Anime Baru Musim Semi 2015

Belakangan, aku banyak mikir tentang nasi.

Mungkin ada hubungannya dengan banyaknya seri soal masakan belakangan? Tapi nasi memang makanan pokok luar biasa karena bisa diubah jadi bahan kue, bisa dibentuk jadi bihun, dan terasa enak saat dimakan bersama kuah.

Terlepas dari itu, sekarang sudah menjelang Maret. Spring akan datang sebentar lagi. Aku banyak kerjaan kayak biasa. Tapi ini musim semi yang lumayan dinanti karena sejumlah judul anime baru yang sudah banyak diantisipasi. Selebihnya… ada beberapa seri yang buatku agak enggak disangka sih. Mungkin baiknya dilihat saja sendiri.

Kayak biasa, ini daftar yang enggak terlalu bisa diharapkan. Jadi jangan terlalu dipersoalkan soal detilnya.

Mungkin akan ada beberapa judul tambahan sesudah Maret nanti.

Re-Kan! (Pierrot Plus)

Serangkaian kisah menghangatkan hati tentang keseharian seorang gadis SMA baik hati bernama Amami Hibiki, yang mampu melihat hantu dan fenomena-fenomena supernatural lain di sekelilingnya, bersama teman-teman sekolahnya yang ikut berhadapan dengan hal-hal gaib juga.

Seri ini diangkat dari seri manga empat kotak horor komedi karya Seta Hinako. Sebagian besar karakternya perempuan, dan berkepribadian lumayan beragam. Kudo Masashi yang dulu pernah menangani Hayate no Gotoku menjadi sutradaranya, sementara naskahnya akan ditangani oleh Aoshima Takashi yang dulu menangani Yuruyuri dan Mitsudomoe. Buat kalian yang suka anime keseharian jenis ini, kurasa kalian bisa mengharapkan kualitas eksekusi yang lumayan.

Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiru; Zoku (Feel)

Kelanjutan drama kehidupan Hikigaya Hachiman yang pemuram bersama kedua teman sekolahnya dalam Klub Sukarela, Yukinoshita Yukino dan Yuigahama Yui, serta berbagai keterlibatan mereka dalam mengatasi urusan hubungan antar orang.

Juga dikenal sebagai My Teenage Romcom SNAFU, masih diangkat dari seri light novel populer karangan Wataru Watari, musim tayang pertama seri ini tahun lalu benar-benar menarik perhatian dengan karakterisasinya yang menarik dan mendongkrak kepopuleran seri novel aslinya. Season keduanya ini memiliki studio berbeda, sutradaranya berganti, dan desain karakter yang agak berubah, tapi sisa staf yang menanganinya kudengar tetap sama. Ada pengharapan besar kalau kualitasnya takkan kalah. Hampir bisa dipastikan kalau ini salah satu seri baru yang paling dinantikan di musim ini.

Kuusen Madoushi Kouhosei no Kyoukan (Diomedea)

Di dunia di mana umat manusia telah tersingkir dari daratan dan kini tinggal di kota-kota udara terapung akibat ancaman dari serangga-serangga berzirah ajaib, kaum wizard—penyihir tempur udara yang melawan para serangga dengan kekuatan sihir mereka—kemudian terlahir. Kanata Age (Eiji) sebelumnya dikenal sebagai “Ahli Pedang Hitam” yang menjadi as elit dari tim khusus S128, sebelum suatu insiden membuatnya dicap sebagai pengkhianat oleh rekan-rekan timnya. Namun kini, di kota akademi terapung Mistogan di mana kandidat wizard dilatih, dirinya ditugaskan sebagai instruktur untuk tim E601, sebuah tim lemah beranggotakan tiga orang gadis berkepribadian sedikit aneh, yang telah mengalami 10 kekalahan berturut-turut dalam kompetisi intrasekolah.

Diangkat dari seri light novel buatan Moroboshi Yu yang diterbitkan Fujimi Shobo, Inagaki Takuya yang sebelumnya menangani Noucome berperan sebagai sutradara, dan naskahnya akan ditangani Yamaguchi Hiroshi yang sebelumnya menangani Rosario + Vampire. Desain karakter aslinya yang dibuat Amami Mikihiro sebenarnya lumayan kusuka, tapi masih belum banyak yang bisa kukatakan tentang ceritanya. Ini bisa jadi tipikal seri aksi fantasi ringan dari LN seperti yang sering diangkat Diomedea. Tapi mungkin ada sesuatu tentang seri ini yang sebenarnya lebih menarik dari perkiraan. (Masih belum ada kepastian tentang penayangan seri ini, btw.)

Owari no Seraph (Wit Studio)

Di dunia yang dikuasai kaum vampir, populasi manusia diyakini hampir punah akibat suatu wabah virus yang hanya menyerang orang dewasa. Hyakuya Yuuicihiro bersama teman-temannya adalah sebagian kecil anak manusia yang masih tersisa. Hidup di bawah tanah, dengan diperbudak oleh para vampir untuk diambil darahnya, Yuu bercita-cita bisa menjadi cukup kuat untuk bisa lepas dari kekangan mereka. Cita-cita ini seakan tak mungkin. Namun sesudah diselamatkan nyawanya oleh seorang pria bernama Ichinose Guren, Yuuicihiro akhirnya memperoleh kesempatannya untuk membalas dendam terhadap para vampir, asal ia bersedia mempertaruhkan kemanusiaannya sendiri.

Juga dikenal dengan judul Seraph of the End – Vampire Reign, dan diangkat dari seri manga aksi fantasi gelap karya Kagami Takaya dan Yamamoto Yamato, ini satu seri lain yang lumayan ditunggu di musim ini. Tokudo Daisuke yang pernah terlibat dalam Attack on Titan dan Tokyo Magnitude 8.0 akan memulai debutnya sebagai sutradara. Sementara naskahnya akan ditangani oleh Seko Hiroshi yang juga pernah terlibat dalam Attack on Titan serta Zankyou no Terror. Sawano Hiroyuki juga terlibat dalam musiknya. Kurasa ini seri yang lumayan direkomendasikan buat mereka yang suka cerita-cerita aksi penuh kejutan. Dan juga pedang-pedang keren. Dan juga adegan-adegan pertarungan tegas dan ringkas. Lalu desain kostum yang menarik untuk cosplay. Sejujurnya, dibandingkan karya-karya Kagami-sensei sebelumnya, seperti Densetsu no Yuusha no Densetsu dan Itsuka Tenma no Kuro Usagi, ini seri pertama buatan beliau yang benar-benar bisa kusukai.

Shokugeki no Soma (J.C. Staff)

Yukihira Souma adalah seorang remaja yang berusaha mengejar jejak ayahnya sebagai koki utama di restoran keluarga mereka. Namun saat ayahnya tiba-tiba memutuskan menutup toko untuk suatu urusan ke luar negeri, Souma mendapati dirinya telah disekolahkan oleh ayahnya ke perguruan kejuruan super elit Tootsuki, di mana persentase kelulusannya sangat rendah karena para calon koki di dalamnya dituntut saling bersaing untuk menjadi yang terbaik. Di sana, kedatangan Souma yang berasal dari kalangan menengah ke bawah ditentang oleh Nakiri Erina, gadis dengan indera pengecap legendaris yang sekaligus merupakan cucu pendiri sekolah. Souma harus membuktikan kemampuan dirinya lewat ajang memasak Shokugeki yang menjadi tradisi khas Tootsuki.

Juga dikenal sebagai Food Wars: Shokugeki no Souma, ini diangkat dari seri manga yang sedang naik daun karangan Tsukuda Yuuto dan Shun Saeki. Terlepas dari aspek fanservice-nya yang kuat, karakterisasi dan tema kerja keras di dalamnya beneran terbilang keren. Cakupan animenya belum jelas sejauh mana, dan temanya juga mungkin agak berlebihan, tapi ini juga termasuk salah satu seri baru yang lumayan diperhatikan di musim ini.

Kyoukai no Rinne (Brains Base)

Mamiya Sakura pernah menghilang secara misterius di hutan di belakang rumah neneknya sewaktu kecil. Semenjak itu, dirinya memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal gaib. Kini tumbuh menjadi gadis remaja yang hanya berharap agar dirinya bisa berhenti diganggu hantu, Sakura pada suatu hari mendapati bahwa teman sekelasnya yang telah lama absen sejak awal tahun ajaran, Rinne Rokudo, ternyata seseorang yang sama sekali di luar dugaannya… karena kebetulan bekerja sambilan sebagai shinigami yang menolong roh-roh lepas untuk mencapai reinkarnasi.

Juga dikenal sebagai RIN-NE, ini diangkat dari seri manga komedi supernatural buatan Takahashi Rumiko yang belakangan populer (yang juga sudah terbit di sini). Sugawara Seiki yang sebelumnya menangani D-Fragments yang akan menjadi sutradaranya. Belum ada bayangan jelas tentang hasil akhirnya. Tapi kurasa mereka yang merindukan seri sejenis Inuyasha akan lumayan tertarik dengan seri ini.

Hibike! Euphonium (Kyoto Animation)

Berkisah tentang suka duka para anggota Klub Musik di SMA Kitauji, yang pada masa silam selalu maju dalam kompetisi alat musik tapi mengalami kendala semenjak guru penasihatnya diganti. Oumae Kumiko, seorang gadis yang teramat mudah mengungkapkan isi pikirannya, telah lama bercita-cita untuk bergabung dalam klub tersebut untuk melanjutkan pengalamannya bermain euphonium semasa SMP. Namun dirinya mengalami keraguan saat melihat Kousaka Reina, teman sekelasnya yang lama, ternyata juga menjadi anggota di sana…

Juga dikenal sebagai Sound! Euphonium, Ishihara Tatsuya yang menjadi sutradara dan Jukki Hanada yang menangani naskahnya. Karenanya, ada pengharapan lumayan besar kalau kualitasnya bakal baik. Ini diangkat dari seri novel karangan Takeda Ayano dan key visual-nya sejauh ini terbilang menjanjikan. Kurasa ini bakal jadi tipe anime yang disukai para penggemar KyoAni.

Houkago no Pleiades (Gainax)

Berkisah tentang Subaru dan kawan-kawannya, yang tergabung dalam sebuah klub beranggotakan mahou shoujo, yang berupaya menemukan pecahan-pecahan sebuah bintang untuk membantu seorang alien dari Pleiades untuk pulang.

Ini proyek anime TV yang berawal dari seri ONA hasil kerjasama antara Gainax dan produsen mobil Subaru, dan kemudian dikembangkan lebih jauh. Sebenarnya, aku juga belum tahu banyak tentang ceritanya. Kudengar kali ini akan ada tambahan satu karakter lelaki bernama Minato. Oh, dan bunyi-bunyian mesin di dalam animenya akan diambil dari bunyi-bunyi mesin mobil-mobil Subaru.

Etotama (Shirogumi Inc.)

Nya-tan, sang kucing dalam astrologi China, bercita-cita untuk bisa menjadi salah satu hewan shio. Tapi keluguannya dan kemudahannya untuk lupa membuatnya mencoba berbagai cara konyol untuk menjadi anggota. Sampai kemudian dirinya bertemu Tendo Takeru, seorang remaja SMA yang tinggal di Akibahara, dan mulai hidup menumpang di rumahnya, dan sedikit demi sedikit mulai semakin mendekati tujuannya.

Ini seri TV orisinil komedi baru dari studio Shirogumi yang “membidik untuk menjadi anime paling berisik se-Jepang.” Adaptasi manganya sudah mulai dibuat dan temanya kelihatannya akan ringan. Para karakter hewan zodiaknya masing-masing memiliki “adult mode” sekaligus “pretty mode” dan kelihatannya, dengan nekomimi dan segala macamnya, potensi moe yang dimiliki seri ini cukup luar biasa. Aku kurang tahu soal sisi teknisnya, tapi hasilnya sepertinya akan lumayan.

Chou Jikuu Robo Meguru (Brains Base)

Seorang gadis remaja berusia 13 tahun bernama Meguru Tokio, pada suatu ketika didekati seorang perempuan aneh lebih tua yang juga bernama Meguru. Meguru yang lebih tua ternyata adalah keturunan Meguru yang lebih muda yang datang dari masa depan dengan diburu suatu organisasi misterius. Meski sulit untuk percaya, Meguru yang lebih muda akhirnya terlibat dalam pertarungan bersama Meguru yang lebih tua dengan menggunakan sebuah robot dimensi, dan terseret dalam petualangan yang melintasi ruang dan waktu.

Ini seri anime mecha baru yang akan disutradarai oleh Gotoh Keiji, yang sebelumnya dikenal melalui Kiddy Grade dan belakangan menangani Sengoku Collection. Yonemura Shoji yang akan menangani naskahnya, dan kelihatannya seri ini akan menjadi seri super robot penuh aksi dan warna yang sudah lama tak terlihat. …Nuansanya menurutku benar-benar mengingatkan pada Kiddy Grade. (Ini… bener musim ini ‘kan?)

Plastic Memories (Dogakobo)

Tak jauh di masa depan, android yang tampilannya sama persis seperti manusia sudah tersebar di dunia. Perusahaan produsen android SA Corp memproduksi Giftia, android jenis baru yang memiliki kadar emosi yang sangat melebihi model-model android sebelumnya. Namun karena isu teknologi, semua android memiliki batas usia pakai yang membahayakan bila diabaikan. Karenanya, ada ‘layanan terminasi’ yang diberikan untuk mengambil kembali android-android yang telah melampaui masa usia pakainya. Mizugaki Tsukasa adalah seorang pegawai baru fresh graduate di layanan terminasi, yang membentuk tim dengan Giftia Isla untuk mengambil kembali android-android kadaluwarsa. Hanya saja…

Seri ini dicetus oleh Hayashi Naotaka yang terlibat dalam seri-seri sains fiksi Chaos;HEAd, Steins;Gate, dan Robotics;Notes. Desain karakternya, yang mungkin terasa tak asing, aslinya dibuat oleh okiura yang juga mendesain untuk Infinite Stratos. Fujiwara Yoshiyuki, yang menarik perhatianku lewat GJ-bu dan Mikakunin de Shinkoukei, akan kembali berperan sebagai sutradaranya. Sejujurnya, aku kurang begitu tertarik terhadap temanya. Tapi eksekusinya kemungkinan besar takkan buruk, dan ini bisa jadi seri drama yang lumayan menyentuh.

Arslan Senki (Liden Films x Sanzigen Animation Studio)

Di Kerajaan Pars yang makmur, yang beribukotakan Ecbatana yang menakjubkan, Raja Andragoras yang tak terkalahkan memerintah dengan ditakuti. Arslan adalah pangeran putra Andragoras yang dipandang sangat berkebalikan dengan ayahnya, karena lemah lembut dan penuh rasa ingin tahu, dan karenanya dipandang tak pantas menjadi pengganti ayahnya. Namun saat pengkhianatan terjadi dalam peperangannya yang pertama, Arslan dengan sedikit kawannya yang masih setia menjadi harapan rakyatnya untuk meraih tahtanya kembali dan mewujudkan perdamaian.

Juga dikenal dengan judul The Heroic Legend of Arslan, ini seri fantasi klasik karangan Tanaka Yoshiki (yang juga menulis The Legend of Galactic Heroes) yang baru-baru ini diadaptasi lagi ke bentuk manga oleh Arakawa Hiromu, sang pengarang Fullmetal Alchemist. Adaptasi anime ini akan didasarkan pada versi manga baru tersebut. Abe Noriyuki yang terlibat dalam dalam Black Butler: Book of Circus dan Yu Yu Hakusho yang akan menyutradarainya. Lalu Uezu Makoto yang menangani naskah, jadi kualitas ceritanya lumayan bisa diharapkan. Ceritanya memang mengesankan dengan skalanya yang besar, karakternya yang banyak, tema rasial dan kehormatan yang diangkatnya, serta nuansa Persia-nya yang kental. Seperti yang bisa diharapkan, penceritaannya kayaknya terbilang bagus, dengan mengangkat tema yang berat tapi dengan pemaparan yang enggak berlebihan juga. …Mungkin akan ada lebih banyak pemakaian CG dari yang sebelumnya kukira.

Knights of Sidonia: Battle for Planet Nine (POLYGON PICTURES)

Kelanjutan perjalanan Tanikaze Nagate dan sesama rekannya di kapal benih Sidonia, yang menjelajahi luar angkasa di masa seribu tahun sesudah kehancuran Bumi, demi menemukan tempat aman dari makhluk-makhluk asing Gauna. Sesudah berpisahnya lapisan masyarakat yang menuntut demiliterisasi, konflik dengan Gauna berlanjut di planet kesembilan tata surya Lem di mana suatu misi penyelematan harus dijalankan. Pada saat yang sama, suatu pihak tertentu mulai bergerak untuk melanjutkan penelitian yang pernah dilakukan Ochiai, pria yang sebelumnya pernah nyaris menghancurkan Sidonia.

Masih diangkat dari seri manga mecha sains fiksi karya Nihei Tsutomu, sutradara berganti, tapi masih ada pengharapan sangat besar terhadap kualitas seri ini. Ceritanya kelihatannya akan sedikit lebih rumit dengan jumlah karakter yang bertambah. Lalu untuk sekali ini akan ada adegan-adegan aksi mecha yang berlangsung di permukaan planet, dan bukan luar angkasa. …Ini salah satu seri yang termasuk lumayan dinantikan oleh aku dan sejumlah orang lain. Dikenal juga dengan judul Sidonia no Kishi: Dai-kyuu Wakusei Seneki.

Blood Blockade Battlefront (BONES)

Batas antara Bumi dan dunia lain terbuka di atas kota New York, dan memerangkap para penduduknya bersama makhluk-makhluk dimensi lain dalam suatu gelembung yang tak bisa ditembus. Manusia dan makhluk-makhluk lain kini hidup dalam dunia di mana kejahatan dilakukan bagaikan dalam cerita-cerita sains fiksi. Saat ada ancaman untuk memecahkan gelembung tersebut, sekelompok manusia berkekuatan super (dengan penuh gaya) harus berjuang untuk mencegahnya.

Juga dikenal sebagai Kekkai Sensen, dari manga karya Yasuhiro Nightow yang juga pengarang Trigun yang sempat sangat populer di awal 2000an, ini seri aksi supernatural baru yang kelihatannya menjanjikan. Matsumoto Rie yang sebelumnya menangani Kyousogiga akan berperan sebagai sutradara, dengan naskah dibuat oleh Furuya Kazunao. Stafnya kelihatan cukup menjanjikan untuk memberi seri ini ciri khas. Ini menarik bagi mereka yang suka jenis seri aksi seperti ini.

The Disappearance of Nagato Yuki-chan (Satelight)

Berlatar di dunia lain di mana Kyon pernah mendapati Suzumiya Haruhi tidak satu sekolah dengannya, ini seri yang bercerita tentang kehidupan (dan romansa) SMA yang damai antara Kyon dengan Nagato Yuki yang perhatian dan pemalu, di Klub Literatur yang hanya beranggotakan mereka berdua.

Juga dikenal dengan judul Nagato Yuki-chan no Shoushitsu, ini spin off dari seri The Melancholy of Suzumiya Haruhi yang sempat sangat tenar di pertengahan dekade 2000an. Sejauh yang kutahu, ceritanya memang lebih berat di sisi drama antar karakter yang lebih normal, dengan lebih sedikit hal-hal aneh yang terjadi bila dibandingkan di seri utamanya (walau, hal-hal aneh tersebut kayaknya masih tetap ada). Sebagai orang yang pernah mendalami Haruhi-isme, aku tak yakin apa aku akan menyukai seri ini. Tapi aspek teknisnya kelihatannya bakal lumayan, dan semua voice cast dari seri aslinya akan kembali menyuarakan peran mereka masing-masing.

Denpa Kyoushi – He Is an Ultimate Teacher (A-1 Pictures)

Kagami Junichiro, pemuda jenius yang telah menerbitkan makalah-makalah di jurnal-jurnal ilmiah Nature dan Science di usia 17 tahun, berubah menjadi NEET sesudah lulus kuliah dan menjadi keasyikan mengurusi blog animenya. Suzune, adik perempuan Junichiro yang masih SMA, kemudian memaksa kakaknya untuk bekerja sebagai guru di sekolahnya, di mana Junichiro kemudian memperlihatkan kalau (mungkin) dirinya memang guru yang luar biasa.

Diangkat dari manga berjudul sama karya Azuma Takeshi, Sato Masato yang akan menyutradari seri ini dengan naskah yang ditangani Maekawa Atsushi. Selebihnya, aku masih belum tahu banyak tentang seri ini. Dari segi staf kelihatannya hasilnya takkan buruk, dengan aspek musik yang mungkin lebih menarik dari dugaan.

Rainy Cocoa

Tokura Aoi, seorang mahasiswa biasa, merasa mengalami hari yang buruk karena disebut ‘jelek’ oleh seorang pria tampan di atas kereta. Saat sedang menyusuri jalanan di tengah hujan, ia kemudian menemukan sebuah kafe bernama Rainy Color yang kecil tapi nyaman. Memutuskan untuk mulai bekerja sambilan di sana sesudah disuguhi secangkir coklat panas, Iwase Keiichi—orang yang mengatai Aoi jelek—tiba-tiba saja masuk… dan menandai awal kehidupan Aoi yang ramai di kafe tersebut.

Juga dikenal dengan judul Ameiro Cocoa, seri ini diangkat dari manga digital bilingual pertama dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris buatan… um, IAM Denshi Shuppan. Mochizuki Tomomi yang menampilkan ciri khas kuat dalam House of Five Leaves yang akan menyutradarinya. Selebihnya, ini seri penuh cowok ganteng yang mungkin bakal lumayan menarik interaksi antar karakternya. Sori karena tentangnya aku masih belum tahu banyak.

Punch Line (MAPPA)

Karena suatu alasan, seorang anak remaja bernama Iritatsu Yuuta terpisah antara jiwa dan badannya. Lalu kini dunia terancam hancur seandainya dirinya melihat celana dalam wanita. Tapi ini hanya awal dari rangkaian pengalaman aneh yang kemudian dialaminya…

Ini seri orisinil baru lain yang penyutradaraannya ditangani oleh Uemura Yutaka dan naskah yang dibuat Uchikoshi Koutarou, yang dulu menangani naskah untuk VN Ever17(!). Terus terang, agak sulit membayangkan hasil akhirnya seperti apa. Di satu sisi, desain karakternya penuh warna dan ceritanya kayak akan dipenuhi adegan-adegan konyol. Di sisi lain, ada perasaan aneh kalau anime ini lebih ‘dalam’ dari yang sekilas terlihat (ini dari penulis Ever17, man.). Ditambah lagi, anime-anime keluaran MAPPA sejauh ini memperlihatkan kualitas teknis yang lumayan menakjubkan. Shokotan serta grup idola Dempagumi, Inc. yang akan terlibat dalam musiknya, yang akan juga ditangani produser Komuro Tetsuya(!?). Konon ceritanya juga akan berkaitan erat dengan musik. Kalau bukan karena nama-nama staf di baliknya, mungkin ini takkan jadi judul yang akan aku perhatikan.

Ninja Slayer (Trigger)

Fujikudo Kenji adalah pegawai kantoran yang anak istrinya terbunuh dalam perseteruan wilayah antar geng ninja. Saat dirinya sendiri nyaris terbunuh, Fujikudo kemudian dirasuki oleh roh ninja misterius Naraku Ninja, dan kemudian menjelma menjadi Ninja Slayer, malaikat maut yang memburu ninja-ninja jahat untuk membalas dendam. Berlatar di kota distopia Neo Saitama, Ninja Slayer harus berhadapan dengan para ninja Soukai Syndicate dalam suatu pertarungan maut.

Pertama ‘diterjemahkan’ ke bahasa Jepang oleh duo ‘penerjemah’ Yu Honda dan Leika Sugi, dari karya pengarang Amerika (bohongan) Bradley Bond dan Philip Ninj@ Morzez, cerita ini kemudian mulai terkenal dan akhirnya diadaptasi ke berbagai media lain termasuk anime. …Sudah lama enggak ada ninja begini yang muncul. Terus terang aku jadi lumayan tertarik.

Yamada-kun to 7-nin no Majo (Liden Films)

Yamada Ryu yang berandalan bertabrakan di tangga dengan Shiraishi Urara, gadis cantik yang merupakan siswi teladan di sekolahnya. Sesudah bibir mereka bersentuhan dalam tabrakan itu, keduanya tersadar kalau tahu-tahu mereka telah bertukar tubuh. Lambat laun, Yamada menyadari kalau apa yang dialaminya hanya satu dari sekian banyak kejadian misterius yang sebenarnya terjadi di sekolah mereka.

Diangkat dari manga karangan Yoshikawa Miki (yang dulu juga membuat Yankee-kun to Megane-chan), dan juga dikenal dengan judul Yamada-kun and the Seven Witches, ini seri komedi sekolahan yang sebenarnya bisa lumayan mengesankan walau sekilas enggak menonjol. Dari segi staf, kelihatannya sebagian besarnya terisi oleh nama-nama baru. Tapi ada gelagat kalau kualitas akhirnya bisa melampaui perkiraan semula. Sori, sebelumnya aku sangka ini tayang musim depannya lagi.

Dungeon ni Deai o Motomeru no wa Machigatteiru no Darou ka? (J.C. Staff)

Di kota Orario, para petualang pemberani menjelajahi labirin raksasa penuh marabahaya yang disebut Dungeon demi menemukan harta karun dan ketenaran. Namun Bell Cranel—petualang muda yang menjadi satu-satunya anggota Familia milik Hestia, salah seorang dewi yang kurang dikenal, dan karenanya hidup pas-pasan—dengan tulus bermimpi untuk bisa kenalan dengan perempuan petualang cantik yang bisa ia selamatkan dari bahaya. Tapi ketika malah dirinya yang diselamatkan Eyes Warenstein, gadis petualang ternama yang tangguh dari Familia berbeda, Bell sedikit mengubah tekadnya… tanpa menyadari kalau di saat yang sama dirinya justru menarik perhatian sejumlah gadis lain dan terlibat intrik di antara para dewa.

Ini diangkat dari seri light novel karangan Oumori Fujino, yang masih relatif baru tapi terbukti populer dan memenangkan hadiah utama di penghargaan GA Bunko Awards keempat. Dikenal juga sebagai Danmachi atau Is It Wrong to Try to Pick Up Girls in a Dungeon?, ada sejumlah elemen game di dalamnya, yang akan menarik perhatian beberapa kalangan. Di samping itu, karakterisasinya memang menarik dan plotnya terjalin secara unik. Masih belum sepenuhnya meyakinkan sih, tapi gelagatnya kualitas adaptasinya tak akan buruk. Sori, sebelumnya kusangka ini baru tayang musim depannya lagi juga.

Triage X (XEBEC)

Di rumah sakit umum Mochizuki, layanan medis yang mumpuni diberikan untuk memerangi penyakit-penyakit pasiennya. Namun ada suatu organisasi bayangan di dalam RS itu yang mengutus para personilnya untuk memerangi jenis ‘penyakit’ lain di masyarakat secara rahasia. Seorang remaja pendiam bernama Mikami Arashi, yang secara teratur memerlukan perawatan karena kondisi medisnya, tergabung dengan organisasi tersebut untuk memerangi kejahatan dalam masyarakat sebelum kejahatan itu ‘menular.’

Diangkat dari seri manga karya Sato Shoji, yang sebelumnya membuat ilustrasi untuk High School of the Dead, ini seri aksi penuh fanservice yang lumayan seru bagi yang suka seri jenis ini. Desain karakternya khas dan adegan-adegan aksinya mungkin agak berlebihan, tapi ceritanya sebenarnya termasuk lumayan walau penuh bunuh-bunuhan. Dari segi staf, masih belum terlalu meyakinkan. Tapi mungkin saja nanti ada kejutan.

Mikagura Gakuen Kumikyoku (Dogakobo)

Ichinomiya Eruna adalah siswi SMA yang masuk ke Perguruan Mikagura dengan membayangkan kehidupan sekolah berasrama yang dipenuhi dengan keindahan. Namun ternyata di sekolah tersebut ada aturan kalau klub-klub ekskul budaya akan ditentukan nasibnya melalui pertempuran-pertempuran dengan macam-macam kekuatan istimewa. Karena satu dan lain hal, Eruna terpilih sebagai perwakilan salah satu klub, dan terlibat dalam kericuhan.

Juga dikenal dengan judul Mikagura School Suite, seri ini diangkat dari seri light novel yang dibuat oleh komposer lagu-lagu Vocaloid, Last Note. Iwasaki Tarou yang sempat menangani Ishuukan Friends kembali tampil sebagai sutradara. Sedangkan Amazaki Manamu yang menangani animasinya kayaknya menjanjikan desain karakter yang benar-benar menarik baik untuk cewek maupun cowok. Terus terang, ini salah satu seri baru yang agak sulit ditebak hasil akhirnya. Tapi kelihatannya ini menarik untuk orang-orang yang suka karakter yang ramai dan cerita yang yang tak terlampau serius. Sori, berita tentang seri ini sempat aku dengar tapi benar-benar luput dari perhatianku. Padahal ini lumayan terkenal.

Ore Monogatari! (Madhouse)

Gouda Takeo yang berbadan besar, kekar, agak mirip gorila, dan sangat baik hati, sudah lama bersahabat dengan Sunakawa Makoto yang sangat cool dan tampan. Tapi meski begitu, semua perempuan yang Takeo pernah sukai sukanya pada Makoto dan bukan pada dirinya. Pada suatu hari, Takeo menolong seorang gadis bernama Yamato di kereta dan dengan pasrah menyangka hal yang sama pasti akan terulang kembali. Tapi apa yang kemudian terjadi mungkin agak melebihi perkiraannya…

Dikenal juga sebagai My Love Story! ini satu lagi seri yang agak luput dari perhatianku. Ini diangkat dari seri manga komedi shoujo karya Aruko dan Kawahara Kazune, yang setahuku… ehem, bener-bener cocok untuk musim semi. Terlepas dari itu, dari segi staf kelihatannya ini benar-benar solid. Ini salah satu yang mungkin akan direkomendasikan buat mereka yang mencari hal-hal yang ringan.

Gunslinger Stratos: The Animation (A-1 Pictures)

Di tahun 2115, negara yang sebelumnya dikenal sebagai Jepang telah terpisah menjadi dua dunia paralel, di mana yang satu menjunjung tinggi kebebasan, sementara yang satu berada di bawah kuasa totalitarian. Ketika kedua dunia tersebut mulai menyatu, pemerintahan di masing-masing dunia sama-sama menjalankan Operasi Stratos, di mana individu-individu terpilih dikirim ke masa 100 tahun sebelumnya untuk melenyapkan pihak lawan mereka. Kazasumi Tohru, seorang remaja yang berusaha menghindari konflik, beserta teman-teman masa kecilnya menjadi bagian dari operasi ini, di mana mereka harus menghapuskan keberadaan sebuah dunia dengan melawan sosok alternatif masing-masing untuk bertahan hidup.

Seri ini diangkat dari game berjudul sama yang diterbitkan oleh Square Enix. Urobuchi Gen, yang sangat produktif belakangan, kembali untuk menangani naskah orisinil animenya. Ezaki Shinpei yang sebelumnya menangani Kimi no Todoke akan tampil sebagai sutradara. Lalu dari segi staf lainnya, kualitas teknisnya kayaknya bakal lumayan solid. Kabarnya, ini anime yang akan dipenuhi dengan drama, kematian, romansa… dan pastinya adegan-adegan aksi menggunakan senjata api. Nah, kalau ini baru satu seri anime baru yang sebelumnya aku sama sekali enggak tahu.

Selebihnya, High School DxD BorN sudah diumumkan untuk para penggemar oppai. Masih diangkat dari seri light novel karangan Ichibumi Ichiei, meski penuh fanservice yang benar-benar di ambang batas, seri komedi aksi ini memang agak lebih ‘dalam’ dari yang sekilas terlihat. Musim ketiga ini kelihatannya akan menghadirkan kelompok teroris Khaos Brigade sebagai antagonis utama yang harus dihadapi Hyoudou Issei dan kawan-kawannya, yang kini didalangi oleh faksi Maou yang lama. (Omong-omong, video promosi Kaji Yuuki menyanyikan lagu tema Oppai Dragon juga udah ada di Internet.)

Sudah diumumkan akan ada adaptasi anime dari otome game misteri dan escape Vampire Holmes. Ceritanya kelihatannya akan berlatar di sebuah puri misterius, dan mengetengahkan bagaimana seorang gadis harus bekerjasama dengan Holmes, seorang detektif yang ‘tidak menyelesaikan misteri dan tidak menggunakan keterampilan berpikirnya’(?) untuk menguak kebenaran di balik insiden-insiden “Vampire Slasher” yang tengah menghantui London.

Digimon Adventure tri menarik banyak perhatian dengan pengumumannya beberapa waktu lalu karena akan mengetengahkan para karakter utama dari seri Digimon Adventure paling awal, yang kini berusia SMA, bersama partner-partner Digimon mereka. Belum jelas apa ceritanya akan nyambung dengan epilog yang dipaparkan pada Digimon Adventure 02. Tapi desain karakternya yang kali ini dibuat Atsuya Uki benar-benar memberi nuansa beda. Ini juga kabarnya akan tayang pada musim ini.

Saint Seiya: Soul of Gold yang akan berfokus pada para ksatria jubah emas yang telah ‘tewas’ pada bab Hades juga akan tayang di musim ini. Masih belum ada bayangan soal hasil akhirnya. Tapi ceritanya akan sama sekali baru, dan staf yang sebelumnya menangani Saint Seiya Omega juga akan kembali.

Kemudian juga akan ada Ghost in the Shell Arise: Alternative Architecture, yang merupakan kompilasi ulang dari empat episode Ghost in the Shell: Arise yang sebelumnya tayang di layar lebar, dengan tambahan dua episode baru. Ceritanya, yang sudah berkembang jauh dari manga awalnya karangan Masamune Shirow, akan memaparkan bagaimana para anggota kepolisian Section 9 pertama tergabung, dan juga akan nyambung dengan cerita di film layar lebarnya yang juga akan tayang musim panas ini. Kudengar cerita filmnya akan menyelami masa lalu dan kepribadian dari sang tokoh utama, Motoko Kusanagi.

Musim tayang baru Battle Spirits Burning Soul juga akan tayang. Temanya kudengar akan mengangkat motif era Sengoku sebagai tema.

Sebagai tambahan, dari segi anime pendek, kelanjutan kehidupan rumah tangga Kaoru dan Hajime Danna ga Nani o Itteiru ka Wakaranai Ken 2-sure-me (I Can’t Understand What My Husband Is Saying Thread 2) juga akan tayang. Season sebelumnya manis, walau ada lebih banyak elemen keotakuan di dalamnya dari yang aku sangka.

Lalu meski season sebelumnya menurutku agak berantakan, adaptasi anime dari sekuel VN Grisaia no Kajitsu buatan Front Wing, Labyrinth of Grisaia (Grisaia no Meikyuu) dan Eden of Grisaia (Grisaia no Rakuen), disebut-sebut akan tayang juga sebagai satu kesatuan pada musim ini.

Selebihnya lagi, akan ada kelanjutan juga untuk anime tenis Baby Steps, Gintama, serta Uta no Prince-sama (dengan subjudul: Maji Love Revolutions). Baby Steps masih memaparkan kelanjutan perjalanan tenis Maruo Eiichiro menjadi petenis profesional, yang dari rasa kagum terhadap gadis yang ia sukai mengubahnya menjadi pemain muda yang jenius. Lalu Gintama… yah, tentang Gintama kayaknya. Uta no Prince-sama juga akan kembali jadi anime reverse harem yang kemungkinan seru juga.

PriPara juga akan memasuki season keduanya, dengan memaparkan bagaimana Laala dan dua rekannya, Mirei dan Sophy, berjuang menampilkan performa terbaik mereka di zona baru Dream Theater untuk peluang memunculkan event PriPara Dream Parade.

Lalu, yang juga sudah dikonfirmasi dan banyak ditunggu, musim tayang kedua untuk anime komedi romantis Nisekoi. Sekali lagi, MUSIM TAYANG KEDUA NISEKOI JUGA DIKONFIRMASI BAKAL ADA APRIL INI (kayaknya). Ini seri yang benar-benar menarik perhatian beberapa waktu lalu dengan cinta segi banyaknya, yang diperumit dengan berbagai komplikasinya.

Kemudian Show by Rock yang diangkat dari game adu band musik keluaran Sanrio kelihatannya juga akan keluar di musim ini. …Apa aku pernah nyinggung kalau desain karakternya benar-benar menarik? BONES yang akan menganimasikannya. Berlatar di kota metropolis musik MIDICITY, gadis kucing yang berpakaian gothic lolita bernama Cyan ditemukan oleh presiden agensi musik bernama Arisugawa Maple. Lalu kemudian bersama Chuchu (gadis kelinci yang murid teladan), Retoree (gadis anjing yang merupakan net geek), dan Moa (gadis domba alien?), ketiganya membentuk band Plasmagica dan bersaing dengan band-band aneh lain untuk menjadi yang terbaik.

Hampir lupa. Paruh kedua dari seri Fate/stay night – Unlimited Blade Works yang membuat takjub pada musim gugur lalu juga akan tayang.

Season kedua dari seri baseball Daiya no Ace/Ace of Diamond juga baru diumumkan akan tayang.

Aku lupa soal ini, tapi Magical Girl Lyrical Nanoha ViViD yang baru juga akan tayang. Diangkat dari manga karya Tsuzuki Masaki dan Fujima Takuya, ceritanya berlatar empat tahun sesudah insiden JS di Magical Girl Lyrical Nanoha StrikerS dan mengetengahkan karakter baru Takamichi Vivio yang berusia 10 tahun dan telah memperoleh Device-nya sendiri. Tentu saja Nanoha dan Fate juga akan kembali tampil di seri ini.

Seri Jewelpet baru keluaran Sanrio juga dikabarkan tayang, dengan judul lengkap untuk seri ketujuh ini Jewelpet: Magical Change. Ruby dan kawan-kawan Jewel Pet-nya harus memulihkan Jewe Castle, yang terjatuh dari langit karena semakin pudarnya keyakinan manusia akan keajaiban. Untuk pertama kalinya di seri ini, para Jewel Pet akan berubah wujud menjadi manusia demi bisa memahami hati mereka.

Lalu dari segi film layar lebar, ada Girls und Panzer, lalu Ghost in Shell: Arise yang kusinggung tadi, ditambah, yang paling menarik, adaptasi anime dalam bentuk dua film layar lebar yang diangkat dari dua novel sains fiksi karya mendiang Project Itoh, yaitu Harmony dan Genocidal Organ. Di samping itu juga ada film kompilasi dari season pertama Knights of Sidonia, film layar lebar PriPara dan PreCure baru, Dragon Ball Z: Fukkatsu no F yang menandai kembalinya Freeza dalam cerita baru, Persona 3: Falling Down yang memaparkan bab musim gugur dari gamenya, serta Kyoukai no Kanata – I’ll Be Here – Mirai-hen yang menjadi paruh kedua cerita di seri film kompilasinya dan menampilkan cerita yang sama sekali baru.

Dari segi OVA… muhuhuhu, mwahahahahaha, paling mencolok adalah episode pertama dari Mobile Suit Gundam: The Origin, yang ya, memaparkan masa kecil pemuda yang nantinya akan menjadi sosok legendaris Char Aznable. Kualitas animasi di trailernya benar-benar memukau.

Satu tambahan yang mencolok dari sisi OVA, adalah Kurage no Shokudou, yang diangkat dari seri ranobe karangan Aoyama Miyako. Tokoh utamanya, Misaki Youtarou, ditemukan terbaring di pantai suatu hari, sebelum ditemukan oleh Arashi yang bekerja di restoran bernama Kurage no Shokudou. Misaki mengaku kehilangan ingatannya, walau kenyataannya ia jelas-jelas tahu soal siapa dirinya, dan juga tahu soal bagaimana saudara kembarnya telah meninggal.

… … …

Maafkan aku. Aku benar-benar lupa.

Anime Fairy Tail yang sebelumnya berakhir dengan ‘To be continued…’ musim ini juga akan kembali berlanjut penayangannya dengan tampilnya bagian cerita Tartarus Arc!

Lalu akhirnya, akhirnya, Hello!! Kin-iro Mosaic, musim kedua seri komedi sekolah pertukaran pelajar yang diangkat dari manga karangan Hara Yui, dari studio Gokumi, akan tayang juga.

Kayak biasa, kalau ada kabar lagi akan kukabari nanti. Mungkin.

(dari ANN dan sumber-sumber lain)

Iklan

8 Komentar to “Anime Baru Musim Semi 2015”

  1. Hola. Lama tidak baca-baca di sini.
    Nagato Yuki-chan no Shoushitsu —> Secercah harapan untuk Suzumiya Haruhi season selanjutnya :p
    Yang megang sayangnya bukan KyoAni lagi sih. Character design-nya jadi beda

    Sekalian mengabarken, alamat blog saya ganti dari yang tadinya nantettatte sekarang jadi mayakashi-shoujo.blogspot.com

    • Yooo. Kau ke mana aja?
      Blog barumu kalo gitu akan aku bookmark! XD

      Aku pribadi seriusan pesimis dengan season baru Haruhi, karena kalo ngeliat perkembangan di novelnya, ceritanya ke depan agak kurang cocok kalo ditampilin dlm bentuk episodik TV. Aku juga agak nyayangin karena di seri ini berarti bbrp ciri khas KyoAni jadi engga ada. :p

      • Abis menghilang dari dunia per-blog-an :p

        Idem. Pesimis juga sih bakal ada Haruhi S3. KyoAni paling juga udah ogah2an, ini Nagato Yuki-chan aja yang megang bukan KyoAni. Kalo dari segi cerita di novel, beberapa masih ada yang bisa diformat tv, kecuali novel ke-7 sama ke-9 sampai 11.
        Seri Nagato Yuki-chan ini yang megang Satelight, itu studionya Kawamori Shoji kan kalo gak salah?

      • Yaps, ini studionya Kawamori.

        Desain charanya emang jadi lebih ngikutin gaya di manganya, dan IMO itu agak ngecewain. Tapi masih ada kemungkinan jadinya bagus.

        Thanks buat komennya.

    • Yosh anime musim semi 2015 benar2 di tunggu… Nisekoi dkk

  2. Blom baca. Di bookmark dulu krn sibuk persiapan KKN… 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: