September 2010, Film Gundam 00, OG2, Star Driver, Awal Musim Gugur (news)

Aku agak sibuk belakangan. Tapi aku masih mengikuti kabar-kabar berita terkini kok.

Tanggal perilisan movie Gundam 00: A wakening of the Trailblazer di Jepang akhirnya keluar. Bulan September tanggal 18. Premiernya di Amerika dilakukan pada Festival Anime New York pada bulan Oktober, jadi kurasa takkan butuh waktu lama lagi sampai film ini beredar secara internasional.

Bandai/Sunrise kelihatannya telah bekerja beneran keras untuk seri ini, jadi aku benar-benar merasa enggak enak bila cuma menontonnya lewat Internet. Kurasa pada akhirnya seperti biasa aku hanya bisa mendukung mereka lewat pembelian model-model kitnya saja sih. Tapi dedikasi dan kualitas yang mereka perlihatkan beneran membuatku terharu.

Soal ceritanya sendiri, tampaknya dipastikan bahwa memang ada alien yang akan menjadi lawan Setsuna F. Seiei dan kawan-kawan. Mereka disebut ELS, yang pada dasarnya disebut sebagai sejenis makhluk hidup yang belum dikenal, yang datang bersama sebuah kapal penelitian misterius yang konon muncul kembali setelah sekian lama hilang di luar angkasa (kalo aku ga salah…). Kelihatannya, nyawa Setsuna secara khusus akan dipertaruhkan sebagai penentu kelangsungan umat manusia.  Belum jelas bagaimana kedudukan para tokoh antagonis (perwira Federasi Descartes Shaman) dalam konflik ini. Sejauh yang trailer-nya perlihatkan, tampaknya kaum Innovator memang telah semakin diakui keberadaannya di muka bumi, jadi kurasa memang akan ada banyak kejutan yang bisa dinanti.

Soal animasinya sendiri, bayangkan kualitas animasi mecha di OVA Gundam Unicorn. Cuma jauh, jauh, jauh lebih ‘rame’.

Sebagai penutup untuk berita ini, aku setuju bahwa ada kemungkinan kualitas cerita movie ini bakal  ‘jelek’ karena banyaknya karakter (kayak movie Fullmetal Alchemist: The Conquerer of Shambala beberapa tahun lalu). Tapi sebagaimana yang bisa diharapkan dari seri Gundam 00, setidaknya kita bakal terpuaskan oleh adegan-adegan mechanya. Lebih banyak detil tentang Gundam-Gundam yang baru ini bisa dilihat sendiri di trailer di atas.

Kabar lain soal seri mecha adalah munculnya OVA 2 Gundam Unicorn, bertajuk The Second Coming of Char pada bulan yang sama. Sebagaimana yang subjudulnya indikasikan, tokoh Full Frontal yang bertopeng akan diperkenalkan sebagai tokoh antagonis utama di episode ini. Akhirnya kita bisa melihat MS andalannya, Sinanjuu, yang super keren dalam bentuk animasi!

Aku tak yakin apa kali ini aku akan berkesempatan menontonnya atau tidak. Tapi setidaknya trailer-nya bisa dilihat di sini.

Kabar lain lagi soal anime-anime di musim gugur adalah dikeluarkannya seri TV baru SRW OG 2: The Inspector, yang merupakan sekuel dari seri TV SRW OG: The Divine Wars, hanya saja dikerjakan oleh staf yang sama sekali berbeda (!). Sutradaranya Obari Masami, yang sudah berpengalaman di bidang ini. Cuma karena beberapa ‘alasan khusus’, aku tak pernah bisa menjadi penggemar karya-karyanya. Sehingga aku masih enggak yakin apa aku bakal menyukai hasil akhir seri ini apa enggak.

Eniwei, adaptasi kedua dari seri game strategi populer Super Robot Wars Original Generation keluaran Banpresto (sekarang Bandai Namco) ini mungkin tak memiliki kualitas animasi sebagus yang kuharapkan. Tapi terlihat jelas betapa pergantian sutradara membuat seri ini terkesan jauh lebih berkualitas dibandingkan seri pertama.

Mungkin aku akan menulis lebih lanjut soal ini nanti. (Ya, ada trailernya, cuma untuk ini aku malas menyertakannya karena suatu alasan.)

Beberapa kabar lain tentang seri mecha baru buatan studio animasi BONES, Star Driver: Kagayaki no Tact, sebenarnya sudah keluar, menyangkut desain karakter, latar, dan sebagainya. Tapi sial, aku kesusahan menemukan terjemahan yang jelas tentangnya.

Pada dasarnya, cerita berlatar di sebuah pulau bernama Southern Cross Island (bukan luar angkasa?). Lalu sang tokoh utama, Takuto Tsunashi, ditemukan hanyut di pantainya sesudah bersusah payah berenang dari daratan. Ia sepertinya datang ke pulau ini untuk sebuah tujuan khusus. Sebab sesudah ia bergabung sebagai murid di SMA lokal, kemudian diungkapkan bahwa ada misteri yang disembunyikan oleh para penduduk pulau berkenaan keberadaan sekitar 20-an robot raksasa misterius yang disembunyikan di bawah sekolah. Mecha-mecha ini disebut Cybuddy, dan salah satunya, Taubaan, kelihatannya akan jatuh ke tangan Takuto (atau malah sudah berada di tangannya?). Akan ada organisasi rahasia misterius (‘Kirahoshi Juujidan‘, ‘Holy Order of Glittering Stars’, ‘Orde Suci Bintang Berkilau’) yang terlibat dalam pencarian para ‘biarawati kuil’ (miko), yang akan mampu mengangkat suatu segel yang menaungi seluruh pulau. Wako Agemaki, gadis anggota klub drama sekolah, Midnight Flight, yang menjadi lawan main Takuto, diduga sebagai salah satu miko ini.

Yah, aku tahu semua itu kedengarannya enggak jelas. Tapi percayalah, waktu kabar tentang Eureka Seven keluar, kisi-kisi tentang ceritanya juga sangat enggak jelas, dan ternyata kita disuguhi sebuah mahakarya.  Setidaknya, konsep cerita seri ini terdengar segar dan menarik (Klub drama ya? Hmmmm…). Aku tak sabar menantikan ini di bulan Oktober nanti.

Ada juga kabar soal film kompilasi Macross Frontier (bertajuk ‘sang diva palsu’) yang menghadirkan cerita yang berbeda dari seri TV-nya. Kabar ini disusul dengan akan dibuatnya satu film layar lebar lain yang disebut-sebut akan menuntaskan cerita di seri TV-nya. Mungkinkah ini pertanda bahwa cinta segitiga antara Alto, Sheryl, dan Ranka akhirnya akan terselesaikan?

Tayangan lain yang secara pribadi kuperhatikan di musim gugur nanti adalah adaptasi animasi manga Bakuman karya Ohba Tsugumi dan Obata Takeshi. Aku sebenarnya telah menjadi penggemar berat manga-nya, dan aku tak sabar menantikan penerbit lokal untuk melisensikannya di sini.

Buat yang belum tahu, manga ini berkisah tentang perjuangan sepasang anak muda (Mashiro Moritaka alias Saiko sebagai penggambar, yang mewarisi cita-cita pamannya; serta si murid teladan Takagi Akito alias Shuujin sebagai penulis cerita, dalam duo yang belakangan dikenal sebagai Ashirogi Muto) dalam membuat manga untuk majalah komik terkenal Shonen Jump (di mana Naruto dan Bleach terbit). Tapi yang bikin seri ini bagus adalah aspek realismenya, drama roman antar tokohnya, komedinya yang sederhana, serta intrik-intrik persaingan antar pengarang komik dalam menciptakan karya-karya mereka untuk memenangkan adu kepopuleran komik-komik Jump yang ditentukan oleh voting dari para fans. Sekali lagi, sebaiknya kisah cinta yang dihadirkan di seri ini jangan dilewatkan!

Oya, sejujurnya belum lama ini aku juga melihat adaptasi animasi seri mecha Break Blade, tapi aku tak ingin berkomentar banyak tentang itu saat ini.

(dari ANN dan berbagai sumber)

Iklan

4 Komentar to “September 2010, Film Gundam 00, OG2, Star Driver, Awal Musim Gugur (news)”

  1. sayang banget yg macross frontier:the false diva cuma da versi blue ray…
    jadi g bisa nonton…

    soal break blade agak berat ceritanya di awal…
    byk banget yg g dipahamin…

    kalo bakuman akirnya dirilis juga anime nya…
    g sabar pengen nonton…

    • …semua ada cara buat nonton entah gimana kok.
      sejujurnya, cerita break blade ga berat2 amat. cuma movie pertamanya ga gitu bagus.
      kalo bakuman bukannya ada yang nge-stream?

  2. kalo diliat alurnya akirnya mengerti juga mgkn krn rilisnya baru dua episode makanya lum jelas juga…

    ya penting bakuman masuk list dulu…

  3. buat moviie gundam 00, karena belum kutonton, ulasannya untuk sementara di sini dulu.

    https://alfare.wordpress.com/2010/04/19/daftar-animasi-gundam/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: