Anime Baru Musim Gugur 2011**

Musim tayang yang desas-desusnya sudah sangat menghebohkan sudah hampir tiba. September menjelang, dan itu artinya judul-judul anime baru tak lama lagi akan tayang di Jepang sana.

Seperti biasa, ini daftar sementara dan tak pasti (serta besar kemungkinan tak lengkap) dari seri-seri anime TV anime baru yang akan tayang di musim depan.

20an September, ada edit untuk tambahan info dan beberapa judul yang terlewat.

————

Mashiro-Iro Symphony: The color of lovers (Manglobe)

Diangkat dari game dating sim dewasa untuk PC, berkisah tentang Shingo Uryuu yang sekolahnya akan menyatu dengan sebuah sekolah khusus perempuan di kotanya. Shingo terpilih sebagai salah satu siswa yang akan mengikuti masa uji penggabungan untuk kedua sekolah tersebut sebelum penggabungan yang sesungguhnya dilakukan nanti.

Singkat kata, ini sebuah anime bishoujo harem, dengan desain-desain karakter perempuan yang (menurut ukuranku) teramat menarik perhatian. Mengingat ini Manglobe yang bikin, bisa dipercaya bahwa anime ini akan bagus dari segi teknis. Ngomong-ngomong, ini kali pertama studio Manglobe membuat anime macam ini. Apa kira-kira yang terjadi ya? Eniwei, ada tambahan info bahwa para gadis membenci lelaki. Jadi mungkin konflik akan dimunculkan dari bagaimana para cowok didorong untuk bisa berteman. …Ehm.

Mirai Nikki (asread)

Diangkat dari manga shounen karangan Sakae Esuno, yang dikenal pula dengan judul Future Diary, berkisah tentang anak SMP asosial bernama Amano Yukiteru yang alih-alih berteman, memakai waktunya untuk mencatat semua yang ia lihat di sekitarnya dalam sebuah buku harian di ponselnya. Suatu ketika, suatu makhluk bernama Deus Ex Machina (yang semula Yukiteru kira merupakan teman khayalannya) mengadakan sayembara untuk memilih penerusnya dalam bentuk suatu ajang saling bunuh antara orang-orang yang telah ia pilih: mereka-mereka yang olehnya dihadiahi sebuah diari yang mampu menampilkan apa-apa yang terjadi di masa depan—dan Yukiteru terpilih menjadi salah satu pesertanya.

Premis ceritanya memang menarik. Tapi ini bukan jenis cerita yang akan cocok dengan sebagian besar orang. Perkembangan plotnya agak dipenuhi tragedi, dan beberapa elemennya lumayan disturbing, meski versi anime-nya ini mungkin akan di-tone down sih. Tapi bila kau suka ketegangan, aksi, horor, misteri (sekalipun dalam bentuk agak dibuat-buat), serta cewek-cewek yandere, maka mungkin seri ini akan kau sukai.

Shakugan no Shana III (J.C. Staff)

Musim tayang ketiga sekaligus terakhir dari drama aksi supernatural remaja Shakugan no Shana. Sesudah musim tayang sebelumnya yang berakhir agak menggantung, konon sudah dipastikan bahwa di season inilah semua konflik seputar Flame Haze akan terselesaikan—beserta semua drama interpersonal antara Sakai Yuuji, Shana, dan orang-orang di sekitar mereka.

Aku pribadi bukan penyuka seri ini. Tapi dengan segala angst dan dramatisasinya, mesti diakui bahwa Shakugan no Shana memang sudah memiliki basis penggemarnya tersendiri. Mereka yang sudah mengikuti dua season sebelumnya kurasa jelas takkan mau melewatkan yang satu ini.

Ben-To (David Production)

Seri komedi tentang cowok remaja miskin bernama You Satou yang terlibat dalam serangkaian pertarungan hidup mati untuk memperoleh bento (paket bekal makanan) yang didiskon setengah harga di supermarket langganannya.

Aku masih belum tahu banyak tentang seri ini. Kalau tak salah diangkat dari light novel karangan siapaa gitu. Tapi sempat kudengar berita adaptasi anime-nya sempat menarik perhatian. Tambahan info: aku melihat beberapa gambarnya, dan kurasa apa yang kulihat lumayan menarik. Ceritanya bakal melibatkan penjelajahan ke berbagai supermarket dalam kota untuk menemukan paket bekal setengah harga? Aku mulai bisa membayangkan apa yang membuat seri ini menarik.

Cube x Cursed x Curious (Silver Link)

Haruaki Yachi mendapatkan kiriman paket dari ayahnya berupa sebuah kubus hitam yang sangat berat. Pada malam harinya, ia terbangun dan mendapati seorang gadis misterius (dari dalam kotak itu) telah di dapurnya. Lalu…

Lagi-lagi sebuah seri yang diangkat dari ranobe karya… aku lupa siapa. Yang pasti, terjemahan beberapa babnya telah tersedia di Baka Tsuki, dan sayangnya, karena aku kurang menggemarinya, aku tak begitu tahu banyak tentang ceritanya. Nuansanya agak gelap, tipikal seri anime berbau fantasi supernatural kebanyakan. Tapi eniwei, tambahan info: gadis yang dipanggil Fear itu adalat alat terkutuk. Dan Haruaki entah bagaimana kebal terhadap kutukannya. Lalu muncul beragam organisasi yang entah mau memuja, mempelajari, atau bahkan menghancurkan alat-alat terkutuk ini. Lalu dengan munculnya banyak tokoh lain di sekelilingnya, yah, kau bisa bayangkan jenis perkembangan yang akan terjadi.

Bakuman 2 (J.C. Staff)

Kelanjutan perjuangan Mashiro Moritaka dan Takagi Akito sebagai duo pembuat komik Ashirogi Muto dalam menggapai cita-cita mereka untuk membuat seri yang dapat diangkat ke bentuk anime di majalah komik Shonen Jump. Kini sesudah serialisasi mereka dimulai, mereka harus mempertahankan status mereka dalam kompetisi kualitas yang keras.

Dengan segala intrik dan dramanya, aku sulit untuk tak menyukai Bakuman. Aku masih belum tahu sampai sejauh mana adaptasi anime ini akan mengikuti cerita seri komiknya. Tapi mereka yang sudah terlanjur mengikuti season pertamanya mungkin akan penasaran untuk tahu apa selanjutnya yang akan terjadi.

Phi Brain: Kami no Puzzle (Sunrise)

Tentang Kaito, pelajar SMA yang menggemari teka-teki, yang terpilih sebagai kandidat sebuah pertandingan(?) bernama Phi Brain yang menguji kemampuan mentalnya dengan serangkaian puzzle dari berbagai zaman.

Sesudah desas-desusnya yang sudah beredar lumayan lama, akhirnya seri ini bakal keluar juga. Sepertinya sudah disepakati bahwa premis seri ini menyerupai seri game NDS Professor Layton. Maka dari itu mungkin sudah bisa diharapkan bahwa plot ceritanya akan lumayan. Desain karakternya termasuk salah satu jenis yang lumayan ngepop. Tambahan info: aku masih belum terlalu mengerti detilnya, tapi konon ada sebuah entitas pembuat teka-teki yang kehadirannya akan mengancam dunia. Tokoh-tokoh saingan sesama pemecah teka-teki dan tokoh-tokoh misterius juga bakalan muncul.

Last Exile: Fam, the Silver Wing (Gonzo)

Sekuel dari anime Last Exile yang ternama, berlatar di dunia langit di mana transportasi sehari-hari dilakukan melalui sejenis pesawat capung yang disebut vanship, berkisah tentang petualangan gadis pilot vanship handal bernama Fam, bersama navigator terpercayanya, Giselle.

Detil lebih jelas tentang apa yang akan dilalui dua gadis ini masih belum diketahui. Apakah cerita ini berlatar di dunia yang sama dengan yang sebelumnya juga masih belum jelas. Tapi sudah dipastikan bahwa sesuatu bernama Exile lagi-lagi akan menjadi penggerak plot utama cerita. (Aku pribadi menebak ini merupakan kelanjutan cerita di dunia yang sama sih) Sama seperti seri pendahulunya, kurasa musik yang megah dan animasi yang keren akan diharapkan dari seri ini. Tambahan info: sekali lagi, ada dua negara yang berperang, Kerajaan Turan dan Federasi Ades. Dan duo ini membuat kesepakatan dengan Kerajaan Turan untuk menyelamatkan putri mereka yang tertawan dengan imbalan sebuah kapal perang? …Kurasa, meski premisnya tak berubah, nuansa ceritanya akan lumayan berbeda dengan serinya yang terdahulu.

Working!! 2 (A-1 Pictures)

Musim tayang kedua dari seri komedi Working!! tentang segala pengalaman Takanashi Souta dalam bekerja di sebuah restoran keluarga di Hokkaido, bersama beragam rekan kerjanya yang eksentrik.

Aku beberapa kali mendengar bahwa versi anime seri ini jauh lebih menarik dibandingkan versi komiknya. Tapi aku kurang tahu jelasnya karena tak pernah mengikutinya sendiri. Kurasa bagi mereka yang mencari tontonan ringan, maka seri ini lagi-lagi dapat menjadi pilihan. (Hmm. Yama-da…)

Shinryaku!? Ika Musume (Diomedea)

Musim tayang kedua dari Shinryaku!! Ika Musume, tentang gadis cumi yang berupaya menguasai dunia sebagai bentuk pembalasan terhadap umat manusia yang telah mencemari lautan, tapi… yah, begitulah.

Season sebelumnya secara tak terduga menuai cukup banyak perhatian dengan segala keimutan dan kelucuannya. Jadi hal yang sama kurasa bisa diharapkan untuk musim tayang kali ini. (Agak aneh karena dengan latar pantainya, ini tak ditayangkan di musim panas…)

Busou Shinki Moon Angel (Kinema Citrus/TNK)

Anime yang diadaptasi dari lini action figure keluaran Konami, tentang anak lelaki bernama Tsubasa yang bercita-cita menjadi seorang Shinki Master bersama partner Shinki-nya, Arnval Mk.2.

Ini seri bertema mecha musume? Aku belum tahu banyak tentangnya, tapi kudengar cerita yang akan seri ini hadirkan adalah sebuah cerita orisinil.

Fate/zero (Ufotable)

Seri ini merupakan prekuel dari game populer Fate/stay-night, yang berkisah tentang Perang Cawan Suci keempat yang berlatar sepuluh tahun sebelumnya. Ceritanya mengetengahkan sepak terjang Emiya Kiritsugu (yang nantinya menjadi ayah angkat Emiya Shirou) dan keenam Master lain bersama Servant mereka masing-masing, dalam upaya saling buru dan bunuh di kota Fuyuki. Puncak cerita ini akan menjadi basis dari berbagai hal yang terjadi dalam gamenya.

Diangkat dari novel karya Urobuchi Gen, agak susah menjabarkan premis ceritanya bagi mereka yang belum tahu tentang seri Fate/stay-night. Yang pasti, ini drama battle royale yang penuh intrik dan aksi yang diwarnai adegan-adegan pertarungan penyihir dengan latar dunia modern. Dilema para karakternya menjadi pusat perhatian dan ceritanya secara perlahan semakin berkembang ke arah yang tragis. Kehandalan studio Ufotable sebelumnya telah terbukti dengan proyek Kara no Kyoukai. Jadi karya mereka kali ini lumayan banyak dinanti.

Guilty Crown (Production I.G.)

Berlatar di sebuah dunia masa depan, Ohma Shu, remaja yang memiliki suatu kekuatan aneh untuk mengekstrak persenjataan dari orang-orang di sekitarnya, terlibat dengan seorang gadis bernama Yuzuriha Inori yang merupakan bagian dari kelompok gerilya yang menentang pemerintah.

Belum banyak yang bisa kuketahui tentang ceritanya. Tapi preview-nya keren dan kudengar akan ada mecha-mecha yang hadir di dalam cerita ini. Satu daya tarik lainnya adalah keterlibatan grup musik Supercell yang memberi sumbangan terhadap musik dan desain karakter. Aku benar-benar ngebayangin sesuatu yang seru sekaligus lain dari yang lain dari seri ini.

Persona 4 The Animation (AIC ASTA)

Diangkat dari game hit Persona 4 keluaran Atlus. Ceritanya seputar seorang murid SMA pindahan di sebuah kota kecil yang mendapati kebangkitan kekuatan misterius bernama Persona dari dalam kesadarannya, memungkinkannya untuk memasuki dunia di balik televisi, yang diduga menyimpan jawaban dari serangkaian misteri pembunuhan yang belakangan melanda.

Sebagai penggemar game-nya, aku benar-benar berharap seri ini bakalan bagus. Si murid pindahan ceritanya membangun hubungan dengan teman-temannya dan menyusun kekuatan untuk secara berkala menyelidiki apa yang terjadi. Belum jelas hasil jadinya akan seperti apa. Tapi karakter-karakter utamanya yang penuh warna sepertinya sudah dipastikan akan menjadi daya tarik utama.

Mobile Suit Gundam AGE (Sunrise)

Seri Gundam baru yang menghadirkan konsep desain yang lebih ditujukan untuk anak-anak, sekaligus cerita yang konon akan memiliki rentang waktu 100 tahun dan mencakup tiga generasi. Mengisahkan tentang Furitto Asuno dan garis keturunannya yang akan memiloti mobile suit Gundam AGE-1 yang menjadi harapan terakhir manusia bumi dalam melawan pasukan Unknown Enemy yang tak dikenal.

Terlepas dari segala kontroversi yang mewarnai pengumumannya, sebuah seri Gundam tetaplah sebuah seri Gundam, jadi pasti akan ada banyak perhatian yang ditujukan pada seri ini.

Boku wa Tomodachi ga Sukunai (AIC Build)

Berkisah tentang keseharian Kodaka Hasegawa, siswa SMA yang sering disalahpahami sebagai berandalan akibat rambut pirang alaminya, di dalam sebuah klub sekolah yang dibentuk agar orang-orang tak punya teman seperti dirinya bisa belajar tentang cara berteman.

Ini satu lagi anime yang diangkat dari light novel. Pada dasarnya ini bergenre harem comedy, cuma dalam bentuk yang lebih mild daripada biasa. Di dalamnya ada beragam tokoh aneh yang benar-benar memiliki masalah kepribadian. Sekalipun mungkin tak berakhir istimewa sesuai harapan seperti kasus OreImo, seri ini tetap merupakan salah satu yang mendapat perhatian di musim mendatang.

Kimi to Boku (J.C. Staff)

Anime keseharian tentang sekelompok teman lama—Shun, Kaname, si kembar Yuuki dan Yuuta, ditambah pendatang baru Chizuru—macam K-On! atau Lucky Star. Hanya saja dengan tokoh-tokoh cowok…

Hmm. Desain cowok-cowoknya secara mengejutkan tak terlalu cantik. Sepertinya ini seri yang lumayan sebagai sebuah alternatif. Kurasa seri ini benar-benar akan tentang keseharian persahabatan mereka.

Maji de Watashi ni Koi Shinasai!! (LARC)

Diangkat dari game simulasi kencan berjudul sama, ini merupakan komedi slapstick tentang Yamato Nanoe, murid SMA yang dikelilingi gadis-gadis dari keluarga keturunan samurai.

Aku belum tahu banyak tentang ini. Tapi aku pernah dengar bahwa untuk genre-nya, ukuran game-nya benar-benar besar. Berarti materi yang disajikan untuk cerita lumayan banyak? Entah ya.

Kyoukai Senjou no Horizon (Sunrise)

Diangkat dari light novel karya Minoru Kawakami dan diilustrasi oleh Tenky, ceritanya berlatar di dunia masa depan ketika permukaan Bumi sudah tak lagi layak huni, sehingga umat manusia harus beralih ke dunia langit bernama Tenjo. Para siswa sekolah di kota terbang Musashi kemudian terlibat dalam serangkaian konflik yang mempertaruhkan nasib dunia, yang berhubungan dengan penciptaan ulang sejarah dunia di masa lalu.

Ini termasuk salah satu seri baru yang mengundang perhatianku. Pertama, karena jenis desain karakternya. Kedua, karena status novel-novelnya yang sudah tamat. Ceritanya yang sepertinya dipenuhi intrik juga mengangkat tema-tema dimensi paralel dan perjalanan waktu. Dengan Sunrise sebagai pembuatnya, aku benar-benar tertarik eksekusinya nanti akan seperti apa.

Tamayura – Hitotose (Hal Film Maker)

Terkait dengan OVA Tamayura yang belum lama ini keluar, berkisah tentang Fu Sawatari, murid SMA di tahun pertama, yang pindah ke kota tua Takehara, tempat asal mendiang ayahnya yang memiliki pemandangan-pemandangan sangat indah. Seri ini menuturkan pengalaman-pengalamannya terkait fotografi dan hubungannya bersama teman-temannya yang baru di lingkungan asing ini.

Ada beberapa temanku yang sangat menikmati Tamayura. Duh, kurasa aku harus lebih banyak menonton seri-seri drama.

Lupin III (TMS Entertainment)

Versi baru dari seri klasik ternama yang diangkat dari manga karya Monkey Punch. Ceritanya tentang berbagai petualangan pencuri legendaris, Lupin yang ketiga, dalam menjalani segala aksinya seraya berhadapan dengan musuh besarnya, Inspektur Zenigata.

Aku tak tahu apakah zamannya masih sesuai sih. Tapi yang pasti ini benar-benar klasik.

Battle Spirits Heroes (Sunrise)

Seri anime baru yang diangkat dari permainan kartu Battle Spirits.

Maaf, maaf. Aku tahu soal Yu-Gi-Oh!, Duel Masters, Byakugan, dan beberapa permainan lainnya. Tapi aku benar-benar buta soal Battle Spirits. Jadi maaf karena aku enggak tahu apa-apa. Tambahan info: tokoh utama bernama Hajime Hanobori.

Hunter x Hunter (Madhouse)

Pembuatan ulang dari seri anime Hunter x Hunter menyusul nyaris berakhirnya bab Chimera Ant di serialisasi manga-nya. Buat yang belum tahu, seri ini berkisah tentang Gon dan kawan-kawannya yang ingin menjadi Hunter hebat seperti ayahnya. Hunter adalah sebutan bagi profesi petualang yang terlibat dalam hal-hal berbahaya dalam dunia fantasi tempat cerita ini berlangsung.

Untuk seri ini, lebih baik kau cari tahu detilnya lebih banyak sendiri. Seri ini benar-benar berkembang dengan cara yang tak ada duanya sih. Kasarnya, ini ramuan elemen-elemen bela diri, persahabatan, misteri, psikologi, dengan kualitas pemaparan karakter yang lumayan gila. Seri yang dijadwalkan akan panjang ini jelas merupakan salah satu seri yang menonjol di musim depan. Konon ceritanya akan dibuat lebih dekat ke manganya, jadi kurasa kasusnya akan sama seperti Fullmetal Alchemist: Brotherhood dulu.

Chihayafuru (Madhouse)

Diangkat dari manga shoujo karya Yuki Suetsugu, ceritanya tentang seorang gadis remaja bernama Chihaya Ayase yang mendalami dunia permainan kartu karuta sebagai minat hidupnya.

Aku tak tahu apa-apa tentang karuta, dan aku baru sekali ini mendengar tentang seri ini, jadi aku juga belum bisa bicara banyak tentangnya. Tapi manganya sempat meraih beberapa penghargaan lho. Ditambah lagi temanya jelas unik. Jadi sebagai sebuah seri shoujo nampaknya bisa dipastikan bahwa ceritanya akan bagus.

UN-GO (BONES)

Berlatar di Tokyo masa depan pada masa pasca perang, berkisah tentang sepak terjang Shinjurou Yuuki, ‘detektif hebat terakhir’, bersama partnernya, bocah tampan bernama Inga, yang misterius.

Sori, telat mengumpulkan info tentang ini. Ujung-ujungnya malah lupa tentangnya. Ini salah satu keluaran BONES yang menonjol, bukan karena hanya diadaptasi secara berani dari cerita Ango Torimonochou karya Sakaguchi Ango, melainkan juga karena seri ini menyatukan kembali tim yang menghadirkan adaptasi anime dari Fullmetal Alchemist yang orisinil. Desain karakternya terkesan cantik, tapi hampir bisa dijamin bahwa cerita dan eksekusinya bakal menarik.

Chibi Devi (?)

Seri anak-anak tentang Sawada Honoka, seorang gadis berusia 14 tahun yang kerap ditindas di sekolah dan tidak percaya Tuhan. Lalu seekor (orang?) setan kecil muncul di kamarnya suatu hari pada saat ia sedang tidur.

…Detilnya masih belum jelas, tapi ini akan ditayangkan di saluran pendidikan NHK. Jadi itu pasti berarti sesuatu. Oh, dan ini diangkatdari manga karya Shinozuka Hiromu.

Cross Fight B-Daman (Synergy SP)

Seri anime terbaru dari seri mainan B-Daman dengan karakter-karakter baru yang menjadi bagian dari upaya proses relaunch waralaba ini. Tokoh utamanya, Kakeru menemukan turnamen rahasia Cross Fight dari permainan yang digemarinya ini.

Tak banyak juga yang kuketahui soal B-Daman selain soal bagaimana ini permainan canggih dengan menembakkan kelereng. Tapi untuk anime anak-anak, ini termasuk salah satu yang tampilannya menarik.

Maken-Ki! (AIC Spirits)

Seri komedi tentang Oyama Takeru, yang di sekolahnya, selain belajar, juga beradu dengan satu sama lain menggunakan benda unik bernama ‘maken.’ Ia kemudian terlibat cinta segitiga dengan seorang gadis misterius bernama Kodama, yang mengaku sebagai tunangannya, dan sahabat masa kecilnya, Haruko.

Ada apa sih dengan genre love comedy di musim ini? Semuanya bagiku entah mengapa sama-sama terdengar dan terlihat menarik.

Tennis no Ouji-sama: Best Match (MSC)

Seri anime baru TeniPuri yang diangkat dari seri The New Prince of Tennis karya Konomi Takeshi. Beberapa bulan seusai turnamen terakhir, Echizen Ryoma dan rekan-rekan setimnya telah terpilih sebagai bagian dari 50 pemain elit yang diikutsertakan dalam sebuah kamp pelatihan untuk menseleksi pemain-pemain tenis SMA yang akan mewakili Jepang. Yah, kau bisa menebak apa selanjutnya yang akan terjadi.

Aku tak mengikutinya, jadi aku benar-benar terkesan karena seri ini masih berlanjut. Para penggemar lama TeniPuri kurasa akan senang dengan hadirnya anime ini.

Sekai-Ichi Hatsukoi 2 (Studio DEEN)

…Kelanjutan kisah editor Onodera Ritsu yang meninggalkan perusahaan penerbitan yang dikelola ayahnya dan tergabung dalam penerbit Marukawa, di mana ia kemudian menjalin hubungan cinta dengan Takano Masamune (cowok), bosnya sendiri.

Guuuooooh! S-seri ini ada kelanjutannya!

Sengoku Paradise Kiwami (?)

Didasarkan dari sebuah game ponsel untuk perempuan, di mana para pemain bisa berinteraksi dengan figur-figur sejarah dari era Sengoku yang digambar ulang dalam wujud cowok-cowok tampan.

…Belum ada info jelas tentang yang satu ini. Tapi konon sudah mau tayang, jadi begitulah.

————

Soal OVA, sebagian besar yang muncul adalah kelanjutan dari beberapa judul lama. Beberapa yang sempat menarik perhatianku adalah OVA untuk Infinite Stratos, Ah! My Goddess, serta tentunya episode keempat dari Gundam Unicorn.

Soal film layar lebar, ada animasi Tekken: Blood Vengeance yang belum lama ini keluar, film layar lebar baru untuk TeniPuri, Mardock Scramble, Suite Precure, dan (yang agak enggak kusangka) Scryed Alteration. Film layar lebar orisinil(?) meliputi Hotarubi no Mori e yang dibuat oleh studio animasi Brain’s Base serta Toaru Hikuushi e no Tsuikoku keluaran studio animasi Madhouse.

Mungkin aku agak telah ngomong ini, tapi seri Digimon Xros Wars masih berlanjut hingga kini lho. Aku sudah menduga ada sesuatu yang istimewa dengan seri Digimon yang satu itu.

Untuk selebihnya mungkin akan kutambahkan lagi nanti.

Iklan
Tag:

4 Komentar to “Anime Baru Musim Gugur 2011**”

  1. Paling menantikan Working, apalagi klo nanti screentime Yamada misalnya dibanyakin.
    http://goo.gl/GpFOp

  2. Anime keluaran terbaru kali ini emamg musim moe, ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: