Star Driver: Kagayaki no Tact (news)

Ada berita baru yang menarik. Pada majalah Newtype bulan Juli 2010 yang baru, ada artikel yang menyebutkan bahwa studio animasi BONES tengah menggarap seri anime mecha baru berjudul Star Driver: Kagayaki no Tact. Anime yang kayaknya orisinil ini (dalam artian ga diangkat dari manga ato novel ato apa) dikabarkan akan disutradarai oleh orang yang sama dengan yang menggarap anime Soul Eater (Igarashi Takuya). Penulis skenario utamanya dikabarkan adalah orang yang menulis skenario untuk anime Shoujo Kakumei Utena (Enokido Yoji!), yang dengan demikian kurang lebih mengindikasikan bahwa kita boleh berharap akan adanya unsur-unsur ‘kejutan’ di dalamnya. Yang menangani musiknya adalah Kousaki Satoru, yang sejauh ini telah menangani musik-musik yang menarik di seri Suzumiya Haruhi dan Bakemonogatari.

Berita ini lumayan menuai hype di kalangan penggemar mecha, mengingat ‘gersangnya’ pasar anime dari anime-anime mecha belakangan. Latar belakang lain yang mendorong timbulnya sensasi adalah sejarah BONES sebagai pembuat seri-seri mecha yang ‘berbeda’ dari kebanyakan seri mecha yang pernah ada. Karya-karya mecha BONES sebelumnya meliputi RahXephon (yang merupakan intepretasi ulang dari anime super robot klasik Yuusha Reideen), Eureka Seven (yang fenomenal), serta belakangan, yang menjadi hasil kolaborasi bersama dengan pembuat komik Amerika legendaris Stan Lee, Heroman. (ditambah Bounen no Xamdou, seandainya yang itu memang bisa disebut sebagai anime mecha…)

Soal anime-nya sendiri, masih sedikit sekali informasi yang sudah diketahui tentangnya. Pada dasarnya ada seorang pemuda bernama Takuto yang dikisahkan akan berperan mengendalikan sebuah mecha raksasa misterius bernama Taubaan. Makna ‘Takuto yang bersinar’ sebagaimana yang tercantum pada subjudulnya memperkuat gelagat bahwa seri ini akan memiliki subgenre super robot. Secara pribadi, desain mecha-nya yang eksotis sedikit banyak mengingatkanku akan desain Nagano Mamoru di Five Star Stories. Tapi aku butuh lebih banyak screenshot untuk bisa menilai lebih jauh.

Beberapa forum yang membahas tentang anime mecha dalam dua hari terakhir cukup diramaikan oleh pembicaraan tentang anime ini. Sebagaimana yang mungkin pernah kusebutkan, mengingat kecendrungan BONES untuk membuat sesuatu yang ‘beda,’ beberapa diskusi yang semula seputar spekulasi berujung menjadi perdebatan tentang faktor-faktor apa saja yang menentukan bagusnya suatu anime mecha.

Pada akhirnya secara garis besar sejumlah penggemar mengharapkan sesuatu yang sekaliber Eureka Seven lagi, dan diharapkan sesuatu yang tidak serupa Rahxephon.

star driver screen shot

Sejujurnya sih, meski secara pribadi aku bisa menyukai sebagian besar seri anime mecha yang ada (dengan alasan yang berbeda-beda untuk tiap seri tentunya), aku memang agak berharap ini akan jadi sesuatu yang berbeda sama sekali, yang bisa dibilang belum pernah ada sebelumnya. Yah, mungkin kayak Code Geass empat tahun lalu. (Aku sebenarnya bisa mengharapkan hal ini dari penulis naskah anime Utena, mengingat betapa unik dan tak lazimnya Utena bahkan untuk ukuran anime zaman sekarang.)

Beberapa anime mecha lain yang kabarnya kudengar akan muncul meliputi drama militer fantasi Break Blade, kelanjutan perjuangan anak-anak hasil pembibitan buatan melawan makhluk asing Festum dalam sekuel Soukyuu no Fafner, film layar lebar Gundam 00, serta OVA kedua Gundam Unicorn.

Kabar lebih lanjut kutuliskan nanti.

Iklan
Tag: ,

2 Komentar to “Star Driver: Kagayaki no Tact (news)”

  1. http://www.star-driver.net/trailer/index.html

    udah keluar trailernya…

    btw,
    terimakasih infonya, ngga nyangka ada blog yang update soal ginian 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: