Mobile Suit Gundam SEED HD Remastered (news)

Sori, masih agak sibuk belakangan

Jadi seperti yang sempat saya sebut dalam postinganku terdahulu, Kidou Senshi Gundam SEED yang fenomenal belum lama ini akan di-stream di beberapa saluran, dalam format yang telah di-remastered ke HD. Dengan ini kita bukan hanya bisa mengharapkan animasi yang lebih memukau,  tapi juga format penayangan yang telah diedit ke layar lebar. Kudengar ini sebagai bentuk penghargaan atas ulang tahun seri ini yang kesepuluh. (Wow, udah sepuluh tahun lagi?)

Meski sempat gandrung, Gundam SEED tak berakhir semengesankan yang kuharapkan. Jadi sebenarnya aku bukan penggemar sepenuhnya dari seri ini. Kesan kuatnya di awal-awal menurutku agak rusak oleh perkembangan karakter dan melodramanya yang dangkal. Ah, ditambah lagi adegan-adegan pertempuran mecha-nya yang tak seru dan hanya didasari oleh saling pose dan teriak-teriakan.(Penyebabnya kabarnya karena Sunrise masih belajar tentang cara membuat animasi secara digital.)

Tapi saat aku secara iseng melihat ulang episode pertama versi baru ini, sesuatu mengusik minatku. Aku memperhatikan beberapa detilnya, dan entah gimana teringat kembali akan bagaimana desain latar dunianya dulu menjadi salah satu sumber ketertarikanku terhadap seri ini. (Makanya aku sangat suka Gundam Unicorn, karena memiliki detil latar sangat banyak yang sekaligus menjadi homage bagi sekitar tiga seri TV.) Mitsuo Fukuda sejak dulu tahu bagaimana membuat sesuatu jadi enak dilihat. Tapi apa ia dulu sejago ini dalam memainkan peralihan-peralihan frame yang dinamis begini?

Aku mencari-cari info lagi, dan menurut info dari akun twitter beliau, ternyata bukan hanya visual seri ini yang akan diperbaiki. Takkan ada episode berisi ringkasan. Beberapa adegan akan sampai digambar/dibuat ulang. Total episode hanya akan sampai 48, jadi itu berarti akan ada pengeditan cerita. Lalu musiknya akan baru, dengan versi remix dari theme song yang sebelumnya digunakan. Sial. Pantas saja aku bisa mengakui kalau episode pertamanya keren!

Yah, gimanapun, 10 tahun sudah berlalu semenjak penayangan pertama Gundam SEED. Sudah ada sekitar lima tahun semenjak Gundam SEED Destiny merusak segalanya. Ditambah lagi, aku tak pernah benar-benar sampai membenci Gundam SEED. Hanya sampai sebatas dibuat risih dan heran pada beberapa bagian. Yang dulu benar-benar mengecewakanku adalah Gundam SEED Destiny.

Jadi, kurasa itu berarti, perkembangan seri ini di versi ini akan menjadi sesuatu yang kuperhatikan ke depan.

Iklan

About this entry