The Fugitive Lawyer: Makoto Narita

Untuk suatu alasan, Level Comics belakangan meneribitkan banyak judul yang menarik. Salah satunya, yang udah kubayangin bakal memikat tapi berakhir lebih memikat dari dugaan, adalah manga ini.

Gampangnya, si tokoh utama Makoto Narita adalah seorang lelaki di akhir dua puluhan yang dijebak untuk menjadi tersangka utama suatu kasus pembunuhan dan pembakaran. Akibat kurangnya bukti yang bisa meringankan dakwaan, pengacara muda yang sangat idealis ini kemudian melarikan diri dari sidang, menjadi buronan polisi, dan mati-matian bertahan hidup di jalanan sambil berusaha mengumpulkan keping-keping petunjuk yang bisa membuktikan sebaliknya.

Meski bukan seorang tokoh yang bad-ass atau bagaimana, si Makoto ini tetap meninggalkan kesan mendalam karena sifat ‘keras kepala’ (baca: ketegaran) yang ia tunjukkan, sekalipun situasi rumit yang ia hadapi jelas-jelas memojokkan dirinya. Ada juga cerita tentang seorang perwira polisi yang begitu terobsesi dengan Makoto yang  bahkan tak mau mempertimbangkan kemungkinan bahwa Makoto tak bersalah. Lalu ada tokoh putri dari sang korban yang terguncang dan lebih merasa bila si Makoto ini lebih baik mati saja. Di tengah semua tekanan itu, si Makoto ini masih bisa dengan tenang dan kepala dingin hidup di jalanan selama berbulan-bulan, menolong orang-orang yang kebetulan ditemuinya dengan pengetahuan hukum mendalam yang dimilikinya. Hal  mencengangkan yang berulangkali digambarkan dalam manga ini adalah betapa orang-orang yang ditemui oleh Makoto kerap kali sudah begitu tertekan oleh beban kehidupan, sehingga secara bisa dimengerti mulai bersikap seenaknya dan menyebalkan tatkala harus menghadapi masalah. Tapi si Makoto ini, dengan kemampuan bicaranya yang gila-gilaan, selalu saja bisa menenangkan keadaan sekaligus meyakinkan mereka untuk bertindak menyelesaikan masalah-masalah mereka sendiri.

Meski tidak ada desain karakter yang menonjol, tarikan-tarikan garis dan pemberian warnanya sangat kuat dan rapi. Menurutku, meski mengusung cerita yang sejenis, artwork manga ini satu-dua tingkat lebih bagus daripada Kurosagi. Penceritaannya juga sangat jelas dan runut. Kita jadi bisa memahami alur kronologis tiap kejadian dengan mudah, yang merupakan suatu hal penting bila ingin bisa menikmati cerita-cerita jenis ini. Hal lain yang menarik adalah bagaimana setiap permasalahan yang diusung kerap kali teramat tak lazim, meski tidak berarti tidak mungkin terjadi. Hal inilah yang membuat manga ini jadi menarik buat dibaca.

Singkat kata, kupikir manga ini sangat cocok bagi para pembaca. Sekalipun implementasi hukum di sini sama sekali ga sebaik di sana, tekad dan keteguhan Makoto lumayan banyak memberi inspirasi. Really recommended read.

Iklan
Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: