Anime Baru Musim Dingin 2011-2012 **

Belum lama ini, komputerku terkena wabah malware parah. Sehingga dengan beban kerjaan terhambat, aku jadinya tak bisa menulis sesering sebelumnya.

Terlepas dari itu, sebentar lagi Desember. Itu berarti musim tayang anime baru sudah kembali ada di depan mata. Dengan banyaknya seri baru yang bermunculan pada musim sebelumnya, sebagaimana sudah dikira, tak banyak judul baru yang hadir kali ini. Tapi sebagian besar seri baru yang keluar bisa dibilang lebih menarik dari biasa kok. Hal yang sama juga bisa dikatakan buat episode-episode spesial/OVA dan movie.

(Seperti biasa, dari sumber-sumber yang biasa. Seperti biasa, daftar ini tak terlalu bisa diandalkan.)

(Ini mungkin cuma aku, tapi nama-nama studio yang banyak muncul adalah nama-nama yang belum terlalu kukenal.)

———

Recorder to Randoseru (Seven)

Tentang sepasang kakak adik dari keluarga Yamagawa, yang mana si adik lelaki, Atsushi, yang berusia 11 tahun memiliki tinggi badan 180 cm dan perawakan seperti orang dewasa. Sementara si kakak perempuan, Atsumi, adalah remaja dengan tinggi badan hanya 137 cm dan terlihat seperti anak-anak, namun bertanggung jawab mengurusi adiknya tersebut.

Belum tahu banyak soal yang satu ini. Tapi gelagatnya seri ini akan lebih ke genre drama kehidupan. Sepertinya ini diangkat dari sebuah seri manga. Sesuatu pada artwork-nya banyak mengingatkanku akan manga-manga tahun 90an.

Nisemonogatari (SHAFT)

Sekuel Bakemonogatari yang masih diangkat dari seri light novel buatan Nisio Isin. Cerita kali ini akan berfokus pada permasalahan pribadi dan supernatural yang dialami kedua adik perempuan Araragi Koyomi, Tsukihi dan Karen, yang ditandai dengan kembalinya tokoh baru Deishu Kaiki ke kota…

Ini salah satu seri yang paling ditunggu di musim ini. Bila kau menyukai Bakemonogatari yang menarik banyak perhatian pada tahun 2009 lalu, maka jelas kau takkan mau melewatkan yang satu ini. Di novelnya, Nisemonogatari mengembangkan lebih jauh premis cerita yang telah terbangun pada musim tayang sebelumnya, dan menjadi semacam ‘pembuka’ sebelum cerita memasuki ‘paruh kedua’ cerita seri.

Ano Natsu de Matteru (J.C. Staff)

Seri komedi romantis remaja yang mengetengahkan hubungan segitiga antara dua perempuan, Takatsuki Ichika dan Yamano Remon, dengan satu laki-laki, Kirishima Kaito.

Seri ini mempertemukan kembali staff yang sebelumnya menghadirkan Onegai Teacher dan Onegai Twins, dua seri sejenis yang lumayan ngehit pada paruh awal tahun 2000an. Ada lumayan banyak hal seru dan tak biasa yang kayaknya bisa diharapkan darinya. Lalu kayaknya memang udah cukup lama semenjak ada seri sejenis ini yang bagus. Mungkin enggak akan menampilkan hal baru sih. Tapi tetap saja bisa bagus.

Gokujyo—

Diangkat dari manga berjudul sama, ini komedi agak ‘berbahaya’ tentang sebuah asrama siswi SMA yang di dalamnya tak ada peraturan apapun. Kurihashi Minami yang cantik pindah ke SMA Gokujyo dari Amerika dan bermaksud menguasai sekolah tersebut dengan daya tarik pesonanya. Tapi siswi lain bernama Akabane Aya pada hari pertama sekolah keburu tahu tentang niatnya…

Menilai dari artwork-nya, mungkin ini jenis seri yang dibikin seorang pengarang cewek tapi lebih ditujukan bagi cowok? Ahaha…

Shin Tennis no Ouji-sama (MSC)

Diangkat dari manga kelanjutan TeniPuri. Seri baru ini dimulai dari kamp pelatihan yang menjadi awal seleksi tim tenis all-star Jepang yang akan diikuti oleh Echizen Ryoma dan kawan-kawan.

Beritanya sudah beredar pada musim lalu, tapi seri ini akhirnya akan tayang pada musim ini. Kurasa seri memang lebih cocok bagi mereka yang bisa menggemari adegan-adegan pertandingan tenis di TeniPuri. Buat yang belum tahu, ceritanya seputar cowok-cowok cantik bertampang dingin yang sebenarnya berdarah panas yang saling berhadapan dalam pertandingan-pertandingan tenis yang sangat dramatis dengan segala intriknya.

Black*Rock Shooter (Ordet)

Adaptasi seri TV dari OVA berjudul sama yang diangkat dari lagu dan tokoh karakter yang populer. Belum ada kejelasan tentang ceritanya, walau OVA-nya sendiri intinya kurang lebih tentang sepasang siswi SMP yang berhadapan dengan identitas lain mereka di dunia lain. (Buat yang enggak tahu, Black Rock Shooter adalah nama tokoh utamanya.)

OVA-nya tak menawarkan tema yang baru. Tapi penyajiannya yang bagus membuatnya sempat lumayan menarik perhatian. Seri TV ini sepertinya akan mengembangkan lagi ceritanya secara lanjut. Kayaknya cukup menarik bagi mereka-mereka yang menyukai seri-seri dengan visual dan aksi tajam yang tak terlalu rumit.

High School DxD (TNK)

Hyoudou Issei, siswa SMA yang berotak mesum tewas dibunuh dan dihidupkan kembali sebagai iblis sesudah terlibat hubungan dengan Riasu, gadis tercantik di sekolahnya, yang sebenarnya adalah iblis tingkat tinggi.

Anime fanservice untuk musim ini. Tema iblisnya membuatnya agak lebih menarik dari yang biasa. Desain karakternya agak berbahaya buatku. Tapi ini diangkat dari seri light novel berjudul sama, jadi seenggaknya bisa diharapkan bahwa di dalamnya ada plot yang jelas.

Senhime Zesshou Symphogear (Encourage Films)

Anime tempur musik tentang dua gadis yang tergabung dalam top vocal unit yang berperang demi melindungi umat manusia melawan makhluk yang bernama Noise.

Lagi, salah satu judul baru yang tentangnya aku enggak tahu apa-apa. Aku mesti ngecek lebih jauh soal yang satu ini. Apa ini diangkat dari game ya? Kelihatannya orisinil, tapi premisnya…?

Another (P.A. Works)

Seri horor misteri tentang misteri masa lalu yang melingkupi sebuah ruang kelas kelas tiga di sebuah SMP. Seorang siswi populer bernama Misaki meninggal secara tiba-tiba di tengah tahun ajaran, dan teman-teman sekelasnya memutuskan untuk bersikap seolah dirinya masih hidup sampai hari kelulusan. Musim semi tahun 1998, murid pindahan Sakakibara Kouichi memperhatikan aura aneh yang ada di ruang kelas ini. Lalu ia bertemu siswi lain bernama Mei Misaki, seorang penyendiri yang senantiasa menggambar, yang mungkin saja mengetahui sesuatu tentang hal-hal aneh yang kemudian terjadi di kelas ini.

Salah satu seri baru paling menarik perhatian di musim ini. Pertama, studio P.A. Works yang buat, sehingga kualitas presentasinya bisa terjamin. Lalu kalau tak salah, ceritanya diangkat dari sebuah novel. Musim dingin mungkin tak cocok untuk horor sih. Tapi…

Baby, Please Kill Me (J.C. Saff)

Seri konyol yang mengetengahkan Sonya, seorang gadis pembunuh bayaran yang juga bersekolah di sela misi-misinya. Ia lalu berkenalan dengan teman sekelasnya, Yasuna, yang tampaknya terlalu bodoh untuk mengenal rasa takut…

Ini seri komedi ringan yang kedengaran menarik. Lelucon-leluconnya mungkin terdengar  agak mengerikan, sepertinya tak sampai menjadi disturbing.

Tantei Opera Milky Holmes 2 (J.C. Staff)

Kelanjutan musim tayang pertama Milky Holmes, anime mahou shoujo untuk anak-anak yang mengetengahkan empat gadis muda enerjik yang berperan dalam sebuah agensi detektif, di dunia di mana perangkat ajaib yang disebut ‘Toys’ menjadi andalan dalam aksi para penjahat.

Aku terus terang enggak menyangka musim tayang yang pertama sampai sesukses itu. Gimanapun, kurasa motif detektifnya dan nuansanya yang cerah dan ringan menjadi sesuatu yang menarik bagi anak-anak perempuan.

Zero no Tsukaima F (J.C. Staff)

Musim tayang terakhir untuk seri anime Zero no Tsukaima, yang mengetengahkan soal kehidupan dan petualangan remaja bernama Hiraga Saito, yang terseret ke dunia lain dan terjebak sebagai familiar Louise, gadis manis yang merupakan murid paling payah dari Akademi Sihir Tristain.

Terlepas dari segala komedi dan fanservice-nya, seri ini memperlihatkan perkembangan cerita yang lumayan besar dalam musim-musim tayang terdahulu. Pada musim lalu sempat ditayangkan episode-episode rangkuman dari musim-musim tayang terdahulu. Nampaknya, kita pada akhirnya akan bisa tahu apakah Saito akan bisa pulang ke dunianya lagi atau tidak.

Natsume Yuujinchou Shi (Brain’s Base)

Musim tayang keempat dari seri Natsume Yuujinchou, seri drama supernatural tentang pemuda yang berurusan dengan roh-roh halus sehubungan dengan kontrak lama yang pernah dibuat oleh neneknya dahulu.

Aku masih belum juga mengikuti seri ini. Jadi sori karena enggak tahu banyak tentangnya. Tapi dengan musim tayang baru yang keluar secara berkelanjutan, kayaknya jelas kalau basis penggemarnya masih sangat solid.

Poyopoyo Kansastsu Nikki

Diangkat dari seri manga berjudul sama tentang keseharian seekor kucing bundar misterius dan keluarganya.

Salah satu judul minor yang keluar musim ini. Bentuk kucingnya benar-benar bundar.

Moeretsu Pirates (Satelight)

Proyek terbaru Satelight tentang seorang gadis remaja bernama Marika yang mendapati bahwa dirinya merupakan keturunan terakhir seorang bajak angkasa. Dia dengan demikian mewarisi jabatan, kapal angkasa, sekaligus awak-awak ayahnya dan menempuh kehidupan barunya sebagai bajak angkasa.

Kabar tentangnya sudah beredar agak lama, tapi belum banyak yang kutahu juga tentangnya. Satelight yang buat, dan visual serta desain karakternya kelihatan menarik. Plotnya masih tanda tanya sih, tapi setidaknya kita sudah dipastikan akan mendapat sesuatu yang enak dilihat. …Mungkin dengan banyak fanservice.

Inu x Boku SS (David Production)

Seorang gadis kecil bernama Shirakiin Riricho ingin bisa mandiri dari keluarga besarnya yang berkuasa. Ia baru diizinkan dengan syarat ia tinggal di sebuah wisma bernama Ayakashi Kan, yang hanya boleh ditinggali oleh mereka yang lulus sebuah ujian persyaratan rumit. Di sana ia secara wajib juga akan ditemani seorang agen SS (secret service). Tapi meski sudah menolaknya, Riricho kemudian mendapati bahwa agen SS yang ditugaskan untuknya adalah roh rubah yang pernah ditolongnya di masa lalu…

Ini premis cerita yang aneh. Secara visual, seri ini tak kelihatan terlalu berkesan sih. Tapi mengenal Davd Production, mereka bisa mengangkat ide-ide cerita yang lumayan enggak biasa. Ngomong-ngomong seri ini sendiri aslinya dari apa ya?

Kyousogiga (Toei Animation)

Berkisah tentang Koto, seorang gadis remaja yang mengejar jejak Kuro Usagi sampai ke Kyoto, dalam sebuah dunia di mana perbatasan antara dunia manusia dan siluman tidak lagi jelas, dan ada tiga kubu besar yang tengah bersaing untuk memperebutkan kekuasaan.

Lagi, sebuah seri dengan premis cerita yang aneh. Ini jelas menjadi salah satu seri yang menarik perhatian karena latar dunianya yang enggak biasa. Kelihatannya akan bergaya agak avant garde. Dan enggak, aku juga masih belum punya bayangan jelas ini cerita bakal tentang apa.

Rinne no Lagrange (Production I.G./Xebec)

Berlatar di kota pelabuhan Kamogawa di sebelah timur lautan Tokyo, Kyouno Madoka hidup sebagai gadis SMU periang yang dengan penuh semangat selalu bersedia membantu orang-orang di sekelilingnya. Lalu suatu hari, seorang gadis misterius bernama Ran hadir dan memohon bantuannya untuk mengendalikan sebuah robot raksasa demi melindungi kota tersebut dari serbuan makhluk-makhluk asing.

Ini seri baru yang orisinil, dalam artian bukan seri yang diangkat dari media apapun. Kesan pertamanya lumayan menjanjikan, karena produsen mobil Nissan turut berkontribusi dalam membuat desain robot-robot raksasanya. Belum banyak yang bisa dikatakan tentang ceritanya sih, walau manga yang menjadi semacam preview-nya belum lama ini diserialisasikan. Morisawa Haruyuki menjadi desain karakter utamanya. Nuansa biru laut dalam latarnya menjadi daya tarik tersendiri. Dan sepertinya ini akan menghadirkan aksi-aksi super robot yang seru.

Amagami SS+ (AIC)

Kelanjutan dari seri anime romansa Amagami SS yang sempat tayang beberapa musim lalu. Mengambil pendekatan alternatif per bab untuk masing-masing tokoh perempuan seperti sebelumnya, seri ini sepertinya akan mengisahkan kelanjutan hubungan Tachibana Junichi dengan masing-masing gadis yang ia menangkan perasaannya pada musim lalu.

Sekuel yang agak mengejutkan ini sebenarnya masih belum jelas bakal seperti apa. Apalagi mengingat ada rumor yang mengatakan jumlah episodenya hanya akan separuh dari musim tayang sebelumnya. Kurasa sambutan para penggemar terhadap seri dengan fanservice agak unik benar-benar besar. Kabarnya, musim tayang kali ini akan mengandung lebih banyak unsur orisinil yang takkan ditemukan pada versi game-nya. (Aku enggak bisa enggak ingat sama Sentimental Grafitti 2 saat dengar tentang seri ini. Tapi ya sudahlah.)

Aquarion EVOL (Satelight)

Sekuel baru dari Sousei no Aquarion. Berlatar 12.000 tahun sesudah seri sebelumnya, mengetengahkan sekelompok remaja baru berkekuatan Element  yang sekali lagi dididik dan dilatih secara khusus oleh sebuah institusi misterius untuk sekali lagi membangkitkan kekuatan robot raksasa Aquarion demi menyelamatkan Bumi, kali ini dari suatu ancaman kehancuran dari dimensi paralel. Tema-tema spiritual dan mistis, seperti soal kemanusiaan dan filosofi, sepertinya akan kembali mewarnai seri ini (meski mungkin masih tak dalam wujud yang perlu ditanggapi serius).

Dengan berakhirnya siklus 12.000 tahun, diindikasikan para tokoh utama akan merupakan reinkarnasi dari Apollo dan kawan-kawan dari seri yang pertama. Seri yang sebelumnya tak bisa dibilang mengetengahkan plot yang bagus (atau bahkan perlu dianggap serius), tapi presentasinya dari segala sisi benar-benar memukau. Kanno Yoko sepertinya sekali lagi menangani musiknya, yang akan dinyanyikan oleh Akino dan Gabriella Robin. Desain mecha-mechanya masih tetap keren, dengan banyak kemiripan visualisasi dengan Macross Frontier. Kawamori Shoji masih akan memimpin dengan staff yang sama. Serupa dengan Last Exile di musim ini, Satelight kelihatannya mengemasnya dalam wujud yang benar-benar baru. Gaya desain karakternya agak lebih ‘mengikuti zaman.’

Listen To Me Girls, I’m Your Father! (FEEL)

Berkisah tentang Segawa Yuta, seorang mahasiswa tingkat satu yang secara tak terduga harus menjadi wali dari tiga anak perempuan kakak perempuannya. Satu masih SMP, satu masih SD, dan satu masih TK.

Kabarnya ini akan menjadi komedi keluarga yang ramai sekaligus menghangatkan hati. Karakter-karakternya menurutku agak stereotipikal, tapi masih ada kemungkinan ini bisa jadi bagus. Sial, aku cuma berharap di dalamnya tak ada fanservice yang menampilkan anak-anak di bawah umur.

Daily Lives of High School Boys (Sunrise)

Seri tentang keseharian tiga murid lelaki dari SMA Sanada Utara dan segala… uh, kebodohan aneh mereka.

Jadi, ini gag comedy dengan episode-episode berdurasi pendek. Sekilas memang tak terlalu terlihat sih, tapi sepertinya seri ini akan banyak mengandalkan ekspresi datar dan cool para karakternya sebagai sumber berbagai kekonyolan yang akan terjadi. Bayangkan Cromartie High School dalam versi yang lebih enak dilihat. Ah, ada tokoh-tokoh cewek dalam jumlah yang seimbang di dalamnya juga kok.

Brave 10 (Studio Sakimakura/TMS Entertainment)

Setahun sebelum Pertempuran Sekigahara, sang ninja, Kirigakure Saizo, bertemu dengan Isa Nami, miko yang berada dalam perjalanan ke Shinshu untuk mencari pertolongan dari Yukimura Sanada. Pertemuan mereka mengisahkan awal bersatunya sepuluh pendekar legendaris yang kelak dikenal sebagai Sanada Juunishi dan berperan besar dalam sejarah.

Diangkat dari manga Brave 10 Spiral karya Kairi Shimotsuki, kabarnya, ini seri petualangan sejarah yang mengetengahkan berbagai aksi ninja berkecepatan tinggi. Desain tokoh-tokohnya lumayan cantik. Berita tentangnya sudah agak lama beredar, tapi untuk suatu alasan baru menonjol belakangan. Kurasa ini bisa jadi alternatif tontonan aksi yang menarik.

Area no Kishi (Shin-Ei Animation)

Anime sepakbola yang mengetengahkan Kakeru Aizawa yang menyukai sepakbola, tapi selalu merasa dirinya tak cukup berbakat untuk memainkannya. Tapi saat tragedi menimpa Suguru, kakak lelakinya yang menjadi pemain bintang di sekolah mereka, segala sesuatunya berubah.

Kalau tak salah ini diangkat dari manga berjudul sama. Maaf aku kurang tahu banyak tentangnya. kalau kupikir lagi, sudah agak lama semenjak terakhir kalinya ada anime olahraga shonen yang bagus.

Thermae Romae (DLE Inc.)

Seri komedi pendek tentang aristektur Romawi Kuno bernama Lucius yang terselip dalam time warp saat sedang berendam di air panas dan tahu-tahu muncul di Jepang pada abad kedua puluh. Mengetengahkan perbandingan terhadap dua peradaban dunia yang paling menyukai tempat pemandian air panas.

Ini diangkat dari manga berjudul sama dan akan muncul hanya sebagai tiga episode anime flash pendek (seperti seri Reibai-sensei dulu). Tapi konon bila itu belum cukup, tahun depan akan keluar film live-action layar lebarnya.

Smile Precure (Toei Animation)

Seri terbaru dari waralaba mahou shoujo Precure yang mengetengahkan lima gadis yang harus menemukan artefak Cure Decor untuk menyelamatkan ratu dunia peri Marchenland yang telah disegel oleh kaisar jahat bernama Pierrot.

Wua, aku tak tahu banyak tentang seri Precure, tapi seperti biasa, sepertinya ini akan jadi sesuatu yang penuh warna.

———

Soal film layar lebar, ada lumayan banyak yang bisa dibicarakan. Adaptasi film Captain Harlock yang baru, .hack yang baru, Gaiking, Dragon Age (iya, Dragon Age yang bikinan Bioware itu!), sampai Rurouni Kenshin dan Berserk. Rurouni Kenshin: Shin Kyoto-hen dan Berserk: Golden Age Arc patut mendapat perhatian karena menjadi bagian dari peceritaan ulang salah satu bagian terbaik dari seri masing-masing. Keduanya akan jadi bagian dari rangkaian seri layar lebar yang terdiri atas beberapa film, dan kurasa keduanya menjadi dua tontonan bioskop yang paling diantisipasi penggemar anime pada musim depan. Adaptasi layar lebar Kizumonogatari semestinya juga mulai tayang dalam waktu-waktu dekat ini.

Dari sisi OVA, ada sesuatu berjudul Gyo dan Holy Knight yang kelihatannya seri orisinil. Gyo merupakan anime horor dari studio UFOtable yang belakangan naik daun. Sedangkan Holy Knight yang mengetengahkan vampir keluaran studio baru(?) bernama Cammot. Ada juga adaptasi OVA dari game pertama dari RPG fantasi Eiyuu Densetsu (yang Sora no Kiseki), yang mungkin akan menarik perhatian adik perempuanku. Tapi selebihnya kurasa potongan-potongan cerita biasa dari seri-seri lain yang sudah ada. (Ada sesuatu berjudul Minori Scramble sih, tapi ya sudahlah)

Ada sesuatu berjudul Busou Chuugakusei Basketarmy produksi Asread yang akan diputar episode-episode pendeknya setiap tiga bulan di net. Aku merasa pernah mendengar berita tentangnya di pertengahan tahun 2011. Tapi baru dengar kabar beritanya lagi sekarang. Sori, belum tahu banyak soal yang satu ini selain temanya yang mengetengahkan remaja SMP yang terlibat dalam pengembangan senjata dan perang. Ada juga penayangan ulang Nichijou dalam versi yang sudah diedit ke dalam 12 episode, serta penayangan Gundam SEED yang telah di-remaster ke dalam format HD. (soal Gundam SEED, aku punya perasaan ini pertanda akan munculnya sesuatu yang baru dalam waralaba ini dalam kurun waktu sekitar setengah tahun ke depan)

Kalau ada kabar baru akan kukabari lagi. (Semoga)

(dari berbagai sumber yang biasa)

(kadang aku merasa kalau aku bersikap terlalu optimis…)

Iklan

12 Komentar to “Anime Baru Musim Dingin 2011-2012 **”

  1. Haha, Milky Holmes itu lebih banyak fans cowok-nya loh.

  2. ada beberapa yang ingin kuikuti disini.. 😀

  3. Musim gugur lalu serba moe. Trus memasuki musim dingin kali ini serba fanservice, ya

  4. Another, artwork manganya sangat menarik, tapi begitu lihat pv animenya saya langsung down.

  5. Yes…
    Nunggu BRS, Amagami, Baby Please kill me, Highscholl DxD, Zero no Tsukaima F, Nisemonogatari !!!!!!!!!!

    • Aku benci mengatakan ini, tapi secara terpaksa aku akan nikmatin sebagian besar seri fanservice yang disuguhin.

  6. Anime di musim dingin 2011-2012 o.o

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: