Anime Baru Musim Semi 2017

Spring kali ini adalah musim yang ditunggu. Sebagian alasannya karena akan tayangnya season baru dari sejumah seri lama yang populer.

Minatku belakangan berkurang. Tapi perlu kuakui, season baru kali ini memang termasuk menghebohkan. (Mungkin aku cuma sedang merana saja karena belum ada seri mecha baru yang bisa menggantikan Gundam IBO.)

Seperti biasa, daftar ini enggak terlalu bisa diandalkan.

(Maaf lama tak menulis. Komputerku bermasalah.)

Nanti akan aku sesuaikan kalau ada kabar-kabar lagi.

Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte ii Desuka ka? (C2C, Satelight))

Umat manusia nyaris punah oleh makhluk-makhluk yang disebut “Beast.” Sementara, makhluk-makhluk hidup lain yang masih tersisa kemudian mengungsi ke pulau-pulau terapung di langit. Tugas untuk melawan Beast kemudian diemban oleh para Faeries Leprechaun. Hanya mereka saja yang bisa menggunakan kekuatan pedang-pedang suci Kariyon yang diperlukan untuk melawan Beast. Namun Willem, manusia terakhir yang ternyata masih tersisa, kemudian terbangun sesudah lima ratus tahun. Sebuah pekerjaan mempertemukannya dengan para gadis peri ini, yang mengingatkannya kembali akan berbagai kenangan dalam perjuangannya sendiri melawan para Beast.

Juga dikenal dengan judul (panjang) Do you have what THE END? Are you busy? Shall you save XXX?, atau dengan judul alternatif (pendek) SukaSuka, ini seri yang sudah lumayan lama bikin aku penasaran. Premisnya terdengar tak menonjol, tapi banyak yang setuju kalau ini termasuk seri yang benar-benar tak biasa. Ceritanya diangkat dari seri novel buatan Kareno Akira yang diilustrasikan oleh ue. Berhubung ada homofon, judulnya sendiri sebenarnya secara kasar kira-kira berarti ‘Apa kau punya waktu di akhir pekan/dunia nanti? Apa kau sibuk? Bisa tolong selamatkan aku?’ Penyutradaraannya akan ditangani oleh Wada Junichi (Ragnastrike Angels, The Disappearance of Nagato Yuki-chan), tapi stafnya secara umum meyakinkan dengan Kareno-sensei yang terlibat dalam komposisi naskah.  Karena bobotnya yang ternyata lebih berat ke drama, seri ini menurutku berpotensi menjadi kejutan.

Busou Shoujo Machiavellism (SILVER LINK)

Nomura Fudou baru saja pindah ke sekolah yang di dalamnya, para siswi diperbolehkan membawa dan menggunakan senjata. Dengan kombinasi senjata dan ilmu bela diri, para siswi mendominasi para siswa lelaki. Namun sebagai satu-satunya yang menolak tunduk pada para gadis, kedatangan Nomura segera membawa kericuhan. Karenanya, ia menjadi sasaran Onigawara Rin, gadis bertopeng yang merupakan bagian dari Lima Pedang Penguasa yang berkuasa atas sekolah.

Diangkat dari seri manga karya Karuna Kanzaki dan Kurokami Yuuya, ini seri ‘aksi tempur pemberontakan sekolah’ yang juga dikenal dengan judul Armed Girls Machiavellism. Ceritanya punya nuansa aksi bela diri lumayan kental, yang mirip tapi enggak persis dengan yang dipunyai seri-seri macam Ikkitousen di dekade 2000an dulu. Tachibana Hideki (BlazBlue Alter Memory, Dragon Crisis!) yang akan menyutradarainya, dengan naskah yang dibuat Shimoyama Kento (Bleach, Servant x Service). Musiknya akan ditangani oleh Mizutani Hiromi (Jigoku Shoujo, Non Non Biyori) dari Nippon Columbia. Aku masih kurang tahu soal perkembangan ceritanya, tapi adegan-adegan aksinya menarik dengan bagaimana si tokoh utama tetap kuat meski bertangan kosong.

Anonymous Noise (Brains Base)

Nino, seorang gadis yang senang menyanyi, dua kali berpisah dengan dua teman masa kecilnya. Pertama dengan Momo yang disukainya. Kedua dengan Yuzu yang suka mencipta lagu. Dengan kedua anak lelaki tersebut, Nino berjanji untuk suatu hari menemukan suaranya, karena lewat suaranya tersebut mereka akan bisa menemukannya kembai. Bertahun-tahun kemudian, di bangku SMA, Nino secara kebetulan bertemu kembali dengan Yuzu. Pertemuan kebetulan tersebut menumbuhkan harapannya untuk juga kembali berjumpa dengan Momo.

Diangkat dari manga Fukumenkei Noise karya Fukuyama Ryoko, ini seri shoujo yang juga diadaptasi ke bentuk live action belum lama ini. Penyutradaraannya akan dilakukan oleh Takahashi Hideya (Keijo!!!!!!!!, Fantasista Stella) dengan komposisi seri ditangani oleh Akao Deko (Akagami no Shirayukihime, Noragami). Musiknya, yang berperan penting dalam cerita, akan ditangani oleh Sadesper Records. Aku pernah dengar kalau perkembangan ceritanya yang penuh dengan angst terbilang bagus. Mudah-mudahan adaptasinya baik.

Clockwork Planet (XEBEC)

Dunia dikisahkan telah mati karena kehabisan nyawa. Tapi sekian abad sebelumnya, di penghujung punahnya semua makhluk hidup, seorang pembuat jam misterius berhasil menemukan cara untuk membuat dunia tetap berputar melalui mekanisme roda gigi jam (clockwork). Namun demikian, tak ada seorangpun selain dirinya yang memahami metode kerjanya, yang telah mengubah dunia menjadi suatu mesin maha raksasa. Di masa kini, seorang remaja bernama Miura Naoto yang memiliki pendengaran tajam berjumpa seorang gadis automaton yang menjadi awal perubahan kembali seluruh dunia.

Diangkat dari seri novel karangan Kamiya Yuu (pengarang sekaligus ilustrator No Game, No Life) dan Himana Tsubaki, dengan ilustrasi yang dibuat oleh Shino, ini salah satu anime baru yang sebenarnya lumayan ditunggu. Penyutradaraannya akan dilakukan oleh Nagasawa Tsuyoshi (MM!, Nyaruko) sementara naskahnya akan ditangani oleh Sugihara Kenji (Shiki, Oreca Battle). Menilai dari komposisi stafnya dan key visual-nya, ada kemungkinan seri ini akan lebih bagus dari keluaran-keluaran XEBEC yang biasa. Aku dengar ceritanya punya banyak perkembangan tak terduga. Mungkin ini akan jadi salah satu judul yang aku perhatikan.

Re: Creators (TROYCA)

Mizushino Souta, seorang siswa SMA yang introvert tapi berhati baik, mendapati bahwa karakter-karakter dalam berbagai cerita anime, manga, dan game yang disukainya sebenarnya memiliki ‘maksud.’ Umat manusia, sebagai pencipta cerita-cerita tersebut, adalah keberadaan bagai dewa bagi karakter-karakter ini. Dengan munculnya karakter-karater tersebut secara nyata, dunia kita ada di ambang perubahan. Semua orang dapat menjadi Creator.

Ini proyek orisinil yang digagas oleh mangaka seri aksi populer Black Lagoon, Hiroe Rei. Aoki Ei (Aldnoah.Zero, Fate/Zero) yang akan menyutradarainya, dengan komposisi seri yang dikerjakan bersama oleh mereka berdua. Sawano Hiroyuki juga akan menangani musiknya. Berhubung temanya soal bagaimana karakter-karakter fiksi menjadi nyata, agak susah membayangkan premisnya menjadi bagus. Hanya saja, staf produksinya benar-benar kuat. Kurasa ini satu lagi seri baru yang akan menjadi tanda tanya di musim ini.

Sagrada Reset (David Production)

Sakurada adalah kota yang separuh populasinya memiliki kekuatan-kekuatan istimewa yang terlahir dari pengharapan di dalam hati. Biro administrasi di kota ini mengawasi individu-individu yang memiliki kekuatan, dan karena itu, para penduduknya bisa hidup dengan damai. Asai Kei adalah remaja yang kekuatannya berupa kemampuannya dalam mengingat apapun. Sedangkan Haruki Misora mampu ‘memutar balik’ (reset) waktu  sampai maksimal tiga hari. Dengan mengandalkan ingatan masa depan Kei yang tak hilang meski waktu dibalik, keduanya bekerjasama dalam Klub Servis untuk menyelesaikan berbagai permintaan dari teman-teman sekolah mereka. Salah satu alasannya: untuk menghapus suatu kesedihan masa lalu yang sama-sama mereka bagi.

Dikenal juga dengan judul Sakurada Reset, seri ini diangkat dari seri novel sains fiksi/fantasi remaja karya Kouno Yutaka yang belakangan juga diangkat ke bentuk live action. Kawatsura Shinya yang sebelumnya menangani Non Non Biyori yang akan menyutradarainya. Sedangkan naskahnya akan ditangani Takayama Katsuhiko. Makino Yui juga akan tampil kembali setelah sekian lama untuk membawakan lagu temanya. Sudah dikonfirmasikan seri ini akan sepanjang dua cour tanpa jeda. Ini salah satu seri baru yang terus terang akan aku perhatikan, terutama mengingat kualitas produksi studionya yang benar-benar solid.

Sakura Quest (P.A. Works)

Pada zaman ekonomi gelembung di Jepang, di sekitar tahun 1977, program micro-nation, yang dikoordinasikan pemerintah-pemerintahan lokal bersama berbagai biro wisata, mulai dijalankan secara nasional untuk menarik wisatawan dari seluruh negeri. Koharu Yoshino, seorang perempuan muda yang lamaran kerjanya sudah ditolak 30 perusahaan, mendapati dirinya diterima sebagai duta wisata/monarki dari micro nation Kerajaan Chupacabra di kota Manoyama yang kecil dan terpencil. Bersama empat perempuan lain dengan latar belakang berbeda-beda, Yoshino harus membangkitkan program wisata micro-nation kembali di kota mereka untuk biro wisata tempat mereka kini tergabung.

Menyusul Hana-Saku Iroha dan Shirobako, ini proyek orisinil ketiga buatan P.A. Works tentang dunia kerja. Ide dasarnya digagas Alexandre S. D. Celibidache (ini jelas pseudonim), penyutradaraannya akan dilakukan oleh Masui Soichi (Hitsugi no Chaika), dengan naskah ditangani oleh Yokotani Masahiro (Free!, Hataraku Maou-sama!). Pengembangan konsepnya biasanya menarik sekaligus sangat menambah wawasan. Aku benar-benar berharap hasilnya bagus.

Tsugumomo (Zero-G)

Harta paling berharga bagi Kagami Kazuya adalah kain obi peninggalan mendiang ibunya. Aroma bunga sakuranya telah membantunya menjalani hidup. Namun kain tersebut rupanya juga bisa menyelamatkan nyawanya saat berubah wujud menjadi gadis berkimono yang menyebut dirinya roh artefak. Roh tersebut bernama Kiriha, tsukumogami dari kain tersebut yang kemudian tinggal bersama Kazuya. Hidup Kazuya semakin ramai saat sejumlah gadis lain turut menyusul Kiriha untuk hidup bersamanya.

Diangkat dari seri web manga karya Hamada Yoshikazu, ini seri komedi supernatural yang sudah diserialisasikan lumayan lama. Kuraya Ryouichi akan memulai debutnya sebagai sutradara lewat seri ini, dan sekaligus juga menangani komposisi seri. Musiknya akan ditangani Takanashi Yasuharu dari Pony Canyon. Ini tak termasuk seri menonjol, tapi berhubung kelihatannya ditangani oleh staf relatif muda, aku berharap hasilnya lumayan.

Renai Boukun (EMT Squared)

Guri adalah seorang perempuan malaikat(?) bermasalah yang kemudian dipercayakan benda misterius yang bisa membuat dua orang yang berciuman saling jatuh cinta. Guri lalu muncul di hadapan seorang remaja bernama Aino Seiji untuk membantu kehidupan cintanya. Seiji selama ini memendam perasaan pada Akane, temannya di sekolah, yang sebenarnya juga suka padanya. Guri lalu mendemonstrasikan kegunaan alatnya. Lalu keadaan semakin kacau dengan terancamnya nyawa Seiji saat terungkap kalau Akane seorang yandere.

Diangkat dari seri manga komedi online karya Mihoshi Megane yang juga berjudul The very lovely tyrant of love, premisnya yang penuh kegilaan lumayan susah dijelaskan. Nigorikawa Atsushi (Anime De Training! Ex) yang akan menyutradarainya. Sedangkan Takahashi Natsuko (Long Riders!, Ore Monogatari!!) yang menangani komposisi seri. Grup idola/seiyuu Wake Up, Girls! serta monaca juga terlibat untuk menangani musiknya. Meski kurang cocok dengan seleraku, seri ini benar-benar termasuk terkenal.

Roku de Nashi Majutsu Koushi to Akashic Records (LIDEN FILMS)

Glenn Radars didatangkan gurunya untuk menjadi guru pengganti paruh waktu di Akademi Sihir Kekaisaran. Di awal, dirinya tidak memiliki motivasi, serampangan, dan tidak serius dalam mengajar. Namun Glen mulai berubah pikiran sesudah mengenal murid-muridnya. Lalu lambat laun terungkap pula bahwa dirinya bukanlah instruktur biasa.

Anime ini diangkat dari seri light novel aksi fantasi karya Hitsuji Taro dengan ilustrasi buatan Mishima Kurone. Juga dikenal dengan judul Akashic records of bastard magic instructor, meski tema dan kualitasnya mungkin tak menonjol, seri ini menarik perhatianku karena punya kedalaman cerita yang tak disangka. Kazuto Minato yang akan menyutradarainya, dengan naskah yang ditangani oleh Machida Touko (Lucky Star, The IDOLM@STER). Ada sistem sihir yang ekstensif dan karakterisasinya tak buruk. Kurasa ini salah satu seri yang tetap akan kuperhatikan terlepas dari hasilnya.

Atom The Beginning (OLM, Production I.G., Signal.MD)

Selepas bencana besar yang baru menimpa Jepang, dua ilmuwan jenius hadir untuk mewujudkan masa depan penelitian robotik. Salah satu dari mereka adalah Tenma Umatarou yang bermimpi untuk menciptakan ‘dewa.’ Sedangkan yang seorang lagi adalah Ochanomizu Hiroshi yang bermimpi menciptakan ‘sahabat.’ Keduanya berkolaborasi siang dan malam hingga akhirnya terlahir robot mutakhir A106, dewa, atau mungkin sahabat, yang kelak berujung pada penciptaan robot Atom.

Diangkat dari manga berjudul sama karangan Kasahara Tetsuro (Rideback), seri ini menjadi prekuel dari seri sangat terkenal Tetsuwan Atom/Astro Boy karangan mendiang bapak manga Tezuka Osamu. Tezuka Makoto, putra beliau, terlibat langsung dalam pengawasan dan pengembangan proyek ini, dengan sebagian konsep yang turut disumbang oleh Yuuki Masami (Patlabor, Birdy the Mighty). Sato Tatsuo (Martian Successor Nadesico, Madan no Ou to Vanadis) akan bekerjasama dengan Motohiro Katsuyuki (Psycho-Pass) untuk penyutradaraannya, lewat kerjasama juga dengan Tezuka Productions. Naskahnya akan diawasi oleh Fujisaku Jun’ichi (Blood+, Appleseed XIII). Sejumlah peneliti kecerdasan buatan juga konon mengawasi pengembangan anime ini! Ini salah satu judul baru yang kurasa sangat diharapkan bagus.

Kado: The Right Answer (Toei Animation)

Shindo Kojiro, dirjen muda Kantor Kementerian untuk Perencanaan Kebijakan, terjebak bersama 251 penumpang lain saat pesawat yang mereka tumpangi secara misterius dibawa masuk ke dalam Kado, sebuah struktur raksasa berteknologi canggih. Di dalamnya, mereka menjumpai sesosok pemuda yang menyerupai manusia biasa. Melalui pesan yang dikirim ke seluruh ponsel penduduk Jepang, Yaha-kui zaShunina, pemuda tersebut, menyampaikan maksudnya untuk terlibat dalam urusan dalam negeri Jepang. Inilah awal mula peran Shindo sebagai duta antara Jepang dengan kaum Anisotoron…

Juga dikenal dengan judul Seikai Suru Kado, Murata Kazuya (Gargantia on the Verdurous Planet) akan menjadi sutradara umum, dengan dibantu Watanabe Masaki sebagai sutradara seri. Novelis Nozaki Mado yang akan menangani naskah. Musiknya ditangani Iwashiro Taro (Arslan Senki). Sudah lama sejak Toei mengeluarkan seri anime baru, dan ini merupakan seri anime TV CG mereka yang pertama. Tema sains fiksinya mungkin hanya cocok untuk kalangan tertentu. Tapi aku benar-benar berharap hasilnya bagus.

Alice to Zouroku (J.C. Staff)

Sekelompok gadis muda menyimpan kekuatan misterius yang disebut Alice’s Dream yang memberi mereka kemampuan untuk mengubah pikiran mereka menjadi kenyataan. Dikurung dan dijadikan kelinci percobaan, anak-anak ini dikurung di suatu tempat rahasia, sampai salah seorang dari mereka berhasil lari. Sana, seorang gadis yang bisa mengabaikan seluruh hukum fisika, dalam pelariannya bertemu seorang pria tua keras kepala bernama Kashimura Zouroku. Hidup si kakek tak pernah sama lagi.

Diangkat dari seri manga karya Imai Tetsuya, sutradara Sakurabi Katsushi (Flying Witch) akan bekerjasama kembali dengan Takayama Fumihiko (Sword of the Stranger) sejak kolaborasi mereka di Gunparade March. Musiknya akan ditangani oleh TO-MAS. Visualnya cerah dan ceritanya bernuansa ringan. Agaknya, ini jenis seri yang perlu dilihat sendiri untuk dipahami daya tariknya.

Zero kara Hajimeru Mahou no Sho (WHITE FOX)

Seorang wanita penyihir bernama Zero berjumpa seorang tentara bayaran separuh binatang dalam perjalanannya memburu lembar-lembar kitab sihirnya yang dicuri. Sesudah membuka diri terhadap satu sama lain, sang tentara bayaran setuju untuk mengawal Zero yang awam terhadap urusan-urusan dunia dengan harapan dapat kelak diubah menjadi manusia. Perjalanan keduanya bermakna penting karena rahasia dalam kitab Zero yang dapat menghancurkan dunia.

Dikenal juga dengan judul Grimoire of Zero, novel aslinya yang dibuat oleh Kobashiri Kakeru memenangkan Penghargaan Novel Dengeki tahun 2013. Hirakawa Tetsuo (Kawa no Hikari, Hori-san to Miyamura-kun) yang akan menyutradarai seri ini. Ada pengharapan lumayan besar terhadap kualitasnya mengingat kesuksesan White Fox dengan Re: Zero tahun lalu. (Tak ada kaitan antara kedua seri ini.) Kudengar pembangunan dunianya memang termasuk bagus dengan tema-tema sosial yang diangkat. Mungkin menjadi salah satu judul paling menonjol musim ini.

Eromanga Sensei (A-1 Pictures)

Izumi Masamune adalah seorang siswa SMA yang sekaligus telah menjadi penulis light novel profesional, meski belum populer. Ilustratornya, meski bisa diandalkan, hanya dikenalnya dengan nama Eromanga-sensei, dan disangkanya adalah otaku gemuk mesum karena gaya gambarnya yang sangat provokatif. Sampai suatu ketika, Masamune menyadari bahwa ilustratornya ternyata tak lain adalah Sagiri, adik perempuannya sendiri, yang telah menjadi hikkikomori selama setahun. Perubahan-perubahan besar dalam hubungan mereka kemudian terjadi.

Diangkat dari seri novel buatan Fushimi Tsukasa yang diilustrasikan Kanzaki Hiro (iya, pengarang dan ilustrator dari seri novel Oreimo yang itu), ini seri ‘komedi romantis antar saudara’ yang arah perkembangannya (ehem) mungkin sudah dibayangkan sejumlah kalangan. Takeshita Ryohei (Gekkan Shoujo Nozaki-kun) akan menyutradarainya dengan naskah yang ditangani Takahashi Tatsuya (The IDOLM@STER Cinderella Girls). Secara teknis, kualitasnya nampaknya solid. ClariS dan TrySail akan masing-masing membawakan lagu pembuka dan penutupnya.

Hinako Note (Passione)

Sakuragi Hinako adalah seorang gadis yang memiliki kesulitan berbicara. Hinako tinggal di pedesaan di daerah terpencil di Jepang. Untuk meningkatkan kemampuannya berkomunikasi, Hinako memutuskan pindah sekolah ke SMA di Tokyo dan bergabung dengan sebuah klub teater. Asramanya, di luar dugaan, ternyata sebuah toko buku bekas, dan di sana, ia bertemu seorang gadis yang gemar melahap buku.

Ini seri ringan dengan karakter-karakter manis yang diangkat dari seri manga karya Mitsuki. Takahashi Takeo (Rozen Maiden, Spice and Wolf, Rokka no Yuusha) akan berperan sebagai sutradara kepala. Kitahata Toru (Haganai NEXT, Koi to Senkyou to Chocolate) akan menjadi sutradara. Naskahnya ditangani oleh Urahata Tatsuhiko (GATE, Horizon in the Middle of Nowhere). Musiknya akan ditangani Hashimoto Yukari. Kelihatannya ini judul yang akan jadi pilihan bagi kalian fans cowok yang mengharapkan sesuatu yang tak terlalu berat.

Kabukibu! (Studio DEEN)

Kurusu Kurogo adalah siswa SMA yang sangat mencintai kesenian kabuki. Kecintaannya sudah sedemikian besarnya sampai-sampai tingkahnya menyebalkan bagi orang lain. Kurogo akhirnya memutuskan untuk membangun sendiri klub kabuki di sekolahnya. Untuk itu, ia perlu mengumpulkan anggota-anggota dulu.

Berawal dari seri light novel karya Eda Yuuri yang dihiasi desain karakter khas buatan grup CLAMP yang terkenal, Yoneda Kazuhiro (Akatsuki no Yona) akan berperan sebagai sutradara dengan Nakamura Yoshiko (Hiiro no Kakera) yang akan menangani naskah. Daya tarik terbesar seri ini tentu saja ada pada para karakternya. Kurasa ini salah satu judul yang bisa menarik para pemirsa wanita.

The Royal Tutor (Bridge)

Menerima tugas Guru Kerajaan di ruang tahta Kerajaan Grannzreich, Heine Wittgenstein harus mengajar empat pangeran remaja pembuat onar yang memiliki sifat dan kecendrungan masing-masing. Masalahnya, tugas besar itu dipersulit oleh penampilan Heine yang seperti anak-anak, yang membuatnya dipandang dengan sebelah mata.

Juga dikenal dengan judul Oushitsu Kyoushi Heine, atau Königliche Familie Lehrer, ini seri lain yang lebih ditujukan untuk pemirsa wanita. Ceritanya diangkat dari seri manga komedi karya Akai Higasa dengan penyutradaraan yang dilakukan Kikuchi Katsuya (Idol Memories, Sengoku Paradise Kiwami). Naskahnya sendiri akan ditangani oleh Ueno Kimiko (Kuromajyo-san ga Tooru!!) dengan musik yang ditangani Inai Keiji di Avex Pictures.

Danmachi Gaiden: Sword Oratoria (J.C. Staff)

Aiz Wallenstein, ahli pedang terkuat, sekali lagi memasuki labirin raksasa Dungeon bersama teman-temannya di Kota Labirin Orario. Pada hari itu, di lantai kelima puluh, kelompoknya mendapati bangkai naga yang lebur menjadi abu serta pertanda-pertanda ganjil lain, yang mendorong Aiz untuk menjelajah lebih jauh ke kedalaman Dungeon, yang mengawali pertemuannya dengan seorang anak lelaki…

Sebagai proyek kesepuluh yang memperingati ulang tahun kesepuluh GA Bunko, anime ini mengadaptasi seri novel karya Oumori Fujino yang diilustrasikan Haimura Kiyotaka. Iya, seri ini merupakan cerita sampingan dari seri Is It Wrong to Pick Up Girls in a Dungeon? yang juga sempat dianimasikan J.C. Staff tahun 2015 lalu. Ceritanya kali ini mengambil sudut pandang Aiz sebelum pertemuannya dengan Bell Cranell, dan memberi gambaran lebih utuh tentang berbagai intrik yang sebenarnya tengah berlangsung di kota Orario. Sempat kudengar kualitas ceritanya tak kalah bagusnya dengan cerita utama.

Satu seri orisinil lain yang akan tayang adalah seri drama Tsuki ga Kirei yang diproduksi studio feel. Ceritanya berfokus pada Mizuno Akane dan Azumi Kotarou, dua siswa SMP kelas tiga, yang untuk pertama kalinya menjadi teman sekelas, serta hubungan mereka dengan orang-orang di sekeliling mereka. Kishi Seiji (Persona 4 The Animation, Aoki Hagane Arpeggio – Ars Nova) yang dikenal dengan arahan-arahan visualnya yang akan menyutradarainya. Sedangkan naskahnya akan ditangani Kakihara Yuuko (Orange, Digimon Adventure tri.) yang telah berpengalaman menangani seri-seri seperti ini. Gelagatnya sejauh ini lebih dari lumayan, walau aku tak bisa menyingkirkan kesan kalau ini dibuat karena Oregairu masih belum ada juga lanjutannya.

Keluaran terkini dari waralaba permainan slot Twin Angel, Twin Angel BREAK, juga akan tayang. Aku merasa aneh karena ini masih ada di usiaku yang segini. Buat yang belum tahu, ini waralaba bergenre mahou shoujo yang sempat lumayan populer. J.C. Staff yang akan memproduksinya. Jadi sekalipun ceritanya generik, kurasa hasilnya tetap akan lumayan.

Warau Salesman NEW, atau The Laughing Salesman NEW, yang diangkat dari seri lain buatan duo pengarang Doraemon, juga akan tayang. Ceritanya tentang pedagang keliling misterius yang membantu orang-orang dalam memenuhi ‘rongga’ dalam jiwa mereka… atau sebaliknya, merusak hidup mereka jika dirasa perlu. Perlu diperhatikan kalau genrenya komedi hitam dengan tema lumayan dewasa.

Menyusul berakhirnya bab-bab penutup Naruto Shippuden, Boruto: Naruto Next Generations produksi Studio Pierrot juga akan tayang. Iya, ini sekuel dari seri Naruto yang mengetengahkan petualangan anak-anak keturunan Uzumaki Naruto dan teman-temannya. Belum banyak yang diketahui soal arah perkembangannya. Kishimoto Masashi-sensei tetap terlibat. Kudengar cerita animenya mungkin berbeda cukup jauh dari manganya.

Beberapa seri baru lain mencakup: seri komedi ringan The iDOLM@STER Cinderella Girls Gekijou produksi Gathering, yang diangkat dari manga yang mengetengahkan kehidupan sehari-hari para personil Cinderella Project; Frame Arms Girl produksi ZEXCS dan studio A-CAT yang menonjolkan konsep mainan mecha musume Kotobukiya, yang pasti menarik perhatian kalangan tertentu; Love Kome – We Love Rice yang menampilkan personifikasi manusia dari jenis-jenis beras; Pri Pri Chi-Chan; The Snack World; dan Tomica Hyper Rescue Drive Head Kidou Kyuukyuu Keisatsu.

Seri fantasi petualangan berlatar dunia langit Granblue Fantasy The Animation yang diangkat dari game ponsel, yang sudah dinantikan dari musim lalu, juga akan tayang. Episode spesialnya menarik perhatian di musim sebelumnya, dan karenanya, judul ini mungkin mencolok. Produksinya masih dilakukan A-1 Pictures.

Juga akan ada sin Nanatsu no Taizai (tak ada kaitan dengan Nanatsu no Taizai yang ada Meliodas dan kawan-kawan) yang diproduksi TNK dan Artland dan dibasiskan pada konsep proyek multimedia Hobby Japan (mirip proyek Hyakka Ryouran Samurai Girls). Seri ini mengetengahkan karakter-karakter iblis perempuan rancangan Niθ yang masing-masing mewakili salah satu dari tujuh dosa besar. Ini kelihatannya jadi seri fanservice untuk musim ini.

Sebagai tambahan, kudengar seri lain yang diproduksi lewat kerjasama dengan Emon Studio dari China, The Silver Guardian, juga akan tayang. Ceritanya tentang seorang anak yang memasuki dunia game virtual untuk menyelamatkan teman sekelasnya.

Tambahan lain, seri orisinil baru dari Sanzigen Animation Studios, ID-0, juga akan tayang. Ini seri mecha yang ditangani oleh sutradara veteran Taniguchi Goro (Code Geass) dan dipenai Kuroda Yousuke (Gundam 00). Berkisah tentang siswi remaja Maya Mikuri yang terlibat insiden dengan kelompok pembajak saat menggunakan suatu I-Machine. Ini membuatnya jadi bagian kru di kapal luar angkasa suatu perusahaan ekskavasi. Ada gelagat cukup kuat kalau ini bakal jadi bagus, walau susah membayangkan persisnya karena apa.

Iya, musim kali ini banyak ditunggu karena munculnya banyak sekuel. Kesemuanya meliputi:

  • Kelanjutan seri fenomenal tentang drama perjuangan manusia lawan raksasa Attack on Titan, atau Shingeki no Kyojin (Season 2) akan ada. Stafnya tentu saja masih sama. Ceritanya akan melanjutkan pembeberan lumayan menggantung dari musim tayang sebelumnya. Aku lumayan yakin season baru yang ini akan diakhiri dengan pembeberan menggantung lagi tentang rahasia yang tersembunyi di ruang bawah tanah itu. (Para pembaca manganya, mohon untuk tidak memberi spoiler pada para penonton awam!)
  • Kelanjutan adaptasi anime baru dari seri fantasi gelap fenomenal Berserk (Season 2). Musim tayang pertamanya dinilai mengecewakan oleh para penggemar lama, tapi tak dapat dipungkiri, adaptasi ini berhasil menjangkau kalangan penggemar baru.
  • Kelanjutan seri drama komedi tentang kekeluargaan Uchouten Kazoku, atau The Eccentric Family (Season 2) juga akan tayang. Kudengar ceritanya mengangkat novel sekuel tentang keluarga tanuki Shimogamo yang hidup di Kyoto. Tentu saja akan ada karakter-karakter baru.
  • Duel Masters (Season 14) akan tayang. Aku dengar ini semacam reboot dari seri pemainan kartu ini dengan karakter-karakter yang baru sama sekali.
  • Seri baru Beyblade Burst God (Season 6) juga akan ada. Lumayan mengejutkan ini masih berlanjut.
  • Future Card Buddyfight Battsu (Season 4) juga.
  • Sekuel dari seri anime net populer Monster Strike the Animation (Season 2), tentang seseorang yang berusaha memulihkan ingatannya yang hilang melalui sebuah app, juga akan tayang.
  • Kelanjutan adaptasi anime dari salah satu manga populer Shonen Jump saai ini, Boku no Hero Academia, atau My Hero Academia (Season 2) juga akan ada. Aku terkesan dengan keputusan para produsernya untuk tak menciptakan filler.
  • Seri idola Idol Time Pripara (Season 4) akan tampil. Karakter-karakter cowok juga akan muncul.
  • Seri drama supernatural Natusume Yuujinchou Roku, atau Natsume’s Book of Friends (Season 6) masih akan lanjut. Basis penggemarnya benar-benar kuat.
  • Terlepas dari kabar buruk soal produksi Manaria Friends, Rage of Bahamut: Virgin Soul (Season 2) akan tayang. Ceritanya akan baru sama sekali, dengan fokus cerita yang baru pula. Tokoh utamanya baru, walau sejumlah tokoh lama akan kembali tampil. Kudengar umat manusia menjadi ras dominan setelah terlepasnya Bahamut di seri sebelumya.
  • Kelanjutan seri aksi komedi romantis supernatural remaja khas Takahashi Rumiko, Kyoukai no Rinne atau RIN-NE (Season 3) juga akan tayang.
  • Kelanjutan upaya Tomoya dan teman-teman perempuannya dalam membuat game di Saenai Heroine no Sodate-kata Flat atau Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend (Season 2), juga ada. Aku pernah dengar kalau nuansa ceritanya akan mulai berubah di titik ini.
  • Seri idola penuh siswa tampan di akademi musik terkenal Starmyu (Season 2) juga akan ada.
  • Seri baru Yu-Gi-Oh! VRAINS (Season 6) yang akan lebih mendalami premis virtual reality di permainan kartu juga akan tayang. Ada sesuatu tentang konsepnya yang sangat menarik perhatianku.
  • Tambahan yang terlewat, paruh kedua dari seri ONA Mobile Suit Gundam Thunderbolt yang berlatar di Bumi juga akan tayang. Episode-episode baru dari seri mecha bernuansa musik jazz ini akan keluar secara bulanan. Sial, aku masih menganggap desain mechanya terlalu canggih untuk zamannya!

…Tunggu, bukannya anime Touken Ranbu yang diproduksi Ufotable harusnya tayang dalam waktu dekat?

Dari segi anime-anime pendek, yang terutama menonjol mencakup:

  • Kenka Bancou Otome -GIRL BEATS BOYS- tentang seorang gadis ahli bela diri yang menyamar sebagai siswa lelaki, menggantikan saudara kembarnya di sekolah khusus cowok yang penuh berandalan. Produksinya dilakukan project No.9 bersama A-Real. Ini diangkat dari game buatan Spike Chunsoft.
  • Room Mate ~One Room side M~, versi ‘untuk cewek’ dari anime One Room yang tayang di musim sebelumnya. Para penonton ditempatkan baru pindah ke suatu apartemen untuk mulai hidup mandiri, dan mulai bertemu cowok-cowok ganteng. Tyhoon Graphics yang kembali memproduksi.
  • Souryo to Majiwaru Shikiyoku no Yoru ni… yang diangkat dari seri manga dewasa untuk perempuan. Ceritanya berkisah tentang seorang wanita yang mendapati cinta pertamanya telah menjadi biksu, dan konflik batin berkecamuk saat asmara kembali tumbuh di antara mereka. Produksinya dilakukan oleh Seven. Sekali lagi, ini untuk dewasa.
  • Nobunaga no Shinobi (Season 2), musim tayang kedua tentang gadis ninja yang ingin bisa melayani tuannya.
  • Tambahan, Sekai no Yami Zukan yang akan menampilkan cerita-cerita seram dan ganjil dari berbagai penjuru dunia.

Dari segi OVA, tak ada seri baru yang benar-benar mencolok.

Dari segi film layar lebar, kurasa yang paling menonjol adalah Fairy Tail: Dragon Cry, movie kedua Fairy Tail yang memberi fokus pada karakter Natsu menjelang bab-bab akhir dari cerita di manganya.

Anime layar lebar romantis Yoru wa Mijikashi Aruke yo Otome, semacam spin off dari Youjou-han Shinwa Taikei, lengkap dengan berbagai keanehan di dalamnya, yang juga diangkat dari novel karya Morimi Tomihiko, juga akan diputar. Yuasa Masaaki juga yang menyutradarainya, dan produksinya kali ini dilakukan oleh studio Science SARU.

Lalu, tentu saja, film layar lebar BLAME! The Movie produksi Polygon Pictures yang diangkat dari manga aksi futuristik Nihei Tsutomu juga akan ada. Ceritanya akan agak berbeda dari versi manganya, lebih padat dan lebih mudah dipahami.

Tambahan, film layar lebar Yuki Yuna Is a Hero: Washio Sumi Chapter yang sudah lumayan lama ditunggu para fansnya juga akan keluar. Sori, aku lupa soal ini. Aku pernah dengar dari orang yang mengikutinya kalau ini seri yang cukup bagus.

Akan aku kabari kalau ada perkembangan-perkembangan lagi.

(Sumber dari ANN dan Anime-Now)

Iklan

3 Komentar to “Anime Baru Musim Semi 2017”

    • Sejauh ini belum ada kabar lagi.
      Proyeknya baru diumumin Agustus kemarin kan? Kayaknya masih ada setengah tahun sampai ada update.

      Ada. Aku tambahin.

  1. “… Karena bobotnya yang ternyata lebih berat ke drama, seri ini menurutku berpotensi menjadi kejutan.”

    Iya, hasilnya bikin Gigit baper berhari-hari. SukaSuka berhasil bikin Gigit nangis sesunggukan. Perih Plastic Memories perlahan ilang, tapi ditimpal sama SukaSuka. Kapan sembuhnya coba?~.~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: