Usavich

Ada seorang temanku yang memberitahuku soal ini.

Usavich on Darkz (apa bener ini judulnya?), atau pernah dikenal juga dengan Usavich Prison Break, adalah serangkaian animasi pendek yang dibuat Kanaban Graphics untuk MTV Japan pada tahun 2006an. Secara keseluruhan terdiri atas 3 season, dengan masing-masing season memiliki 13 episode, dan masing-masing episode berdurasi hanya satu setengah menit.

Premis cerita kartun kocak yang ‘bisu’ ala Mr Bean ini (ya, ini kartun) sebenarnya sederhana saja.

Ada sepasang… kelinci yang ditahan di suatu penjara di Soviet. Kita sebagai penonton enggak sepenuhnya yakin mereka ditahan karena apa. Kita juga sebagai penonton sama sekali enggak bisa nebak kenapa dua kelinci yang begitu berbeda bisa-bisanya disatukan dalam sel yang sama. Kita juga bahkan enggak dikasi tau kenapa cerita ini mesti berlatar di Soviet! Pokoknya, seri ini mengisahkan tentang keseharian mereka dalam menghadapi berbagai macam pihak yang karena satu dan lain alasan, terlihat ingin sekali membunuh mereka.

Oke. Stop dulu. Sekali lagi. Bayangin.

Sepasang kelinci.

Di Soviet.

Ini animasi buatan Jepang.

Meski enggak begitu terdengar jelas, memang ada bahasa Soviet ke dalamnya.

Jadi singkat kata…

INI ANIME YANG SUPER DUPER ANEH!!!!

Salah satu kelinci, yang digambarkan mengenakan baju tahanan dengan strip-strip warna merah, belakangan aku ketahui bernama Kirenenko dan ceritanya, ia sangat sakti. Katanya dia dulu bekas gembong mafia. Dia kebal senjata, mulai dari peluru hingga bazoka. Sehingga segala cara yang digunakan para sipir untuk menganggunya selalu gagal membuatnya takluk. Tapi pada dasarnya, dia sendiri orang kelinci yang hanya tidak ingin diganggu. Dia sedemikian cueknya terhadap sekelilingnya, sampai-sampai bisa dibilang nyaris apatis dengan kehidupan. Satu-satunya hal yang membuatnya tertarik hanyalah sepatu sneaker, dan kesukaannya terhadap sepatu sneaker menjadi  landasan motivasi terhadap perjalanan besar yang ia dan rekannya kemudian lakukan.

Kelinci satunya, yang menjadi teman satu selnya, adalah seekor kelinci biasa(?) bernama Putin. Ia… secara garisbesar, adalah orang kelinci baik-baik yang hanya tak mau terlibat masalah. Tapi kenyataan itu nampaknya tidak terwujud dengan teman satu selnya yang… uh, ‘ajaib.’ Dia acapkali menjadi ‘korban’ dari segala sesuatu hal yang terjadi. Tapi seiring dengan waktu, akan terlihat bahwa dirinya jelas bukan kelinci yang dapat diremehkan begitu saja.

Selain mereka, ada seekor kodok yang bisa makan anak ayam. Lalu ada seekor anak ayam yang berulangkali tidak mati(?).

Lalu ada banyak… kehebohan yang terjadi setiap episode, yang kerap kali berujung dengan adegan-adegan menakjubkan yang ditampilkan dalam gerak lambat ala The Matrix. Yah, ceritanya terkadang bisa agak jorok sih. Tapi ini lucu! Benar-benar lucu!

Yah, oke. Mungkin tak lucu buat beberapa jenis orang tertentu. Tapi kau mengerti maksudku.

Season pertama menceritakan kehidupan mereka di penjara. Season kedua mengisahkan tentang pelarian mereka. Season ketiga mengisahkan petualangan mereka untuk mencapai lantai 13 dari sebuah pertokoan demi mendapatkan sneaker legendaris yang Kirenenko inginkan.

Kalau kalian suatu ketika menemukan episode-episodenya, jangan segan-segan untuk meluangkan satu setengah menit dari waktumu untuk menontonnya.

usavich

Iklan
Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: