Re: Zero – Memory Snow; berlatar di pertengahan seri TV-nya, sesudah arc Ini cerita ringan yang berdiri sendiri.
  • Yarichin Bitchbu; seri yaoi tentang para kakak kelas yang tampan dan tak biasa dalam suatu klub fotografi sekolah.

Tambahan, Zoku Owarimonogatari, yang menjadi adaptasi dari bab “terakhir” dari seri Monogatari karya Nisio Isin, juga akan tayang November nanti.

Tambahan lagi, seri boneka aksi fantasi yang benar-benar keren Thunderbolt Fantasy (season 2) juga akan tayang. Urobuchi Gen masih menangani naskah, dengan Sawano Hiroyuki masih berkolaborasi dengan Nishikawa Takanori untuk musik. Ceritanya sepertinya akan membahas orang-orang yang mengejar Shou Fu Kan.

Akan ditambahkan kalau ada kabar-kabar lagi.

(Sumber dari ANN dan Wikipedia.)

Iklan

About this entry