Gundam 00 Season 2

Karena kini Gundam 00 sudah mencapai pertengahan season kedua, kayaknya aku mesti mulai nulis sesuatu lagi tentangnya.

Dikisahkan bahwa empat tahun yang panjang sudah berlalu semenjak pertempuran terakhir di penghujung season pertama. Selama empat tahun itu, Setsuna F. Seiei terus berjuang seorang diri dengan apa yang masih tersisa dari Gundam Exia miliknya. Ia masih berusaha mempertahankan prinsip lama yang dianutnya; di mana dirinya, sebagai bagian dari organisasi paramiliter Celestial Being, harus melakukan apa yang ia bisa demi menghapus segala bentuk peperangan dari muka bumi. Namun yang ia hadapi kini bukan lagi kelompok-kelompok terpisah yang menjadi penyebab konflik-konflik wilayah. Yang ia harus ia tantang ialah orang-orang yang secara harfiah telah nyaris berhasil menguasai seluruh dunia.

Intervensi-intervensi bersenjata yang dilakukan kelompok Celestial Being empat tahun lalu memang telah membuat ketiga poros kekuatan besar di dunia bersatu di bawah nama Federasi Bumi. Tapi di balik kesejahteraan dan perdamaian yang Federasi Bumi tawarkan—yang dinikmati secara terang-terangan oleh negara-negara maju yang menjadi anggota-anggota utamanya—tersembunyi suatu sisi kelam berupa kemiskinan dan penindasan yang terjadi di negara-negara miskin sebagai akibat dari upaya-upaya Federasi untuk membangun kekuasaan. Suatu bentuk monopoli mutlak atas manfaat orbital elevator yang sebelumnya telah mereka kembangkan.

Sebuah pasukan otonomi khusus dengan nama A-LAWS pun terbentuk. Tujuan pasukan khusus ini hanya satu, yakni menekan segala bentuk perlawanan yang dilakukan terhadap Federasi Bumi. Segala bentuk pertahanan militer tidak lagi boleh dimiliki per negara. Segala bentuk kekuatan militer hanya boleh dipunyai oleh Federasi. Dengan kata lain, negara-negara yang tidak sepakat untuk bergabung bersama Federasi akan dijajah dan ditindas, ‘didisiplinkan’ atas nama perdamaian dunia, sekalipun bentuknya yang sesungguhnya tak lebih dari pembantaian-pembantaian massal.

Di dunia yang keras dan tak adil inilah, Setsuna dan kawan-kawannya kembali dari pengasingan untuk mencoba memperbaiki kesalahan yang telah mereka buat. Sebuah kesalahan yang dipicu dengan munculnya sebuah kelompok penentang perang yang bernama Celestial Being…

“Belum ada satupun hal yang berubah…!”

Di sebuah koloni luar angkasa bernama Proud yang terletak di sektor Lagrange 4, orang-orang yang tertangkap hendak memberontak terhadap tindakan sewenang-wenang Federasi dipekerjakan secara paksa di bagian kompleks industri bergravitasi tinggi. Salah satu yang tertangkap itu ialah Saji Crossroad, yang kini hidup sebatang kara semenjak kematian Kinue, kakaknya, serta hilangnya Louise Halevy, kekasihnya, empat tahun silam. Saji yang tidak tahu apa-apa tentang kelompok pemberontak bernama Katharon itu sesungguhnya hanya kebetulan berada di tempat yang salah pada di waktu yang salah. Namun suatu plot dari A-LAWS untuk menyingkirkan semua yang terlibat dalam pemberontakan—sekaligus orang-orang yang berpotensi untuk menjadi saksi dan simpatisan mereka—sebentar lagi akan mengubah hidup Saji untuk selama-lamanya.

Di sinilah Setsuna tiba-tiba muncul dan menyelamatkan hidupnya. Upaya Setsuna untuk membebaskan sebanyak mungkin tawanan A-LAWS sebelum pembantaian sesungguhnya dilakukan berakhir dengan pertemuannya kembali dengan Saji, tetangganya sewaktu ia masih berdomisili di Jepang empat tahun lalu. Kejadian tersebut sekaligus membuka kedok Setsuna sebagai salah satu Gundam Meister Celestial Being, pihak yang menjadi objek kemarahan terpendam yang selama empat tahun telah Saji rasakan. Lalu di tengah semua kekacauan yang berlangsung saat pasukan luar angkasa Katharon mencoba dengan sia-sia untuk membebaskan teman-teman mereka, Seravee Gundam yang dikemudikan Tierie Erde tiba-tiba muncul dan berhasil memukul mundur pasukan MS A-LAWS.

Dengan ditemukannya Setsuna yang selama empat tahun menghilang oleh organisasi Celestial Being yang ternyata masih bertahan, kini harapan bagi mereka muncul kembali karena GN Drive, generator surya, yang Exia punya menjadi harapan terakhir untuk melengkapi twin drive system yang akan menggerakkan senjata terakhir yang mereka punya, MS yang disebut-sebut akan mampu mengubah dunia, 00 Gundam.

Suara-suara 00

Celestial Being yang sekarang berbeda dengan Celestial Being empat tahun lalu. Tujuan utama mereka kini adalah untuk menentang segala tindak-tanduk tak berperikemanusiaan yang A-LAWS lakukan. Dari segi teknologi mereka memang tak kalah dibandingkan pihak lawan. Namun mereka kini telah kehilangan dukungan dari superkomputer yang sebelumnya menjadi landasan atas kegiatan-kegiatan yang sebelumnya mereka lakukan, Veda. Mereka juga tengah mengalami keterbatasan orang dan amat sangat terdesak dalam hal jumlah, mengingat pihak Federasi telah berhasil memproduksi massal generator-generator surya buatan mereka sendiri.

Maka langkah pertama Setsuna bersama Celestial Being yang baru adalah untuk memanggil kembali ahli siasat lama mereka bagi kapal induk Ptolemaios II, Sumeragi Li Noriega, yang kini menjalani hidupnya dalam kentalnya alkohol dan keterpurukan; sekaligus pengganti bagi Gundam Meister mereka yang empat tahun lalu gugur sebagai pahlawan, Lockon Stratos.

Kemunculan 00 Gundam membuat berang Ribbons Almarck bersama kelompok Innovator miliknya, yang merupakan dalang sesungguhnya di balik pembentukan Federasi Bumi. Sebab twin drive 00 Gundam serta Trans-Am system yang terdahulu merupakan dua rahasia peninggalan Aeolia Schenberg yang tidak tercantum keberadaannya dalam catatan-catatan Veda yang telah berhasil ia bajak.

Maka sesudah membebaskan Allelujah Haptism, Gundam Meister mereka yang terakhir, yang telah ditawan oleh Federasi Bumi selama empat tahun, Celestial Being, dengan persenjataan baru dan keyakinan bahwa dunia sekali lagi dapat diubah, memulai perang gerilya mereka untuk melawan dominasi A-LAWS.

Tanda-tanda Zeta

Penggemar Gundam manapun pasti akan langsung mengenali pola perkembangan cerita di atas.

Pihak antagonis yang disebut A-LAWS di sini teramat serupa dengan pihak Titans dalam Zeta Gundam. Situasi perpolitikannya juga kurang lebih sama. Sama-sama terbentuk suatu pasukan khusus milik Federasi Bumi sesudah suatu masa revolusi dan pasukan itu sama-sama terdiri atas orang-orang yang bertindak sewenang-wenang dan kejam, yang dengan lihainya mengatur arus perputaran informasi; rasanya tak ada ‘referensi’ yang lebih mencolok lagi. Tapi berbeda dengan sejumlah kesamaan cerita yang Gundam SEED perlihatkan dengan seri-seri Gundam klasik pada era UC, Gundam 00 (di luar dugaan) masih berhasil menyajikan cerita yang bermutu dan teramat sangat menarik. Kesan Gundam Wing yang semula dimilikinya sudah banyak tercampur unsur-unsur dari seri-seri Gundam yang lain.

Ada banyak tokoh baru yang bermunculan di sini. Meski drama dan perkembangan karakter yang terjalin di antara mereka tak sebanyak itu, masing-masing tokoh tetap bisa meninggalkan suatu kesan yang menarik.

Tokoh-tokoh lama seperti Setsuna, Tieria, maupun Allelujah tampil dalam sosok baru. Setsuna yang menjadi tokoh utama, sekalipun masih teramat pendiam dan tak (mampu) berekspresi seperti dulu, kini sudah lebih dewasa dan lebih bersikap seperti pemimpin sekarang. Dialah yang tampaknya berperan sebagai ‘penegas’ akan apa-apa yang CB yang baru harus lakukan. Ia juga terkesan lebih mudah disukai karena banyaknya adegan yang memperlihatkan saat-saat ketika ia merenung. Tieria yang tampilannya di sisi lain tak banyak berubah kini tampak lebih manusiawi. Wafatnya Lockon empat tahun sebelumnya terlihat jelas telah mempengaruhi dirinya. Allelujah sendiri yang tentunya melemah setelah pengurungannya selama empat tahun akhirnya menemukan kembali alasannya untuk bertempur dalam bentuk Soma Pieris yang ternyata tak lain adalah Marie Parfacy, sahabat/kekasihnya sewaktu ia masih menjadi subjek penelitian di institusi prajurit super dulu. Sekalipun Hallelujah, kepribadiannya yang lain, telah tiada(?), ia masih membuktikan diri sebagai seorang pilot MS yang andal. Masa lalunya bersama Marie secara mengejutkan terungkap cukup awal di paruh pertama season kedua ini.

Masa lalu Sumeragi sebagai Leesa Kujo juga terungkap, beserta hubungannya dengan Kati Manequin dan Billy Katagiri yang kini sama-sama berpihak pada Federasi..Mereka rupanya dulu pernah bersekolah di tempat yang sama dan memiliki cita-cita yang serupa, sebelum suatu ‘miskoordinasi’ berkenaan suatu perintah militer membuat Sumeragi hengkang dan bercita-cita untuk mengubah dunia.

Wang Liu Mei, perempuan yang menjadi agen intelijen utama CB, kini lebih jelas ditampilkan kemunafikannya. Semakin ditegaskan bahwa ia tak peduli bagaimana caranya, yang penting baginya adalah agar dunia secepatnya berubah, sekalipun kekacauan dan pembunuhan massal sampai harus terjadi. Makanya, ia membocorkan informasi antara kepada kedua belah pihak CB dan A-LAWS sekaligus. Terindikasi juga bahwa Hong Long, lelaki yang selama ini teramat setia mengawalnya, ternyata tak lain adalah kakaknya sendiri. Tapi hubungan sesungguhnya di antara mereka sama sekali masih belum jelas.

Yang jelas mendapat porsi tayang lebih banyak tak lain ialah Saji dan Louise. Saji pada episode pertama diperlihatkan terseret ke dalam urusan CB sebagai salah seorang saksi kekejaman A-LAWS yang lolos hidup-hidup. Tanpa sepengatahuannya, Louise, kekasihnya yang empat tahun lalu menghilang semenjak seluruh keluarganya tewas akibat tindakan sewenang-wenang Team Trinity CB, telah bergabung bersama A-LAWS sebagai pilot. Louise juga tampaknya menjadi mata-mata bagi Ribbons dan komplotannya dalam tubuh A-LAWS. Kepribadiannya pun telah banyak berubah. Ia tak lagi cerewet dan centil seperti dulu, melainkan lebih pendiam dan menjaga jarak. Ia juga kini mengkonsumsi semacam pil yang tampaknya berperan untuk meredam emosinya. Tangan kirinya yang semestinya telah cacat secara misterius telah ditumbuhkan kembali. Cukup jelas tampak di sini bahwa Louise di Gundam 00 akan berperan sebagai Four Murasame yang baru (bagi kalian yang enggak kenal siapa Four Murasame, mungkin kalian bakal lebih ngerti kalo kusebutkan nama Stella Louisser). Mungkin kisah cintanya dengan Saji akan berakhir tragis.

Tapi bicara soal karakter lama yang berubah, tak ada perubahan sedrastis yang dialami oleh Graham Aker. Pilot paling berbahaya dari Union ini kini telah mengenakan topeng perang ala Jepang dan menyebut dirinya dengan nama Mister Bushido (!?). Ia sepertinya terobsesi dengan kode etik perang samurai dan memandang dirinya dengan harga diri yang tinggi. Ia mendapat lisensi khusus untuk ‘berbuat semaunya’ dalam kemiliteran dan kini menjadi rival utama Setsuna dari A-LAWS. Keinginannya hanya satu, yaitu agar ia bisa berhadapan dengan para Gundam secara adil sebagai sesama pendekar. Tapi terus terang, berbeda dari tokoh penjahat bertopeng lainnya dari suatu seri animasi buatan Sunrise, Mister Bushido 100% murni adalah orang aneh. Pokoknya, kesan yang dia punya sudah agak melenceng dari kesan keren dan cool yang Char Aznable punya gitu. Tapi entah gimana di mataku dia masih cukup menarik perhatian kok.

Menghapus peperangan dari muka bumi, menyatukan semua negara yang ada di dunia, selanjutnya membawa umat manusia ke luar angkasa…

Menjelang akhir season pertama kita mendapat indikasi bahwa keseluruhan operasi intervensi militer yang CB lakukan didasarkan oleh suatu ‘rencana’. Seperti apa ‘rencana’ tersebut, kita sebagai penonton tak pernah tahu. Kita hanya mendapat gambaran bahwa ‘rencana’ tersebut dibuat oleh Aeolia Schenberg dan semula diyakini bertujuan untuk menghapus seluruh peperangan dari muka bumi.

Namun, ternyata… ‘rencana’ tersebut mungkin lebih rumit dari yang semua dikira. Sebab kelompok yang dipimpin Ribbons Almarck yang menyebut diri mereka Innovator ini menyatakan bahwa kehancuran CB termasuk bagian dari ‘rencana yang sesungguhnya’, serta para Innovator inilah yang akan mengambil alih ‘pelaksanaannya’.

Para Innovator merupakan manusia-manusia aneh yang sejenis dengan Tieria. Awet muda, berkulit pucat, agak sulit dibedakan jenis kelaminnya, serta mampu melakukan koneksi langsung dengan Veda melalui gelombang otak kuantum. Dari mana mereka berasal, hal itu masih belum terungkap. Merekalah dalang sesungguhnya yang menggerakkan Federasi dari balik bayang-bayang, di balik penguasa-penguasa seperti Homer Katagiri (paman Billy Katagiri…) dan Arthur Goodman (pria pirang paruh baya besar gemuk yang ternyata salah satu petinggi A-LAWS) beserta sponsor-sponsor lainnya. Terlebih lagi, masing-masing dari mereka teramat handal sebagai pilot MS.

Mereka sejauh pertengahan seri ini terdiri atas:

  • Ribbons Almarck, pria yang sebelumnya membantu duta besar PBB Alejandro Corner dalam pengkhianatannya atas CB dan secara tidak langsung berkontribusi terhadap kematiannya. Belum lama ini ia juga terungkap sebagai pilot dari 0 Gundam yang dahulu pernah menyelamatkan Setsuna semasa perang saudara.
  • Regene Regetta, perempuan(?) yang berwajah sangat mirip dengan Tieria. Sifat dan tindakannya yang seenaknya agak menyulitkan cara Ribbons bekerja. Dialah sosok misterius yang ditampilkan bersama Louise pada epilog season pertama.
  • Revive Revival, seorang lelaki berperangai halus dan ramah yang menjadi pilot dari MS Gadessa. Seperti halnya Mr Bushido, dirinya pun memiliki ‘lisensi’.
  • Bring Stabity, seorang lelaki pendiam yang memiliki sifat tegas. Sempat menjadi lawan berbahaya bagi CB di dalam MS Garazzo miliknya.
  • Hilling Care, pasangan Ribbons yang berwajah mirip dengannya. Seorang gadis yang sangat handal dalam bertarung dan sepertinya menyukai kekerasan. Ia pun mengemudikan sebuah unit Gadessa.

Mengesampingkan Tieria, masih terdapat beberapa anggota lain yang masih belum jelas nama dan wajahnya. Di antara mereka mungkin termasuk Anew Returner, gadis lembut yang berwajah teramat mirip dengan Revive Revival, yang kemudian bergabung bersama awak kapal Ptolemaios II sebagai seorang teknisi. Tampaknya, dialah mata-mata para Innovator dalam tubuh Celestial Being. Belakangan ia tampak menjalin suatu hubungan persahabatan dengan Lockon Stratos yang baru.

Bicara soal Lockon, Gundam Meister baru yang menjadi penggantinya tak lain ialah adik kembarnya sendiri yang bernama asli Lyle Dylandy. Nama kodenya masih sama, dan mungkin terdapat sejumlah alasan tertentu yang menyebabkan mengapa dirinya dipilih. Ketiadaan Veda mungkin mengharuskan adanya kemiripan biometrik agar Cherudim Gundam—penerus bagi Gundam Dynames yang telah hancur—dapat dioperasikan secara baik. Yang pasti, terdapat sejumlah implikasi berkenaan perekrutannya, karena Lockon yang baru ini sekaligus merupakan seorang agen intelejen bagi kelompok pemberontak Katharon. Sifat periangnya mungkin memang masih mirip kakaknya, tapi benturan kepentingan akan membuat posisinya agak rumit.

Katharon sendiri dipimpin oleh seorang pria handal yang dikenal dengan nama Klaus Grado. Ia dibantu oleh banyak orang yang menjadi wakilnya. Di antara mereka termasuk Shirin Bakhtiar yang sebelumnya membantu Putri Kerajaan Azadistan, Marina Ismail. Di samping itu terdapat Ikeda, wartawan kantor berita JNN di Jepang yang sebelumnya cuma muncul sebagai tokoh minor dalam kilas-kilas berita di lapangan, tapi entah bagaimana kini ia mendapat porsi cukup besar sebagai salah satu pengumpul informasi terpenting bagi Katharon.

Wilayah dunia yang dikenal sebagai Timur Tengah digambarkan sebagai wilayah yang paling menderita akibat terbentuknya Federasi. Salah satu negaranya, Azadistan, yang menjadi latar salah satu konflik utama di season pertama, kini dilanda perang saudara yang akhirnya pecah. Di padang-padang tandus dan liar inilah, Katharon menempatkan salah satu markas utamanya demi melakukan apa yang bisa mereka lakukan untuk melawan Federasi dan membantu CB (sejujurnya, agak mirip dengan hubungan kelompok Karaba yang membantu AEUG dalam seri Gundam klasik, jadi keberadaannya sendiri cukup keren…).

“Waktu pengaktifannya juga menjadi kuadrat?!”

Satu hal yang kusukai tentang season 2 ini adalah betapa mecha-mechanya tak digambarkan sebagai ajang ‘pamer logam’ belaka.

00 Gundam yang menjadi mesin utama digambarkan sebagai ‘mecha teramat kuat namun bermasalah’ yang menggunakan sepasang GN Drive. Teori tersembunyi yang diketemukan oleh mekanik CB Ian Vashty ini (yang omong-omong memiliki istri bernama Linda yang jauh lebih muda darinya serta seorang putri bernama Mileina yang sama-sama menggeluti bidang mekanis ini (Mileina juga menjadi operator Ptolemy menggantikan Christina, btw, sementara Anew menggantikan Lichty)) mengungkapkan bahwa penggunaan twin drive system akan mengkuadratkan(!) nilai keluaran yang dapat dihasilkan oleh masing-masing drive. Tapi permasalahannya terdapat pada kecocokan antara kedua GN Drive yang digunakan serta kestabilan sistemnya saat memasuki mode Trans-Am. Karena itulah GN Drive milik Exia yang ‘terbawa’ selama empat tahun oleh Setsuna memegang peranan begitu penting.

00 Gundam, yang memiliki kecepatan teramat tinggi untuk ukurannya serta keseimbangan lebih baik antara persenjataan jarak jauh dan dekat ini, diceritakan mampu melakukan keajaiban-keajaiban tertentu yang takkan mampu dilakukan Gundam-Gundam lainnya—kemampuan mementalkan serangan hanya dengan emisi partikel GN, misalnya.

Tapi 00 Gundam sendiri masih belum sempurna. Karenanya suatu pesawat penyelaras yang dinamakan 0-Raiser (yang sekali waktu dipiloti oleh Saji Crossroad(!)) diperlukan untuk menstabilkan sistem pada saat Trans-Am tercapai. Kombinasinya ialah sebuah mecha yang dikenal sebagai 00-Raiser, yang secara pribadi menurutku merupakan salah satu mecha dengan desain paling keren yang pernah ada. Keajaiban sesungguhnya yang twin drive system dapat lakukan terdapat pada 00-Raiser ini, di mana setiap orang yang ada di sekelilingnya dapat ‘mendengar’ suara satu sama lain.

Susah dijelasin. Lebih lanjutnya cari tau aja sendiri.

Selain itu, aku pengen ketawa karena penamaan mecha ini juga merupakan ‘referensi’ terhadap penamaan beberapa Gundam terdahulu. Kayak gimana Zeta Gundam dulu digantikan oleh Double Zeta Gundam, lalu Gundam X digantikan oleh Gundam Double X.

Arios Gundam menjadi pengganti Kyrios yang dikemudikan oleh Allelujah. Masih bisa berubah jadi pesawat, masih jadi MS dengan mobilitas amat cepat, masih dengan sejumlah artileri otomatis yang dapat memuntahkan serangan dalam kecepatan tinggi. Tapi senjata capitnya kini tampak menyatu dengan moncongnya saat menjadi pesawat. Membuatku bertanya-tanya apakah Alllelujah suatu saat akan melakukan jenis serangan pamungkas yang sama seperti Camille Vidan…

Bila 00 Gundam punya 0-Raiser, maka Arios memiliki pesawat pendukung bernama GN Archer yang sayangnya sampai saat ini kutulis masih belum memulai debut. Konon, GN Archer yang berbentuk pesawat ini berkemampuan untuk berubah menjadi sebuah MS tersendiri.

Cherudim Gundam milik Lockon untuk suatu alasan sayangnya tak membuatku jatuh hati seperti halnya Dynames. Haro warna oranye memang masih berperan sebagai ko-pilotnya. Tapi bila dibandingkan dengan pendahulunya, Cherudim nampaknya lebih terspesifikasi untuk pertempuran-pertempuran jarak jauh. Sepasang beam saber yang dulu dimiliki Dynames dihilangkan (padahal saat-saat langka di season satu ketika Lockon terpaksa mencabut beam saber-nya merupakan saat-saat paling keren). Sebagai penggantinya, untuk jarak dekat ke menengah, melengkapi senjata-senjata laras panjang yang ia punya, sepasang pistol yang dimilikinya juga dapat berperan sebagai ‘kampak’ yang tahan terhadap beam. Penambahannya yang paling menonjol mungkin adalah shield bit-nya. Mirip dengan Fang yang dimiliki oleh Gundam Throne Zwei, tapi bersifat defensif dengan terbang mengitari Cherudim demi melindunginya dari serangan-serangan proyektil.

Seravee Gundam milik Tieria masih berperisai tebal dengan meriam-meriam besar dan GN Field-nya yang khas. Tapi kini desainnya tampak lebih rumit dengan keluaran yang jauh lebih besar (empat tembakan meriam berbentuk beam dari bahu dan tangan sekaligus?!), senjata beam saber rahasia yang dapat terlepas dari kaki, ditambah… err, sebuah muka Gundam besar yang terdapat pada punggungnya.

Ternyata… muka Gundam di bagian punggung, yang tampak sebagai tempat dipancarkannya partikel GN ini, merupakan bagian ‘muka’ dari sisi lain yang Seravee sembunyikan. Bila di dalam Virtue dulu terdapat Nadleeh, di Seravee terdapat si ramping Seraphim Gundam yang mampu memisahkan diri Seravee (dengan kata lain, bukan satu tubuh yang tadinya mengenakan armor tebal, tapi sungguh-sungguh sepasang tubuh yang tadinya menempel jadi satu) dan melakukan serangan secara terpisah.

Di pihak A-LAWS, dengan banyaknya GN Drive tiruan berpartikel merah yang mereka miliki, MS GN-X yang dulu dibagi rata ramai-ramai telah dikembangkan sampai generasinya yang ketiga, yakni GN-XIII, yang menjadi MS standar yang digunakan Federasi (MS milik A-LAWS secara standar diwarnai merah). GN-XIII, yang kemampuannya jauh melebihi MS produksi massal zaman dahulu macam Realdo dan Tieren yang kini banyak digunakan Katharon, sangat mengancam dengan senjatanya yang berbentuk tombak yang berperan sekaligus sebagai senjata jarak jauh dan pendek.

Dari GN-XIII, kemudian telah dikembangkan Ahead yang lebih berbahaya, yang menjadi MS yang dikemudikan secara khusus oleh pilot-pilot elit milik Federasi. Agak lebih besar dari GN-XIII, MS Ahead menjadi pembawa paket-paket automaton yang menjadi perangkat pembunuh massal milik A-LAWS. Terdapat dua varian dari MS ini, yakni Ahead Smultron yang digunakan Soma Pieris (dan nantinya oleh Louise Halevy), dengan spesifikasi langsung yang disesuaikan dengan kemampuannya sebagai prajurit super, berkecepatan tinggi dengan senjata jarak menengah dengan perisai agak ringan, mungkin tipe yang agak mirip dengan Arios; serta Ahead Sakigake, yang digunakan oleh Mr Bushido, disesuaikan secara khusus untuk menghasilkan kecepatan dan kelincahan teramat tinggi, dan dilengkapi sejumlah pedang berbentuk katana untuk memenuhi kesukaannya atas pertempuran jarak pendek.

GN Mega Launcher yang dulu dimiliki Throne Eins kini beralih tangan sebagai senjata utama pada unit-unit Gadessa yang dipakai oleh Revive dan Care. Spesifikasi serangannya adalah tipe artileri jarak jauh. Tapi terdapat beam saber untuk jarak dekat dan semacam beam machine gun untuk jarak menengah. Sekalipun kemampuan manuvernya tak ditonjolkan, nilai keluaran yang dapat dihasilkannya untuk serangan sama sekali tak boleh diremehkan.

Garazzo yang digunakan oleh Bring merupakan MS super lincah yang mengkhususkan diri untuk pertempuran jarak dekat. Agak berbeda dari kebanyakan, senjata andalannya adalah beam nail (kuku-kuku cakar yang dapat memanjang berbentuk sinar, macam senjata yang tak terlihat sejak… kapan, ya? Z’gok E? UC 0079?!!?) pada kedua tangan, yang bila disatukan akan menghasilkan sebentuk beam saber yang ketajamannya bahkan dapat menandingi kerasnya GN Blade.

Pengganti ketiga Gundam Throne dari musim terdahulu adalah Arche Gundam yang teramat ceking, yang dikemudikan tak lain tak bukan oleh Ali Al-Saachez yang ternyata masih hidup dan telah dipulihkan oleh para Innovator dari cacat dan luka-luka bakar yang Lockon tinggalkan untuknya. Mecha yang teramat berbahaya ini dikembangkan dari apa yang dulu tersisa dari Gundam Throne Zwei. Ia menyembunyikan sejumlah beam saber sebagai senjata rahasia pada beberapa tempat di tubuhnya, memiliki senjata utama berupa sebuah GN Buster Rifle, sebuah GN Buster Sword yang tersimpan pada bagian atas lengannya, serta bit-bit Fang yang jauh lebih berbahaya daripada sebelumnya.

Tampaknya, masih banyak mecha-mecha baru yang akan muncul dan berperan di episode-episode berikutnya. Pesawat Rean yang Nena Trinity gunakan dalam misi-misi pengintaian dari Wang Liu Mei, misalnya. Sekalipun tampaknya memiliki GN Drive tiruan, pesawat yang satu itu masih belum memperlihatkan peran yang menonjol.

Over 300 episodes to live up to…

Sunrise secara serius menggarap Gundam 00 agar dapat memenuhi selera penggemar Gundam yang berdemografi teramat luas. Franchise Gundam yang diciptakan pada tahun 1979 oleh Yoshiyuki Tomino ini telah mencapai usia 30 tahun, dan perbedaan selera antara anak-anak muda dan orang-orang dewasa berjarak 30 tahun ini sama sekali bukanlah sesuatu yang gampang dijembatani.

Mungkin kita perlu sedikit menghargai usaha keras staf produksi ini. Gundam 00 merupakan sebuah serial animasi yang teramat direkomendasikan. Masih ada pesan dan makna yang bisa diambil dari dalamnya kok. Sekalipun ada cowok-cowok cantik, sekalipun ada hal-hal yang belum jelas juntrungannya gimana, dll. jangan percaya mereka yang bilang serial ini jelek.

Masih ada tulisan-tulisan tentang Gundam 00 yang akan menyusul.

Iklan

7 Komentar to “Gundam 00 Season 2”

  1. Ada yg kurang tuh, K2 Lupa bilang Setsuna say ”in this world god is never exist”

  2. (enggak penting… dan lagian aku enggak setuju sih)

  3. hoo, nice review bro..

    menanti Gundam 00 yang tinggal 5 eps lagi, hiks >_<

  4. wahhhh…… nice review tuh….
    mang betul kata u. gundam ini nih kren bgt apalagi banyak bishounen yg membuat q tak bisa tidur karena memikirkan mereka melulu….he….he………

    • haaaah? kamu serius?! gw ga keberatan ama cowok-cowok cantik, tapi cowok2 cantik yang di sini bukannya ditampilin dengan rada maksa…?!

      trus napa pula wang liu mei yang s1 udah imut kayak gini skarang dibikin ala tante2 trus ‘digituin’ aja akhir ceritanya?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: