Sayonara Papa

Pada bulan-bulan awal Level Comics pertama muncul, Sayonara Papa termasuk salah satu judul pertama mereka yang terbit (bersama X20th Century Boys, dan lainnya). Manga one-shot karya Shin Takahashi (yang paling dikenal sebagai pengarang Saikano) ini  pada dasarnya merupakan kumpulan kisah pendek yang menjadi cerita sampingan karya terkenal lain beliau, Iihito (‘orang baik’).

Lucunya, Iihito tak pernah diterbitkan di Indonesia, jadi diterbitkannya Sayonara Papa oleh Level berkesan agak gimanaa gitu. Alasan aku mengulas manga ini sekarang karena pada suatu hari aku tiba-tiba tersadar akan betapa manga ini merupakan salah satu judul yang paling tak menyesal aku beli. Yeah, manga ini segitu berkesannya, bahkan sesudah bertahun-tahun berlalu. (makanya agak ajaib bila mengingat gimana stoknya sempat menumpuk di toko buku sih)

Jadi, cerita Sayonara Papa mengetengahkan kisah-kisah pribadi para tokoh sampingan di Iihito. Kalau aku tak salah, Iihito sendiri pada dasarnya merupakan kisah drama kehidupan seorang ‘cowok baik’ yang pada suatu ketika harus hidup terpisah dari kekasihnya semenjak SMA. Ia tinggal di rumah kerabatnya, seorang janda yang sekaligus menjadi orangtua tunggal bagi putrinya yang masih kecil. Nah, putrinya ini yang memanggil si tokoh utama ‘Papa’ sebagai pengganti figur ayahnya, dan manga Sayonara Papa ini berkisah tentang bagaimana si putri yang sudah beranjak remaja tersebut menelusuri jejak sang ‘Papa’ yang kini sudah menikah dengan kekasihnya itu untuk bisa menuntaskan perasaannya terhadapnya.

Yeah, keseluruhan isi manga ini benar-benar soal kehidupan. Nuansanya benar-benar khas dunia ciptaan Takahashi-sensei, di mana dunianya terkesan ‘ajaib’ dengan warna-warna kenangan dan harapan berpadu. Tokoh-tokohnya… itu enak dilihat. Cara penceritaan beliau itu benar-benar bagus, dengan cara sedemikian rupa sehingga kita selalu bisa bersimpati pada tokoh-tokohnya. Ditambah lagi, ini kesempatan pertama dan satu-satunya sejauh ini untuk bisa menikmati manga karya Takahashi-sensei dalam bahasa Indonesia (untuk suatu alasan, belum ada manga karangan beliau lainnya yang pernah diterbitkan di sini, termasuk Saikano yang legendaris itu).

Cerita-cerita lain di manga ini juga seru kok. Cuma, kalau aku coba jelasin intisari cerita-cerita lain, aku kurang bisa ngegambarin menariknya di mana.

Kalau ini suatu saat diterbitkan ulang, kalau kalian enggak bersedia memesan langsung ke Level, coba baca ya. Hm, aku benar-benar berharap karya-karya lain beliau suatu saat akan diterbitkan pula di sini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: