alfare

Anime Baru Musim Panas 2017

In anime, lists & seasonal previews on 16/06/2017 at 21:59

Aku banyak baca light novel ketimbang mengikuti anime dan manga belakangan. Selain pengaturan waktunya lebih fleksibel, membaca LN lebih efektif buat menenangkan pikiran.

Lalu tahu-tahu, tanpa terasa musim sudah mau ganti lagi. Seseorang mengingatkan agar aku mengupdate blog. Kayak musim sebelumnya, ada banyak judul baru. Aku sempat agak panik. Ada beberapa yang menonjol, tapi kurasa ini bukan musim yang bisa dibilang nge-hype. Pastinya, sejumlah studio animasi baru atau minor mulai banyak tampil di musim ini.

Seperti biasa, daftar ini enggak terlalu bisa diandalkan.

Nanti aku sesuaikan kalau ada kabar-kabar lagi.

18if (Gonzo)

Tsukishiro Haruto terbangun di dalam dunia mimpi. Di sana, Haruto melihat gadis misterius bernama Lily, yang belakangan diketahui ternyata hanya bisa dilihat olehnya saja. Fenomena dunia mimpi yang melanda itu rupanya sedang didalami Kanzaki Katsumi, seorang peneliti. Mendengar tentang kemampuan Haruto untuk melihat Lily, sehubungan desas-desus adanya sosok penyihir di dunia tersebut, Kanzaki kemudian meminta Haruto untuk membantu penyelidikannya.

Animator veteran Morimoto Koji (Magnetic Rose, Ai Monogatari) akan mengawasi seri ini dan setiap episodenya akan ditangani oleh sutradara berbeda. Nuansa dan pendekatan per episodenya diyakini bakal beragam. Naskahnya akan ditangani oleh Tomioka Atsuhiro (Zombie-Loan, Ace Attorney) dengan musik dikomposisi Abe Ryuudai. Anime ini bagian dari waralaba multimedia yang dikembangkan GameSamba. Untuk Android, ini adalah game puzzle berjudul 18: Dream World. Meski kesanku terhadap keluaran Gonzo cenderung campur aduk (kadang mereka terlalu eksperimental), seri ini membuatku tertarik. Mungkin karena temanya tentang dunia mimpi.

Koi to Uso (LIDEN FILMS)

Di masa depan, pasangan pernikahan di Jepang ditentukan oleh pemerintah begitu seseorang menginjak usia 16 tahun. Dengan demikian, setiap orang tak perlu lagi bersusah payah mencari jodoh. Semua orang yakin pemerintah bisa mencarikan jodoh yang tepat bagi mereka. Nejima Yukari adalah remaja usia 15 tahun yang biasa-biasa saja. Tapi di dunia di mana kebohongan terlarang dan cinta lebih terlarang lagi, Nejima menyimpan kobaran cinta yang membara di dadanya.

Juga berjudul Love and Lies, ini diangkat dari seri manga drama romansa karangan Musawo Tsumugi. Takuno Seiki (Poco’s Udon World, Sekkou Boys) akan menyutradarai, dengan naskah dikomposisi oleh staf veteran Takahashi Natsuko. Seperti yang bisa ditebak, fokus utama cerita ada pada cinta segitiga antara Nejima dengan gadis yang disukainya dan gadis yang dijodohkan padanya. Ada banyak hal tentang ceritanya yang bikin enggak nyaman. Visualnya juga mungkin kurang berkesan. Tapi banyak juga yang sepakat kalau ceritanya menarik karena perkembangannya kerap… enggak biasa.  Ada lumayan banyak orang merekomendasikan seri ini, walau ini bukan termasuk seri yang menonjol. Belum lama ini, seri ini juga diangkat jadi film live action layar lebar, dengan premis serupa tapi karakter-karakter utama berbeda. (Cinta segitiga di film antara dua cowok dan satu cewek.)

Keppeki Danshi! Aoyama-kun (STUDIO HIBARI)

Aoyama adalah siswa kelas satu yang merupakan striker andalan dari tim sepakbola SMA Fujimi. Dengan kehandalannya, dia bahkan telah mewakili tim U-16 Jepang sebagai pemain tengah. Namun untuk suatu alasan, Aoyama sangat terobsesi dengan kebersihan. Maka dari itu, dia selalu menolak menyerodot atau menyundul bola.

Juga dikenal dengan judul Cleanliness Boy! Aoyama-kun, ini seri komedi(?) yang didasarkan pada seri manga seinen karangan Sakamoto Taku. Ichikawa Kazuya (Monster Strike the Animation, Tantei Team KZ Jiken Note) akan menyutradarai. Naskah akan ditangani Gotou Midori (The Empire of Corpses). Kesan awalnya agak membingungkan, tapi desain karakternya yang dibuat Matsuura Arisa menurutku benar-benar menarik. Kualitasnya sejauh ini kelihatannya bakal solid.

Isekai wa Smartphone to Tomo ni (Production Reed)

Mochizuki Touya, remaja berusia 15 tahun, terbangun sesudah kecelakaan aneh yang melibatkan halilintar. Berhadapan muka langsung dengan Dewa, Dewa meminta maaf karena tak sengaja menewaskan Touya. Tapi Dewa lalu menawari untuk menghidupkan Touya kembali di suatu dunia fantasi, berhubung Touya tak lagi bisa dihidupkan di dunia asalnya. Untuk membantu, Touya diperbolehkan membawa serta smartphone-nya, yang berbagai aplikasi dan fiturnya telah ditingkatkan Dewa dengan kemampuan-kemampuan istimewa.

Diangkat dari seri novel karangan Fuyuhara Patora dan diilustrasi Usatsuka Eiji, ini jenis seri isekai sangat ringan yang lumayan populer di Jepang. Yanase Takayuki (Himegoto, Onsen Yousei Hakone-chan) akan menyutradarainya dengan Takahashi Natsuko (Ore Monogatari!!) menangani naskah. Ceritanya lumayan konyol dengan tawa, air mata, dan lumayan banyak karakter perempuan. Kayaknya ini jenis seri yang bakal tetap diperhatikan sekalipun kualitasnya biasa-biasa saja. Sejauh ini, gelagatnya tak jelek meski juga tak menonjol. Kurasa ini proyek anime seri TV standar pertama yang studionya prakarsai.

Action Heroine Cheer Fruits (diomedea)

Hinano adalah wilayah damai yang mengembangkan pertanian buah-buahan. Tapi pada tahun-tahun belakangan, kota tersebut seakan kehilangan vitalitasnya. Siswi SMA Shirogane Misaki, atas desakan bibinya yang menjabat sebagai gubernur perfektur, kemudian mengumpulkan sejumlah gadis lain. Bersama-sama, mereka membentuk kembali unit idola heroine lokal yang bertahun-tahun silam pernah tenar, demi membangun kota mereka kembali.

Ini seri idol baru yang bernuansa pahlawan pejuang kebenaran. Visual dan konsep karakternya sama-sama kuat. Kusakawa Keizou (Kancolle) yang akan menyutradarainya. Arakawa Naruhisa (Kingdom, Twin Star Exorcists) akan menangani naskahnya. Berhubung ini anime orisinil (dan juga karena kecendrungan aneh dari studionya) kualitas ceritanya sendiri menurutku masih jadi tanda tanya besar. Terlepas dari itu, kombinasi pendekatan ‘pahlawan’ sekaligus pertanian buah sangat potensial. Mudah-mudahan hasilnya bagus.

Fate/Apocrypha (A-1 Pictures)

Pada penghujung Perang Dunia II, keluarga penyihir Yggdmillenia mengkhianati Mages’ Association dan mencuri infrastruktur ritual Cawan Suci dari kota Fuyuki. Berpuluh tahun sesudah itu, ritual Perang Cawan Suci akan kembali dilakukan, tapi para perwakilan Mages’ Association takkan membiarkan pihak Yggdmillenia begitu saja. Memanfaatkan sisa kekuatan alam di Fuyuki, tujuh pasangan Master-Servant tambahan kemudian disiapkan. Perang Cawan Suci Agung antara 14 pasangan Master-Servant tersebut akhirnya akan pecah di Trifas, Eropa Tengah. Namun, karena ini kejadian yang belum pernah terjadi dalam sejarah, banyak insiden tak terduga kemudian terjadi.

Diangkat dari seri novel berjudul sama karangan Higashide Yuichiro yang diilustrasikan Konoe Ototsugu, mengadaptasi konsep populer yang dicetuskan oleh Type-Moon, ini salah satu anime baru paling ditunggu di tahun ini. Staf veteran Asai Yoshiyuki akan menyutradarainya. Naskahnya akan ditangani Higashide-sensei sendiri. Musiknya ditangani Yokoyama Masaru yang benar-benar sudah naik daun. Meski ini mungkin bukan judul pas untuk masuknya penggemar baru ke waralaba Fate, seri ini punya kesan kuat sejauh ini. Terutama karena jumlah karakternya banyak, mudah-mudahan jumlah episodenya cukup untuk menghasilkan penceritaan bagus.

Nana Maru San Batsu (TMS Entertainment)

Koshiyama Shiki, seorang siswa baru yang kutu buku, tak suka menjadi pusat perhatian. Tapi dia diminta jadi peserta Kompetisi Kuis Siswa Baru di SMA Bunzo. Sudah begitu, dia selalu kalah cepat menjawab dari Fukami Mari, teman sekelasnya. Tapi lambat laun, sesudah mengamati Mari, Shiki mulai menyadari ada cara-cara tertentu yang bisa digunakannya untuk menebak jawaban. Wawasan Shiki berkembang saat ia bertemu para anggota Klub Kuis, dan menjumpai Mikuriya Chisato yang menjadi rivalnya.

Juga dikenal dengan judul 7O3X Fastest Finger First, ini diangkat dari seri manga bertema kuis karangan Sugimoto Iqura. Ini seri tak biasa yang sekilas terkesan tak menonjol. Tapi ini punya potensi untuk berkembang jadi menarik kalau kau perhatikan. Oozora Masaki (12-Sai: Chiccha na Mune no Tokimeki) akan menyutradarainya. Kakihara Yuuko (Orange) akan menangani naskah. Musiknya secara mencolok akan ditangani Hyakkoku Hajime (Saekano, K-ON!).

Ballroom e Youkoso (Production I.G.)

Fujita Tatara adalah remaja biasa yang merasa tak punya keistimewaan. Ia kerap diperas berandalan karena tak punya nyali. Hingga suatu hari, ia ditolong seorang pria tampan bernama Sengoku Kaname. Kaname ternyata adalah penari ballroom professional yang sedang mencari murid untuk les. Terpikat pada dunia dansa ballroom, kehidupan Tatara takkan sama lagi.

Juga dikenal dengan judul Welcome to the Ballroom, ini seri olahraga yang mengetengahkan kompetisi dansa profesional. Diangkat dari manga karya Takeuchi Tomo, gaya visualnya yang hiper-realistik mungkin perlu dibiasakan. Tapi sejauh yang aku tahu, ini seri intens dan berdarah panas. Persaingan antar karakternya benar-benar keras. Itazu Yoshimi akan menyutradarai berdasarkan naskah buatan Suemitsu Kenichi. Aku berharap hasilnya bagus.

Battle Girl High School (SILVER LINK.)

Di tahun 2045, dunia telah terkontaminasi penyerang misterius bernama Irousu. Manusia kini terkungkung dan terkurung. Tapi menghadapi makhluk-makhluk ini dengan berani adalah Hoshitsuki Miki dan kawan-kawannya, gadis-gadis remaja biasa di Akademi Putri Shinjugammine, di mana para Hoshimori dilatih untuk menghadapi takdir mereka dalam mengalahkan Irousu.

Anime ini diangkat dari game ponsel yang dikembangkan COLOPL. Akitaya Noriaki (Bakuman, Joukamachi Dandelion) akan menyutradarai. Naskah akan ditangani Kuroda Yousuke (Gundam Build Fighters). Aku masih kurang tahu tentang seri ini. Biasanya, adaptasi dari game seperti ini kurang meyakinkan. Tapi staf produksi di balik yang satu ini terbilang kuat. Mungkin seri ini akan menjadi kejutan? Ada elemen idol di dalamnya yang juga kuat.

Chronos Ruler (project No.9)

Saat manusia menyesal, mereka kerap berharap bisa memutar balik waktu. Namun ketika manusia berharap bisa memutar balik waktu, makhluk-makhluk pemakan waktu akan hadir. Saat makhluk-makhluk pemakan waktu hadir, Victor Alexandervich Putin dan para Chronos Ruler lain juga akan muncul untuk membasmi mereka dengan kemampuan memanipulasi waktu.

Dikenal juga dengan judul Jikan no Shihaisha, ini diangkat dari manga karya ilustrator Taiwan, PONJEA. Matsune Masato (Chaos Dragon) yang akan menyutradarainya. Tapi beliau juga didukung Yokote Michiko (Shirobako, Handa-kun) dan Yoshino Hiroyuki (Seikon no Qwase). Keluaran-keluaran project No. 9 punya kualitas produksi yang tinggi belakangan, dan judul ini pun sama. Adegan-adegan aksinya meyakinkan. Terlepas dari ceritanya nanti, seri ini bisa menonjol berkat adegan-adegan aksinya saja.

Centaur no Nayami (Emon)

Kimihara Himeno adalah seorang gadis centaur remaja dengan kepribadian pemalu dan lembut. Dia berteman dekat dengan Gokuraku Nozomi, gadis naga yang tangguh, dan Naraku Kyouko, gadis bertanduk yang cool. Bertiga, mereka menjalani kehidupan sekolah bersama teman-teman mereka sesama makhluk supernatural dan menghadapi berbagai persoalan remaja.

Juga dikenal dengan judul A Centaur’s Life atau Centaur’s Worries, ini diangkat dari seri manga karya Murayama Kei. Oizaki Fumitoshi (Aokana, Etotama) akan menjadi sutradara umum dengan Konno Naoyuki (togainu no chi – Bloody Curs) yang menyutradarainya secara langsung. Komposisi seri akan ditangani Machida Touko. (Kurasa beliau sibuk musim ini.) Aku merasa aneh dengan keluarnya seri ini sekarang. Tapi secara teknis, seri ini kelihatannya tak ada masalah.

DIVE!! (Zero-G)

Mizuki Diving Club terancam tutup karena masalah finansial. Tapi pelatih mereka, perempuan bernama Asaki Kayoko, berhasil bernegosiasi dengan perusahaan induk pemilik MDC untuk mempertahankan klub lompat indah itu, asalkan tahun depan salah satu anggotanya bergabung dengan tim Olimpiade Jepang. Saat itulah, takdir Sakai Tomoki dan teman-temannya berubah.

Anime ini diangkat dari seri novel remaja karya Mori Eto yang sudah ada lumayan lama, dan sudah diangkat ke bentuk film live action serta manga. Visualnya memang menonjolkan pria-pria muda dengan bentuk fisik berkualitas; tapi ceritanya sendiri kudengar lumayan berbobot. Suzuki Kaoru (Pupipou!) yang akan menyutradarai, dengan naskah yang ditangani Machida Touko (Lucky Star, Endride). Musiknya akan ditangani Hayashi Yuuki (Kiznaiver, Boku no Hero Academia). Gelagatnya sejauh ini terbilang bagus. Seri ini akan tayang di blok Noitamina musim ini.

Made in Abyss (Kinema Citrus)

Jaringan jurang dan gua yang dikenal sebagai Abyss adalah satu-satunya tempat yang belum terjelajahi di dunia. Berbagai makhluk ganjil dan ajaib bisa ditemukan di sana, bersama berbagai peninggalan berharga yang tidak lagi bisa diciptakan di masa sekarang. Cave Raider adalah sebutan bagi para penjelajah Abyss. Seorang anak perempuan yatim piatu bernama Rico tinggal di kota di tepi Abyss. Dirinya bercita-cita untuk bisa menjadi Cave Raider seperti mendiang ibunya. Suatu hari, dalam penjelajahannya, ia menemukan robot yang berbentuk menyerupai anak laki-laki.

Disutradarai Kojima Masayuki (Black Bullet) dengan naskah yang dibuat Kurata Hideyuki (Samurai Flamenco, TWGOK), ini diangkat dari manga karya Tsukushi Akihito. Gaya desain karakternya imut, tapi penggambaran dunia latarnya cukup megah. Ceritanya mungkin akan berkembang ke arah yang aneh. Tapi menurutku, ini bakal jadi seri petualangan yang solid. Musiknya akan ditangani oleh Kevin Penkin (Norn9, Under the Dog). Meski tak menonjol, ada kalangan penggemar tertentu yang cukup menunggu seri ini dengan antusias.

Clione no Akari (drop)

Minori adalah gadis yatim piatu yang kerap ditindas di sekolah. Suatu hari, ia terkena sakit parah. Sesudah suatu hari berhujan, Minori tidak lagi masuk sekolah karena konon dirawat di rumah sakit di kota yang jauh. Dua bulan sesudah itu, dua teman sekolah Minori yang benar-benar peduli padanya, Takashi dan Kyouko, menerima email misterius dari pengirim tak diketahui. Email itu memberitakan tentang suatu festival musim panas di kota tetangga…

Seri ini diangkat dari novel web berilustrasi karangan Natural-Rain. Ishikawa Naoya dari Ishikawa Pro (Kuttsukiboshi, Magical Chocolate) akan menyutradarai seri ini, dengan naskah yang juga ditangani bersama oleh MOLICE, Tsukasa, Onaka Takeshi, dan Natural-Rain sendiri. Aku masih belum tahu banyak, tapi kelihatannya seri ini akan lebih menonjolkan kualitas penceritaan dibandingkan aspek presentasi. Secara konten, mungkin seri ini juga akan menjadi kejutan.

Hajimete no Gal (NAZ)

Hashiba Junichi adalah siswa SMA yang tidak keren tapi ingin bisa menjalin hubungan dengan perempuan. Didorong teman-temannya, Jun berlutut dan menyatakan cinta pada Yame Yukana, teman sekelasnya yang seorang gyaru. Di luar dugaan, pernyataan cintanya diterima. Jun lalu mendapati dirinya di wilayah asing karena pembawaan Yame yang cantik dan modis.

Fukukawa Hiroyuki (Okusama wa Seitokaicho, Sin Strange Plus) akan menyutradarai dengan naskah yang ditangani Momose Yuiichirou. Seri ini diangkat dari manga komedi romantis karya Ueno Meguru. Musiknya ditangani Yashikin dari MAGES. Secara pribadi, aku tak merasa ceritanya berkesan. Tapi di sisi lain, karena ini diproduksi oleh studio dan staf relatif minor, aku juga berharap hasilnya tak jelek. Terlepas dari itu, meski caranya enggak biasa, nuansanya akan agak dewasa. Kurasa ini anime fanservice paling menonjol di musim ini.

Knight’s & Magic (8-Bit)

Seorang programmer berbakat tewas sepulang kerja dan mendapati diri terlahir di dunia fantasi. Dirinya kini adalah Ernesti Echevarria, seorang anak lelaki berwajah cantik. Mengandalkan pengetahuan otakunya tentang mecha dari dunia sebelumnya, ia bercita-cita membangun Silhouette Knight-nya sendiri, jenis mecha yang ternyata benar-benar ada di dunia ini. Bersama dua sahabat masa kecilnya, Adi dan Kidd, mereka bergabung ke akademi di mana para ksatria dididik.

Diangkat dari seri novel karya Amazake-no Hisago, ini seri yang lebih diperuntukkan bagi para otaku robot raksasa. Meski ini termasuk seri isekai, ada banyak bahasan teknis di dalamnya, jadi ceritanya mungkin agak susah dimasuki. Tapi nuansa dunianya keren dan mecha-mechanya menarik. Sutradara veteran Yamamoto Yusuke (NHK ni Youkoso!, Walkure Romanze) akan menanganinya. Naskahnya ditangani oleh Yokote Michiko. Musiknya dibuat oleh Kouda Masato (Konosuba, Junketsu no Maria). Kesan awalnya lebih kuat dari dugaan. Terlepas dari hasilnya, kurasa ini seri yang akan aku perhatikan.

Kakegurui – Compulsive Gambler (MAPPA)

Akademi Swasta Hyakkaou adalah sekolah untuk orang-orang kaya raya dengan kurikulum yang tak biasa. Sebagai tempat mendidik calon orang-orang berkuasa, sekolah ini meyakini bukan kemampuan atletis atau kepintaran yang membuatmu unggul, melainkan kemampuan membaca lawan serta kemampuan membuat kesepakatan. Keterampilan ini diasah tak lain di meja judi. Namun, saat siswi baru bernama Jabami Yumeko hadir, para siswa Hyakkaou mendapat pelajaran tentang seperti apa judi sesungguhnya.

Disutradarai Hayashi Yuichiro (PES: Peace Eco Smile, Garo the Animation) dan dipenai Kobayashi Yasuko (Shakugan no Shana, Attack on Titan), ini seri bertema judi dengan nuansa agak berbahaya. Ceritanya diangkat dari seri manga karya Kawamoto Homura dan Naomura Tooru. Kurasa, ini seri yang lebih cocok buat dewasa, tapi bukan sekedar karena mengangkat judi sebagai tema… Pastinya, nuansanya jauh berbeda dari manga judi Kaiji yang tenar itu. Berhubung MAPPA yang produksi, kualitas teknisnya diyakini bakal bagus.

Mahoujin Guru Guru (Production I.G.)

Di dunia yang dilanda demam pahlawan sesudah keluarnya pengumuman untuk mengumpulkan pahlawan demi menghadapi Raja Iblis, seorang bocah bernama Nike separuh dipaksa kedua orangtuanya untuk ikut berangkat dan menjadi pahlawan. Sesuai tradisi, sebelum berangkat, Nike berkunjung ke rumah penyihir tua di tepi hutan di kampungnya. Di sana, dia berjumpa dengan anak perempuan bernama Kukuri, keturunan terakhir dari suku Migumigu yang bisa menggunakan lingkaran sihir. Dari sana, perjalanan mereka berdua dimulai.

Dikenal juga dengan judul Magical Circle, ini produksi ulang dari seri manga komedi karangan Eto Hiroyuki yang populer di dekade 1990an. Mengklarifikasi, seri ini adalah pembuatan ulang dan bukan sekuel dari seri sebelumnya. Ceritanya dikenal karena banyak memparodikan elemen-elemen RPG di zaman itu. Ikehata Hiroshi (Akiba’s Trip: The Animation) akan berperan sebagai sutradara seri. Okui Hisaaki (Hacka Doll the Animation) yang akan menangani naskah. Musiknya sendiri akan ditangani TECHNOBOYS PULCRAFT GREEN-FUND. Dengan gaya gambarnya yang manis dan ceritanya yang sederhana, aku benar-benar berharap hasilnya bagus.

Netsuzou Trap – NTR- (Creators in Pack)

Yuma dan Hotaru adalah sepasang gadis yang telah bersahabat sejak anak-anak. Ketika Yuma mendapat pacar untuk pertama kali, ia mengundang Hotaru dan pacar Hotaru untuk kencan ganda demi menghadapi rasa gugupnya. Hotaru lalu menawarkan diri pada Yuma sebagai “teman latihan.” Pada saat itu, mereka menyadari kalau mereka lebih tertarik dengan satu sama lain dibandingkan pacar masing-masing.

Hirasawa Hisayoshi (OZMAFIA!!, Miss Bernard said.) akan menyutradarai. Uchibori Yuuichi bersama WORDS in STEREO akan menangani naskah. Ini seri yuri yang didasarkan manga karya Kodama Naoko. Visualnya termasuk menarik, dan secara teknis kelihatannya akan solid. Kalau tak salah, ini seri pertama keluaran Creators in Pack yang berdurasi standar? Maaf, selebihnya aku kurang tahu. Berhubung kudengar ini jenis yuri yang lebih ditujukan buat cowok, mungkin ada hal-hal tak nyaman tentangnya. Sudah diklarifikasi per episodenya berjumlah 10 menit.

Isekai Shokudou (SILVER LINK)

Restoran Youshoku no Nekoya, yang berada di lantai bawah tanah suatu bangunan tertentu di sudut distrik perbelanjaan dekat perkantoran, biasanya melayani pegawai kantoran sebagai pelanggan. Tapi setiap hari Sabtu, Nekoya buka hanya untuk pelanggan-pelanggan khusus. Bagi para pekerja kantoran, masakan yang Nekoya sediakan tidak asing. Tapi bagi para pelanggan khusus—yang berasal dari dunia lain—kesemuanya adalah hidangan yang belum pernah mereka jumpai sebelumnya.

Juga dikenal dengan judul Restaurant to Another World, ini seri bertema masakan yang cocok dilihat pada saat sedang ingin lapar. Ceritanya setahuku berkembang dengan datangnya pelanggan-pelanggan tetap. Tapi maaf, selebihnya aku juga belum tahu banyak. Penyutradaraannya akan ditangani Jinbo Masato (Chaos;Child, Prisma Illya) yang sekalian juga akan menangani naskah. Penggambaran interior ruangannya lumayan berkesan.

The Reflection (Studio DEEN)

Suatu insiden yang kini dikenang sebagai The Reflection Event memenuhi dunia dengan asap hitam dan menutup sinar mentari. Banyak orang kehilangan nyawa. Tapi mereka yang bertahan hidup memperoleh kekuatan-kekuatan super. Sebagian di antara mereka menjadi pahlawan, sementara sebagian lagi menjadi penjahat. Xon adalah pahlawan misterius dengan identitas tak dketahui yang selalu muncul secara tiba-tiba. Eleanor Everts, perempuan dengan kemampuan teleportasi jarak pendek dan keahlian mengumpulkan informasi, memliki ketertarikan kuat terhadap Xon. Karenanya, ia berusaha mengumpulkan sebanyak informasi yang bisa diperoleh tentangnya.

Seri ini adalah karya kolaborasi antara Stan Lee (ya, yang pembuat komik Marvel itu), perusahaan Pow! Entertainment, Studio DEEN, serta Nagahama Hiroshi (Mushi-Shi, Aku no Hana) yang akan berperan sebagai sutradara. Sohtome Koichiro akan membantu sebagai sutradara seri. Naskah akan ditangani oleh Suzuki Yasuyuki (Naruto, Yu-Gi-Oh! Zexal). Musisi Inggris Trevor Horn yang akan menangani musik. Aku cukup skeptis di awal. Tapi kemudian kusadari ada beberapa hal tentang premisnya yang benar-benar menarik. Ini akan tayang di saluran NHK.

Shoukoku no Altair (MAPPA)

Dua negara Turkiye Devleti dan Kekaisaran Balt-Rhein telah lama saling bertentangan. Sampai suatu ketika, seorang menteri kekaisaran terbunuh, dan dua negara tersebut akhirnya terancam akan terjerumus ke dalam perang besar. Ketika para jendral Turkiye menuntut perang, seorang pasha muda bernama Mahmut menyadari persekongkolan di balik pembunuhan tersebut.

Dikenal juga dengan judul Altair: A Record of Battles, ini diangkat dari manga berjudul sama bertema militer, politik, dan kenegaraan karangan Katou Kotono. Staf veteran Furuhashi Kazuhiro (Gundam Unicorn, GetBackers) akan menyutradarai seri ini. Komposisi seri akan ditangani oleh Takagi Noboru (Baccano!, Durarara!!). Ini seri yang mungkin awalnya susah dimasuki karena latar Turki-nya yang asing. Tapi begitu kau paham seluk-beluknya, ini seri yang beneran rame. Aku harap seri ini akan jadi kejutan.

Vatican Kiseki Chousakan (J.C. Staff)

Roberto Nicholas dan Josef Kou Hiraga adalah pasangan ahli arsip dan ilmuwan yang bekerja sebagai penyelidik mukjizat untuk Vatikan. Bersama, keduanya berkeliling dunia untuk menyelidiki keaslian dari berbagai klaim mukjizat. Pekerjaan mereka mempertemukan mereka dengan berbagai orang di berbagai pelosok, dan menghadapkan pada peristiwa-peristiwa ganjil yang menguji iman.

Juga dikenal dengan judul Vatican Miracle Examiner, ini seri misteri horor bermotif keagamaan yang diangkat dari seri novel karya Fujiki Rin. Yonetani Yoshitomo (Shokugeki no Souma, Yuusha Ou Gaogaigar) akan menyutradarai. Minakami Seishi (Kamisama Memochou, Toaru Kagaku no Railgun) akan menangani naskah. Aku masih kurang tahu banyak tentang seri ini. Tapi mengenal studionya, kualitasnya bisa diharapkan solid.

Youkai Apato no Yuuga no Nichijou (Shin-Ei Animation)

Inaba Yuushi, remaja 16 tahun yang kehilangan orangtuanya tiga tahun sebelumnya, berkeinginan hidup mandiri. Namun asrama sekolah yang hendak ia tinggali malah hancur dalam kebakaran. Akhirnya, Yuushi menemukan apartemen murah dengan harga sewa 25.000 yen. Sayangnya, Yuushi terlambat mengetahui bahwa apartemennya dihantui makhluk-makhluk supernatural.

Diangkat dari seri light novel karya Kouzuki Hinowa, ini seri yang sudah cukup lama tamat, tapi belum lama ini dicetak ulang. Dengan demkian, adaptasi animenya mungkin bisa diharapkan punya cerita tuntas. Hashimoto Mitsuo yang akan menyutradarai dengan Yamada Yasunori menangani komposisi seri. Secara teknis, seri ini mungkin tak menonjol. Tapi ada banyak karakter cowok menarik di dalamnya yang menjadi daya tarik lebih.

Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e (Lerche)

SMA Koudo Ikusei adalah sekolah ternama dengan berbagai fasilitas canggih. Hampir 100% siswanya melanjutkan ke universitas atau diterima di tempat kerja. Mereka bebas memakai aksesoris atau memakai gaya rambut apapun. Tapi nyatanya, hanya para siswa teratas saja yang mendapat perlakuan baik. Ayanokouji Kiyotaka masuk ke kelas D, yang disebut-sebut adalah kelas buangan. Di sana, ia bertemu sepasang gadis Horikita Suzune dan Kushida Kikyou, yang kemudian mengubah situasi Kiyotaka.

Dikenal juga sebagai Welcome to the Classroom of Superior Ability Doctrine atau Yo Jitsu atau Classroom of the Elite, seri ini diangkat dari seri light novel karangan Kinugasa Syohgo dan ilustrasi buatan Tomose Shunsaku. Kishi Seiji (Ansatsu Kyoushitsu)  akan menyutradarai dengan naskah ditangani Akashiro Aoi (Fuuka). Singkat cerita, premisnya mirip BakaTest, yakni soal persaingan akademis antar kelas, hanya saja bernuansa lebih serius dan tanpa makhluk-makhluk panggilan ajaib. Aku masih belum tahu banyak tentangnya, tapi visual dan desain karakternya menarik.

Satu lagi anime yang ditunggu adalah Katsugeki: Touken Ranbu produksi ufotable. Belum ada info soal ceritanya, tapi kualitas presentasinya benar-benar menjanjikan. Touken Ranbu umumnya digemari wanita, tapi adegan-adegan aksi di anime ini bisa juga menarik pemirsa pria. Meski sama-sama didasarkan permainan online keluaran DMM (tentang pedang-pedang bersejarah Jepang yang dipersonifikasi dalam bentuk pria tampan), anime ini tak berhubungan dengan seri Touken Ranbu: Hanamaru yang keluar belum lama ini. (Hanamaru kudengar akan memperoleh sekuelnya sendiri tahun depan.)

Dogakobo akan memproduksi anime keseharian Hina Logi: From Luck & Logic. Seri ini merupakan lepasan dari proyek multimedia Luck & Logic kembangan Bushiroad. Anime Luck & Logic sebelumnya kurang menonjol. Tapi kualitas lepasannya ini kelihatan benar-benar solid.

Anime band Tenshi no 3P! atau Here Comes the Three Angels dari project no. 9 juga akhirnya tayang. Remaja SMA pembolos bernama Mekui Kyou sebenarnya adalah pencipta lagu-lagu Vocaloid. Suatu hari, tiga gadis SD kelas lima mendatanginya untuk membantu mereka sukses dengan band. Apa? Kau bilang ini kayaknya mirip Ro-Kyu-Bu? Itu pasti cuma perasaanmu!

Akan ada seri yaoi Hitorijime My Hero yang diproduksi Encourage Films. Ceritanya tentang seorang remaja berandalan yang merasakan suatu hubungan dengan guru SMA-nya. …Aku tak yakin apa aku akan memperhatikan ini. Tapi gelagatnya sejauh ini cukup solid.

Gamers!, yang diangkat dari seri novel komedi romantis(?)karangan Aoi Sekina (pengarang Seitokai no Ichizon), juga akan hadir. Okamoto Manabu memulai debutnya sebagai sutradara di sini. Produksinya dilakukan PINE JAM. Naskahnya buatku mencolok karena ditangani Uchida Hiroki, yang mempenai Schwarzesmarken. Ceritanya seputar kehidupan remaja penyendiri Amano Keita, dan remaja-remaja lain seusianya, selaku penggemar game, baik yang mengakuinya atau tidak.

Seri baru Princess Principal juga nanti ada. Produksinya melalui kerjasama Studio 3Hz dan ACTAS. Ini seri orisinal bertema aksi spionase yang berlatar di London pada abad ke-19 alternatif. Di dunia ini, London dikisahkan adalah kota di Kerajaan Albion yang terbagi dua karena adanya sebuah tembok besar. Ceritanya berfokus pada lima gadis yang bersekolah di sekolah ternama Queen’s Mayfair, yang memiliki identitas ganda sebagai mata-mata. Desain para karakternya menarik. Berhubung Okouchi Ichiro (Code Geass, Guilty Crown, Kotetsujou no Kabaneri) yang menangani naskahnya, seri ini setidaknya mungkin akan seru. Musiknya akan ditangani Kajiura Yuki (Fate/Zero). Sutradaranya adalah Tachibana Masaki (Barakamon).

Diomedea juga akan memproduksi Ahogaru: Clueless Girl yang diangkat dari seri manga komedi karya Hiroyuki (Doujin Work, Mangaka-san to Assitant-san to). Ceritanya tentang seorang gadis remaja bernama Yoshiko yang… kurang cerdas, dan soal bagaimana Takkun, teman cowoknya sejak kecil, jadi kerepotan harus mengurusinya.

Untuk para penggemar teka-teki, Kaito x Ansa dari pencipta Nazotokine juga akan diproduksi. Studio animasi Tengu Kobou yang akan memproduksinya. Agak berbeda dari sebelumnya, yang akan ditonjolkan adalah karakter-karakter lelaki tampan dalam sosok Aen Kaito dan Anshin Ansa.

Seri drama romansa berlatar convenience store Konbini Kareshi juga akan diproduksi Studio Pierrot. Meski menonjolkan karakter-karakter cowok, kesannya lumayan mengingatkan akan Niji-iro Days dengan banyaknya karakter cewek yang hubungannya terjalin. Mungkin ini seri baru yang akan aku perhatikan.

Untuk kalian yang sulit menyatakan cinta, manga romansa 4-kotak karya Wakabayashi Toshiya, Tsuredure Children, juga keluar adaptasi animenya. Studio Gokumi yang memproduksi. Ada banyak tokoh dan ceritanya beragam. Meski kurang menonjol, ini termasuk menarik. Kaneko Hiraku yang akan menyutradarai.

Selebihnya, seri-seri anime lama yang akan lanjut meliputi:

  • Senki Zessho Symphogear AXZ (Season 4), kelanjutan dari seri aksi mecha musume dengan kombinasi elemen musik yang masih juga populer. Dalam tahun-tahun terakhir, jumlah penggemar waralaba ini secara konsisten bertambah.
  • Saiyuki Reload Blast (Season 4), sekuel mengejutkan dari Gensoumaden Saiyuki tentang perjalanan Genjo Sanzou dan kawan-kawannya ke barat. Produksinya kali ini akan dilakukan Platinum Vision. Para seiyuu veteran yang berperan dalam musim-musim sebelumnya kudengar juga akan kembali. Musim kali ini kayaknya akan berhubungan dengan inkarnasi masa lampau Sanzo dan kawan-kawannya.
  • Owarimonogatari (Season 2), paruh kedua yang sudah ditunggu dari musim penutup seri Monogatari karya Nisio Isin, yang melanjutkan teka-teki seputar hubungan antara Araragi Koyomi dan Oshino Ougi. Masih oleh studio SHAFT. Update: kudengar ini akan berformat beberapa episode TV spesial.
  • NEW GAME!! (Season 2), kelanjutan suka duka produksi game di perusahaan Eagle Jump yang seluruh karyawannya perempuan. Doga Kobo masih memproduksi. Musim pertamanya lebih sukses dari dugaan.
  • Jigoku Shoujo Yoinotogi (Season 4), seri horor tentang gadis misterius yang menangani situs web untuk layanan jasa balas dendam, juga akan hadir. Ini kembali diproduksi Studio DEEN. Ini termasuk judul baru yang kabarnya dinanti.

Untuk seri-seri anime pendek, seri tenis gadungan Teekyu (Season 9) juga akan ada. Seri horor pendek Yami Shibai juga kudengar akan lanjut, kuharap musim kali ini bisa menunjukkan peningkatan kualitas. Nora to Oujo to Noraneko Heart juga kudengar akan tayang, yang mengisahkan hubungan seseorang dengan kucing liar (walau kudengar ada ratu nerakanya juga?) diangkat dari game dewasa produski Harukaze. Intinya tentang seseorang bernama Nora yang berjumpa putri kegelapan bernama Patricia, yang karena suatu alasan, akhirnya diubah jadi seekor kucing hitam.

…Kalau tak salah, Mobile Suit Gundam: Twilight Axis juga akan mulai tayang secara bulanan menggantikan Gundam Thunderbolt. Ceritanya berlatar sesudah Gundam Unicorn dan akan menghubungkan ke zaman Gundam F91. Tapi jujur saja, formatnya yang tiga episode per menit benar-benar membingungkan.

Bagi kalian yang mencari anime romansa dewasa yang sejenis dengan anime biksu musim lalu, musim ini ada Skirt no Naka wa Kedamono Deshita. Produksinya dilakukan Magic Bus. Ceritanya tentang seorang gadis mungil yang didekati secara agresif oleh seorang perempuan dewasa yang cantik, yang ternyata sebenarnya adalah laki-laki.

Dari segi film layar lebar, yang menonjol antara lain:

  • Mahouka no Koukou no Rettousei: Hoshi no Youbu Shoujo yang diproduksi 8-Bit akan hadir. Berlatar di awal tahun ajaran baru, ceritanya berlatar sesudah seri TV-nya, tapi melompati beberapa bab cerita di novelnya yang belum pernah dianimasikan. Kudengar ini nanti akan diputar juga di Indonesia.
  • Sama halnya juga dengan film pertama dari trilogi baru Eureka Seven Hi-Evolution produksi BONES, yang merupakan penceritaan ulang dari seri TV-nya yang paling pertama ditambah bab prekuel baru. Kudengar ini juga kelak akan diputar di Indonesia.
  • Film layar lebar Seitokai Yakuindomo produksi GoHands juga akan ada. Aku ingin tahu seperti apa ceritanya.
  • Film layar lebar Fate/kaleid liner Prisma Illya: Sekka no Chikai juga akan ada. Langsung melanjutkan cerita dari season seri TV-nya yang terakhir, film ini agaknya akan memaparkan bab masa lalu yang mengungkapkan asal usul Miyu. Salah satu versi paling keren dari Emiya Shirou agaknya akan tampil di film ini.
  • Movie ketiga Nanoha, Magical Girl Lyrical Nanoha Reflection, juga akan tayang dengan diproduksi Seven Arcs.
  • Mary and the Witch’s Flower produksi studio Ponac.
  • Anime romansa remaja produksi SHAFT, Uchiage Hanabi, Shita Kara Miru ka? Yoko Kara Miru ka? juga akan keluar. Kalau tak salah, ini modernisasi dari drama TV berjudul sama dari dekade 90an dulu. Ceritanya berlangsung di seputar pelaksanaan suatu acara kembang api. Aku harap suatu saat kelak aku bisa menonton ini.

Sebagai catatan bawah, meski biasanya aku enggak menyebut ini karena ini produksi barat, kudengar adaptasi animasi dari Castlevania milik Konami akan keluar musim ini. Gelagatnya sejauh ini di luar dugaan bagus.

Tambahan, Musekinin Galaxy Tylor akan diproduksi oleh studio Seven. Ini semacam sekuel(?) dari seri komedi luar angkasa The Irresponsible Captain Tylor yang sempat menarik perhatian di tahun 1993, tentang Tylor yang memenangkan berbagai operasi militer semata-mata berkat keberuntungannya. Seri baru ini agaknya berlatar jauh di masa depan, ketika Kekaisaran sudah lama tumbang dan Aliansi Antar Planet telah hancur, dan mengetengahkan seorang keturunannya, saat dia menjumpai seorang gadis yang ternyata adalah penghancur alam semesta. Formatnya kudengar adalah anime pendek.

Tambahan lagi, Enmusubi Youko-chan, tentang roh rubah ahli perjodohan yang mempertemukan kembali para dewa dengan reinkarnasi kekasih-kekasih manusia mereka, juga mulai ditayangkan di Jepang musim ini. Sebenarnya, ini anime produksi Tiongkok yang diadaptasi dari suatu manhwa. Jumlah episodenya sudah lumayan banyak dan seri ini lumayan populer. Terus terang, seri ini adalah kasus langka.

Tambahan lain lagi, kudengar versi TV romansa fantasi Mahoutsukai no Yome juga tayang. Maaf. Ternyata ini untuk musim gugur nanti. Tapi buat yang mau tahu, ini akan melengkapi episode-episode OAD-nya dan membawa kita lebih jauh ke dunia ajaib yang dianimasikan Wit Studio. 

Kalau ada tambahan, akan aku kabar-kabari lagi.

(Sumber dari ANN dan Anime-Now)

Iklan
  1. tunggu, baru-baru ini setelah ku cek, tiba-tiba tanggal penayangan season kedua dari owarimonogatari tiba-tiba jadi tanda tanya, padahal sebelumnya dijadwalkan bakal musim panas ini

    • Kok aku enggak kaget ya? Makasi infonya. Aku cek ulang kalo gitu.

      • Setelah aku cek kembali myanimelist, ternyata tanggal tayang owarimonogatari kembali dan akan tayang musim panas ini, sekarang cuman tanggal-nya saja yang tanda tanya bulan dan tahunnya kembali

      • I see. Makasi lagi infornya.

  2. Btw violet evergarden dan versi tv-nya mahoutsukai no yome juga tayang summer(sudah tayang malahan)

    • Violet Evergarden rencana tayang Januari nanti. Baru ep 1nya aja yang sempet ditayangin di Anime Expo kemarin.

      Makasi infonya buat Mahoustukai no Yome.

    • Ah, tenyata mahoutsukai no yome tayangnya fall nanti juga. Kayaknya ini belum tralu hype, padahal bagus.

  3. Pantas saja tak ada pemberitahuan soal anime tersebut akan tayang summer ini, paling yang tersisa tinggal anime marvel future avangers yang berdasarkan informasi akan tayang 22 juli dan animenya piko tarou(Piko-tarou no Lullaby Lullaby) yang katanya akan tayang bulan juli ini

  4. Gigit ngikutin dua judul aja (apa tiga judul, ya?). “Aho-Girl x Tsuredure Children” sama “Isekai Shokudou”. Karena kebetulan tayang di Aniplus.

    Sesuai judulnya, Gigit nonton “Aho-Girl” karena lagi males mikir. Kalo “Isekai Shokudou”, paling nikmat emang nontonnya disambil makan. Walau nasi putih biasa, rasanya jadi luar biasa. Hihi^^

    • Ohoo. Bener sekali Gigit! Ga sekalian ngikutin Touken Ranbu?

      • Katsugeki Touken Ranbu? Ng…, kemaren niat ngikutin, sih. Tapi cuma sempet nonton episode pertamanya. Selebihnya, ketinggalan mulu. Kebanyakan yang ditonton^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: