Durarara!!

Bagaimana cara menjelaskan Durarara!! ? Yah, paling gampang adalah dengan membandingkannya dengan Baccano!!. Keduanya serupa, mengingat novel asli yang mendasari keduanya ditulis oleh pengarang aneh yang sama (Ryohgo Narita).

Jadi ceritanya, selain BakaTesto, pada musim lalu aku juga mengikuti Durarara!!. Aku sebenarnya sudah lama ingin mengulas ini, tapi aku sama sekali enggak yakin mesti memulainya dari mana.Sama halnya dengan Baccano!!, Durarara!! memiliki cerita ‘ajaib’ yang agak sulit dijelaskan secara gamblang.

Ada banyak orang (aneh) yang tinggal di Ikebukuro

Durarara!! berlatar di Ikebukuro, Tokyo, suatu distrik padat penduduk yang setiap hari dilalui banyak orang dari berbagai kalangan dan latar belakang. Mula-mula, kita dibeberkan terhadap berita-berita apa saja yang sedang ‘hangat’ di sana dari sudut pandang seorang remaja desa bernama Ryuugamine Mikado (ya, namanya memang mentereng), yang baru saja pindah ke kota besar untuk mencoba menjalani hidup sendiri.

Ikebukuro ceritanya sedang ramai oleh beberapa desas-desus. Pertama, gosip tentang munculnya ‘pengendara motor hitam’ yang tak terkalahkan dalam pertarungan, yang bukan hanya berpakaian hitam-hitam dari atas ke bawah, kebal terhadap berbagai jenis senjata, dan memiliki semacam kekuatan supernatural, tapi juga menunggang sebuah sepeda motor hitam besar yang nyaris tak bersuara, termasuk suara mesin(!?). Kedua, kabar burung tentang kerap terjadinya kasus orang hilang belakangan. Ketiga, kesaksian sejumlah orang berkenaan terlihatnya sosok slasher yang muncul dan memakan korban pada malam hari. Keempat, adalah tentang Dollars, suatu color gang baru yang meski disebut-sebut sebagai geng terkuat di Ikebukuro saat ini, sama sekali tidak diketahui secara jelas anggota-anggotanya siapa saja ataupun warna apa yang mereka representasikan.

Mikado ceritanya memilih SMA di Ikebukuro atas ajakan sahabat karibnya sewaktu SD, Kida Masaomi, yang belakangan sering kontak dengannya melalui Internet. Sesudah pertemuan kembali mereka setelah sekian lama, Kida-kun yang memiliki ambisi konyol untuk menjadi playboy ini kemudian menasihati bahwa selain hal-hal di atas, ada beberapa orang tertentu di Ikebukuro yang ada baiknya Mikado waspadai.

Orang-orang tersebut meliputi Orihara Izaya, informan muda berwajah licik yang kerap menongkrongi jalanan Ikebukuro; Heiwajima Shizuo, lelaki berpakaian bartender yang di balik penampilannya yang necis, memiliki tenaga luar biasa; serta tentunya sang pengendara hitam itu sendiri yang terkadang terlihat melintas di jalanan, yang di balik helm kuningnya belakangan dikenal sebagai seorang wanita tak berkepala(!!?) bernama Selty Sturluson.

Simon Brezhnev, lelaki berkulit hitam besar yang bekerja di restoran Sushi Rusia (…?!), juga bukan orang yang sebaiknya diajak bertengkar meski sehari-harinya ia bersikap ramah. Mikado juga dinasihatkan untuk tak bersikap menonjolkan diri karena mereka tak pernah tahu kapan dan di mana akan berpapasan dengan anggota-anggota Dollars.

Sesudah penjelasan panjang lebar yang agak-agak mengerikan itu, Mikado juga dikenalkan oleh Kida pada Kadota Kyohei dan teman-teman hang out-nya. Kadota, seorang pendiam berjiwa analitis tapi agak terlalu gampang larut dalam pemikirannya sendiri, menjadi semacam pemimpin bagi ketiga temannya yang lain: pasangan Karihara Erika dan Yumasaki Walker yang sangat menggemari light novel, serta Togusa Saburo, si kalem yang kerap menyupiri mereka dengan menggunakan mobil van-nya.

Selalu ada sisi belakang untuk segala hal.

Dengan banyaknya karakter yang sudah diperkenalkan sejak awal, mungkin kalian sudah bisa menebak bahwa Durarara!! menampilkan drama yang sangat character-based. Yea, serial ini memang secara khusus berfokus pada tokoh-tokohnya dan cerita apa yang masing-masing bisa sampaikan. Karena itu setiap episode menampilkan tokoh utama yang berbeda-beda dengan fokus dan nuansa yang berbeda-beda pula (meski dari segala perkembangan yang terjadi, bisa dibilang bahwa Mikado-lah yang paling memegang peran sentral dalam serial ini).

Benang merah yang mengikat itu semua adalah pencarian Selty terhadap kepalanya yang hilang, sebab Selty sesungguhnya adalah seorang dullahan, roh/peri pengendara kereta kuda tak berkepala dalam mitologi kuno Eropa—pertanda akan datangnya kematian—yang senantiasa membawa kepalanya yang telah terpenggal(?) pada kedua belah tangannya. Tapi karena suatu sebab, kepala Selty dan sebagian besar ingatan masa lalunya kini hilang, dan selama tahun-tahun panjang hidupnya yang jauh melampaui rentang hidup manusia biasa, Selty terus mencari-cari kepalanya yang hilang hingga akhirnya ia tiba di Ikebukuro.

Awal mula Mikado terseret ke dalam semua ini adalah awal perkenalannya dengan Sonohara Anri, gadis manis berkacamata teman sekelasnya yang sebenarnya tengah mencari-cari teman dekatnya yang sudah lama tak masuk sekolah dan kini diduga hilang: Harima Mika. Kabar terakhir tentang Mika-chan yang Anri ketahui adalah bahwa ia tengah menguntiti (naksir) seorang pemuda bernama Yagiri Seiji, yang menyatakan diri berhenti bersekolah tepat pada hari pertama semester baru dimulai.

Tak ada yang tahu persis alasan Seiji berhenti bersekolah. Tapi orang-orang yang memperhatikan namanya akan tahu bahwa Seiji adalah adik dari Yagiri Namie, perempuan cantik yang menjadi pemimpin perusahaan farmasi Yagiri, yang merupakan salah satu perusahaan besar di kota.

Beragam teka-teki segera mencuat saat kita dibuat untuk mempertanyakan bagaimana persisnya hubungan antar tiap-tiap tokoh dan apa saja yang mereka ketahui dan tidak mereka ketahui. Tapi semua disajikan dalam bentuk drama slice-of-life yang menjadi menarik karena memang tokoh-tokoh yang dipaparkannya menarik.

Di samping persahabatan baru mereka dengan Anri, Mikado dan Kida-kun sudah jelas bersahabat dekat. Tapi terlepas dari segala keterbukaannya, ada sesuatu di masa lalu selama ia dan Mikado terpisah yang enggan Kida ungkap. Rahasia masa lalu Kida sejauh ini tampaknya hanya diketahui oleh Izaya, dan dengan kemampuan mengumpulkan informasinya itu, Izaya terkadang menjadi makelar pekerjaan bagi Selty yang bekerja sebagai pengantar barang. Selty yang belakangan diketahui tinggal bersama seorang dokter ilegal romantis bernama Kishitani Shinra ini memiliki hubungan pertemanan/saling menghargai dengan Shizuo. Tapi Shizuo benci setengah mati terhadap Izaya, dan telah berkali-kali memulai keributan demi mengusir Izaya dari kota. Izaya sendiri tampaknya menjadi satu-satunya orang yang sejak awal mengenal semua tokoh yang berperan dalam kisah ini. Tapi dengan siapakah sesungguhnya Izaya bersahabat? Pergi ke manakah sebenarnya orang-orang yang hilang? Dari mana orang-orang aneh ini berasal? Siapa sebenarnya Dotachin?! Dari apa sebenarnya sushi Rusia dibuat?! Di mana pula kepala Selty sesungguhnya disembunyikan?!?

Yah, kurang lebih nuansa dan kerumitannya seperti itu.

This is one TWISTED love story

Adaptasi anime ini memiliki kesan yang agak sedikit lebih gelap dibandingkan versi novelnya yang cenderung bernarasi kocak. Tapi inti cerita yang disampaikannya tetap sama dan tak berubah.

Segala keenggakjelasan yang terjadi bisa dibilang merupakan daya tarik utama Durarara!!. Barangsiapa yang menyukai cerita-cerita drama; atau misteri; atau sekedar tertarik dengan hal-hal yang membuat kita ngomong “Haah?”; atau lebih gampangnya lagi, mereka-mereka yang menyukai Baccano!!; besar kemungkinan akan bisa menikmati serial ini juga.

Mungkin sulit dipercaya, tapi pada dasarnya ini memang sebuah kisah cinta kok.

Penilaian(sementara)

Konsep: A-; Visual: A-; Audio: A; Eksekusi: A; Kepuasan Akhir: A-

Iklan

4 Komentar to “Durarara!!”

  1. jadi gag sabar liat endingnx.. XD

  2. aku suka durarara sih, karena para tokohnya aneh kayak aku yg orang aneh. tapi-tapi aku kurang ngerti jalan ceritanya,,,

    • Kalo kau kurang ngerti jalan ceritanya, mungkin itu karena kau belum cukup aneh aja. Tapi tenang aja, aku juga enggak yakin kalau aku ngerti kok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: