Akihabara@DEEP

Aku udah lama denger tentang ini, tapi baru bisa berkomentar sesudah membaca manganya sendiri.

Berlatar di Akihabara, pusat kebudayaan visual modern Jepang (baca: anime, game, manga, mainan, dsb…), sekelompok orang muda yang tersisihkan dari masyarakat umum (baca: otaku): Page, Box, Taiko, dan Akira; berupaya membangun sebuah perusahaan dengan mengandalkan keahlian mereka masing-masing: Akihabara@DEEP. Mereka sudah mendapat cukup nama dari mengembangkan game-game doujin dan plamo mereka (mungkin mirip Type-Moon?), tapi baru sesudah Page, sang hacker legendaris yang sangat gagap di dunia nyata bergabung, mereka memutuskan untuk membawa bisnis mereka ke tingkat yang lebih serius.

Tak dinyanya, produk mesin pencari yang hendak mereka bangun mengundang perhatian DigiCapi, perusahaan IT nomor satu di Jepang saat itu. Masalah yang harus mereka hadapi secara perlahan tapi pasti bertambah seiring dengan upaya mereka untuk membangun tempat mereka sendiri.

Hm, gampangnya, ga banyak yang bisa kukatakan berkenaan plotnya. Tampaknya ada banyak hal yang nantinya akan diungkap, tapi cukup susah menebak ceritanya akan ke arah mana. Apakah akan mengarah ke perkembangan antar karakter atau intrik persaingan antar perusahaan.

Artworknya sendiri cukup… euh, ngepas? Desain sampulnya keren sih. Tapi saat masuk ke bagian dalam, gambarnya banyak mengingatkanku pada Brothers karya Sho-u Tajima.

Menilai kisah ini secara menyeluruh agak susah, mengingat versi adaptasi manga ini dan versi live-action-nya konon memiliki perbedaan-perbedaan yang radikal dibandingkan materi novelnya yang asli. Sulit menilai apakah ini versi manga ini bagus apa enggak. Tapi aku bisa bilang bahwa mereka yang tertarik dengan kehidupan para otaku di Jepang akan lumayan bisa mengikuti ceritanya.

Satu hal yang kudapat dari membaca ini adalah tentang bagaimana orang bisa dengan rela-relanya mendalami hal yang mereka senangi sampai ke tingkat yang gila-gilaan, sampai-sampai lupa makan dan kurang tidur. Aku selalu terkesan setiap kali Page mengenakan jaketnya, mengulum Chupa-Chup, duduk di depan komputer, kemudian mengetik dengan kecepatan luar biasa di atas keyboard sementara kedua pupil matanya membeliak saat mengamati setiap rangkaian karakter yang muncul di layar monitor. Rasanya seperti… entah ya? Semacam sindiran bagi orang-orang yang senantiasa enggak becus bahkan saat melakukan hal-hal yang mereka sukai.

Tak tahu apakah akan mengikuti perkembangan komik ini apa enggak. Tapi tetap berterima kasih karena LEVEL telah menerbitkannya.

Iklan
Tag:

4 Komentar to “Akihabara@DEEP”

  1. Ampun. Semesta mendorongmu menemukan komik (manga? novel?) yang tepat untuk mengobati penyakitmu, Kak. xD

  2. Eh, penyakitku juga deh, deng xD
    Anyway, emang hal apa yang ngebuat Page rela lupa makan dan kurang tidur? Klu, dong..

  3. Kalau boleh jujur sih, aku lebih suka Komiknya daripada jalan cerita Doramanya. di dorama, Page terlalu Freak. Aku lebih suka Page yang terkesan sedikit Ecchi dan pintar di Serial Komiknya.

    • Hoo, jadi kau lebih suka cowok yang sedikit ecchi dan pintar dibandingin cowok yang freak ya? :))
      Eniwei, sejujurnya juga, aku juga belum mengikuti kelanjutan seri ini lagi. Tapi kalau kau pernah mengikuti keduanya dan bisa ngasi pendapat tentangnya, maka itu berarti AkibaDEEP emang lumayan menarik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: