Anime Baru Musim Dingin 2012-2013 ***

Maaf lama enggak ngepost.

Aku benar-benar sedang banyak urusan belakangan. Aku hanya sempat mengikuti kabar-kabar terbaru. Bahkan seri-seri yang aku ikutin pun terbengkalai.

Tapi gimanapun, sebentar lagi Desember. Itu tandanya musim dingin sudah hampir tiba. Tapi enggak seperti tahun sebelumnya, belum banyak kabar tentang judul-judul anime baru sudah beredar. Sejauh ini menurutku masih belum ada yang benar-benar menarik sih.

Tapi Kayak biasa, ntar daftar ini akan kuupdate lagi begitu kabar-kabar baru tiba.

Initial D Fifth Stage (Synergy SP)

Setelah sekian lama, akhirnya, musim tayang kelima dari seri balap mobil liar jalanan (pegunungan?), Initial D.

Saya sempat agak enggak yakin mesti memasukkan judul satu ini di musim apa, sebab ini masuknya ke layanan tontonan prabayar yang diberikan Animax, dengan episode baru keluar setiap dua minggu sekali. Buat yang belum tahu, Initial D menonjolkan drama kehidupan dan persaingan karakter yang kuat serta mekanik dan teknik balapan yang biasanya lebih ‘dalam’ dari yang sekilas terlihat.

Senyuu (Liden Films, Ordet)

Pada suatu hari, suatu lubang raksasa tiba-tiba saja muncul di langit. Lalu lubang tersebut kemudian disangka merupakan salah satu tanda awal kedatangan kembali raja iblis Luchimedes (sp?) yang disegel oleh sang pahlawan, Creashion (sp?) seribu tahun sebelumnya. Sang raja menitahkan bahwa keturunan sang pahlawan harus menangani ancaman ini, lalu 75 orang calon pahlawan kemudian muncul. Aruba, pahlawan nomor 45, dan Rosu, seorang tentara istana yang agak sadis, kemudian bergabung dan memulai petualangan mereka.

Diangkat dari manga komedi fantasi tempur karya Haruhara Robinson yang diserialisasikan di Jump SQ, sepertinya ini seri shonen fantasi enggak serius yang lumayan menonjol karena keenggakseriusannya. Gaya gambarnya sederhana, dan para tokoh yang tampil kemungkinan lumayan aneh. Tapi Yutaka Yamamoto yang ternama akan menyutradarainya.

Maoyuu Maou Yuusha (ARMS)

Berlatar di tipikal dunia fantasi, ini kisah agak romantis yang enggak biasa tentang kerjasama antara sang Yuusha (pahlawan) dan sang Maou (penguasa iblis) di penghujung pertempuran antara manusia dan iblis, demi menemukan cara untuk menciptakan jalan damai yang bisa membawa kesejahteraan, baik untuk bangsa manusia maupun bangsa iblis.

Ini seri yang dalam setahunan ke belakang cukup populer, diangkat dari sebuah konsep novel sederhana di Internet, yang kemudian berkembang menjadi light novel dan sejumlah adaptasi manga. Ceritanya lumayan berat di dialog dan enggak terlalu banyak aksi ditonjolkan. Tapi cara seri ini membawakan konsep-konsep perekonomian yang riil ke dalam latar dunia fantasi ini beneran menarik bagi mereka yang sanggup mengikutinya. Para karakternya menarik, dan kurasa ini salah satu seri yang adaptasinya diharapkan bakal bagus.

Hakkenden: Touhou Hakken Ibun (Studio DEEN)

Penceritaan ulang dengan elemen-elemen supernatural dari seri klasik Hakkenden, tentang seorang gadis bernama Hamaji dan keterlibatannya dengan delapan orang samurai titisan yang menjunjung tinggi harga diri dan kehormatan.

Diadaptasi dari manga karya Miyuki Abe, ini seri bishounen yang sepertinya akan lumayan menonjol tahun depan. Sori, belum tahu lebih banyak selain itu.

Bakumatsu Gijinden Roman (TMS Entertainment)

Didasarkan pada karakter buatan Monkey Punch (pembuat Lupin III), anime ini berkisah tentang petualangan pencuri misterius Roman di era Bakumatsu, masa akhir berkuasanya para shogun di Jepang.

Belum banyak yang aku tahu tentang ini juga, selain dari pergeseran masa ceritanya dari era Genroku ke Bakumatsu. Tokoh utamanya pada dasarnya memainkan identitas rahasia sebagai pencuri yang mengambil harta orang-orang kaya jahat untuk dibagikan pada fakir miskin. Konsepnya menurutku klasik. Kurasa ini akan jadi seri yang menarik buat diikuti.

AKB0048 next stage (Satelight)

Kelanjutan dari anime tentang aksi pertunjukan grup idola futuristis, AKB0048.

Aku enggak mengikuti musim tayang sebelumnya, jadi enggak begitu tahu tentang ini, selain soal efek-efek visualnya yang wah. Tapi detil lebih lanjut tentang ini belum ada. Jadi paling ntar kukabari lebih lanjut.

Cuticle Detective Inaba (ZEXCS)

Inaba Hiroshi adalah manusia separuh serigala buatan yang bekerja sebagai detektif swasta. Bersama sekretarisnya yang hobi berpakaian sebagai lawan jenis, Yuuta, dan Kei, remaja yang relatif normal, Hiroshi berupaya memenjarakan musuh bebuyutannya, Don Valentino, kambing jahat penyuka uang.

Diangkat dari manga karya Mochi, ini seri aksi komedi bertema detektif dan mafia yang bisa jadi kocak. Sori, aku juga belum terlalu tahu soal ini.

Ore no Kanojo to Osananajimi ga Shuraba Sugiru (A-1 Pictures)

Eita, seorang cowok yang semula ingin fokus mengejar cita-citanya ke fakultas kedokteran karena alasan-alasannya pribadi, secara tak terduga menjadi terlibat hubungan dengan Masuzu, gadis cantik di sekolahnya yang memiliki rambut perak pirang yang baru saja kembali dari luar negeri. Hubungan di antara mereka yang semula tak sungguhan kemudian berkembang. Tapi Chiwa, anak perempuan yang telah menjadi teman dekat Eita semenjak SD, kelihatannya tak sudi membiarkan hubungan di antara keduanya terjalin begitu saja.

Diangkat dari ranobe karya Yuuji Yuuji, meski terdengarnya sepele, ini kisah komedi cinta segitiga yang menarik buat beberapa orang. Meski tak terkesan begitu, tokoh utama cowoknya termasuk ‘lumayan’ untuk bisa nyambung dengan pembaca. Tapi buat hasil akhirnya mungkin mesti melihat nanti.

Vividred Operation (A-1 Pictures)

Anime ‘aksi sains fiksi perempuan’ yang mengetengahkan Akane Isshiki yang hidup serba kekurangan dengan kakek dan adik perempuannya, tapi kemudian terlibat dalam suatu pertempuran demi membela bumi dan segala yang berarti bagi mereka.

Ini proyek orisinil yang diprakarsai oleh Dengeki G’s Magazine dari ASCII Work’s dan Aniplex, dengan keterlibatan staf dari Strike Witches. Banyak karakter perempuan, banyak mecha-mecha, dan mungkin lengkap dengan tema cerita yang lebih dalam dari yang terlihat pula. Kurasa, bila kau penyuka Strike Witches, ini akan jadi anime sejenisnya yang bisa menarik perhatianmu.

GJ-bu (Dogakobo)

Diangkat dari seri ranobe karangan Araki Shin, belum banyak yang aku ketahui tentang seri ini selain arworknya yang imut serta judulnya yang merupakan kependekan dari Good Job Club. Novel aslinya pada dasarnya merupakan kumpulan cerita-cerita pendek. Kebanyakan tokohnya cewek, tapi ada satu tokoh cowoknya kok.

Detail teknis soal yang satu ini juga belum aku dapatkan. Tapi nampaknya seri ini sudah cukup terkenal untuk bahkan memperoleh seri spin off-nya sendiri.

Yama no Susume (8-bit)

Dua orang gadis, Aoi dan Hinata, berjanji pada satu sama lain untuk menyaksikan terbitnya matahari di puncak sebuah gunung pada saat mereka anak-anak. Tapi untuk suatu alasan, seiring mereka remaja, Aoi tumbuh menjadi seseorang yang takut pada ketinggian. Apa Hinata akan bisa mendorong Aoi untuk bisa mewujudkan janji masa kecil mereka dulu?

Diangkat dari manga karya Shiro, ini seri yang semula terbit sebagai doujin, tapi kemudian terbit secara resmi sebagai manga, dan akhirnya diangkat menjadi anime. Sekilas, mungkin ini terlihat sebagai sesuatu yang moe. Tapi bisa jadi ini bakal jadi sesuatu yang bakal lebih dalam dari yang terlihat.

Boku wa Tomodachi ga Sukunai NEXT (AIC Build)

Musim tayang baru dari seri Haganai, tentang Hasegawa Kodaka dan teman-temannya yang kurang begitu sosial, serta beragam kegiatan aneh yang mereka lakukan di klub sekolah mereka demi mengatasi masalah mereka dalam pergaulan.

Aku mesti akui, buat sebuah seri komedi harem, Haganai sebelumnya termasuk satu yang lain dari yang lain. Meski lucu, tema menyeluruhnya menurutku sebenarnya agak depressing. Lalu fanservice di dalamnya agak aneh. Tapi secara pribadi ini nampaknya bakal jadi seri yang kuperhatikan.

Mondai-Ji-tachi ga Isekai Kara Kuru Sou Desu yo? (Diomedea)

Sakamaki Izayoi, anak lelaki bermasalah yang bosan dengan seisi dunia, tiba-tiba menerima sepucuk amplop yang ditujukan padanya, yang saat dibuka kemudian memindahkannya ke dunia lain. Di sana, ia berkenalan dengan dua orang ‘anak bermasalah’ lain yang dipanggil ke dunia itu dengan cara yang sama dengannya, seorang gadis dingin bernama Kasukabe You dan kucingnya, serta seorang gadis cantik namun angkuh bernama Kudou Asuka. Lalu muncullah seorang gadis lain bernama Kuro Usagi, yang rupanya telah mendatangkan mereka ke komunitas “No Name” dengan tujuan untuk menggulingkan sang iblis.

Err, ini diangkat dari seri ranobe fantasi komedi karangan Tatsunoko Tarou. Kurasa ini menarik, dan ada kemungkinan seri ini seenggaknya bakal lumayan kalau enggak bagus. Tapi sudahlah, aku juga enggak tahu.

The Unlimited – Hyobu Kosuke (Manglobe)

Sebuah seri spin off dari Zettai Karen Children yang mengetengahkan tentang tokoh Hyobu Kosuke.

Sori, aku benar-benar belum tahu apa-apa soal yang satu ini.

Senran Kagura (Artland)

Seri yang diangkat dari game fighting yang belakangan terkenal. Err, intinya tentang ninja-ninja perempuan berdada besar yang saling mengadu kesaktian dengan satu sama lain, dengan, uh, pakaian-pakaian mereka yang… kau tau.

Belum ada keterangan jelas tentang ceritanya. Tapi sepanjang yang aku tahu tentang game-nya, karakter-karakternya memang menarik dan variatif. Mungkin bakal sejenis dengan seri-seri macam Queen’s Blade, tapi mungkin juga enggak.

Tamako Market (Kyoto Animation)

Berlatar di distrik perbelanjaan di sebuah kota, Tamako dan Mochizou adalah dua orang sahabat masa kecil yang sama-sama keturunan dua keluarga pengusaha kue mochi yang saling bersaing dan bermusuhan. Pada hari ulang tahun Tamako pada malam tahun baru, Mochizou bertekad untuk memberi gadis itu kado ulang tahun yang telah berulangkali gagal diberikannya pada tahun-tahun sebelumnya. Namun seekor burung asing (kakatua?) mulai sering terlihat di distrik perbelanjaan mereka, dan sebuah tahun yang berbeda dari segala yang pernah ada kemudian dimulai.

Proyek anime orisinil baru yang ditangani oleh anggota-anggota staf yang sebelumnya menangani K-ON!. Aku bukan penggemar seri-seri KyoAni, tapi ada sesuatu tentang seri baru ini yang bagiku benar-benar menarik perhatian. Ada peluang ini tetap bakal jadi seri moe biasa sih. Tapi siapa tahu saja.

Dokidoki! Precure (Toei Animation)

Seri baru dari proyek gadis ajaib Pretty Cure yang belum banyak diungkap saat ini.

Sejauh ini baru ditampilkan logo serta siluet(?) empat karakter utama untuk seri baru ini. Mengingat betapa serunya seri Precure pendahulunya, kurasa pengharapan buat seri baru ini bisa dibilang cukup besar.

Mangirl! (Dogakobo)

Berkisah tentang… uh, editor-editor manga paling imut se-Jepang yang dipimpin oleh Hana, sang kepala editor, dalam upaya mereka mewujudkan majalah manga nomor satu di dunia—sekalipun mereka tak memiliki pengalaman sama sekali dalam mengedit manga secara nyata.

Diangkat dari manga empat kotak berjudul Soukan! Comic Earth Star Henshuu-bu karya Tamaoka Kagari yang diserialisasikan di majalah komik Monthly Comic Earth Star (enggak, aku serius!), ini pada dasarnya merupakan seri moe tentang editor-editor manga.

Hetalia The Beautiful World (Studio DEEN)

Musim tayang baru dari seri Hetalia, yang mengetengahkan tokoh-tokoh personifikasi dari negara-negara dunia dalam rangkaian pelajaran sejarah paling enggak biasa yang pernah ada.

Aku bukan penggemar seri komedi Hetalia, jadi aku enggak bisa berkomentar banyak soal yang satu ini. Kurasa ini berita baik bagi mereka yang suka.

Kotoura-san (AIC Classic)

Berkisah tentang pengalaman-pengalaman seorang murid pindahan bernama Kotoura Haruka yang memiliki bakat ajaib untuk membaca isi pikiran orang. Dirinya kemudian bergabung dalam klub ESP di sekolahnya yang baru dan berkenalan dengan orang-orang ajaib lainnya.

Diangkat dari seri komedi romantis empat kotak karya Enogizu, argh, sial, aku suka desain karakternya. Jadi kurasa ini bakal jadi salah satu yang akan kuperhatikan. Nakajima Megumi bakal menyanyikan lagu pembukanya.

Sasami-san@Ganbaranai (SHAFT)

Mengisahkan seorang gadis hikkikomori bernama Tsukuyomi Sasami, yang selama ini diasuh oleh saudara lelakinya, Kamiomi, dan bagaimana Sasami sehari-hari mengawasi dunia luar melalui kehidupan Kamiomi, yang baik secara sengaja maupun tidak, sebenarnya tengah menjalin semacam hubungan semi komedi romantis dengan tiga bersaudari Yagami yang cantik.

Diangkat dari ranobe karya Akira yang sebelumnya menulis Kyouran Kazoku Nikki, Shinbo Akiyuki tampil kembali sebagai sutradara bersama timnya yang sama dari SHAFT. Kurasa, itu saja sudah cukup alasan bagi beberapa orang untuk mulai memperhatikan seri ini.

Chihayafuru 2(Madhouse)

Mengisahkan kelanjutan drama kehidupan Ayase Chihaya dan dua sahabatnya, Wataya Arata dan Mashima Taichi dalam permainan kartu karuta yang menyatukan mereka.

Musim tayang pertamanya mendapat penilaian sangat baik, bahkan di kalangan orang-orang yang belum tahu apa-apa tentang karuta sebelumnya. Yea, buat ukuran seri drama, seri satu ini memang sekeren itu. Staf yang menanganinya masih tetap sama. Jadi kurasa ini salah satu seri baru yang akan disambut dengan baik.

Amnesia (Brain’s Base)

Pada pagi tanggal 1 Agustus, sang tokoh utama terbangun dalam keadaan tak ingat apapun tentang masa lalunya. Seorang anak lelaki bernama Orion kemudian muncul dan memperkenalkan diri sebagai ‘roh’ yang kemudian membimbing si gadis menemukan keping-keping ingatannya kembali. Saat teleponnya berdering, seseorang yang mengaku sebagai pacar si gadis kemudian menghubungi, dan cerita terus berkembang dari sana.

Diangkat dari game orisinil karya Idea Factory, buat sebuah anime adaptasi dari otome game, plotnya terdengar menarik. Belum banyak info lebih banyak tentangnya yang keluar. Ah, Yanagi Nagi dan Ray akan menangani lagu-lagunya.

D.C.III – Da Capo III (Douga-bu)

Kembali mengetengahkan kehidupan murid-murid di Kazami Gakuen, Hatsunejima sudah bukan lagi pulau yang menampilkan keindahan mekarnya sakura sepanjang tahun. Namun pada suatu hari di musim dingin, ketika sakura tiba-tiba kembali mekar tidak pada waktunya, Yoshino Kiyotaka dan kawan-kawannya di klub reportase sama-sama menerima pesan aneh di ponsel masing-masing, tentang ‘suatu tempat yang telah dijanjikan ketika sakura mulai mekar’, yang bertanggal tahun 1951.  Penasaran tentang sisa isi pesan tersebut, pemimpin klub sekaligus idola sekolah, Morisono Rikka, mengumpulkan teman-temannya untuk memulai penyelidikan.

Musim tayang ketiga dari seri anime Da Capo. Atau lebih tepatnya, adaptasi anime dari game Da Capo III buatan Circus. Aku agak kaget karena seri ini masih berlanjut. Meski dari dulu selalu tertarik, aku tak pernah sampai mengikutinya sebelumnya. Kalau kupikir sekarang, sudah sepuluh tahun berlalu semenjak aku pertama tahu tentang seri ini tapi tetap masih banyak yang belum kutahu tentangnya.

Minami-ke Tadaima (feel)

Kelanjutan kisah keseharian tiga bersaudari cantik dari keluarga Minami dan berbagai orang di sekeliling mereka.

Musim tayang keempat dari seri komedi karakter Minami-ke yang diangkat dari manga Sakuraba Coharu. Aku sebenarnya lumayan menyukai seri ini. Karakter-karakter, dialog, dan perkembangan situasinya selalu menarik. Tapi berhubung aku sibuk belakangan…

Ai Mai Mi (Seven)

Seri komedi absurd tentang keseharian empat orang gadis di klub manga: Ai, Mai, Mi, dan Ponoka-sempai; dan segala khayalan dan situasi aneh yang mereka dapatkan pada saat sedang tak menggambar manga.

Diangkat dari seri manga empat kotak karya… er, Choboraunyopomi, ini… entah ya. Aku bukan penggemar seri-seri moe yang mengetengahkan kumpulan cewek-cewek. Tapi kalau ini cukup absurd, mungkin ini bakal kuperhatikan.

Hataraku Maou-sama! (White Fox)

Di suatu dimensi lain, raja iblis Sadao dikalahkan oleh Emilia, sang pahlawan, pada saat dirinya hanya tinggal selangkah lagi untuk menguasai dunia. Sadao kemudian diasingkan ke dunia lain, yakni Tokyo zaman modern. Tak punya pilihan, dari statusnya sebagai raja, akhirnya ia terpaksa pindah dari satu kerja sambilan ke kerja sambilan lain untuk bertahan hidup…

Diangkat dari ranobe karya Wagahara Satoshi dengan desain karakter buatan 029, ini… apa ya? Anime tentang pelajaran hidup soal siapapun kau berasal, di dunia nyata yang dipandang tetap kemampuanmu bekerja dengan orang lain? Kurasa ini seri komedi dengan premis menarik. Mudah-mudahan saja pengembangannya bakal bagus.

Love Live! School Idol Project (Sunrise)

Anime yang diangkat dari ‘proyek partisipasi pengguna terbesar’ hasil kerjasama Sunrise, label musik Lantis, serta Dengeki G Magazine keluaran ASCII Media Works, yang mana penggemar dapat memilih kelanjutan karir karakter-karakter idola fiktif yang ditampilkan. Dikisahkan tentang bagaimana sejumlah siswi di suatu sekolah memulai karir sebagai idola untuk menyelamatkan sekolah mereka.

Aku dengar kalau aspek-aspek seperti kostum dan gaya rambut masing-masing partisipan nantinya bakal ditentukan lewat polling online. Aku masih belum tahu sepenuhnya kebayang proyek ini nanti jadinya bakal kayak gimana.

Date A Live (AIC PLUS+)

Berkisah tentang pengalaman-pengalaman Itsuka Shidou, tatkala ia diharuskan untuk mengencani serangkaian gadis dari dimensi lain—yang ternyata merupakan makhluk makhluk spirtual yang menjadi penyebab dari rangkaian bencana ‘gempa angkasa’—demi mengajarkan arti kemanusiaan dan kehidupan kepada mereka.

Diangkat dari seri ranobe karya Tachibana Koushi, ini salah satu seri yang lebih menarik dari bayanganku terlepas dari segala keabsurdan premisnya. Ada aksi-aksi pertarungan yang sangat berlebihan dengan desain-desain mecha yang mungkin menarik. Kalau kalian suka aksi tempur yang seru (atau mecha musume) dan tak keberatan dengan karakter-karakter yang aneh, mungkin kalian bisa suka ini.

Sebenarnya ada juga kabar soal sesuatu berjudul Boku wa Imouto wa “Ousaka Okan” .Tapi info tentang ini aku belum dapat. Ada juga seri CG untuk anak-anak Monchichiisu. Ada adaptasi anime dari mainan-mainan Takara Tomy Beast Saga. Ada juga Ganbare! Lulu Lolo – Tiny Twin Bears, seri anak-anak tentang sepasang saudari beruang yang pantang menyerah yang diinspirasi oleh buku bergambar laris Kuma no Gakkou. Satu lagi yang menarik tapi belum ada keterangannya adalah seri Ishida to Asakura, diangkat dari seri komedi sureal karya Masao (konon terkenal di komunitas seni Pixiv) tentang persahabatan dua orang remaja cowok (contoh: Asakura bercita-cita untuk menjadi guru di sebuah sekolah khusus putri; sementara sahabatnya, Ishida bercita-cita untuk bisa mengurus sebuah toko bunga bersama Asakura di masa depan.). Ada juga Puchim@s, yang kalau ga salah akan mem-feature para bintang dari 765 Production dan makhluk-makhluk mungil alter ego mereka yang ajaib. Kurasa itu juga sesuatu yang bakalan menarik.

Oh ya, ada juga musim tayang baru dari Cardfight!! Vanguard, yakni Link Joker Hen. Aku terkesan bahwa seri ini masih berlanjut.

Ah, berita penting lain adalah akan tayangnya TV Spesial berdurasi dua jam Nekomonogatari (Kuro), di akhir tahun ini. Bab pertama dari bab tentang karakter Hanekawa Tsubasa ini jelas sesuatu yang bakal dinanti oleh para penggemar Bakemonogatari.

Soal film layar lebar baru, aku tertarik dengan film layar lebar Star Driver sih. Tapi ada terlalu banyak film anime layar lebar yang bagus belakangan.

Kayak biasa ntar akan kukabar-kabari lagi.

(Sumber dari ANN)

EDIT

Rekomendasi judul buat yang ‘enggak tahu mau nonton apa musim ini’ jatuh pada… Maoyuu dan Tamako Market.

Iklan

12 Komentar to “Anime Baru Musim Dingin 2012-2013 ***”

  1. Winter is coming.

    (Sori, lagi pengen make kata-kata itu). Sepertinya tidak ada yang begitu menarik hati kecuali tentu saja Maoyuu. Tapi kita lihat aja nanti.

  2. sejauh ini yang sudah pasti akan saya ambil untuk winter 2013 baru 0048 next stage
    nunggu perkembangan selanjutnya

  3. beberapa bakalan kuskip termasuk AKB
    Haganai bakal kulanjut, Vividrid kayaknya menarik
    belum ada yang terlalu menarik sih
    drama lumayan sedikit ya buat musim dingin

  4. Kabarnya di Doki-doki precure

    Aya Hirano yang bakal ngisi heroinenya yah?

    oh no….

  5. Mau tanya, anime tahun ini yang bagus kira kira apa ya?
    Mohon sarannya 🙂

    • Apa ya? Aku enggak begitu jago ngasih rekomendasi, berhubung aku udah pasti enggak akan sempet ngelihat semua. Dan lagi, selera dan alasan orang nonton anime lumayan beda-beda. Tapi ngelihat trendnya sih, tahun ini nunjukin peningkatan kualitas secara umum. Jadi kalau kau nyoba-nyoba aja kau bakal bisa nemu sesuatu yang kurang lebih bagus.

      Tapi kalau gitu ntar kutambahin di postingannya soal apa-apa yang patut direkomendasikan deh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: